peringatan
PromoSimpanPesanan Saya
IDR
Pay
Payment

Login to your account

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Tempat Wisata di Batu

Tentang Batu

Batu, Malang
Batu, Malang

Kota Batu merupakan salah satu destinasi wisata paling populer yang ada di Jawa Timur. Lokasinya berada sekitar 15 km arah barat laut dari Kota Malang dan sekitar 90 km ke arah barat daya dari Kota Surabaya.

Dulunya, Batu merupakan bagian dari Kabupaten Malang. Namun, kemampuan daerah ini untuk berkembang mandiri menjadikannya sebagai kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang per tanggal 17 Oktober 2001. Potensi pariwisata yang kemudian dikelola dengan sangat baik kemudian menjadikan kota ini semakin maju dan berkembang pesat.

Batu, Malang
Batu, Malang

Pilihan tempat wisata di Batu pun sangat banyak, terutama yang bertemakan alam. Bahkan, saking cantiknya kecantikan natur yang ada di sini, kota ini sering disamakan dengan negara Swiss yang elok. Adapun julukan yang diberikan untuk Batu adalah ‘De Kleine Zwitserland’ yang berarti Swiss Kecil di Pulau Jawa.

Udara di Batu cenderung dingin dengan kisaran suhu di angka 11 sampai 19 derajat Celsius. Hal ini dikarenakan posisi wilayah ini yang berada di ketinggian 700 hingga 2.000 meter dengan ketinggian rerata adalah 871 meter di atas permukaan laut. Pemandangan perbukitan pun mendominasi sepanjang mata memandang. Oleh karena itu, setiap wisatawan yang berencana untuk datang ke kota ini sebaiknya selalu siap sedia dengan pakaian hangat, bahkan meski di siang hari sekalipun.

Tempat Wisata di Batu

Batu City Square
Batu City Square

Di akhir pekan atau musim liburan, Batu selalu ramai oleh wisatawan. Jalanan pun akan menjadi sangat padat dan acap kali menimbulkan kemacetan panjang. Pasalnya, tempat wisata di Batu memang dikonsep dengan sangat menarik sehingga menarik turis untuk kembali datang seperti berikut ini.

1. Taman Rekreasi Selecta

Objek wisata ini merupakan salah satu tempat rekreasi di Batu yang berusia cukup lama. Bahkan, keberadaannya sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Awalnya, area ini dibangun oleh salah seorang warga Belanda di antara tahun 1920-1928 karena lokasinya yang cukup strategis sebagai tempat peristirahatan.

Selecta cukup populer sebagai tempat berendam air panas yang sangat cocok dengan sejuknya Kota Batu. Namun, Selecta juga punya banyak pilihan bersantai dan beraktivitas lainnya, seperti padang bunga berwarna-warni yang begitu cantik, flying fox, menunggang kuda, dan lain-lain.

Besarnya biaya tiket masuk Selecta adalah Rp30.000,00. Namun, Anda perlu membayar lagi bila ingin menggunakan beberapa fasilitas pilihan lainnya. Adapun waktu operasional taman ini adalah setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

2. Museum Angkut

Tidak seperti kebanyakan museum yang kental dengan suasana lawas dan suram, Museum Angkut justru menawarkan konsep modern yang mengasyikkan. Seperti namanya, di sini Anda akan menemukan berbagai alat transportasi yang ada di seluruh dunia, mulai dari zaman dahulu hingga masa kini. Di Indonesia, Museum Angkut menjadi satu-satunya tempat wisata yang mengusung ide unik ini.

Museum Angkut juga menjadi tujuan populer bagi pengunjung yang ingin berburu foto apik. Hal ini tidak mengherankan mengingat banyaknya titik keren yang ada di sini. Bahkan, berbagai atraksi menarik seperti Buckingham Palace, Presidential Helicopter, Gangster Town, dan lain-lain. Bila Anda juga tertarik dengan sejarah nusantara sejak Kerajaan Mataram, jangan lupa sekalian singgah ke Indonesia Heritage Museum.

3. Jatim Park 1

Sesuai dengan slogan ‘Taman Belajar dan Rekreasi’, tempat wisata di Batu ini merupakan alternatif untuk belajar sembari bermain lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Jatim Park 1 seakan menjadi laboratorium interaktif raksasa yang mempermudah pengunjung untuk mempelajari dunia di sekitar. Tidak hanya sekadar teori, pemahaman terhadap konsep geografi, fisika, matematika, sejarah, biologi, dan sosiologi dihadirkan melalui peraga aktif.

Jatim Park 1 didirikan di atas lahan seluas sekitar 11 hektar. Di area yang sangat lapang ini, Anda dapat menikmati keseruan baik atraksi dan fasilitas di dalam maupun luar ruangan. Beberapa wahana yang sangat populer antara lain flying tornado, sky swinger, dragon coaster, sky ride, dan lain-lain.

4. Batu Night Square

Seperti namanya, Batu Night Square atau yang lebih sering disingkat BNS mulai beroperasi sejak sore hingga malam hari. Di sini, Anda akan menyaksikan cantiknya instalasi lampu yang kontras dengan gelapnya langit.

Secara umum, Batu Night Square menggunakan konsep pasar malam modern. Ada banyak permainan seru yang dapat dinikmati di sini, seperti rumah hantu, rocking tug, rumah kaca, flying swinger, hingga pertunjukan khusus seperti Air Mancur Menari yang hanya ada di waktu tertentu. Di samping itu, Anda juga dapat berbelanja berbagai aksesori dan suvenir di Night Market.

Kuliner di Batu

Sate Kelinci
Sate Kelinci

Udara dingin di Batu kerap memicu rasa lapar. Bila hal ini terjadi, Anda pun tak perlu bingung mencari tempat kuliner untuk memuaskan lidah dan perut seperti berikut ini.

1. Warung Nasi Djamiah Putra

Bangunan tempat makan ini terbilang sederhana. Kendati demikian, urusan menu dan rasa yang disajikan Warung Nasi Djamiah Putra dijamin akan memuaskan Anda. Warung makan yang berada di Jalan Panglima Sudirman, Batu ini menyajikan aneka masakan rumahan Indonesia yang cukup lengkap seperti rawon, pecel, empal, nasi rames, dan lain-lain dengan harga terjangkau.

2. Warung Bethania Batu

Berada di Jalan Diponegoro, Batu, Warung Bethania jadi pilihan favorit para wisatawan. Menu yang disediakan cukup familier dengan lidah selera nusantara, seperti pecel lele, gurami pesmol, sambal pencit, dan lain-lain. Harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau sehingga tak heran bila Warung Bethania Batu selalu ramai.

3. Sate Kelinci

Inilah ikon kuliner Batu. Beralamat di Jalan raya Patimura, Batu, Sate Kelinci menjadi destinasi pemburu kuliner selagi berada di kota sejuk ini. Setiap pengunjung yang datang ke sini tidak akan kecewa dengan hidangan yang disajikan. Suasana makannya pun cukup kasual—Anda dapat memilih duduk di kursi maupun lesehan.

Tempat Menginap di Batu

Batu Cottage
Batu Cottage

Menemukan akomodasi menginap di Batu semudah menemukan tempat wisatanya. Ada banyak pilihan penginapan terbaik bagi Anda yang datang sendiri atau bersama-sama seperti berikut.

1. Golden Tulip Holland Resort

Hotel bintang 5 ini cukup dekat dengan tempat wisata populer Jatim Park 2, yakni sekitar 760 meter. Golden Tulip Holland Resort menggunakan konsep modern yang luks dengan berbagai fasilitas penunjang seperti taman yang luas, pusat kebugaran, kolam air panas indoor, kolam renang, spa, sauna, dan masih banyak lainnya. Adapun pilihan tipe kamar yang tersedia adalah Deluxe dan Premier.

2. The Singhasari Resort

The Singhasari Resort adalah pilihan yang sangat tepat bila Anda ingin beristirahat dengan tenang. Resor bintang 5 ini menawarkan pemandangan yang sangat menyejukkan lengkap dengan beragam fasilitas penunjang seperti biliar, tenis, tenis meja, kolam renang, mini golf, dan lain-lain. Anda dapat memilih tipe kamar favorit di antara opsi Deluxe, Premiere, Villa, Suite, dan Villa.

3. Apple Green Hotel

Bila mencari hotel bujet, Apple Green mungkin jadi pilihan paling tepat untuk Anda. Lokasinya berada di Jalan Diponegoro, hanya sekitar 950 meter dari alun-alun Kota Batu. Desain penginapan ini modern klasik dengan fasilitas standar hotel bintang 3. Pilihan kamarnya pun cukup beragam, yakni Standard, Superior, Deluxe, Junior Suite. Oversize Room, dan Family Suite.

Bagikan
Perlu Bantuan?