peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya
City

Tempat Wisata di Jakarta Timur

35 Tempat Wisata di Jakarta Timur yang Wajib Dikunjungi Pada Waktu Liburan


Siapa sih yang tidak mengenal Kota Jakarta? Salah satu kota terpadat di Indonesia ini memang selalu penat dengan aktivitas penduduknya yang sibuk. Apalagi di kawasan Jakarta Timur yang disebut-sebut sebagai kota administrasi Jakarta terpadat tahun 2010. Total penduduknya mencapai lebih dari 2,6 juta jiwa yang menempati lahan seluas 188 km2.

Namun, Jakarta Timur bukan melulu soal kepadatan penduduk. Pesona wisata di wilayah ini rupanya tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Tentu saja Anda tidak akan menemukan nuansa pegunungan yang sejuk seperti di Puncak Bogor. Tempat hiburan yang ada meliputi wisata sejarah, religi, budaya, hingga teknologi yang bisa dikunjungi meskipun bujet Anda tipis!

Artikel ini akan membahas tentang 35 destinasi wisata yang hanya ada di Jakarta Timur. Patut menjadi referensi bagi Anda yang tertarik untuk menghabiskan liburan di Jakarta Timur. Apa saja, ya?

1. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah

Ketika berkunjung ke Jakarta Timur rasanya kurang afdal jika belum mampir ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Wahana wisata yang berdiri di lahan seluas kurang lebih 150 hektare ini adalah surganya para pelancong untuk menikmati berbagai hiburan seru dan menantang, serta sarat akan nilai-nilai budaya.

TMII menyajikan miniatur berbagai budaya dari 26 provinsi Indonesia yang ditampilkan dalam anjungan daerah. Setiap anjungan berisikan rumah tradisional, aneka koleksi busana, tarian, hingga tradisi daerah.

Anda juga bisa melihat bentuk muka bumi Indonesia berukuran mini yang terhampar di tengah sebuah danau. Di sekitarnya berdiri beberapa sarana rekreasi, mulai dari museum, teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku.

Objek wisata yang berlokasi di Ceger, Cipayung, Jakarta Timur ini terbilang cukup mudah dijangkau. Dari Stasiun Tanjung Barat, beranjaklah menuju jembatan penyeberangan dan dilanjutkan menaiki angkot ke Pasar Rebo. Dari sana, lanjutkan untuk naik angkot lagi yang bisa langsung menuju TMII.

Harga tiketnya pun cukup terjangkau. Hanya dengan Rp10.000, Anda sudah bisa memasuki TMII yang buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 22.00 WIB.

2. Taman Anggrek Indonesia Permai

Wisata Agro Taman Anggrek Indonesia Permai bisa dibilang surganya para penggemar anggrek dari penjuru dunia. Lokasinya yang masih satu komplek dengan TMII, membuatnya mudah dijangkau dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit saja dari pusat kota Jakarta lewat tol Jagorawi.

Wisatawan bukan hanya bisa menikmati indahnya bunga anggrek yang bermekaran, tapi juga belajar tentang bagaimana membudidayakannya dengan benar. Anda bisa belajar langsung dari para ahli dengan memanfaatkan sarana penelitian dan pengembangan budidaya anggrek, yang memang diperuntukkan bagi para wisatawan.

Bunga anggrek yang mendominasi di Taman Anggrek Indonesia Permai ini adalah spesies anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis). Anggrek ini bukan hanya cantik, tetapi juga memiliki nilai historis karena merupakan spesies asli Indonesia. Pemerintah Orde Baru pun telah menetapkan anggrek bulan sebagai Puspa Pesona, yaitu bunga lambang nasional Negara Indonesia.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin melihat bentuk aslinya, cukup luangkan waktu pada pukul 08.00 hingga 15.00 (setiap hari) dengan membayar tiket masuk sebesar Rp1.000,00 per orang.

3. Among Skyworld

Dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 20.000 meter persegi, Among Skyworld menawarkan berbagai keseruan dan pengalaman berkunjung ke luar angkasa. Anda tidak perlu jauh-jauh hingga ke antariksa, cukup datang saja ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur.

Di Among Skyworld ini, Anda bisa menikmati berbagai wahana bermain sekaligus belajar tentang astronomi, dengan berkunjung ke beberapa spot yang disediakan.

- Space Exhibition
Di ruang yang menyerupai lorong ini, Anda bisa menemukan figur serta miniatur-miniatur ruang angkasa yang diciptakan seperti bentuk aslinya. Kalau Anda merasa bingung, ada petugas pendamping yang akan selalu siap memandu dan memberikan informasi seputar kehidupan luar angkasa.

- Digital Planetarium

Anda bisa melanjutkan petualangan menuju Planetarium yang sekilas berbentuk seperti kubah masjid. Di ruangan ini Anda bisa melihat langsung bagaimana isi ruang angkasa, mulai dari posisi matahari, bulan, bintang serta planet-planet yang mengitarinya. Tidak hanya itu, Anda juga akan banyak mendapatkan wawasan tentang gugus bintang yang disebut astrologi atau zodiak.

- Space Action Photo Booth

Nah, yang tidak boleh terlewatkan ketika Anda akan beranjak dari lokasi Among Skyworld adalah Space Action Photo Booth. Di sini Anda bisa mengambil gambar sepuasnya dengan tema antariksa, menggunakan properti khas astronot yang telah disediakan pengelola Among Skyworld.

Cukup dengan membeli tiket seharga Rp40.000,00 per orang, semua wahana yang dibuka setiap hari mulai pukul 07.00-22.00 WIB ini bisa Anda nikmati.

4. Pura Aditya Jaya Rawamangun

Pura Aditya Jaya Rawamangun
Pura Aditya Jaya Rawamangun

Pura Hindu ini berlokasi di daerah Rawamangun, Jakarta Timur. Sebelum menjadi sebuah komplek wisata religi yang cantik seperti sekarang, pura ini telah mengalami proses pembangunan hingga tujuh tahapan. Tahap pertama dimulai pada tahun 1972 dan berakhir 25 tahun kemudian.

Wilayah Pura Aditya Jawa Rawamangun cukup luas. Di dalamnya terdapat berbagai bangunan dengan ornamen khas Bali. Kalau Anda merasa kepanasan di tengah teriknya kota Jakarta, wana wisata ini dijamin akan menjadi lokasi yang tepat untuk berteduh. Suasana sejuk dan rindang tersaji oleh pohon-pohon besar di sekeliling kompleks.

Untuk menjangkau lokasinya pun tidak terlalu sulit, terutama bagi Anda yang mengendarai mobil pribadi. Namun jika harus memanfaatkan sarana transportasi umum, Anda bisa berhenti di terminal bus Kota Jakarta Timur terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa sampai ke lokasi hanya dengan menggunakan jasa ojek.

5. Kelenteng Kong Miao

Wisata religi berikutnya yang patut Anda kunjungi di wilayah Jakarta Timur adalah Kelenteng Kong Miao, yang merupakan rumah peribadatan bagi Agama Konghucu. Lokasinya masih satu komplek dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan berdampingan dengan sejumlah rumah ibadah lainnya. Di antaranya Pura Hindu Darma, Wihara Arya Dwipa Arama, Sasana Adirasa, Masjid Pangeran Diponegoro, Gereja Kristen Protestan Haleluya, dan Gereja Katholik Santa Chatarina. Di kompleks religi inilah, suasana Bhineka Tunggal Ika benar-benar terasa kental dan terjaga dengan baik.

Klenteng Kong Miao terdiri atas tiga bangunan inti, yakni Tian Tan (Altar Suci), Da Cheng Dian (Kelenteng Nabi Agung) dan Qi Fu Dian (Kelenteng keberkahan). Tidak kalah menarik lagi, bangunan tersebut juga dilengkapi ornamen pendukung, antara lain: Xiang Lu (Hio Lo) atau tempat pembakaran hio, Pintu Gerbang sepasang Singa, Naga, Kilin, Patung 12 Shio, dan Kura-kura Kepala Naga yang terdapat di halaman.

Selain sebagai tempat ibadah, simbol keberagaman dan objek wisata, Kelenteng Kong Miao juga merupakan bangunan yang ditujukan untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia dalam bentuk miniatur. Sebagai tempat ibadah, tentu saja tidak memerlukan biaya jika Anda ingin masuk ke sini.

6. Taman Akuarium Air Tawar TMII

Taman ini berada di sebelah selatan TMII, diapit oleh Museum Serangga dan Taman Bunga Keong Emas. Di dalamnya, Anda bisa menyaksikan sendiri total 6.000 ekor mahluk hidup. Di antaranya adalah 126 spesies biota laut dalam berbagai bentuk dan ukuran, yang terbagi menjadi tanaman air, reptilian, crustacean, dan ikan. Spesies-spesies tersebut bukan hanya berasal dari perairan Indonesia saja, tetapi juga dari berbagai belahan dunia.

Bukan hanya sebagai sarana rekreasi, taman yang mematok harga tiket masuk sebesar Rp15.000,00 ini juga menyediakan 'ladang ilmu'. Di antaranya adalah wahana museum, akuarium nusantara, pojok reptilia, lorong gurame, ruang karantina yang menyimpan koleksi dan menampung hasil pertanian. Di sini Anda bisa membeli bibit ikan atau mencari hal-hal seputar kelautan dan perikanan.

Untuk berkunjung ke Taman Akuarium Air Tawar, Anda harus menunggu hingga loket dibuka pada pukul 09.00 pagi, atau sebelum loket ditutup pada pukul 05.00 sore setiap harinya.

7. Taman Bambu

Cobalah untuk sejenak menyegarkan pikiran dengan berkunjung ke Taman Bambu di Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Bukan hanya udaranya yang segar ditemani vegetasi yang serbahijau, di taman ini juga tersedia fasilitas bermain, sarana olahraga, serta fasilitas pendukung lainnya, seperti toilet, plaza dan area parkir.

Taman Bambu sangat cocok menjadi salah satu destinasi gratis bersama teman atau keluarga. Sambil menikmati pemandangan danau dan rindangnya bambu, Anda juga bisa bersantai di bangku taman.

8. Bayt Al-Qur'an dan Museum Istiqlal (BQ & MI)

Salah satu wisata religi yang banyak dicari oleh umat muslim di seluruh Indonesia adalah Bayt Al-Qur'an dan Museum Istiqlal (BQ & MI). Bangunan peribadatan ini merupakan kesatuan dari dua lembaga yang berbeda. Bayt Al-Quran berarti rumah Al-Quran yang berisikan banyak pengetahuan mengenai kitab suci Al-Aquran, sedangkan Museum Istiqlal menyajikan koleksi dengan tema kebudayaan Islam di Indonesia.

Karya-karya unggulan para ulama dan intelektual muslim dari penjuru nusantara sejak abad ke-17 hingga ke-20, disimpan di tempat ini dan menjadi warisan budaya. Di antaranya berupa mushaf, manuskrip Al-Quran, arsitektur, dan karya seni rupa Islam yang menggambarkan budaya Islam pada masa lampau.

Di Bayt Al-Quran pengunjung juga bisa menemukan Mushaf Istiqlal, Mushaf Wonosobo, Mushaf Sundawi dan hiasan khas Jawa Barat, Mushaf Malaysia, hingga Al-Quran kuno dengan huruf Braille, serta Al-Quran interaktif yang bisa dioperasikan dengan komputer.

Objek wisata religi ini berada di belakang Museum Telekomunikasi dan Museum Olahraga, sedikit ke kanan dari Tugu Api Pancasila. Jika ingin berkunjung ke sana, Anda bisa naik bus TransJakarta dan langsung turun di Halte Taman Mini Garuda Koridor 9 Pinang Ranti, Pluit. Dari sana, Anda hanya perlu menyeberang ke depan Tamini Square (Baliho TMII) dan naik angkot T15A atau K40, lalu langsung menuju pintu 1 TMII.

9. Taman Agrowisata Cilangkap

Bila merindukan suasana segar dikelilingi pepohonan dan air danau yang luas, Taman Agrowisata Cilangkep merupakan destinasi yang tepat. Anda dan keluarga bisa sedikit bersantai dan melepas lelah setelah bekerja.

Taman Agrowisata Cilangkep berada di Jalan Raya Cilangkep No. 45, Jakarta Timur. Taman ini mempunyai beberapa fasilitas seperti arena olahraga, arena bermain anak, jogging track, serta danau yang disediakan khusus untuk pengunjung yang memiliki hobi memancing.

Selain sebagai tempat rekreasi, Taman Agrowisata Cilangkep juga merupakan tempat budi daya tanaman dan pusat hidroponik di kawasan Cilangkep. Pengelola taman sendiri tidak membebankan biaya masuk. Anda hanya perlu membayar biaya parkir jika membawa kendaraan pribadi.

10. Museum Minyak dan Gas Bumi Graha Widya Patra

Lokasi museum ini berdekatan dengan Taman Burung, Museum Listrik dan Energi Baru, serta Monumen KTT-Non Blok yang berada di sisi Timur Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Banyak benda peraga dipamerkan di luar maupun dalam gedung. Misalnya, pompa bensin engkol buatan tahun 1930, truk logging tua, pompa angguk Conadish sumbangan PT MIGAS Cepu, Crude Battery dari kilang Sungai Gerong, serta kepala sumur Cinta-1.

Untuk memasuki Museum Minyak dan Gas Bumi Graha Widya Patra ini, Anda tidak perlu membayar mahal. Harga tiket masuk yang dikenakan kepada pengunjung hanya sebesar Rp2.000,00.

11. Centex (CX) Waterpark

Untuk Anda yang doyan berenang sambil menikmati serunya wahana-wahana air, Centex (CX) Waterpark bisa jadi destinasi wisata yang tepat. Lokasinya berada di Jalan Raya Centex No.88 Ciracas, Jakarta Timur.

Memang tidak begitu luas, tapi cukup melegakan bagi Anda yang gemar berolahraga sekaligus rekreasi bersama keluarga. Di tempat ini, Anda bisa memilih berbagai ukuran kolam renang, mulai untuk anak-anak hingga dewasa. Selain itu, masih ada kolam arus, water slide atau seluncuran, serta ember raksasa (giant bucket) yang menawarkan sensasi serunya bermain air.

Untuk mengunjungi wahana wisata keluarga ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp25.000,00 per orang untuk hari Senin-Jumat (weekday), dan Rp35.000 ,00 untuk Sabtu-Minggu. Pada hari libur nasional, pengunjung dikenakan harga tiket sebesar Rp 40.000.

12. Monumen Pancasila Sakti

Jika Anda sedang berkunjung ke Jakarta Timur, mampirlah ke Museum Pancasila Sakti. Museum ini menyimpan sejumlah koleksi bersejarah dan saksi bisu peristiwa pemberontakan G30SPKI yang tragis itu.

Di bawah tegaknya patung sang Garuda yang menjadi ideologi negara, terpatri beberapa nama pahlawan revolusi, yaitu Panglima Angkatan Darat Letjen TNI Ahmad Yani, Mayjen TNI R. Suprapto, Mayjen TNI M.T. Haryono, Mayjen TNI Siswondo Parman, Brigjen TNI DI Panjaitan, dan Brigjen TNI Sutoyo Siswomiharjo.

Monumen yang berlokasi di daerah Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur ini dibuka mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Harga tiket masuknya hanya Rp4.000 per orang. Jika datang bersama rombongan lebih dari 50 orang, Anda bisa mendapat potongan harga tiket hingga 50%.

Kendaraan pribadi dikenakan tarif Rp15.000,00 untuk mobil, Rp2.000,00 untuk motor, dan Rp25.000,00 untuk bus. Jasa pemandu wisata juga tersedia dengan biaya sebesar Rp75.000,00 dan Rp100.000,00.

13. Museum Pusaka

Museum Pusaka berada di sisi selatan Taman Mini Indonesia Indah. Tepatnya di antara Museum Keprajuritan Indonesia dan Museum Serangga. Bangunan ini memiliki arsitektur unik dengan atap menyerupai keris menjulang ke langit, yang sekaligus sebagai simbol pusaka asli Indonesia.

Lokasinya yang berada di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan keuntungan tersendiri. Anda yang saat itu tengah menikmati wana wisata superluas tersebut, bisa mendatangi Museum Pusaka jika ingin tahu lebih jauh tentang kebudayaan Indonesia.

Untuk dapat masuk ke dalam Museum Pusaka ini, Anda hanya perlu menyiapkan dana sebesar Rp5.000,00. Museum Pusaka beroperasi pada hari Selasa sampai Minggu, pukul 09.00-16.00 WIB.

14. Museum Keprajuritan Indonesia

Ciri khas Museum Keprajuritan terdapat pada bentuk bangunannya yang berupa segi lima, dikelilingi oleh air yang menyerupai benteng pertahanan. Perairan tersebut juga menggambarkan negara kepulauan berwawasan nusantara.

Anda juga bisa menemukan berbagai bentuk diorama, fragmen patung, dan relief, baik di luar maupun di dalam gedung. Ada juga relief yang menyatu di dinding luar gedung , mengisahkan 19 adegan panjang tentang perjuangan bangsa Indonesia dari abad XIII hingga abad XIX.

Museum yang berlokasi di jalur selatan TMII ini mengenakan tiket masuk seharga Rp2.500,00, buka pada hari Selasa-Minggu setiap pukul 09.00-16.00 WIB.

15. Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptilia

Masih di bagian dalam Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Anda juga bisa bereksplorasi dengan dunia komodo dan binatang reptilia lainnya, mempelajari kehidupan binatang-binatang tersebut di Museum Fauna Indonesia "Komodo" dan Taman Reptilia.

Keunikan museum ini terletak pada bentuk bangunannya yang menyerupai komodo. Anda bisa menemukan koleksi replika fauna dari berbagai habitat di Nusantara, seperti harimau, beruang, kerbau, berbagai spesies burung, dan lain sebagainya. Replika-replika sengaja dibuat dengan ukuran persis seperti aslinya.

Harga tiket untuk memasuki kedua objek wisata ini dibanderol sebesar Rp10.000,00. Kedua museum ini beroperasi setiap hari, kecuali hari Senin. Buka mulai pukul 09.00 sampai 04.00 sore.

16. Museum Prangko Indonesia

Di samping Museum Komodo, Anda bisa langsung menuju Museum Prangko Indonesia. Para kolektor prangko dan penggemar filateli tidak boleh lupa mengunjungi tempat wisata ini.

Selain menghadirkan koleksi-koleksi prangko dari berbagai zaman, museum yang digagas sendiri oleh Ibu Tien Soeharto ini juga memberi panduan tentang sejarah prangko di dunia, kegiatan filateli, proses pembuatan prangko, dan masih banyak lagi.

Untuk masuk ke museum, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp2.000,00. Museum beroperasi setiap Selasa-Minggu, mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

17. Museum Serangga dan Taman Kupu

Bagi Anda yang menyukai spesies serangga dan kupu-kupu, akan sangat menyesal jika tidak sempat berkunjung ke Museum Serangga dan Taman Kupu di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Museum ini terletak di samping Taman Akuarium Air Tawar. Terdapat koleksi 600 jenis serangga yang telah diawetkan. Mulai dari berbagai spesies nyamuk hingga kumbang. 

Diorama–diorama yang bisa Anda lihat di Museum Serangga & Taman Kupu ini antara lain Pesona Kumbang Nusantara, Peranan Serangga Tanah dalam Ekosistem dan Pelestarian Ekosistem, Peta Kupu-Kupu Indonesia dan masih banyak lagi.

Sama seperti wahana-wahana lainnya, di museum ini pun harga tiket masuknya cukup terjangkau, yakni Rp15.000,00. Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk ke Museum Air Tawar dan Museum Serangga. Anda pun bisa mengunjunginya setiap hari mulai dari pukul 09.00-17.00 WIB.

18. Museum Telekomunikasi

Setelah puas melihat beragam budaya dan hiburan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), sempatkan berkunjung ke Museum Telekomunikasi. Informasi mengenai perkembangan dan kemajuan telekomunikasi di Indonesia, bisa Anda dapatkan di museum yang buka pada hari Selasa-Minggu pukul 08.00-16.00 ini.

Monumen Sumpah Palapa dari Maha Patih Gajah Mada terdapat di sini. Monumen ini menggambarkan peristiwa bersejarah peluncuran satelit komunikasi pertama milik Indonesia, yaitu Palapa C1. Peluncuran satelit tersebut merupakan refleksi dari Sumpah Palapa yang bertujuan untuk menyatukan Nusantara.

Di bagian dalam gedung, tersaji sejumlah koleksi alat-alat telekomunikasi yang pernah dipakai di Indonesia pada masa sebelum dan setelah kemerdekaan. Selain itu, juga terdapat sejumlah informasi mengenai perkembangan peranti telekomunikasi yang dipakai di seluruh dunia. Jika berminat, silakan datang dengan membeli tiket seharga Rp2.000 saja.

19. Museum Transportasi

Jika di Malang ada Museum Angkut, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) terdapat Museum Transportasi yang dimiliki oleh Kementerian Perhubungan Indonesia. Lokasinya bersebelahan dengan Museum Keprajuritan

Museum ini menyajikan sejarah perkembangan alat-alat transportasi. Mulai dari sarana transportasi tradisional sampai yang modern, baik transportasi darat, laut, maupun udara. Di antara berbagai koleksi yang bernilai historis, terdapat kereta api kepresidenan yang pernah digunakan oleh Presiden Soekarno pada masa kepemimpinannya.

Anda cukup mengalokasikan dana Rp2.000 untuk membeli tiket masuk ke museum ini. Datanglah pada jam operasional mulai 09.00-16.00 WIB, pada hari Selasa hingga Minggu.

20. Museum Olahraga Nasional

Anda suka berolahraga? Yuk, mampir ke Museum Olahraga Nasional di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), tepatnya berada di sebelah barat area parkir Theater IMAX Keong Mas.

Arsitektur bangunan berbentuk bola menggambarkan bahwa museum ini sangat identik dengan dunia olahraga. Ada ruang pameran yang menampilkan sejarah olahraga, kontemporer, interaktif olahraga, prestasi, olahraga tradisional, PON, sampai Olimpiade. Museum ini juga memiliki fasilitas untuk mengadakan pertunjukan teater dan juga acara seminar. Jika suka membaca buku, ruang perpustakaanlah yang cocok untuk Anda.

Selain ruangan-ruangan tersebut, museum yang buka setiap hari Selasa sampai Minggu ini juga memiliki sejumlah ruang olahraga. Di antaranya lapangan tenis berstandar nasional, lapangan senam massal, ruang aerobik, dan ruang permainan biliar. 

Harga tiket masuk museum adalah Rp5.000 per orang. Jadwal kunjungan dimulai pada pukul 09.00 pagi dan berakhir pada pukul 04.00 sore.

21.Taman Budaya Tionghoa

Seperti namanya, taman yang berdiri di atas lahan seluas 4,5 hektare ini kental dengan nuansa budaya etnik Tionghoa. Masih berada dalam satu kompleks dengan TMII, taman ini juga menyajikan kentalnya filosofi budaya Tionghoa, seperti dua unsur yin dan yang, air dan api, daratan dan lautan.

Saat memasuki kompleks taman, Anda akan disambut oleh sepasang patung hewan mirip singa yang ada di depan pintu gerbang. Di bagian ruang tengah, terdapat batu granit hitam berbentuk bulat dengan berat lebih dari satu ton sebagai simbol dari bola dunia.

Untuk masuk ke taman ini, Anda cukup membeli tiket masuk ke kawasan Taman Mini Indonesia Indah seharga Rp10.000. Selanjutnya tidak dikenakan biaya tambahan untuk memasuki Taman Budaya Tionghoa. Buka setiap hari, jam operasional taman dimulai pada pukul 08:00 hingga 17.00.

22.Museum Timor Timur

Museum Timor Timur dulunya merupakan sebuah anjungan Timor Timur, bagian dari kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah. Anjungan tersebut dibangun pada tahun 1979 dan rampung setahun kemudian. Setelah Timor Timur memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, anjungan tersebut berubah menjadi sebuah museum.

Museum ini menyuguhkan arsitektur rumah penduduk Los Palos. Terdapat bangunan utama yang disebut uma latem dan beberapa bangunan pendukung. Uma latem sendiri merupakan bangunan rumah panggung dengan empat tiang setinggi tiga meter di atas permukaan tanah, berbentuk segi empat dengan atap berlapis ijuk.

Bagi Anda yang ingin berkunjung, museum ini beroperasi mulai pukul 08.00-16.00 WIB setiap hari. Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau, yaitu Rp5.000.

23.Taman Waringin Permai

Merupakan kompleks taman di daerah Cipinang Melayu. Tepatnya beralamatkan di Jl. WiraBakti 1 Blok K No. 4, Cipinang Melayu, Jakarta Timur. Untuk menuju ke taman ini, Anda bisa naik angkutan umum menuju kawasan Cipinang Melayu, Jl. Wira Bakti.

Taman hijau yang asri dan indah ini cocok untuk Anda yang ingin bersantai sambil melepas penat di akhir pekan. Di taman ini, Anda juga bisa melakukan aktivitas olahraga atau sekadar merelaksasi pikiran. Anda dapat berkunjung ke taman ini setiap hari tanpa dikenakan biaya.

24.Museum Purna Bhakti Pertiwi

Yayasan Purna Bhakti Pertiwi membangun museum ini pada tahun 1987 dan selesai pada tahun 1992. Objek wisata sejarah yang beralamatkan di Jl. Taman Mini I, Jakarta Timur ini menarik untuk dikunjungi. Pasalnya, museum ini dibangun untuk mengenang pengabdian mantan presiden Soeharto.

Museum ini terletak persis di depan gerbang pintu masuk utama TMII. Untuk menuju lokasi, Anda bisa langsung mengambil tujuan Terminal Kampung Rambutan, lalu lanjutkan dengan naik angkutan umum langsung menuju TMII. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa langsung menuju Tol Pondok Pinang dan keluar di Tol Lingkar Timur ke arah TMII.

Museum ini banyak menyimpan benda-benda koleksi keluarga mantan Presiden Soeharto selama memimpin negara. Secara garis besar, museum ini memiliki 3 bagian, yaitu bangunan utama, bangunan penunjang, dan tata ruang luar. Soal fasilitas, museum ini terbilang cukup lengkap. Anda bisa menemukan kafetaria, kios cendera mata, musala, restoran, ruang baca, perpustakaan, hingga toilet.

Tarif kunjungan sangat terjangkau, yakni Rp1.000,00 untuk anak-anak dan Rp2.000,00 untuk dewasa. Museum ini buka pada hari Senin-Sabtu mulai pukul 09.00 hingga 16.00. Pada hari Minggu, museum buka seperti biasa dan beroperasi dua jam lebih lama.

25.Tugu Api

Sebuah tugu yang terletak di Jl. TMII Cipayung, Jakarta Timur ini merupakan monumen utama Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Bentuknya berupa lima buah keris berdiri menjulang di tengah kolam air. Untuk menuju ke lokasi Tugu Api, Anda bisa mengambil rute dari Terminal Kampung Rambutan dengan mengendarai angkutan umum tujuan Taman Mini.

Tugu Api tidak hanya berfungsi sebagai monumen, melainkan juga sebagai alun-alun yang cocok dijadikan sebagai tempat berkumpul, menggelar acara hiburan, upacara, berolahraga, spot fotografi dan lain sebagainya. Lahan parkir di lokasi ini juga sangat luas sehingga dapat menampung kendaraan dalam jumlah besar.

Untuk mengunjungi Tugu Api TMII, Anda hanya perlu membayar tiket parkir. Waktu operasional mulai pukul 07.00 hingga 22.00, pada hari Senin sampai Minggu.

26.Museum Asmat

Ingin melihat hasil seni ukir kayu khas suku Asmat, Papua? Cobalah berkunjung ke Museum Asmat. Di tempat ini, Anda akan dijamu oleh berbagai karya seni yang dibuat langsung oleh para penduduk Suku Asmat. Selain seni ukir, dipamerkan pula pakaian adat, perhiasan, perahu , patung, senjata, benda upacara, dan lain sebagainya.

Museum ini berada di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII), tepatnya di dalam kompleks Taman Bunga Keong Mas. Untuk menuju Museum ini, ambillah jalur dari Terminal Kampung Rambutan dan naik angkutan umum jurusan pintu utama TMII.

Untuk memasuki Museum Asmat, Anda dikenakan biaya tiket yang terbilang murah, yaitu Rp10.000 , terlepas dari biaya masuk kawasan TMII. Waktu operasional mulai pukul 09.00 hingga 16.00 setiap hari.

27.Telaga Mina

Telaga Mina merupakan sebuah kolam pemancingan yang terdapat di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kolam ini berada di sisi belakang TMII, tepatnya di antara Museum Listrik dan Energi Terbarukan serta Taman Budaya Tionghoa.

Bagi Anda yang mempunyai hobi memancing, tempat ini merupakan lokasi yang cocok untuk dieksplorasi. Telaga Mina merupakan kolam pemancingan terluas yang ada di Jakarta dengan ukuran sekitar 1000 meter persegi. Tata taman yang indah dan asri menjadi daya tarik tersendiri ketika Anda melempar umpan dan menunggu ikan untuk menerkamnya. Atau mungkin Anda hanya ingin sekadar menghabiskan waktu dan melarikan diri dari penatnya ibu kota? Telaga Mina bisa menjadi solusi.

Selain itu, kawasan Telaga Mina ini juga cocok sebagai lokasi olahraga. Pemancingan Telaga Mina juga sering mengadakan berbagai kejuaraan besar sehingga ramai dikunjungi wisatawan.

Untuk mengunjungi kawasan Telaga Mina, Anda tidak perlu membeli tiket masuk. Cukup membayar tiket masuk TMII sebesar Rp10.000,00 saja. Telaga Mina ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 22.00.

28.Stupha Sidartha Gautama Jakarta Timur

Stupha Sidartha Gautama merupakan sebuah vihara yang juga merupakan objek wisata religi. Lokasinya masih berada di dalam area TMII, dekat dengan Stasiun Taman Budaya TMII. Tidak ada biaya tambahan untuk memasukinya, selain tiket masuk TMII seharga Rp10.000,00.

Bangunan vihara ini mengambil bentuk stupa seperti di candi Borobudur. Terdapat juga patung Buddha yang ditempatkan di sebelah barat vihara. Kompleks vihara dikelilingi oleh kolam air yang seakan-akan mengangkat bangunan, dan menjadi gambaran perilaku spiritual para penganut agama Buddha.

Di hari besar umat Budha, kompleks Stupa Sidartha Gautama ini sering dipakai untuk beribadah dan upacara. Bagi orang awam, tempat ini juga biasa digunakan sebagai sarana untuk mencari informasi tentang agama Buddha di Indonesia.

29.Pavilion Kepulauan Bangka Belitung

Jika ingin melihat adat dan kebudayaan masyarakat Bangka Belitung, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi langsung ke Kepulauan Bangka Belitung. Ada anjungan Bangka Belitung yang terletak di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Anjungan Bangka Belitung berada di kawasan anjungan terpadu TMII, berdekatan dengan berbagai anjungan lainnya. Anda bisa menjumpai anjungan-anjungan lain dari berbagai provinsi di Indonesia.

Anjungan yang beroperasi sejak pukul 09.00 pagi hingga 05.00 sore ini berbentuk rumah adat khas Bangka Belitung. Di dalamnya terdapat benda-benda adat, lukisan, kerajinan tangan, alat musik, senjata dan lain sebagainya. Semuanya menunjukkan ciri khas kebudayaan Provinsi Bangka Belitung.

30.Kampung Artis

Ya, Kampung Artis yang terletak di Kompleks Binamarga, Jalan Cipayung Raya, RT 2/RW 3, Cipayung, Jakarta Timur ini merupakan studio yang dipergunakan untuk shooting film. Lokasi kampung artis ini dekat dengan TMII dan cukup mudah dijangkau dari pusat Kota Jakarta Timur.

Terdapat sekitar 30 replika bangunan yang digunakan untuk keperluan mengambil gambar film. Seperti sekolahan, bangunan kuno, hunian, rumah sakit , masjid dan lain sebagainya. Ada juga taman dan jalanan yang dibangun sedemikian rupa sehingga terlihat unik dan menjadi daya tarik tersendiri.

Kampung Artis ini buka mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB dan tidak dipungut biaya untuk memasukinya.

31. Dinosaur Adventure

Ingin berpetualang Bersama para dinosaurus? Anda bisa berkunjung ke Dinosaurs Adventure yang merupakan wahana dari Taman Legenda, masih satu kompleks dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Di dalam wahana ini, Anda akan diajak mengenali berbagai macam spesies Dinosaurus dengan alat peraga berupa diorama-diorama. Replika yang ditampilkan di wahana ini terbilang sangat lengkap, mulai dari patung dinosaurus hingga tumbuhan prasejarah.

Wahana Dinosaur Adventure buka setiap hari Senin hingga Kamis pukul 10.00-17.00, dan Jumat pukul 10.00–18.00 . Pada akhir pekan dan libur nasional, wahana buka pukul 09.00-20.00. Biaya masuk wahana ini dipatok seharga Rp30.000,00 di luar tiket masuk TMII dan Taman Legenda.

32.Monumen Perjuangan Jatinegara

Di ujung Jalan Matraman, atau lebih tepatnya pada pertemuan Jalan Jatinegara Barat dan Urip Sumohartjo—dekat dengan Gereja Eukomunia—terdapat sebuah Monumen Perjuangan Jatinegara. Monumen yang dibangun dengan bentuk manusia berdiri tegak di atas landasan setinggi 3 meter itu, menggambarkan seorang pemuda yang siap berperang menghadang musuh.

Nilai historis di balik pendirian patung tersebut tidak lekang dari kisah perjungan penduduk Jatinegara ketika melawan penjajah di beberapa daerah, seperti Pasar Jangkrik (Pasar Macan), Paseban, Kampung Melayu, Pulomas, dan sebagainya.

Bagi Anda yang suka dengan wisata sejarah, Anda bisa mengunjungi monumen ini kapan pun Anda mau dan tidak perlu membayar uang tiket masuk sepeser pun. Apalagi, akses menuju ke lokasi pun terbilang sangat mudah karena dekat dengan shelter TransJakarta Kebonpalah.

33.Anjungan Sulawesi Selatan

Anjungan Sulawesi Selatan
Anjungan Sulawesi Selatan

Selain menjanjikan wahana wisata dan sejarah Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga memiliki beberapa anjungan yang merepresentasikan adat-budaya Nusantara, salah satunya Sulawesi Selatan.

Anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke Tanah Toraja hanya untuk melihat sendiri berbagai arsitektur unik yang ada di sana, karena di anjungan ini tersedia berbagai pameran mulai dari rumah adat, koleksi karya suku Bugis, hingga senjata serta hasil buruan mereka.

Lokasinya yang masih satu tempat dengan kompleks anjungan TMII, membuatnya sangat mudah dijangkau dan tentu saja murah sebagai destinasi wisata bersama keluarga, karena Anda hanya perlu membayar sebesar Rp10.000/orang. Museum ini bisa Anda kunjungi setiap hari selama TMII masih buka, mulai pukul 07.00-17.00.

34.Anjungan Sumatera Utara

Berdekatan dengan Anjungan Sulawesi Selatan, terdapat Anjungan Sumatera Utara yang lokasinya juga masih satu kompleks dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke wisata ke Sumatera Utara, tempat ini dijamin akan memuaskan rasa penasaran Anda dengan sajian 4 buah bangunan adat, yang terdiri dari rumah adat Batak Toba, Nias, Batak Karo dan Batak Simalungun.

Bangunan lain yang tidak kalah cantik yakni tiruan 'tempat peranginan' (Panca Persada) yang dimiliki oleh suku Melayu. Setiap hari Minggu dan hari libur, bangunan ini sering digunakan sebagai tempat pertunjukan kesenian untuk menyambut pengunjung.

Sama seperti anjungan-anjungan lainnya, di kompleks wisata budaya ini Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000 saja. Anjungan ini buka mulai pukul 07.00-22.00.

35.Istana Anak-Anak Indonesia

Istana Anak-Anak Indonesia
Istana Anak-Anak Indonesia

Istana Anak-Anak Indonesia berbentuk seperti kastil di film kartun Cinderella. Istana ini berada di area Taman Anak-Anak Indonesia, yang terletak di dalam kompleks TMII.

Bangunan utama istana bernama Graha Widya Tama, terdiri dari 4 lantai dengan ruang terbuka di lantai 2, 2 sayap, serta menara yang tinggi menjulang. Bangunan tersebut menggambarkan bahwa manusia harus berani menggapai cita-cita meski setinggi langit.

Jika Anda ingin berkunjung, istana ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi sampai 09.00 malam. Anda bisa masuk dengan terlebih dahulu membeli tiket seharga Rp10.000,00. Ajaklah buah hati Anda berkunjung ke sini pada musim liburan nanti.

Demikianlah informasi mengenai 35 destinasi wisata di Jakarta Timur. Selamat berlibur! 

Aktivitas & Rekreasi di Jakarta Timur


  • Tiket Masuk SnowBay Waterpark TMII

    Begitu menginjakkan kaki di Snowbay Waterpark TMII oleh Snow Bay, Anda akan merasa berada di belahan bumi yang lain. Meski lokasinya berada di Jakarta, Snowbay Waterpark didesain untuk memberikan pemandangan imajinatif, dengan salju buatan yang indah dan menutupi sekitar 70% dari keseluruhan area.
    Mengunjungi tempat ini dijamin tak akan mengecewakan karena Anda bisa merasakan pengalaman yang seru.

    Taman hiburan yang satu ini menggabungkan wahana permainan dan atraksi air yang cocok untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Dibangun di atas lahan seluas 3 hektare, Anda bisa bermain dengan bebas di area yang luas!
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • Tiket Masuk Skyworld Indonesia

    Hampir semua orang pasti pernah mempunyai mimpi untuk menjelajahi luar angkasa. Baik itu hanya lamunan biasa atau ambisi yang ingin dicapai, misteri antariksa selalu membuat kita penasaran dan ingin mempelajarinya. Anda mungkin bukan (atau belum menjadi) astronot, tapi jangan khawatir, Skyworld Indonesia hadir untuk membantu Anda mencari tahu lebih banyak mengenai topik-topik yang berkaitan dengan antariksa, aeronautika, dan teknologi luar angkasa! Pengunjung dapat menikmati fasiliras dan atraksi-atraksi menarik seperti planetarium digital, bioskop 5D, ruang ekshibisi, booth foto 3D, waterpark, dan masih banyak lagi!
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • Bee Bee Land Tiket Masuk - Cipinang Indah Mall

    Bee-Bee Land menyediakan taman bermain yang edukatif dan menghibur. Stimulasi motorik dan warna dikemas dalam permainan yang menyenangkan. Ruang kreatif menyediakan paket pola karet, menggabungkan pengenalan tiga dimensi, dan mewarnai. Tersedia pola kupu-kupu, mobil, hewan, atau bunga. Balok-balok lego dapat disusun sesuai kreativitas.
    Deretan meja dan kursi dilengkapi alat gambar menjadi alternatif bagi anak yang menyukai aktivitas lebih tenang. Taman bermain terdiri dari pondok kayu, kolam bola, serta mini-outbond yang melatih aktivitas motorik. Ruangan bersih dan nyaman serta dilengkapi sekat pengaman. Lantai dan dinding yang keras dilapisi dengan busa untuk mencegah benturan. Jika tertarik untuk menyediakan mainan di rumah, terdapat pula toko yang menjual mainan anak.
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • Top Up Saldo di Amazone Cibubur

    Waktu yang dihabiskan bersama keluarga dan orang tercinta memang tidak pernah sia-sia, terutama jika Anda menghabiskan waktu itu bersenang-senang di Amazone! Pertama dibuka pada tahun 2001, Amazone memiliki banyak sekali wahana dan permainan yang cocok untuk segala usia. Dengan banyaknya ragam permainan dengan berbagai genre, dari balap, olahraga, musik, hingga menembak, Anda pasti tidak akan merasa bosan! Amazone juga sudah memiliki lebih dari 74 outlet di seluruh Indonesia, dengan reputasi sebagai salah satu pusat hiburan keluarga terbaik. Untuk aktivitas keluarga yang menyenangkan, Amazone adalah pilihan yang tepat!
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • Massage di RX Relaxology PGC Cililitan

    Beristirahatlah dan lepaskan diri anda dari segala aktivitas sejenak. Datanglah ke RX Relaxology dan rasakan relaksasi dengan metode acupressure. Acupressure adalah metode relaksasi yang bertujuan untuk mengaktfkan titik-titik energi di dalam tubuh.

    Dilakukan oleh terapis yang sudah terlatih, metode ini sudah ditelaah, dikumpulkan, diperbaiki dan dibentuk ulang sehingga menjadi metode relaksasi yang lebih efisien dan efektif. Dipadu dengan suasana ruangan relaksasi yang nyaman dan santai, dijamin membuat badan anda menjadi lebih segar.
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • Relaksasi di Diarraqueen Spa

    Setelah minggu kerja yang panjang dan sibuk, saatnya memanjakan diri Anda denganberkunjung ke Ike Malino Beauty! Bersantailah dan biarkan terapis-terapis yang profesional merawat Anda dari ujung kepala hingga ujung kaki dengan paket full body massage. Dengan menggunakan bahan-bahan alami yang berkualitas tinggi, Anda pasti akan merasa segar kembali!

    Ada dua jenis pijat yang bisa Anda pilih; pijat tradisional khas Jawa, atau pijat tradisional khas Bali, keduanya dirancang khusus untuk merilekskan tubuh dan pikiran Anda!
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • Paket Spa di Sasikirana Salon & Day Spa

    Di zaman sekarang dimana semuanya harus serba cepat, sangat penting untuk menjaga dan merawat diri Anda. Istirahatlah sejenak dari rutinitas Anda yang melelhakan dan luangkan waktu untuk merawat diri di Sasikirana Salon and Spa. Tinggalkan semua masalah dan kecemasan Anda di luar, santai dan biarkan staf yang ramah memanjakan Anda dengan layanan yang berkualitas. Anda bisa mencoba body massage, atau perawatan exfoliation dengan bahan-bahan alami seperti teh hijau, stroberi, dan madu, atau bahkan pijat wajah yang akan membuat wajah Anda semakin cerah!
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • Funworld Lippo Plaza Kramat Jati - Top Up Fun Card

    Banyak yang mengaku sebagai tempat yang menyenangkan untuk sekeluarga, tapi bicara hiburan keluarga, Funworld sudah pasti salah satu yang terbaik! Didirikan pada tahun 1983, Funworld adalah pusat rekreasi keluarga. Yang membuat Funworld berbeda adalah permainan dan wahananya yang bukan hanya khusus anak kecil, tapi juga untuk remaja dan dewasa, sempurna untuk senang-senang sekeluarga! Pacu adrenalin Anda dengan naik Roller Coaster atau Bazooka Drop Zone Tower, berputar-putar di Carousel, atau bermain permainan yang edukatif di mesin arcade bersama!
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • Funworld Tamini Square - Top Up Fun Card

    Banyak yang mengaku sebagai tempat yang menyenangkan untuk sekeluarga, tapi bicara hiburan keluarga, Funworld sudah pasti salah satu yang terbaik! Didirikan pada tahun 1983, Funworld adalah pusat rekreasi keluarga. Yang membuat Funworld berbeda adalah permainan dan wahananya yang bukan hanya khusus anak kecil, tapi juga untuk remaja dan dewasa, sempurna untuk senang-senang sekeluarga! Pacu adrenalin Anda dengan naik Roller Coaster atau Bazooka Drop Zone Tower, berputar-putar di Carousel, atau bermain permainan yang edukatif di mesin arcade bersama!
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • Tur Sepeda Taman Mini Indonesia Indah

    Taman Mini Indonesia Indah adalah taman budaya dan rekreasi yang memamerkan berbagai budaya dan pengetahuan Indonesia. Tur ini akan mengajak Anda melihat koleksi-koleksi pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua dan mengetahui lebih dalam mengenai budayanya. Juga, mengunjungi museum reptil.

    Tur juga termasuk:
    - Mengendarai sepeda sambil menjelajahi area taman, sangat santai, dan Anda dapat sewaktu-waktu berhenti di tempat-tempat yang menarik bagi Anda.
    - Pemandu tur, yang akan memberikan informasi lengkap mengenai objek wisata yang dilewati.

    Tur ini tidak hanya menyenangkan, tapi juga memberikan pengetahuan. Membawa anak-anak ikut dalam tur ini pastinya akan berguna bagi mereka kelak.
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT

Bagikan
evtbvsrwfq