peringatan
Country

Tempat Wisata di Malaysia

35 Tempat Wisata di Malaysia Yang Harus Anda Kunjungi Saat Liburan


Malaysia adalah salah satu negara di Asia Tenggara dengan potensi wisata yang menarik dan beragam. Meskipun wilayah negara ini tidak terlalu luas, tetapi Malaysia memiliki berbagai macam tempat wisata.

Jika Anda tertarik untuk menghabiskan masa liburan di Malaysia dan membutuhkan referensi tempat wisata yang seru. Simak ulasan tentang 35 tempat wisata di Malaysia yang harus Anda kunjungi di bawah ini,

1. Menara Kembar Petronas

Menara kembar Petronas merupakan salah satu ikon Malaysia. Menara kembar ini tercatat pernah menjadi menara tertinggi di dunia pada tahun 1998-2004, sebelum akhirnya gelar tersebut direbut oleh Burj Khalifa di Dubai. 

Selain menjadi markas bagi beberapa perusahaan, daya tarik Menara kembar Petronas bagi para wisatawan adalah jembatan udara. Jembatan udara merupakan jembatan yang menghubungkan 2 menara di lantai 41 dan 42. Jembatan ini terletak di atas ketinggian 170 meter. 

Anda bisa berkunjung ke jembatan udara untuk menikmati pemandangan Kota Kuala Lumpur dengan membeli tiket seharga RM 10. Loket tiket mulai dibuka pukul 09.30. Tetapi karena kuota tiket dibatasi sekitar 1600-1700 per harinya, sebaiknya Anda mulai mengantre sejak pukul 06.00.

Untuk mengunjungi Menara Kembar Petronas, selain menggunakan transportasi umum, seperti kereta api atau bus, Anda juga dapat menggunakan kendaraan pribadi. 

2.    Taman KLCC (Kuala Lumpur City Center)

Taman KLCC merupakan tempat wisata, berupa taman yang berada dibawah Menara Kembar Petronas. Di sini, para pengunjung biasanya melakukan jogging, bersepeda, atau sekadar duduk menikmati keindahan taman KLCC yang dikelilingi gedung-gedung pencakar langit. 

Di taman KLCC terdapat sebuah danau buatan yang dilengkapi dengan air mancur. Jika beruntung, Anda bisa menikmati pertunjukan air warna-warni setiap malam. Untuk mengunjungi taman KLCC, pengunjung tidak dikenai biaya sepeser pun.

Anda bisa menggunakan berbagai macam alat transportasi untuk berkunjung ke Taman KLCC. Karena letak taman ini termasuk strategis dan berada di pusat Kota Kuala Lumpur.

3. Taman Burung KL (Kuala Lumpur Bird Park)

Taman Burung KL merupakan bagian dari Taman Botani Perdana, yang terletak sekitar 10 menit dari pusat Kota Kuala Lumpur. Di Taman Burung KL ini, Anda dapat melihat 3000 ekor burung yang terdiri dari spesies lokal maupun asing. 

Di sini, burung-burung dibiarkan terbang bebas dan hidup di habitatnya masing-masing. Ketika menyusuri taman ini Anda akan melihat berbagai jenis unggas, seperti bebek, elang, dan burung unta. Anda juga bisa berfoto, memberi makan, atau melihat proses pengeraman telur buatan menggunakan inkubator.

Pertunjukan burung dibuka setiap hari mulai pukul 12.30 sampai 15.30. Untuk menuju Taman Burung KL, Anda bisa menggunakan kereta komuter atau bus yang berhenti di dekat bangunan taman. Tiket masuk ke taman ini berkisar antara RM 29 sampai RM 39.

4. Bukit Bintang

Kalau New York memiliki Time Square, Malaysia memiliki Bukit Bintang. Bukit Bintang merupakan salah satu tempat wisata belanja yang banyak dikunjungi wisatawan lokal dan asing. Di sini, terdapat berbagai macam pusat perbelanjaan yang menjual barang murah sampai barang impor bermerek.

Selain belanja, di Bukit Bintang Anda juga bisa menemukan berbagai macam restoran, kafe, dan pedagang kaki lima yang menjual variasi makanan dari berbagai negara. Untuk menuju Bukit Bintang, Anda bisa menaiki kereta monorail atau MRT (mass rapid transportation).

5. Kuil Kek Lok Si

Daya tarik utama Kek Lok Si adalah bangunan pagoda yang terdiri dari 7 lantai. Desain pagoda di Kuil Kek Lok Si merupakan perpaduan budaya Cina, Thailand dan Burma. Di dalamnya terdapat 10.000 patung Buddha dari pualam dan perunggu, 

Selain itu, di dalam kompleks Kuil Kek Lok Si juga terdapat patung perunggu Dewi Kuan Yin setinggi 30,2 meter. Di sini Anda tidak hanya bisa beribadah, tetapi juga menikmati panorama alam yang memesona. Tiket masuk ke Wihara terbesar di Malaysia ini sekitar RM 2.

Untuk mengunjungi Kek Lok Si, Anda dapat menyewa taksi seharga RM 25 per orang, atau menggunakan bis dengan harga yang lebih murah yaitu RM 2 sampai RM 3 per orang. 

6. Langkawi Cable Car

Langkawi Cable Car menawarkan sensasi seru berkendara menggunakan gondola, yang melayang di ketinggian 709 meter di atas permukaan laut. Sepanjang 20 menit perjalanan, Anda akan disuguhi panorama alam khas hutan tropis yang memesona. 

Stasiun gondola mulai dibuka dan beroperasi sejak pukul 10 pagi sampai 7 malam. Untuk menaiki gondola tersebut, Anda akan dikenai biaya sekitar RM 15 untuk dewasa, dan RM 5 untuk anak-anak.

Langkawi Cable Car terletak sekitar 30 menit dari pusat Kota Kuah dan 15 menit dari Bandara Internasional Langkawi. Untuk mencapai tempat ini Anda dapat menyewa taksi atau kendaraan pribadi.

7. Batu Caves (Gua Batu)

Caves merupakan ikon dan tempat wisata populer di Selangor. Tempat ini merupakan tempat suci bagi umat Hindu. Setiap tahun, pengelola Batu Caves menyelenggarakan festival agama Hindu Thaipusam. Festival ini selalu dipenuhi dengan umat Hindu dari seluruh dunia.

Batu Caves adalah gua batu kapur yang terdiri dari 3 gua utama dan beberapa gua kecil. Saat memasuki tempat ini, Anda akan disambut oleh patung Dewa Murugan setinggi 42,7 meter yang dilapisi emas. Setelah itu, Anda akan menaiki 272 anak tangga yang curam.

Saat menaiki tangga, Anda akan melihat banyak monyet liar berkeliaran. Batu Caves terletak sekitar 13 km dari Kota Kuala Lumpur. Untuk mecapai tempat ini, Anda dapat menggunakan kereta komuter, bus, atau taksi.

8. Pulau Redang

Pulau Redang merupakan tempat wisata di Malaysia yang populer di kalangan pecinta olahraga menyelam. Berlokasi di Laut Cina Selatan, pulau ini juga bagian dari Taman Laut Trengganu, Malaysia.

Untuk mencapai tempat ini, Anda dapat menggunakan kapal laut dengan harga tiket sekitar RM 40. Perjalanan menggunakan kapal laut dari Tanjung Merang memakan waktu sekitar 40 menit. Jika Anda ingin lebih cepat, Anda dapat menggunakan pesawat terbang dengan tiket seharga RM 250. 

Selain memiliki banyak spot favorit untuk menyelam, laut di sekitar pulau ini sangat jernih. Dari daratan kita bisa melihat ragam biota laut yang indah dan mengagumkan. Jika berkunjung ke tempat ini, Anda harus merogoh kocek cukup dalam, sebab harga sewa kamar di Pulau Redang lumayan mahal.

Mahalnya harga sewa penginapan di kawasan ini dikarenakan hampir semua resort di Pulau Redang memiliki fasilitas snorkeling dan diving

Dan jika ingin mengambil foto di bawah laut, Anda dapat menyewa kamera yang dapat digunakan di dalam air, seharga RM 30 per hari.

9. The Habitat Penang Hill

Ingin mengenalkan alam dan hutan pada anak? The Habitat Penang Hill adalah tempat wisata edukatif yang harus Anda masukkan dalam list liburan Anda. Di The Habitat Penang Hill, Anda bisa melihat panorama hutan, keindahan ragam flora, dan pemandangan laut yang mengagumkan.

Saat mengunjungi tempat ini, Anda dapat menaiki wahana The Canopy Walk. Di wahana ini, Anda dapat merasakan sensasi berjalan di atas udara melintasi pepohonan yang rindang. Kerennya, wahana ini dibuat tree friendly, artinya tidak ada satu baja pun yang dibangun dengan merusak tanaman dan pohon di sekitarnya.

Selain The Canopy Walk, Anda juga dapat mengunjungi wahana lain, seperti The Red Garden, Butterfly Bank, dan Fragrance Garden. 

Tiket masuk ke The Habitat Penang Hill sekitar RM 10 sampai RM 20. Tempat ini mulai buka dari pukul 9.30 pagi sampai pukul 18.00 petang.

Untuk mencapai tempat ini Anda dapat menaiki kereta gantung dari kaki Bukit Penang. Sepanjang perjalanan Anda akan melintasi hutan yang rimbun dengan pepohonan hijau yang memesona.

10. Kuala Gandah Elephant Orphanage Sanctuary

Rasakan sensasi berinteraksi dengan gajah ketika berkunjung ke tempat wisata alam Kuala Gandah  Elephant Orphanage Sanctuary. Tempat ini merupakan taman perlindungan gajah khas Asia yang juga dikenal sebagai spesies Elephus Maximus. Tercatat ada 1200 ekor gajah Asia di tempat ini.

Jika ingin liburan Anda lebih seru, cobalah wahana memandikan gajah di sungai yang masih alami. Kuala Gandah Elephant Orphanage Sanctuary terletak sekitar 15 km dari Kuala Lumpur. Untuk mencapai tempat ini Anda dapat menyewa atau membawa kendaraan pribadi dan menempuh perjalanan sekitar 100 km.

Harga tiket masuk ke Kuala Gandah Elephant Orphanage Sanctuary sekitar RM 10 untuk dewasa dan RM 5 untuk anak-anak . Tempat ini mulai beroperasi sejak pukul 9.00 pagi sampai pukul 4.45 sore.

11. Sunway Lagoon Theme Park

Selamat datang di taman bermain paling seru dan menyenangkan di Petaling   Jaya, Malaysia. Sunway Lagoon Theme Park merupakan kompleks taman bermain yang terdiri dari 5 taman yaitu: Water Park, Wildlife Park, Extreme Park, dan Amusement Park.

Hanya dengan mengunjungi satu tempat, Anda dapat menaiki lebih dari 80 wahana dan atraksi yang menarik. Jarak Kuala Lumpur dan Sunway Lagoon Theme   Park sekitar 15 menit perjalanan. Untuk mencapai tempat ini Anda dapat menaiki angkutan umum seperti bus, kereta komuter, atau LRT (Light Rail Transit).

Tiket masuk ke Sunway Lagoon Theme Park dipatok dengan harga RM 43 untuk dewasa dan RM 11 untuk anak-anak berumur di bawah 11 tahun. Tempat ini mulai buka sejak pukul 10.00 pagi sampai 6.00 sore.

12. National Zoo (Zoo Negara)

Zoo Negara adalah kebun binatang nasional yang dikelola oleh pemerintah Malaysia. Tempat wisata ini memiliki sekitar 5.500 hewan dari 400 spesies yang berbeda. Saat akhir pekan dan musim liburan, Zoo Negara selalu dipenuhi oleh para wisatawan lokal maupun asing.

Daya tarik utama kebun binatang ini adalah panda raksasa yang didatangkan langsung dari Cina. Selain itu, Zoo Negara juga memiliki wahana dan atraksi yang tidak kalah seru dan menarik lainnya. 

Tiket masuk ke Zoo Negara sekitar RM 8 sampai RM 12. Jika Anda cepat lelah dan capek, pengelola menyediakan sebuah trem yang bisa digunakan untuk mengelilingi kompleks Zoo Negara. Tempat ini mulai buka dari pukul 9.00 pagi sampai pukul 5.00 sore. 

Zoo Negara dapat dicapai menggunakan LRT (Light Rail Transit) yang dilanjutkan dengan Bis KL Transit. Anda juga dapat menyewa taksi, menaiki bus Metro, atau menggunakan kendaraan pribadi. 

13. Genting Highland              

Anda tidak perlu jauh-jauh ke Amerika jika ingin mengunjungi Las Vegas. Malaysia juga memiliki tempat yang tidak kalah glamor dan menghibur, yaitu Genting Highland. Genting Highland merupakan daerah perbukitan yang berlokasi sekitar 51 km dari pusat Kota Kuala Lumpur. 

Semua hal bisa Anda temukan di sini, mulai dari theme park, kasino, resort, restoran dengan berbagai kuliner khas lokal atau asing, tempat wisata alam, sampai pusat perbelanjaan yang sayang sekali jika dilewatkan. Tidak heran jika Genting Highland dijuluki kota hiburan atau The City of Entertainment.

Untuk mencapai Genting Higland, Anda dapat menggunakan Express Bus dengan tiket sekali jalan seharga RM 7,50 untuk dewasa dan RM 5,80 untuk anak-anak. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat berhenti di Awana dan melanjutkan jalan ke puncak Genting Highland menggunakan kereta gantung.

Pastikan Anda membawa uang yang banyak saat berkunjung ke Genting Highland. Karena Anda tidak akan mau melewatkan satu tempat wisata pun ketika berkunjung ke sini.

14. Garama Proboscis Monkey Sanctuary

Nikmati pengalaman seru memasuki habitat asli bekantan dengan menyusuri sungai Garama menggunakan perahu. 

Pastikan Anda membawa binokular agar dapat melihat bekantan dari dekat. Selain bekantan, Anda juga bisa melihat monyet-monyet liar yang bermain dan bergelantungan di pohon.

Perjalanan menyusuri Sungai Garama ini memakan waktu sekitar 2 jam. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi panorama khas hutan tropis yang mengagumkan. Jika beruntung, di akhir perjalanan, Anda dapat menyaksikan matahari terbenam dari rest area yang disediakan pengelola untuk para pengunjung.

Di tempat tersebut Anda juga bisa melihat kerbau yang sedang mandi di sungai sembari menikmati makan malam dengan menu lokal yang nikmat. Tiket tur menyusuri Sungai Garama dipatok sekitar RM 180 sampai RM 200. Setiap hari tur dimulai pukul 4 sore.

Anda bisa menaiki pesawat atau menyewa kendaran untuk mencapai Garama Proboscis Monkey Sanctuary. Jika ingin lebih nyaman, Anda bisa merogoh kocek lebih dalam dan menyewa sebuah helikopter.

15. Malaka River Cruise

Malaka adalah salah satu kota di Malaysia yang masih memiliki banyak bagunan kuno dari masa penjajahan Belanda. Untuk mengelilingi kota dan menikmati berbagai bangunan kuno, Anda dapat menyewa sebuah perahu. Wahana mengelilingi kota menggunakan perahu ini merupakan daya tarik utama Kota Malaka.

Wahana Malaka River Cruise memakan waktu sekitar 45 menit, untuk merasakan perjalanan ini Anda harus merogoh kocek sekitar RM 10 untuk dewasa dan RM 5 untuk anak-anak. Jangan lupa untuk membawa kamera, karena Anda pasti ingin mengabadikan setiap bangunan, jembatan, dan toko-toko kuno yang dilewati.

Untuk mencapai Kota Malaka, Anda dapat menggunakan bus, taksi, atau menyewa kendaraan pribadi. Perjalanan menuju Kota Malaka dari Kuala Lumpur memakan waktu sekitar 2 jam. 

16. Pulau Dayang Bunting

Pulau Dayang Bunting merupakan sebuah pulau unik yang terletak di Langkawi,  Malaysia. Dinamakan Pulau Dayang Bunting karena dari kejauhan pulau ini terlihat seperti seorang perempuan hamil (bunting) yang sedang tidur. 

Untuk menuju tempat ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum yang menuju terminal Awana Porta  Malai. Dari terminal tersebut, perjalanan akan diteruskan menggunakan kapal motor yang mulai beroperasi  dari pukul 10.00 pagi. Perjalanan menggunakan kapal memakan waktu sekitar 20 menit.

Sesampainya di dermaga Pulau Dayang Bunting, Anda masih harus berjalan kaki untuk masuk ke kompleks wisata pulau. Sepanjang jalan Anda akan melewati hutan dengan pepohonan hijau yang menawan. Dari pintu masuk, Anda masih harus berjalan selama 15 menit untuk sampai di Danau Dayang Bunting yang terkenal.

Di  danau yang jernih ini, Anda dapat menyewa atau mendayung perahu Anda sendiri. Nikmati suasana tenang, udara yang segar, dan pemandangan yang menawan ketika berada di sini. Harga tiket tur ke Pulau Dayang Bunting dipatok sekitar RM 35 sampai RM 60 per orang.

Jika menginap di salah satu penginapan di tempat ini, pengelola penginapan biasanya menyediakan perahu untuk mengantar dan menjemput pengunjung.

17. Langkawi Crocodile Farm

Langkawi Crocodile Farm merupakan tempat wisata di Malaysia berupa taman konservasi dan penangkaran buaya. Kurang lebih terdapat 1.000 buaya dari berbagai spesies tinggal di sini. Kebanyakan buaya di tempat ini sudah jinak, jadi soal keamanan Anda tidak perlu khawatir. 

Di setiap wahana, pengelola juga menyediakan pemandu dan pawang buaya yang terlatih secara profesional. Di Langkawi Crocodile Farm, Anda dapat melihat atraksi buaya, memberi makan buaya, dan berbagai wahana menarik serta menantang lainnya. 

Langkawi Crocodile Farm mulai buka sejak pukul 10.00 pagi sampai 6.00 malam. Harga tiket untuk masuk ke tempat ini dipatok dari RM 18 sampai RM 25. Langkawi Crocodile Farm Anda dapat dijangkau menggunakan kendaraan pribadi atau menaiki taksi udara (Langkawi Sky Cab).

18. Malaysia Textile Museum

Ingin tahu sejarah pakaian dan kain di Malaysia? Anda dapat mengunjungi Malaysia Textile Museum untuk belajar segala hal tentang kain khas Malaysia dan melihat langsung alat serta cara pembuatan kain-kain tradisional. Untuk mengunjungi museum ini Anda tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis.

Museum dibuka setiap hari sejak pukul 9.00 pagi sampai 6.00 malam, kecuali pada hari besar seperti Idulfitri dan Iduladha. Anda bisa memilih mengelilingi museum ini sendiri atau menggunakan jasa pemandu.

Selain kain dan pakaian khas Malaysia, museum ini juga memamerkan berbagai macam kain tradisional dari negara lain, seperti, India, Thailand, dan Indonesia. 

Untuk sampai ke museum ini, Anda dapat menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi.

19. Malaysia National Museum

Saatnya berlibur sambil belajar tentang sejarah Malaysia di Malaysia National Museum. Di museum ini terdapat 4 galeri utama yaitu, Galeri Early History, The Malay Kingdom, The Colonial Era, dan Malaysia Today. Bangunan museum sendiri mengadopsi arsitektur khas Minangkabau dari Indonesia.

Untuk pergi ke museum ini, Anda dapat menaiki kereta komuter atau monorail. Dari stasiun kereta, Anda masih harus berjalan kaki selama 15 menit melewati jalur khusus pejalan kaki yang disediakan pemerintah setempat. 

Harga tiket masuk ke Malaysia National Museum sekitar RM 5 untuk dewasa dan RM 2 untuk anak-anak.

Malaysia National Museum buka setiap hari mulai pukul 9.00 pagi sampai pukul 6.00 petang, kecuali pada hari raya Idulfitri dan Iduladha.

20. Penang National Park               

Penang National   Park merupakan tempat wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun asing. Daya tarik utama tempat seluas 1.213 hektar ini, adalah penangkaran penyu di Pantai Kerachut dan Pantai Kampi, hutan bakau, dan danau alami yang mempesona. 

Penang National Park merupakan rumah bagi ribuan flora dan fauna khas daerah tropis. Jika beruntung, setiap bulan September sampai April, Anda dapat melihat peristiwa migrasi burung yang langka. Serunya, untuk menikmati itu semua, Anda tidak dikenakan biaya alias gratis.

Meskipun begitu, setiap pengunjung yang mengunjungi tempat ini, wajib mendaftarkan diri mereka ke pengelola demi alasan keamanan. 

Untuk sampai ke Penang National Park, Anda dapat menaiki bis Rapid Penang nomor U101 atau U501. Anda juga dapat menggunakan kendaraan pribadi melewati Teluk Bahang.

21. Penang War Museum

Penang War Museum atau Museum Perang Penang berlokasi di     Bukit Batu Maung, bagian tenggara Pulau Penang. Jika berkendara dari Georgetown, Anda bisa melewati jalan tol Jelutong. Setelah melewati Penang Prawn Village, Anda akan menemukan perempatan. 

Dari perempatan ambil jalan lurus sampai terlihat petunjuk arah menuju Penang War Museum. Ikuti tanjakan jalan hingga Anda sampai ke Bukit Batu Maung. Museum mulai dibuka sejak pukul 9.00 pagi sampai pukul 6.00 sore. Tiket untuk memasuki museum ini berkisar antara RM 15 sampai RM 30. 

Daya tarik museum ini adalah bangunannya yang merupakan benteng pada masa penjajahan Inggris. Di dalam bangunan terdapat berbagai macam benda bersejarah dan sebuah ruang bawah tanah. 

Jika ingin melakukan tur khusus seperti Tunnel Tour atau Observation Tower, Anda akan dikenakan biaya tambahan sekitar RM 5 sampai RM 15.

22. Fort Cornwallis

Benteng (Fort) Corwallis merupakan salah satu situs bersejarah yang banyak dikunjungi wisatawan asing. Sama halnya dengan Penang War Museum, tempat ini berlokasi di Pulau Penang. Di sini Anda bisa mengunjungi sebuah kapel tua, Seri Rambai Canon (sebuah senjata raksasa bersejarah), dan galeri yang memamerkan sejarah Malaysia.

Untuk memasuki Fort Cornwallis Anda akan dikenakan biaya sebesar RM 20 untuk dewasa dan RM 5 untuk anak-anak. Benteng mulai beroperasi dari pukul 9.00 pagi sampai pukul 7.00 malam dan dibuka setiap hari untuk umum. 

Anda dapat menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi untuk sampai ke Fort Cornwallis. Angkutan umum yang bisa Anda gunakan adalah bus Rapid Penang atau taksi.

23. Gunung Mulu National Park

Gunung Mulu National  Park adalah salah satu tempat wisata alam terkenal di Malaysia. Gunung Mulu berlokasi di Serawak. Untuk sampai di tempat ini, Anda harus menggunakan pesawat. Setelah sampai di bandara setempat, perjalanan bisa kita lanjutkan dengan menyewa kendaraan.

Daya tarik utama Gunung Mulu National  Park adalah dua gua yang memiliki keunikannya masing-masing. Di    Cave of The Winds atau gua angin, Anda akan disuguhi keindahan stalaktit dan stalagmit yang menggantung di  langit-langit gua. Sementara di Deer Cave Anda bisa melihat sarang kelelawar menggantung sepanjang 2  km di atas langit gua.

Uniknya, di antara dua gua ini terdapat aliran sungai. Anda juga dapat menyewa kapal atau perahu mesin untuk menyusuri sungai alami tersebut. Tiket masuk ke Gunung Mulu National  Park dihargai RM 10. Jika ingin menyewa kapal, Anda tinggal menambah RM 5. Jam operasional taman dimulai sejak pukul 8.00 pagi sampai pukul 5.00 sore.

24. Masjid Putra di Putrajaya

Seperti yang kita tahu, mayoritas penduduk Malaysia beragama Islam. Karena itu sayang sekali jika ketika berkunjung ke negara ini kita tidak menyempatkan diri untuk melihat Masjid Putra yang terletak di Putrajaya.

Masjid Putra dibangun dengan mengadopsi arsitektur Timur Tengah. Keunikan bangunan masjid terlihat dari letaknya yang menjorok ke Danau Putrajaya. Karena letaknya inilah Masjid Putra dijuluki masjid terapung.

Untuk masuk ke masjid ini Anda tidak dipungut biaya sepeser pun. Anda hanya diwajibkan untuk berpakaian tertutup dan sopan. Masjid yang mampu menampung 1500 jamaah ini buka 24 jam.

Selain beribadah, Anda juga bisa menyewa perahu untuk menyusuri Danau Putrajaya yang mengelilingi masjid. Harga sewa perahu dipatok sekitar RM 10. Jika ingin menaiki kapal yang lebih besar, Anda dapat membeli tiket Kapal Belimbing Sightseeing Cruise Boat seharga RM 30. Kapal ini dilengkapi AC dan mampu menampung 76 orang.

Masjid Putra bisa dijangkau menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum seperti taksi, bus, dan kereta. 

25. Legoland Malaysia

Manjakan putra-putri Anda dengan mengunjungi taman bermain paling hits di Malaysia, Legoland. Taman bermain Legoland memiliki dua wahana utama yaitu Legoland Theme Park dan Legoland Water Park. Setiap wahana memiliki harga tiket yang berbeda.

Jika ingin mengunjungi dua wahana tersebut sekaligus, tiket terusan dipatok sekitar RM 140 untuk pengunjung berumur di atas 60 tahun dan anak-anak di bawah 12 tahun. Sedangkan untuk pengunjung yang berumur 12-59 tahun harga tiket terusannya adalah RM 174.

Soal wahana dan atraksi, jangan ditanya lagi. Taman bermain ini dilengkapi fasilitas dan permainan yang mumpuni. Uniknya, hampir semua bangunan di sini didesain seperti tumpukan lego. Legoland mulai beroperasi dari pukul 10.00 pagi sampai pukul 7.00 malam.

Legoland bisa dijangkau dengan pesawat melalui Bandara Senai atau Changi Singapura, lalu dilanjutkan dengan perjalanan darat. Jika berangkat dari Kuala Lumpur, Anda dapat menyewa atau menaiki kendaraan pribadi. Jarak tempuh dari Kuala Lumpur ke Legoland sekitar 4 jam. 

26.    Menara Kuala Lumpur

Menara Kuala Lumpur merupakan ikon Ibu Kota Malaysia. Menara ini merupakan salah satu menara tertinggi di Malaysia selain Menara Kembar Petronas. Keunikan menara ini terletak pada lantai puncaknya yang bisa berputar hingga 360 derajat. Pada puncak menara terdapat restoran mewah yang menyajikan kuliner khas Malaysia.

Dari puncak menara, Anda dapat melihat lanskap Kota Kuala Lumpur yang menakjubkan. Sebaiknya Anda mengunjungi menara ini pada malam hari untuk menyaksikan gemerlap lampu kota yang memesona. Menara Kuala Lumpur dibuka untuk umum mulai pukul 9.00 pagi sampai pukul 10.00 malam.

Harga tiket untuk menaiki Menara Kuala Lumpur berkisar antara RM 31 sampai RM 52. Menara ini bisa dijangkau dengan berbagai angkutan umum seperti taksi, bus, dan kereta, karena letaknya strategis.

27.    Lake Gardens

Lake gardens merupakan tempat wisata di Malaysia yang berlokasi di pusat Kota Kuala Lumpur. Tempat ini dapat dijangkau berbagai angkutan umum seperti bus, taksi, dan kereta. 

Kompleks taman seluas 91 hektare ini memiliki banyak wahana wisata yang menarik, seperti Taman kembang Sepatu, Taman Rusa, dan Monumen Nasional, dan dibuka mulai pukul 09.00- 18.00.

Anda tidak akan dipungut biaya sepeser pun untuk memasuki Lake Gardens. Anda bisa menyusuri seluruh kompleks taman dengan berjalan kaki atau mengendarai sepeda. Di taman ini terdapat penyewaan sepeda. Dengan harga RM 3 Anda sudah dapat mengelilingi taman selama 30 menit

28.    Museum Kesenian Islam Malaysia

Museum Kesenian Islam Malaysia merupakan rumah bagi sejarah peradaban Islam di dunia dan Malaysia. Dengan mengeluarkan uang sebesar RM 12 Anda dapat menyaksikan berbagai peninggalan-peninggalan bersejarah yang dipamerkan di gedung berlantai 3 ini.

Untuk mengunjungi Museum Kesenian Malaysia Anda dapat menaiki taksi dari Kuala Lumpur City Center (KLCC) seharga RM 8. Museum mulai dibuka sejak pukul 10 pagi sampai 6 malam.

29.    Sri Mahariamman                    

Sri Mahariamman merupakan situs agama Hindu yang terletak di daerah Chinatown di pusat Kota Kuala Lumpur. Di sekitar kuil ini terdapat Jalan Petaling yang merupakan pusat perbelanjaan dan kuliner tradisional. Sri Mahariamman selalu ramai dengan pengunjung, terutama saat festival agama Hindu berlangsung.

Untuk berkunjung ke Kuil Sri  Mahariamman Anda tidak akan dikenai biaya sama sekali. Anda hanya perlu menyewa loker untuk menyimpan alas kaki, karena pengunjung dilarang menggunakan alas kaki ketika masuk ke dalam kuil. Daya tarik utama kuil ini terletak pada bangunan dan arsitekturnya yang unik.

Sri Mahariamman dibuka setiap hari mulai pukul 6.00 pagi sampai 9.00 malam. Untuk mengunjungi tempat ini, Anda dapat menggunakan kendaraan umum seperti bus atau taksi.

30. Desaru Fruit Farm

Rasakan sensasi memetik buah langsung dari pohonnya di Desaru Fruit Farm. Di tempat ini terdapat buah-buahan khas negara tropis seperti durian, nangka, jambu air, dan sirsak. Desaru Fruit Farm merupakan rumah bagi 100 macam buah dari 10 spesies berbeda.

Dari Bandara Senai, Anda bisa menggunakan taksi atau menyewa kendaraan menuju Kota Tinggi, taman buah ini terletak sekitar 39m dari Kota Tinggi. Harga tiket masuk ke Desaru Fruit Farm dipatok sekitar RM 22 sampai RM 27. Anda juga dapat memilih beberapa paket tur dengan harga yang berbeda.

Tempat ini mulai beroperasi dari pukul 8.30 pagi sampai 6.30 malam.

31. Gurney Drive

Jika Penang dikenal sebagai Ibu Kota kuliner Malaysia, maka Gurney Drive merupakan pusat dari ibu kotanya. Gurney Drive merupakan pusat wisata kuliner yang berlokasi di Penang, Malaysia.

Ada berbagai macam ragam kuliner yang dijual di sini, mulai dari kuliner lokal sampai macanegara dan dari kuliner halal hingga nonhalal. Dari Bandara Internasional Penang, Anda dapat menyewa kendaraan untuk sampai ke Gurney Drive. Tempat ini buka dari pagi sampai tengah malam, bahkan beberapa restoran ada yang buka selama 24 jam.

32. Pulau Manukan

Pulau Manukan merupakan pulau terbesar kedua di kawasan wisata Taman Tunku Abdul Rahman. Secara geografis, pulau ini terletak di bagian Malaysia Timur tepatnya di Sabah. 

Untuk pergi ke Pulau Manukan, Anda harus ke Kota Kinabalu terlebih dahulu. Di kota tersebut terdapat Jetti Jesselton Point, di tempat ini kita dapat membeli tiket kapal untuk menyeberangi laut menuju Pulau Manukan. 

Kita bisa memilih beberapa paket tur tergantung jumlah pulau yang ingin dikunjungi. Harga tiap paket juga berbeda. Untuk tur ke satu pulau saja, tiket kapal dipatok sekitar RM 23. Harga tersebut belum termasuk tiket terminal seharga RM 7,63.

Sesampainya di Pulau Manukan kita masih harus membayar tiket masuk seharga RM 10 untuk dewasa dan RM 6 untuk anak berumur di bawah 18 tahun. Daya tarik utama Pulau Manukan adalah air lautnya yang jernih. Anda dapat mengeksplorasi alam bawah laut pulau ini dengan menyelam atau snorkeling.

Pemberangkatan kapal dari Kota Kinabalu ke Pulau Manukan dibuka sejak pukul 8.00 pagi sampai 3.00 sore. 

33. Taiping Zoo   

Taiping zoo adalah salah satu tempat wisata di Malaysia yang memadukan wisata edukatif dan alam. Kebun binatang ini juga digunakan sebagai tempat untuk meneliti dan melindungi satwa.

Taiping Zoo berlokasi di bagian utara Semenanjung Malaysia. Saat ini di Taiping Zoo terdapat sekitar 1.200 fauna yang terdiri dari 140 spesies. Tempat ini dibuka setiap hari mulai jam 8.30-18.00. Tiket masuk ke Taiping Zoo dihargai sekitar RM 8,5 sampai RM 12.

Salah satu program menarik di Taping Zoo adalah Night Safari. Harga tiket Night Safari berbeda dengan harga tiket reguler. Program ini menawarkan tur mengelilingi kebun binatang saat malam hari. Tur dibuka dari  pukul 8.00 sampai 11.00 malam.

Dari Kuala Lumpur, Anda bisa menggunakan bus, kereta api, menyewa kendaraan atau bahkan menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi ke Taiping Zoo. Perjalanan dari Kuala Lumpur ke tempat ini dapat ditempuh selama kurang lebih 8 jam.

34. Bukit Bendera

Bukit Bendera merupakan kompleks wisata di dataran tinggi Penang. Di tempat ini, terdapat berbagai macam tempat wisata mulai wisata alam, situs agama Hindu, sampai pusat perbelanjaan. Dari Georgetown, tempat ini bisa dicapai dengan menaiki bus Transit Link nomor 1 atau 101 dan berhenti di Terminal Air Itam.

Dari Air Itam, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan trem khusus untuk mendaki Bukit bendera. Tiket menaiki trem dipatok dengan harga RM 4,50 per orang untuk sekali jalan. Sepanjang jalan menuju puncak, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang menyejukkan mata.

Mata Anda akan semakin dimanjakan dengan panorama alam yang menakjubkan ketika kereta sampai di puncak Bukit Bendera. Dari puncak Anda bisa menikmati pemandangan alam sembari menikmati secangkir kopi atau teh hangat.

Sebaiknya Anda mengunjungi Bukit Bendera sebelum pukul 9.00 pagi, karena setelah itu antrean wisatawan akan membeludak dan membuat antrean trem semakin panjang. Trem mulai berangkat sejak pukul 6.30 pagi dan setiap setengah jam sekali akan mengangkut penumpang ke puncak Penang Hill.

35. Sam Poh Tong

Sam Poh Tong merupakan kuil gua alami yang berlokasi di Gunung Rapat, sekitar 5 km dari Ipoh. Di dalam kuil agama Buddha ini terdapat berbagai macam patung dewa. Sedangkan di langit-langitnya terdapat stalaktit dan stalagmit alami yang keindahannya mampu membuat siapa pun merasa takjub.

Dari Kuala Lumpur, Anda bisa menaiki bus atau kereta api untuk pergi ke Ipoh. Dari Ipoh, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menyewa kendaraan atau taksi menuju kuil gua Sam Poh Tong. Kuil Sam Poh Tong dibuka mulai pukul 9.00 pagi sampai 18 petang. 

Para pengunjung hanya diberi waktu satu jam untuk mengelilingi kompleks kuil. Anda tidak akan dikenakan biaya apapun agar bisa masuk ke kuil gua. Tetapi sebaiknya Anda memberikan sedikit donasi kepada para Biksu dan Biksuni yang mengelola kuil.

Itulah ulasan tentang 35 tempat wisata di Malaysia yang sayang sekali untuk dilewatkan. Sebelum berlibur, pastikan Anda memiliki informasi yang cukup, agar saat bepergian di negeri asing nanti, Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Selamat berlibur!

Aktivitas & Rekreasi di Malaysia


  • E-Tiket ke LEGOLAND Malaysia

    Wahana, seluncuran, pertunjukan, dan atraksi hanyalah beberapa hal yang dapat dilihat di taman bermain internasional pertama di Malaysia, LEGOLAND. Dengan e-tiket ini, para pengunjung dapat mengunjungi tujuh area taman ini, termasuk The Beginning, Miniland, Imagination, LEGO Technic, LEGO Kingdoms, Land of Adventure, dan LEGO City.

    The Beginning menyediakan banyak toko suvenir dan kafe, sehingga Anda dapat membeli aksesoris dan perlengkapan LEGO yang asli. Area ini terletak di pintu masuk. Anda bahkan dapat memiliki cendera mata LEGO sebelum naik wahana.

    Miniland memiliki beberapa miniatur bangunan terkenal di dunia. Dengan menggunakan lebih dari 30 juta balok lego, mereka mampu membangun Petronas Twin Towers, The Merlion, Taj Mahal, dan bangunan ikonik lainnya dari 17 negara di Asia.

    Wahana penuh aksi terdapat di LEGO Technic, area pusat sains di taman ini. Di sini, Anda dapat mencoba wahana seperti Project X, rollercoaster yang dapat naik hingga 18 meter. Ada pula TECHNIC Twister, wahana yang akan membawa Anda berputar pada kecepatan berbeda, tergantung pada seberapa cepat Anda memutar setirnya. LEGO MINDSTORMS dan LEGO Academy juga terletak di sini.

    The Dragon and the Dragon's Apprentice adalah sebagian dari wahana di LEGO Kingdoms. Selain wahana rollercoaster tersebut, area ini juga menaungi Castle Stage, sebuah panggung yang dipenuhi tarian dan musik ketika pertunjukan berlangsung. Ada pula Forestmen's Hideout, wahana multilevel bertipe taman bermain di mana para petualang harus menerobos hutan imajiner untuk bisa keluar.

    Jangan lupa membawa pakaian ganti untuk berman di wahana Dino Island di Land of Adventure. Di sini, para pengunjung akan menaiki balok kayu untuk menelusuri riak air. Wahana dan atraksi lain di area ini termasuk Pharaoh's Revenge, Lost Kingdom of Adventure, dan Beetle Bounce.

    Area terakhir yang dapat diakses dengan e-tiket ini yaitu Lego City. Nuansa area ini layaknya kota sungguhan yang dibangun khusus untuk anak-anak. Lengkap dengan pasar, galangan kapal, tempat les menyetir, dan kereta. Anak-anak pasti akan sangat senang menjelajahi kota kecil ini.
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • Sanrio Hello Kitty Town dan Thomas Town E-Tiket

    Hello Kitty dan Dear Daniel adalah beberapa karakter favorit dari sekian banyak karakter yang bisa kamu temui di Sanrio Hello Kitty Town, taman hiburan bertema Sanrio pertama yang ada di luar Jepang. Dengan tiket elektronik ini, kamu juga akan mendapatkan akses langsung ke Thomas Town, sebuah atraksi yang dibuat berdasarkan film kartun Thomas and Friends.


    Di Sanrio Hello Kitty Town, pengunjung juga bisa melihat-lihat rumah Hello Kiitty yang terkenal itu. Di sana, mereka bisa melakukan sejumlah kegiatan sederhana, yang mendorong anak-anak membantu pekerjaan rumah tangga di rumah masing-masing. Selain itu, ada juga kendaraan berbentuk cangkir Hello Kitty untuk anak-anak dan dewasa.


    Pada jam-jam tertentu, theme park ini memiliki program reguler seperti Hello Kitty Starlight Sing-A-Long dimana pengunjung bisa bernyanyi bersama di Purrfect Stage pada jam 13.00, dan Hello Kitty Heartful Journey pada jam 15.30.


    Berjalan-jalan di theme park ini pastinya belum lengkap tanpa disertai Meet & Greet. Pengunjung bisa bertemu dengan Hello Kitty, Dear Daniel, My Melody, dan Bad Badtz-Maru kapanpun. Sementara di Thomas Town, pengunjung bisa bertemu dengan Bob The Builder, Angelina Ballerina, Barney, Pingu dan lainnya. Jangan lewatkan pertunjukan singkat seperti Barney at The Zoo pada jam 12.00 dan Thomas Sodor Surprise pada jam 14.00
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • E-Tiket Satu Hari ke Sunway Lagoon

    Dengan luas 323,700 meter persegi, Anda mungkin butuh satu hari penuh untuk menelusuri seluruh bagian dari Sunway Lagoon, Taman bermain bertema Nickelodeon pertama di Asia.

    Atraksi ini telah memenangkan beberapa penghargaan dalam beberapa tahun belakangan, salah satunya adalah Atraksi Terbaik di Asia oleh International Association of Amusement Parks dan Attractions dari tahun 2007 hingga 2010. Dengan satu pas, anda akan mendapatkan akses untuk seluruh taman bermain di Sunway Lagoon: Theme Park Water Park, Amusement Park, Wildlife Park, Extreme Park, dan Scream Park.

    Di Water Park, Anda dapat mencoba seluncur, kolam dan Waterplexx 5D pertama di dunia. Di Amusement Park, Anda dapat mengunjungi salah satu jembatan gantung terpanjang di Malaysia, dan lain sebagainya. Lebih dari 150 spesies binatang dari seluruh dunia dapat ditemui di Wildlife Park. Sementara Extreme Park menyediakan aktivitas seperti ATV dan balapan Go Kart. Di Lynton V. Harris' Scream Park, Anda dapat mencoba atraksi horor seperti Kevin Hall.

    Lebih dari 80 wahana dan atraksi tersedia di seluruh area taman ini, dan menawarkan level sensasi yang berbeda pula. Tempat ini dapat diakses dengan mudah dari pusat kota Kuala Lumpur, dan tentunya akan ditambahkan beberapa wahana lain di waktu yang akan datang.
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • Tiket Masuk Aquaria KLCC

    Jelajahi oceanarium seluas 60,000 kaki persegi yang mempunyai 15 wahana utama ini. Aquaria KLCC tidak hanya mempertunjukkan kehidupan bawah laut tetapi juga beberapa fauna laut dan darat yang paling unik di muka bumi.

    Tiket masuk elektronik ini memiliki akses ke 8 area yang dibagi menjadi dua lantai. Lantai pertama terdiri dari Evolution Zone, The Stream dan Shipwreck. Di wahana ini, Anda akan dapat melihat Ikan Piranha Perut Merah, Berang-berang Cakar Kecil Asia, Kepiting Tapal Kuda, Ikan Belalai, Belanak, Yellow FoxFish dan Blueface Angelfish.

    Lantai dua dari Oceanarium ini dibagi lagi menjadi 5 area yaitu the Deep Forest, Station Aquarius, The Coast, Living Ocean dan The Weird and Wonderful. Anda akan melihat lebih banyak lagi spesies laut karena terowongan bawah air terletak di lantai ini.

    Selain menikmati pemandangan di akuarium terbesar Malaysia, pengunjung juga dapat berbelanja berbagai jenis pernak-pernik seperti kaos, boneka, magnet dan hoodie di toko yang bernama Toko Souvenir Atlantis.
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • Tiket Masuk Lost World of Tambun

    Berbagai wahana seru akan anda temui di Lost World of Tambun, sebuah taman bermain bagi keluarga yang menawarkan atraksi-atraksi menarik bagi anak-anak dan orang dewasa.


    Di dalam area taman, anda bisa bermain di kolam berombak terbesar di Malaysia, Jungle Wave Pool. Ombak yang dihasilkan di kolam ini bisa mencapai ketinggian lebih dari 90 sentimeter. Kemudian ada Adventure River, sebuah wahana bagi para pengunjung untuk mengarungi sungai buatan terpanjang di negara ini dengan menggunakan perahu karet besar. Banyak pengunjung terlihat bersantai di Sandy Bay, berjemur di bawah sinar matahari sambil ditemani oleh minuman dingin yang menyegarkan.


    Area yang kedua adalah Amusement Park, tempat anak-anak bisa sangat bersenang-senang di wahana ringan seperti Perak Parade dan Adventure Express. Ada pula atraksi untuk orang dewasa seperti Lupe’s Adventure, sebuah wahana roller coaster yang memiliki turunan curam dan juga alur yang berkelok.


    Kehidupan liar margasatwa sangatlah nyata di Petting Zoo, area ketiga ini merupakan tempat tinggal lebih dari 55 spesies binatang. Di sini, anak-anak bisa memancing di sungai yang mengelilingi Rabbit Wonderland atau bahkan bertemu dengan bintangnya kebun binatang, Ruby the Raccoon. Rakun ini sedemikian terkenalnya sehingga penghuni area tersebut dinamakan Ruby and Friends. Di Tortoise Kingdom, anda dapat bertemu dengan Chinese Box Turtle dan Senterrapin. Di area ini pula para pengunjung dapat melihat air terjun buatan setinggi 9 meter.


    Di Tiger Valley, pengunjung dapat melihat kucing-kucing liar besar di taman bermain ini. Menyaksikan mereka menyantap makanan, mengelilingi kandangnya dan juga berinteraksi dengan pawangnya. Berbeda dengan Tin Valley, area ini memperkenalkan pengunjung ke beberapa industri-industri tertua di Malaysia.


    Yang terakhir, pompa adrenalin anda di Adventure Park dengan meluncur di zipline, berjalan di ketinggian di atas tali, menaiki kayak dan melakukan aktivitas seru menggunakan zorb ball.
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • E-Tiket Untuk Kunjungi Sanrio Hello Kitty Town

    Ayo temui Hello Kitty, Dear Daniel, My Melody, dan Bad Badtz-Maru di Sanrio Hello Kitty Town, Malaysia. Berlokasi di Puteri Harbour, pertunjukkan ini merupakan pertunjukkan pertama Hello Kitty di luar Jepang.

    Tentunya, berbagai wahana dalam pertunjukkan ini juga akan menghibur para pengunjung yang datang. Sebagai contoh, The Mini Tea Cup dan Windmill sangat cocok untuk anak-anak dengan tinggi badan minimal 90cm. Wahana ini tidak terlalu tinggi dan terlalu cepat sehingga anak-anak yang berusia tiga tahun pun dapat mencobanya.

    Selain wahana-wahana permainan, terdapat juga Hello Kitty House, yang memungkinkan pengunjung yang datang untuk melakukan beberapa tugas sederhana yang dapat diterapkan oleh anak-anak ketika berada di rumah masing-masing.

    Setiap harinya juga akan ada berbagai pertunjukkan di dalam taman bermain ini. Misalnya, Hello Kitty Starlight Sing-A-Long yang berlangsung sekitar pukul 13.00 pada hari Senin-Jumat. Pertunjukkan ini berlangsung di Purrfect Stage yang dilanjutkan dengan Hello Kitty Heartful Journey pada pukul 15.30.
    Sementara itu, pertemuan dengan berbagai karakter Sanrio yang sangat digemari akan berlangsung di satu tempat tertentu pada waktu yang berbeda-beda, sehingga Anda dapat datang dan bertemu dengan mereka semua pada waktu yang sesuai dengan preferensi Anda.
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • Tiket Masuk Penang 3D Trick Art Museum

    Penang 3D Trick Art Museum adalah museum interaktif yang memadukan seni gaya lama dengan gaya yang menampilkan kesenian tradisional Malaysia dan budaya hip masa kini.

    Di dalam museum, Anda dapat dengan bebas berpose sesuai dengan lukisan dinding yang Anda pilih sebagai latar belakang. Ada serangan hiu, di mana hiu tampak seperti akan melarikan diri dari kandang kaca. Ada juga bungee jump di mana Anda dapat berpose seakan-akan Anda akan melakukan kegiatan ekstrim.

    Anda juga bisa berpose gaya hidup Lampung, dengan berpose di depan sebuah rumah tradisional, pengaturan perkotaan yang mengingatkan pada rumah-rumah tua Malaysia. Ada juga seni klan dermaga, di mana Anda bisa berpura-pura naik perahu dan menangkap ikan di atas air. Naik sebuah becak, tersedia dalam.

    Sebelum masuk, jangan lupa untuk menyimpan sepatu Anda di pintu masuk untuk memastikan bahwa museum tetap sebersih mungkin.
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • Tiket Masuk ke KidZania Kuala Lumpur

    KidZania Kuala Lumpur merupakan KidZania ketiga di kawasan Asia Tenggara, serta merupakan KidZania ke-11 di seluruh dunia. Dengan tiket masuk ini, anak-anak dapat memiliki akses langsung ke dalam taman hiburan bertema keluarga ini, yang menyajikan pembelajaran sekaligus hiburan yang interaktif.

    Beberapa fasilitas interaktif di dalam taman ini akan mengajarkan anak mulai usia 4 hingga 14 tahun, akan pentingnya bersosialisasi dan bekerja sama dengan sesama KidZanians. Dengan kerja sama yang baik, mereka dapat membangun komunitas KidZania yang aman.

    Anak-anak di dalam KidZania akan mencoba beragam peran, seperti menjadi dokter, pemadam kebakaran, dan profesi sungguhan lainnya. Masing-masing penampil dalam permainan peran ini harus menjalankan tugasnya agar komunitasnya bisa berhasil. Ada 60 tempat yang dapat dikunjungi di dalam KidZania, dan terbagi ke dalam dua level.

    KidZania juga memiliki mata uang sendiri yang dapat dihasilkan dengan melakukan pekerjaan tertentu dan ditukarkan dengan barang di dalam area taman bermain ini.
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • Tur Keliling Penang dengan Bus Hop-on Hop-off

    Tiket elektronik ini akan membawa penggunanya menuju 18 pemberhentian berbeda, yang memperlihatkan berbagai objek wisata di Penang.

    Ada dua rute transit yang dapat dipilih oleh para tamu. Masing-masing rute menawarkan sudut pandang kota yang berbeda. Pada kedua rute, para tamu dapat melihat aspek sejarah dan budaya dari Penang.

    Hampir 50 lokasi dan objek wisata dapat dilihat di bus tur ini, tergantung ke mana pemegang tiket ingin pergi. Beberapa pemberhentian di rute kota ini termasuk Botanical Garden, Penang Hill, Kek Lok Si Temple, Times Square, Komtar, Chowrasta, UNESCO Heritage, Clan Jetties, Cruise, St. George, Blue Mansion dan Kelawei. Di sisi lain, pada rute pantai ada pemberhentian seperti Straits Quay, Flamingo, Miami Beach, Holiday Inn, dan Hard Rock.
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • Tiket Terusan Kuala Lumpur: Beragam Objek Wisata Dalam Satu Tiket

    Kuala Lumpur merupakan kota besar dengan beragam hal yang bisa dilihat, dilakukan dan dijelajahi dengan mudah. Jadikan tiket terusan ke obyek wisata hebat ini berkesan di Kuala Lumpur.

    Pilihlah tiket masuk yang berlaku dari satu, tiga atau enam hari, yang dilengkapi dengan buku panduan 140 halaman yang memberikan informasi berguna agar kunjungan Anda lebih berkesan. Anda bisa menikmati tiket terusan tanpa perlu bayar lagi, ke lebih dari 17 objek wisata dan diskon ke beragama restoran, outlet toko dan kegiatan yang berhubungan dengan turis. Tiket juga sudah mencakup kendaraan tak terbatas dengan bis tur Hop-on Hop-off sesuai dengan masa berlaku tiket.

    Sebagai pemegang tiket ini, nantikan momen yang mengundang senyum selama perjalanan Anda. Ini memanglah tiket emas.
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
Bagikan
evtbvsrwfq