peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya
City

Tempat Wisata di Kuala Lumpur

35 Tempat Wisata di Kuala Lumpur Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan


Selain Singapura dan Thailand, negeri jiran Malaysia pun banyak dikunjungi wisatawan Indonesia untuk liburan. Lokasinya yang tidak begitu jauh dari Indonesia, adat dan budaya yang masih satu rumpun dengan bangsa kita, serta banyaknya ragam destinasi wisata yang ditawarkan membuat Malaysia wajib Anda pertimbangkan sebagai destinasi wisata untuk liburan selanjutnya.

Ibukota Malaysia, Kuala Lumpur, menyimpan banyak keindahan dan warisan sejarah masa lalu yang menanti untuk Anda singkap pesonanya. Di balik keriuhan khas kota megapolitan, Kuala Lumpur juga memiliki banyak atraksi wisata yang masih kental dengan adat masyarakat Melayu, lo. Nah, bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai referensi tempat wisata  di Kuala Lumpur, ada baiknya untuk menyimak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Menara Kembar Petronas  

Wisatawan yang datang ke Kuala Lumpur wajib untuk menyambangi bangunan paling ikonik di seantero Malaysia yang satu ini, apalagi kalau bukan Menara Kembar Petronas. Menara yang juga dikenal dengan nama Petronas Twin Towers ini dulunya menyandang predikat sebagai gedung tertinggi di dunia, tepatnya pada tahun 1998-2004, menurut sebuah organisasi pengamat tata kota dan gedung bernama Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH). Predikat menara tertinggi tersebut kemudian digantikan oleh Menara Taipei 101, tapi Menara Kembar Petronas masih masuk ke dalam daftar menara tertinggi di dunia.

Menara yang dirancang oleh arsitektur kenamaan Argentina bernama Cesar Pelli ini memiliki jumlah lantai sebanyak 88 tingkat dan tinggi 4.519 m. Selain gedungnya yang tinggi menjulang, daya tarik lain yang dapat Anda temukan di kawasan Menara Kembar Petronas adalah Kompleks Perbelanjaan Suria, Pusat Sains Petrosains, Gedung Orkestra, dan masih banyak lagi. Menara Kembar Petronas dibuka untuk wisatawan setiap hari Selasa-Minggu dari pukul 09:00-21:00, serta tutup pada hari raya Idulfitri dan Iduladha. Harga tiket masuk Menara Petronas untuk turis asing berada pada kisaran harga RM80.00. 

Nah, untuk menuju Menara Kembar Petronas, Anda dapat naik taksi atau berjalan kaki jika Anda menginap di Mandarin Oriental Hotel. Selain berjalan kaki atau naik taksi, Anda juga bisa naik kereta LRT.

2. Bukit Bintang   

Salah satu titik keramaian Kuala Lumpur terletak di kawasan hiburan dan belanja Bukit Bintang. Surga belanja yang satu ini berlokasi di antara Jalan Raja Chulan di sebalah utaranya serta Jalan Imbi di bagian selatan. Bukit Bintang juga sering dijuluki sebagai Orchard Road-nya Malaysia saking ramainya dengan para pelancong, serta deretan pertokoan elit. Pusat perbelanjaan yang terletak di Bukit Bintang di antaranya: Berjaya Times Square, Imbi Plaza, Bukit Bintang Plaza, Low Yat Plaza, Kuala Lumpur Plaza, Starhill Galeri, Fahrenheit, dan Pavillion yang diklaim sebagai mal terbesar di Kuala Lumpur.

Namun, jangan salah, biarpun kawasan ini banyak dihuni pertokoan elit, bukan berarti Bukit Bintang tidak ramah dengan turis berbujet pas-pasan. Jika Anda tidak memiliki banyak anggaran untuk belanja, Anda juga masih bisa membawa pulang barang-barang yang ada di sini dengan harga terjangkau. Di pusat perbelanjaan Bukit Bintang, masih banyak toko-toko yang menjajakan merk lokal dengan barang berkualitas yang pastinya lebih ramah di kantong. Untuk urusan perut pun Anda tidak perlu khawatir sebab di sini banyak terdapat restoran yang menjajakan kuliner khas Melayu dan dunia. Bukit Bintang paling asyik dikunjungi pada malam hari karena Anda dapat merasakan atmosfer ramai dan riuh rendah para pengunjung yang bercengkerama. Belum lagi air mancur warna-warni yang ada di Pavillion Mall yang banyak diburu para penggemar fotografi karena kecantikannya.

Pusat perbelanjaan di Bukit Bintang biasanya dibuka dari jam 10:00-22:00. Anda dapat naik monorail menuju Bintang Walk dari Bukit Bintang Monorail Station di perempatan jalan Sultan Ismail Road dan Bukit Bintang Road untuk sampai di surga belanjanya Malaysia yang satu ini.

3. Kuala Lumpur Bird Park

Kuala Lumpur tidak melulu menawarkan gemerlap kehidupan masyarakat urban ibukota. Keindahan fauna eksotis yang hidup di lingkungan penangkaran hijau dan rindang pun dapat Anda temukan di sini, tepatnya di Kuala Lumpur Bird Park. Kawasan konservasi fauna yang satu ini merupakan rumah bagi 3.000 spesies burung yang terdiri dari 200 spesies lokal dan spesies asing. Jika Anda berjalan-jalan di sekitar kawasan Kuala Lumpur Bird Park, Anda dapat berinteraksi langsung dengan burung-burung eksotis dengan corak bulu yang menawan, seperti Burung Rangkong, Elang, Burung Unta, serta itik mandarin.

Selagi berada di sana, pastikan Anda mengambil foto burung-burung lucu dengan corak mempesona dan jangan sampai ketinggalan juga untuk menyaksikan atraksi dari para burung yang digelar setiap hari pada pukul 12:00 dan 15:30. Untuk bisa sampai di Kuala Lumpur Bird Park, Anda bisa naik kereta KTM Commuter yang berangkat dari KTM Old Railway Kuala Lumpur Station yang berlokasi di kawasan National Mosque. Harga tiket masuk Bird Park untuk dewasa yakni RM39.00 dan RM29.00 untuk anak-anak.

4. Kuala Lumpur Tower  

Kuala Lumpur Tower alias KL Tower merupakan menara penyiaran dan telekomunikasi yang memiliki tinggi 421 meter. KL Tower yang merupakan menara telekomunikasi tertinggi ke tujuh di dunia ini berdiri dengan gagah di atas Bukit Nanas yang memiliki ketinggian sekitar 94 mdpl. Arsitektur KL Tower terinspirasi dari gaya arsitektur Timur Tengah yang tercermin dari keramik serta ornamen khasnya yang kaya akan corak dan motif abstrak dengan warna kalem.

Harga tiket masuk KL Tower yakni RM38.00 untuk dewasa, dan RM28.00 untuk anak-anak. KL Tower terletak di Jalan Puncak dan dapat dicapai dengan mengendarai kereta cepat dari Bukit Nanas Monorail Station serta Dang Wangi LRT Station.

5. Aquaria KLCC

Tempat wisata di Kuala Lumpur selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Aquaria KLCC. Dari namanya saja mungkin Anda sudah bisa menebak kalau tempat wisata yang satu ini ada hubungannya dengan air. Memang, Aquaria KLCC merupakan akuarium raksasa dengan terowongan sepanjang 90 meter yang dihuni sekitar 150 jenis biota laut yang terdiri dari 5.000 spesies. Di dalam akuarium raksasa tersebut, Anda dapat melihat satwa laut buas seperti hiu harimau, ikan piranha, ular laut, dan masih banyak lagi.

Nah, jika Anda liburan bersama anak-anak, mungkin Aquaria KLCC ini dapat dijadikan sebagai destinasi wisata utama yang wajib Anda kunjungi saat berlibur di Kuala Lumpur. Selain tempatnya yang menyenangkan, anak-anak juga dapat belajar mengenal jenis-jenis ikan serta biota laut lainnya yang tinggal di akuarium raksasa. 

Aquaria KLCC terletak di kawasan wisata terpadu Kuala Lumpur City Centre serta dibuka mulai pukul 11:00-20:00. Harga tiket masuk Aquaria KLCC yakni sekitar RM 64.00 untuk turis dewasa serta RM53.00 untuk anak-anak usia 3-12 tahun. Untuk menuju Aquaria KLCC, Anda dapat naik kereta cepat dari Kelana Jaya Station atau naik bus umum dari halte Suria KLCC.

6. Kuala Lumpur Merdeka Square  

Merdeka Square merupakan tempat wisata yang berada di jantung kota Kuala Lumpur. Merdeka Square juga sangat dekat dengan atraksi wisata lainnya seperti China Town, Central Market, Masjid Jamek, National History Museum, serta Sungai Gombak. Lapangan tempat pertama kali dikibarkannya bendera nasional Malaysia pada momen hari kemerdekaan 31 Agustus 1957 ini sering dijadikan sebagai tempat digelarnya pertunjukan musik, karnaval, serta garis awal dan akhir pada pertandingan lari maraton.

Gedung-gedung dengan aristektur khas kolonial yang menawan pun dapat Anda temukan di sini. Pokoknya, jangan sampai Anda lupa untuk memotret keindahan gedung-gedung yang cantiknya bukan main ini. Merdeka Square berada di Jalan Raja, City Centre, Kuala Lumpur, dan dapat dikunjungi kapan saja selama 24 jam.

7. Islamic Arts Museum

Islamic Arts Museum Kuala Lumpur dibangun pada Desember 1998 dan juga merupakan museum kesenian Islami terbesar di Asia Tenggara. Bangunan yang memiliki luas 30.000 meter persegi ini berada di kawasan rindang Perdana Botanical Garden. Islamic Arts Museum memiliki 7.000 koleksi artefak, serta perpustakaan dengan koleksi buku-buku Islami terbanyak di dunia. Salah satu koleksi museum yang paling terkenal di sini adalah salah satu maket Masjidil Haram terbesar di dunia. 

Peninggalan-peninggalan kerajaan Islam serta bukti artefak penyebaran Islam di Asia pun dapat Anda temukan di sini. Islamic Arts Museum berada di Jalan Lembah Perdana, Kuala Lumpur dan dibuka setiap hari dari pukul 10:00-18:00. Tiket masuknya pun relatif terjangkau yakni RM14.00 untuk dewasa serta RM7.00 untuk pelajar. Anak-anak berusia di bawah enam tahun tidak dikenakan biaya. Untuk menuju museum, Anda bisa berjalan kaki dari Stasiun Kereta Kuala Lumpur, atau dengan mengendarai taksi.

8. Sultan Abdul Samad Building  

Sultan Abdul Samad Building merupakan tempat wisata di Kuala Lumpur yang berada di Dataran Merdeka dan Royal Selangor Club di Jalan Tunku Abdul Rahman. Gedung yang satu ini berdiri sejak tahun 1897 dan dijadikan pusat pemerintahan pada zaman pendudukan Inggris. Saat ini, Sultan Abdul Samad Building dijadikan sebagai gedung Mahkamah Agung. Gedung yang satu ini juga memiliki menara jam dan gaya arsitektur megah yang membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai objek fotografi.

Pada peringatan-peringatan khusus, Sultan Abdul Samad Building dhiasi lampu warna-warni yang indah. Bagi Anda yang penasaran, datang saja langsung ke Jalan Ampang 109 dengan mengendarai LRT dari PUTRA Line menuju Masjid Jamek. 

9. Kuala Lumpur Butterfly Park

Kuala Lumpur Butterfly Park
Kuala Lumpur Butterfly Park

Taman konservasi kupu-kupu di Kuala Lumpur yang satu ini berada di kawasan Lake Gardens. Kuala Lumpur Butterfly Park merupakan imitasi dari habitat asli kupu-kupu yakni hutan hujan tropis yang memiliki koleksi 6.000 kupu-kupu yang terdiri dari 120 spesies. Taman ini juga memiliki koleksi 15.000 pepohonan dan tanaman hias yang membuat suasana taman makin cantik.

Kuala Lumpur Butterfly Park terletak di Jalan Cenderawasih dan buka setiap hari dari pukul 9:00-18:00. Tiket masuk Butterfly Park yakni RM18.00 untuk turis asing. Anda dapat berjalan kaki dari Pasar Seni Station untuk menuju tempat wisata yang satu ini.

10. Masjid Jamek  

Masjid Jamek merupakan salah satu tempat wisata di Kuala Lumpur yang terkenal dengan keindahan arsitekturnya. Didirikan pada tahun 1907 dan diresmikan oleh Sultan Selangor pada tahun 1909, Masjid Jamek dinobatkan sebagai masjid tertua di Kuala Lumpur. Masjid Jamek memiliki tiga kubah dan minaret setinggi 27 meter. 

Anda dapat menuju Masjid Jamek dengan mengendarai Star LRT dari Stasiun Masjid Jamek. Cobalah naik KL Monorail, lalu ke Stasiun Hang Tuah, dan lanjutkan perjalanan menuju Star LRT untuk sampai ke Masjid Jamek.

11.Berjaya Times Square Theme Park

Mau cari tempat wisata dengan taman hiburan indoor yang penuh dengan berbagai wahana seru? Datang saja ke Berjaya Times Square Theme Park yang berlokasi di Jalan Imbi. Theme park indoor terbesar di Malaysia ini terletak di lantai lima pusat perbelanjaan terbesar di Malaysia, Berjaya Times Square Hotel, dan didesain agar cocok untuk wisatawan dewasa dan anak-anak dengan dua zona khususnya.

Di tempat wisata di Kuala Lumpur yang satu ini, Anda bisa puas mencoba berbagai wahana yang seru sekaligus menantang seperti Supersonic Odyssey Roller Coaster, Dizzy Izzy, DNA Mixer, Haunted Chamber, dan masih banyak lagi. Berjaya Times Square Theme Park dibuka setiap hari dari pukul 12.00-22.00. Harga tiket untuk wisatawan dewasa yakni RM51.00 serta RM41.00 untuk anak-anak usia 3-12 tahun.

12. Royal Malaysian Police Museum  

Royal Malaysian Police Museum merupakan tempat wisata yang cocok bagi Anda yang menyukai sejarah dan sepak terjang kepolisian, khususnya kepolisian di Malaysia. Berlokasi di Jalan Perdana, kawasan museum yang satu ini dikelilingi oleh beberapa titik wisata seperti Planetarium dan Islamic Arts Museum. 

Museum Kepolisian Kuala Lumpur ini memiliki tiga galeri, yakni galeri A, B, dan C. Galeri A akan menunjukkan sejarah dibentuknya badan kepolisian Malaysia, sedangkan Galeri B merupakan tempat dipamerkannya kendaraan kepolisian dari masa ke masa. Sementara, di Galeri C, Anda akan diajak menyaksikan sepak terjang polisi dalam memerangi bencana di Malaysia, seperti pada masa pendudukan Jepang.

Royal Malaysian Police Museum buka setiap Selasa-Minggu pukul 10.00-18.00. Museum ini tidak mematok biaya tiket masuk, kecuali pada akhir pekan dan libur nasional Anda diharuskan membayar tiket masuk sebesar RM1.00.

13. Sin Sze Ya Temple

Sin Sze Ya Temple dikenal sebagai kuil Tao tertua serta pusat kebudayaan Tionghoa di Kuala Lumpur, khususnya pada perayaan Tahun Baru Imlek. Kuil yang dibangun pada tahun 1864 ini lokasinya hanya sekitar tiga menit dari Petaling Street. Di kuil ini, Anda dapat menikmati keindahan arsitektur bangunan kuil yang memiliki corak warna cerah serta ornamen-ornamen khas Tiongkok yang rumit dan artistik. Selain itu, Anda pun dapat melihat ritual keagamaan Tao yang unik seperti merangkak di depan Patung Sin Sze Ye dan Sze Ye, atau mencari tahu peruntungan Anda melalui seorang peramal nasib yang ada di kuil. 

Cara terbaik untuk dapat sampai ke kuil adalah dengan mengendarai LRT dari Stasiun Pasar Seni atau Masjid Jamek. Dari situ, Anda tinggal berjalan kaki selama kurang lebih enam menit. Kuil Sin Sze Ya dibuka setiap hari dari pukul 07.00-17.00.

14. National Textile Museum

National Textile Museum berada di kawasan Merdeka Square di Jalan Sultan Hishamudin dan dinobatkan sebagai ikon warisan budaya Malaysia. Museum yang dibuka pada tahun 2010 ini memamerkan proses dan teknologi pembuatan tekstil, serta merupakan rumah bagi koleksi pakaian tradisional rakyat Malaysia.

National Textile Museum buka setiap hari dari pukul 09.00-18.00. Anda dapat naik MRT dari Stasiun Masjid Jamek untuk dapat sampai di Museum Tekstil ini. Anda pun tidak dipungut biaya untuk dapat menikmati keindahan tekstil dan pakaian tradisional khas Melayu yang ada di National Textile Museum.

15. Pusat Sains Negara

Pusat Sains Negara atau National Science Centre berdiri di atas bukit di Kuala Lumpur. Salah satu tempat wisata di Kuala Lumpur yang cocok dikunjungi anak-anak ini menampilkan berbagai peragaan sains dan teknologi yang edukatif bagi anak-anak. Selain itu, Pusat Sains Negara juga memiliki perpustakaan multimedia, kafetaria, serta aula untuk kegiatan belajar. 

Pusat Sains Negara dibuka setiap hari kecuali hari Jumat pada pukul 09.00-17.00. Tiket masuk Pusat Sains Negara yakni RM6.00 untuk dewasa dan RM3.00 untuk anak-anak.

16. Skytrex Adventure   

Bergeser sebentar dari pusat kota Kuala Lumpur, kita menuju Shah Alam untuk mencoba wahana outdoor yang seru dan menantang di Skytrex Adventure. Di kawasan wisata alam ini Anda dapat bermain bersama keluarga dan menguji nyali dengan mencoba wahana flying fox atau pun rope climbing di wilayah hijau Taman Agrikultur Shah Alam.

Skytrex hanya buka setiap akhir pecan, tapi kalau Anda datang bersama rombongan minimal 25 orang, Anda bisa meminta Skytrex untuk buka di hari biasa. Sebelum memulai petualangan, para pemandu akan memberikan arahan pentingnya keselamatan serta bagaimana menggunakan alat-alat yang akan dipasangkan pada tubuh kita saat memulai petualangan. Skytrex Adventure buka setiap Sabtu dan Minggu dari pukul 08:30-16:30. Tiket masuknya bervariasi, yakni RM35.00 untuk kategori Little Adventure, RM45.00 untuk Big Thrill, dan RM55.00 untuk Extreme Challenge.

17. Bukit Tabur

Bukit Tabur atau biasa disebut juga dengan Bukit Hangus berada di Selangor, kota tetangga Kuala Lumpur. Bukit dengan ketinggian 500 meter ini sangat cocok untuk Anda yang gemar haiking. Untuk memasuki wilayah haiking, Anda harus melewati Klang Gates Dam, yang berada di belakang area Taman Melawati. Saat haiking, Anda akan disuguhi pemandangan menakjubkan Sungai Gombak serta panorama Kuala Lumpur di sebelah utaranya. 

18. i-City Shah Alam

Masih di wilayah tetangga Kuala Lumpur, tepatnya di Shah Alam, Anda dapat mengunjungi theme park yang memiliki ornamen pencahayaan LED yang cantik dan menawan. i-City dapat dicapai dengan berkendara selama satu jam dari Kuala Lumpur. Di sini, Anda dan keluarga dapat menikmati wahana dan permainan seru seperti bianglala. Atraksi wisata menarik lainnya yang ada di i-City di antaranya: City of Digital Lights, Waterworld, 5D Theatre, House of Horror, Fun World, City Walk, Red Carpet Wax Museum, Space Mission, SnoWalk, Trick Art Museum, dan masih banyak lagi.

i-City Shah Alam berada di D-9-1, Jalan Multimedia, 7/AJ City Park, Shah Alam dan buka setiap hari dari pukul 19:00-02:00. 

19. Thean Hou Temple

Thean Hou Temple
Thean Hou Temple

Satu lagi lokasi wisata relijius yang wajib dikunjungi saat liburan di Kuala Lumpur, yakni Thean Hou Temple. Salah satu kuil Budha terbesar dan tertua di Asia Tenggara ini berada di Jalan Klang Lama Road, dan dijuluki pula sebagai Kuil Dewi Surga. Dibangun pada tahun 1894, Thean Hou Temple memiliki gaya arsitektur kontemporer serta desain tradisional yang ditandai dengan adanya ornamen rumit dan artisti khas Tiongkok.

Thean Hou Temple juga merupakan rumah bagi kebun tanaman obat, Pohon Bodhi, serta kolam penyu. Anda dapat naik LRT menuju perhentian Tun Sambanthan, dan berjalan dari jembatan untuk menuju kuil. Kuil yang berada di 65 Persiaran Endah, Off Jalan Syed Putra ini buka setiap hari dari pukul 09:00-18:00.

20. Lake Gardens 

Lake Gardens
Lake Gardens

Lake Gardens atau Taman Botani Perdana merupakan kawasan wisata seluas 92 hektare yang berlokasi di Jalan Kebun Bunga, Tasik Perdana, Kuala Lumpur. Lake Gardens memiliki koleksi tanaman dan pepohonan rindang yang membuat suasana makin sejuk dan teduh. Di sini Anda bisa melakukan berbagi aktivitas seru bersama keluarga, seperti naik Segway mengelilingi taman, berjalan-jalan sambil melihat koleksi tanaman, bermain bersama burung-burung eksotis di National Bird Park, menyaksikan kecantikan bunga anggrek di Orchid Park, dan masih banyak lagi.

Lake Gardens dibuka setiap hari dari pukul 09:00-18:00 dan tidak dipungut biaya untuk tiket masuknya, kecuali pada akhir pekan dan hari libur nasional Anda harus mengeluarkan RM1.00 untuk tiket masuknya.

21. Jalan Alor   

Di sinilah tempatnya berburu berbagai kudapan dan sajian lezat khas negeri jiran. Jalan Alor merupakan pusat wisata kuliner di Kuala Lumpur yang memiliki deretan kedai dan restoran yang menyajikan kuliner lokal dan internasional. 

Pokoknya, mulai dari makanan berat seperti nasi goreng, aneka mi, olahan hasil laut, hingga camilan-camilan unik dan lezat, semuanya dapat Anda temukan di sini. Bahkan, tidak jarang makanan yang dijajakan di Jalan Alor tidak dapat Anda temukan di restoran-restoran kebanyakan. Jadi, pusat wisata kuliner yang satu ini sangat wajib Anda kunjungi saat berada di Kuala Lumpur. 

Jalan Alor paling cocok dikunjungi pada malam hari sebab Anda dapat merasakan kemeriahan dan atmosfer menyenangkan dari lampu-lampu cantik serta lalu-lalang para turis dan riuh rendah suara para pedagang yang menawarkan dagangannya.

Cara paling mudah untuk menuju Jalan Alor adalah dengan mengendarai monorail menuju stasiun Bukit Bintang, lalu berjalan ke arah utara menuju Jalan Bukit Bintang. Nah, dari situ, Anda hanya harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju Jalan Alor yang hanya memakan waktu sekitar satu menit.

22. Istana Budaya

Istana Budaya merupakan gedung teater nasional Malaysia. Gedung yang dibangun pada tahun 1999 ini merupakan lokasi utama digelarnya pertunjukan musik, drama, opera, dan pertunjukan seni lainnya. Istana Budaya juga dinobatkan sebagai salah satu dari 10 gedung teater terbaik di dunia.

Istana Budaya terletak di 58 Jalan Kuantan Titiwangsa, 53200 Kuala Lumpur, tepat di samping Galeri Seni Nasional yang berada di Jalan Tun Razak di jantung Kuala Lumpur.

23. Kuala Lumpur Forest Eco Park

KL Forest Eco Park dapat dikatakan sebagai paru-parunya Kuala Lumpur. Hutan lindung tengah kota ini menyajikan suasana bak di hutan rindang. Di sini juga terdapat jembatan kanopi gantung yang dapat Anda coba untuk melihat pemandangan taman dari ketinggian. Taman yang dulu dikenal dengan nama Bukit Nanas Forest Reserve ini merupakan satu-satunya taman berkonsep hutan hujan yang ada di Kuala Lumpur. KL Forest Eco Park merupakan tempat yang asyik untuk bersantai bersama keluarga sambil menghirup udara segar.

Anda dapat mengakses KL Forest Eco Park melalui Jalan Ampang atau Jalan Raja Chulan. Taman ini dibuka setiap hari dari pukul 07:00-19:00.

24. Sri Mahamariamman Temple

Sri Mahamariamman Temple berada di Jalan Tun H. S. Lee dan merupakan kuil Hindu tertua di Kuala Lumpur. Kuil yang memiliki gaya arsitektur Eropa ini diapit dua kuil Budha yang berdiri di ujung China Town, hanya tiga menit jaraknya dari Petaling Street. Gaya arsitektur khas kolonial yang menawan tersebut membuat Sri Mahamariamman Temple banyak diburu para wisatawan yang ingin mengabadikannya ke dalam sebuah potret.

Sri Mahamariamman Temple dibuka setiap hari dari pukul 06:00-21:00.

25. KLCC Park  

Satu lagi taman bergaya modern yang dapat Anda jadikan sebagai tempat bersantai bersama keluarga setelah seharian berkeliling Kuala Lumpur, yakni Kuala Lumpur City Centre Park (KLCC Park). Tempat wisata di Kuala Lumpur yang satu ini memiliki luas taman 20 hektare yang dibuat untuk memberikan sentuhan alam yang hijau untuk Menara Kembar Petronas. Salah satu atraksi wisata paling menarik yang dimiliki KLCC Park adalah Lake Symphony yang memiliki air mancur setinggi 42 meter. KLCC Park juga merupakan rumah bagi 1.900 pepohonan yang terdiri dari 74 spesies. 

26. Petaling Street (Jalan Petaling)   

Petaling Street merupakan area pecinan di Kuala Lumpur yang ramai akan deretan pedagang kaki lima yang menawarkan berbagai macam barang dengan harga yang relatif terjangkau, asalkan Anda pandai menawar. Petaling Street paling ramai dikunjungi para wisatawan pada malam hari sebab suasananya yang ramai dengan hiasan lampion serta sajian kuliner kaki lima yang lebih beragam.

Sangat mudah untuk mencapai Petaling Street dengan menggunakan transportasi umum sebab bus-bus umum biasanya selalu melewati area ini. Jika Anda ingin mengunjungi Petaling Street dengan bus umum, Anda bisa menaiki bus yang menuju Kotaraya. Ada banyak pula stasiun kereta di dekat kawasan Petaling Street, tinggal pilih Anda mau naik LRT dari Pasar Seni atau Masjid Jamek, kereta komuter Kuala Lumpur, atau monorail dari Stasiun Maharajalela.

27. Sunway Lagoon Theme Park

Sunway Lagoon Theme Park terletak di Petaling Jaya, sebuah kota satelit yang berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Kuala Lumpur. Sunway Lagoon memiliki berbagai jenis aktivitas air yang menarik seperti kolam arus, arung jeram di sungai buatan, pantai ombak buatan, dan masih banyak lagi. Di sini, ada berbagai jenis wahana permainan yang dapat Anda jajal di antaranya: Waters of Africa, Scream Park, Amusement Park, Extreme Park, dan Wildlife Park. 

Sunway Lagoon Park dibuka dari pukul 11:00-18:00 pada hari Senin-Jumat, serta pukul 10:00-18:00 pada hari Sabtu-Minggu. Tiket masuk untuk dewasa yakni RM170.00 serta RM140.00 untuk anak-anak di bawah usia 13 tahun.

28. Changkat Bukit Bintang  

Changkat Bukit Bintang diumpamakan sebagai Piccadilly Circus atau New York’s Time Square-nya Malaysia. Di area ini Anda akan menemukan restoran dan bar paling populer di Kuala Lumpur. Bangunan Changkat Bukit Bintang dapat dikatakan unik sebab memiliki gaya arsitektur kolonial yang menawan. Restoran-restoran elit yang berada di area Changkat Bukit Bintang di antaranya: Yoko’s, The Mogul House, Le Bouchon, Deutches Haus, The Green Man, The Al Bait, Little Havana, dan masih banyak lagi.

Changkat Bukit Bintang sangat mudah dicapai karena letaknya yang berada di belakang Jalan Bukit Bintang, terutama bagi Anda yang menginap di area segitiga emas atau pusat kota Kuala Lumpur.

29. Masjid Putrajaya

Masjid Putrajaya
Masjid Putrajaya

Wisata relijius di Kuala Lumpur belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Masjid Putrajaya yang berlokasi di Pusat Pentadbiran Kerajaan Persekutuan, atau sekitar 45 menit dari pusat kota Kuala Lumpur. Masjid yang satu ini dapat dikatakan sebagai ikonnya Putrajaya. Masjid Putrajaya memiliki arsitektur bergaya Persia, dengan pemandangan indah dari Danau Putrajaya yang tepat berada di depan masjid. 

Masjid Putrajaya dibuka setiap hari pada pukul 09:30-18:00 dan dapat dengan mudah dicapai dengan mengendarai kereta transit ERL yang berhenti di Stasiun Putrajaya. Selepas turun dari kereta, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju masjid dengan mengendarai taksi selama kurang lebih 10 menit.

30. Kuala Lumpur City Gallery

Jika Anda ingin mengetahui sejarah dan perkembangan kota Kuala Lumpur, datanglah ke Kuala Lumpur City Gallery yang berada di daerah Dataran Merdeka. Di galeri dan museum yang satu ini, Anda akan melihat potret sejarah Kuala Lumpur sejak masih dalam pendudukan Inggris hingga saat ini. Beranjak ke lantai 2, Anda akan disuguhi maket raksasa Kuala Lumpur sekaligus video presentasi tentang wisata di Kuala Lumpur. 

Jangan lupa untuk mampir ke toko suvenirnya sebelum pulang. Di toko suvenir, Anda dapat membeli kerajinan tangan khas dengan harga relatif terjangkau. Kuala Lumpur City Gallery buka setiap hari dari pukul 09:00-18:30.

31. Kuala Lumpur National Zoo & Aquarium

Jika Anda bepergian bersama si kecil, jangan lupa ajak mereka ke Kuala Lumpur National Zoo & Aquarium yang berlokasi di Hulu Kelang, Ampang, Selangor. Kebun binatang dengan luas 44 hektare ini dihuni 5.137 satwa yang terdiri dari 476 spesies mamalia, unggas, reptil, amfibi, dan ikan yang berasal dari Afrika dan Asia. kebun binatang yang juga dijuluki Zoo Negara ini berjarak sekitar 13 km ke wilayah utara dari pusat kota Kuala Lumpur.

Kuala Lumpur National Zoo & Aquarium dibagi ke dalam beberapa zona, di antaranya: Taman Reptil, Zona Gajah Malaysia, Kerajaan Mamalia, Bear Complex, dan lain sebagainya. Zoo Negara ini buka setiap hari dari pukul 09:00-17:00. Anda bisa naik taksi atau Metrobus #16 dari Central Market di Chinatown. Harga tiket masuk untuk wisatawan asing yakni RM85.00 untuk dewasa, serta RM43.00 untuk anak-anak usia 3-12 tahun.

32. Batu Caves  

Batu Caves, salah satu tempat wisata di Kuala Lumpur paling terkenal, merupakan bukit kapur yang memiliki tiga gua besar dan beberapa gua kecil. Berjarak sekitar 11 km di wilayah utara Kuala Lumpur, kuil yang berusia lebih dari 100 tahun ini memiliki patung-patung Budha yang berdiri di area gua utama. Salah satu area gua paling populer di sini, Cathedral Cave, merupakan rumah bagi beberapa tempat suci umat Hindu. Tidak hanya kuil-kuil dan patungnya saja yang dapat membuat para wisatawan terpesona, pemandangan alam di sekitarnya pun turut mempercantik area Batu Caves.

Batu Caves dibuka setiap hari dari pukul 06:00-21:00. Anda bisa mengendarai Intrakota bus Nomor 11D dari Central Market untuk bisa sampai ke Batu Caves. Jangan khawatir, Anda tidak dipungut biaya tiket masuk untuk dapat menikmati keindahan dan keagungan Batu Caves.

33. Petrosains Discovery Centre

Petrosains Discovery Centre
Petrosains Discovery Centre

Kuala Lumpur City Centre (KLCC) tidak habis-habisnya menawarkan atraksi wisata yang menarik, sekaligus edukatif bagi para wisatawan. Salah satu tempat wisata di kawasan pusat kota Kuala Lumpur yang wajib Anda datangi bersama anak-anak adalah Petrosains Discovery Centre. Destinasi wisata seluas 7.000 meter persegi ini berada di lantai empat Petronas Twin Towers yang didedikasikan khusus untuk memamerkan sejarah dan penemuan di bidang teknologi, arkeologi, dan antropologi. Sejak dibuka pertama kali pada tahun 1999, Petrosains Discovery Centre sudah menjadi tujuan utama anak-anak untuk belajar sains dengan cara yang menyenangkan.

Petrosains Discovery Centre dibuka pukul 09:30-17:30 pada hari Selasa-Jumat, dan 09:30-18:30 pada akhir pekan dan hari libur nasional. Harga tiket masuk untuk turis asing adalah RM25.00 untuk dewasa, RM20.00 untuk remaja usia 13-17 tahun, serta RM15.00 untuk anak-anak usia 3-12 tahun.

34. District 21 Kuala Lumpur

District 21 Kuala Lumpur merupakan theme park yang berlokasi di IOI City Mall, Putrajaya. Wisatawan dari segala usia dapat menikmati keseruan dengan wahana seru dan menantang yang ada di District 21. Taman bermain indoor yang memiliki luas 6.500 meter persegi ini menampung berbagai wahana bertema post-apocalyptic yang dihiasi oleh lempengan baja dan grafiti warna-warni.

Salah satu wahana paling digemari di District 21 adalah Maze. Anda akan ditantang untuk menemukan jalan keluar ketika berada di dalam labirin baja. Wahana yang aman untuk anak-anak ketika bermain di District 21 di antaranya korsel, Go-Kart, Low Ropes, dan masih banyak lagi. Para orang tua dianjurkan untuk tetap mengawasi buah hatinya ketika sedang bermain untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

District 21 Kuala Lumpur dibuka dari pukul 12:00-20:00 pada hari Senin-Jumat, serta pukul 10:00-20:00 pada akhir pekan. Sementara, harga tiket masuknya adalah RM58.00 pada hari biasa, serta RM76.00 pada akhir pekan. Pengunjung anak-anak dengan tinggi badan di bawah 90 cm, serta penyandang difabilitas tidak dikenakan biaya tiket masuk ke District 21.

35. Kuala Lumpur Little India Brickfields

Little India Brickfields merupakan permukiman warga keturunan India tertua di Kuala Lumpur, sekaligus Little India paling populer yang ada di Malaysia. Dulu, Litte India Brickfields tak ubahnya seperti perkampungan pada umumnya. Sekarang, tempat tersebut telah diubah menjadi destinasi wisata yang memiliki deretan toko dan restoran unik yang banyak diburu para wisatawan ketika berkunjung ke Kuala Lumpur.

Toko-toko di Little India biasanya banyak menjajakan sari, bunga hias, bumbu rempah, serta berbagai kudapan dan kuliner khas Tanah Indus. Sejak disulap menjadi destinasi wisata, Little India Brickfields kini telah bertansformasi menjadi salah satu ikon wisata Malaysia serta simbol keberagaman masyarakat Malaysia.

Little India terbujur dari Jalan Travers hingga Jalan Tun Sambathan. Di antara persimpangan jalan, terdapat air mancur setinggi 10 meter. Jalan trotoar di sepanjang Little India dihiasi lampu jalan artistik serta dekorasi unik di setiap toko yang berderet di sepanjang jalan. Little India Brickfields dibuka setiap hari pada pukul 10:00-21:00. 

Nah, bagaimana? Anda jadi tidak sabar bukan untuk melihat sendiri keindahan yang ditawarkan oleh beberapa destinasi wisata yang sudah disebutkan di atas? Kuala Lumpur merupakan tujuan wisata yang tepat untuk menikmati wisata khas kota megapolitan yang memiliki warisan budaya dan keragaman etnis yang luar biasa. Lekas persiapkan rencana liburan Anda bersama keluarga di Kuala Lumpur sekarang juga, dan jadilah saksi indahnya keberagaman dan gemerlap perkotaan yang ditawarkan oleh ibukota Malaysia ini. 

Aktivitas & Rekreasi di Kuala Lumpur


  • Tiket Masuk Aquaria KLCC

    Jelajahi oceanarium seluas 60,000 kaki persegi yang mempunyai 15 wahana utama ini. Aquaria KLCC tidak hanya mempertunjukkan kehidupan bawah laut tetapi juga beberapa fauna laut dan darat yang paling unik di muka bumi.

    Tiket masuk elektronik ini memiliki akses ke 8 area yang dibagi menjadi dua lantai. Lantai pertama terdiri dari Evolution Zone, The Stream dan Shipwreck. Di wahana ini, Anda akan dapat melihat Ikan Piranha Perut Merah, Berang-berang Cakar Kecil Asia, Kepiting Tapal Kuda, Ikan Belalai, Belanak, Yellow FoxFish dan Blueface Angelfish.

    Lantai dua dari Oceanarium ini dibagi lagi menjadi 5 area yaitu the Deep Forest, Station Aquarius, The Coast, Living Ocean dan The Weird and Wonderful. Anda akan melihat lebih banyak lagi spesies laut karena terowongan bawah air terletak di lantai ini.

    Selain menikmati pemandangan di akuarium terbesar Malaysia, pengunjung juga dapat berbelanja berbagai jenis pernak-pernik seperti kaos, boneka, magnet dan hoodie di toko yang bernama Toko Souvenir Atlantis.
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • Tiket Terusan Kuala Lumpur: Beragam Objek Wisata dalam Satu Tiket

    Kuala Lumpur terkenal akan aneka gedung pencakar langit dan objek wisata unik. Tiket terusan ini dapat Anda gunakan untuk memasuki banyak objek wisata di Kuala Lumpur. Pilih salah satu dari tiga macam tiket: tiket masuk yang berlaku untuk satu hari, tiga hari, atau enam hari.

    Anda juga akan menerima buku panduan 140 halaman yang berisi informasi mengenai tempat yang dapat dikunjungi. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan diskon khusus di beragam restoran di Kuala Lumpur.

    Dengan tiket masuk ini, Anda tidak perlu mengantri saat mengunjungi berbagai objek wisata seperti Aquaria KLCC, KL Tower, KL Upside Down House, Escape Room di Berjaya Times Square and Sunway Lagoon, dan objek wisata lainnya. Anda juga dapat menaiki Bis Tur Hop-On Hop Off yang akan mengitari beberapa lokasi di sekitar Kuala Lumpur.
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • E-tiket Menara Kembar Petronas

    Lihatlah pemandangan menakjubkan Kuala Lumpur dari bangunan kembar tertinggi dengan tiket bebas antre ke Menara Kembar Petronas .

    Dimulai dengan presentasi multimedia tentang prestasi teknik yang luar biasa untuk membangun Menara Kembar Petronas di tingkat concourse. Anda kemudian akan diajak ke lantai 41 untuk melihat pemandangan dari Skybridge dan berjalan di atas jembatan yang menghubungkan dua menara. Jika Anda memilih untuk berkunjung di malam hari, Anda dapat menikmati matahari terbenam yang menakjubkan dengan latar belakang langit bertabur bintang.

    Naiklah lift berkecepatan tinggi ke Dek Observasi di tingkat 86, dan gunakan teleskop berkualitas tinggi untuk melihat pemandangan indah kota Kuala Lumpur. Luangkan 20 menit di lokasi ini untuk mengagumi arsitektur serta panorama yang menakjubkan, dan mencari oleh-oleh di toko suvenir.
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • Tiket Kuala Lumpur Observation Deck

    Menara Kuala Lumpur, yang juga dikenal sebagai Kuala Lumpur Tower, adalah menara telekomunikasi setinggi 421 meter dan terletak di jantung kota Malaysia. Dibuka untuk umum pada 23 Juli 1996, menara ini dibangun dengan dikelilingi ladang hijau serta hutan bernama Bukit Nanas, yang merupakan bagian kecil dari hutan.

    Tiket ini memberi akses ke Kuala Lumpur Observation Deck. Di tempat ini, para tamu mendapatkan kesempatan untuk melihat pemandangan kota tanpa adanya penghalang. Selain digolongkan sebagai menara telekomunikasi tertinggi keempat di seluruh dunia, bangunan ini juga disebut sebagai salah satu yang paling kuat karena dirancang untuk menahan tekanan angin hingga 90 mph.

    Menara komunikasi juga memiliki restoran yang dapat berputar di salah satu lantai tingkat atasnya. Berdiri tegak di ketinggian 276 meter, tempat makan tersebut menyajikan pemandangan panorama 360 derajat penuh kota Kuala Lumpur dari atas.
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • E-tiket National Zoo Malaysia (Asean)

    Sebanyak lebih dari 200 spesimen dari 476 spesies mamalia, burung, reptil, amfibi, serangga, dan ikan hidup di area Zoo Negara sebesar 44 hektar berlokasi hanya 5 Km dari Kuala Lumpur.

    Salah satu penghuni terkenal di kebun binatang ini adalah sepasang panda bernama “Fu Wa” dan “Feng Yi” yang diserahkan oleh pemerintahan Cina melalui Program Perjanjian Kerja sama Konservasi Panda. Hewan khas Negeri Tirai Bambu ini berada di bawah Pusat Konservatori Panda dengan lingkungan, fasilitas, serta perawatan yang memadai.

    Zoo Negara adalah kebun binatang modern yang menempatkan 90% hewannya di area luas dengan lingkungan seperti habitat asli masing-masing spesies.
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • Sesi Foto SweetEscape di Kuala Lumpur

    Dari pemandangan Petronas Twin Towers yang menakjubkan, hingga pahatan-pahatan di kuil-kuil yang indah, Kuala Lumpur adalah salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi ketika di Malaysia. Tentunya berkunjung ke ibukota Malaysia ini belum lengkap kalau Anda belum foto-foto! SweetEscape dapat membantu Anda! Ayo buat kenangan indah bersama teman, keluarga, atau pasangan Anda dengan bantuan fotografer profesional, Anda tidak harus repot-repot membawa kamera yang berat lagi! Dapatkan sebanyak 40 foto-foto yang bisa Anda simpan dan kenang selamanya!
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • Wisata Keliling Kota Kuala Lumpur dengan Hop on Hop Off Bus

    Lewati Menara Kembar Petronas dan lihatlah destinasi wisata populer di Kuala Lumpur dengan naik bus hop-on-hop-off. Tiket ini berlaku selama 24 jam.

    E-Ticket ini dapat membawa Anda menikmati Kuala Lumpur dalam satu hari penuh. Menara Kembar Petronas, yang merupakan landmark terkenal di Kuala Lumpur, adalah menara kembar tertinggi 1998-2004.

    Selain Petronas, tamu juga akan melewati sejumlah bangunan penting seperti Museum Nasional, Merdeka Square, KL Tower, Aquaria KLCC, National Mosque, Little India, dan Chinatown. Beberapa tempat itu berjarak sangat dekat sehingga tamu dapat turun di mana saja, dalam sekali perjalanan.

    Anda dapat memilih untuk duduk di bagian bus yang ber-AC untuk mendengarkan penjelasan yang diberikan oleh pemandu wisata atau di bagian dek terbuka dan mengambil foto saat melewati lokasi berbagai objek wisata di Kuala Lumpur.

    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • Aquaria KLCC Admission

    Dari saat Anda memasuki Aquaria KLCC, Anda akan memulai perjalanan untuk menemukan kehidupan bawah laut yang menakjubkan, dan tenggelam dalam pengalaman aquatik yang unik. Jelajahi kehidupan laut dengan melewati terowongan tembus padang sepanjang 90 meter dikelilingi ratusan ikan, hiu, penyu, dan makhluk laut lainnya.

    Sentuh dan rasakan terumbu karang hidup, bintang laut, dan banyak lagi di DNA Touch Pool. Terjun ke dalam tangki aquarium melalui program Cage Rage dan bertemu langsung dengan Tiger Sands Shark yang terkenal! Lihat 5,000 exhibit untuk belajar tentang makhluk laut dan habitatnya, baik dari Malaysia maupun seluruh dunia. Meninggalkan Aquaria KLCC, pengunjung dari segala usia akan mendapatkan apresiasi baru atas kehidupan bawah laut.
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • Pijat Khas dan Rendam Kaki dengan Air Garam Beraroma Floral

    Ingin melepas lelah setelah berbelanja tanpa menguras kantong? Kunjungilah Poise Organic Wellness Studio untuk mencoba pijatan khas dari kami. Nikmati pijat seluruh badan dan rendam kaki dengan air garam beraroma floral selama 60 menit.

    Poise Organic Wellness Studio kini telah dibuka. Rumah spa ini menggunakan home-made scrub yang terbuat dari bahan-bahan segar. Selain itu, kami juga menawarkan jus serbuk dari bahan-bahan organik dan pijatan yang dapat mengembalikan kesegaran tubuh Anda. Rumah spa ini lengkap dengan fasilitas-fasilitas yang dapat memuaskan Anda. Dijamin, Anda akan dimanjakan dengan berbagai macam perawatan dari ujung kepala hingga ujung kaki. Rumah spa ini memiliki 5 ruang perawatan tertutup yang ramah lingkungan. Dilengkapi 1 ruang perawatan dengan 6 tempat tidur dan 1 studio dance berdinding kaca. Tersedia pula ruang steam dan jacuzzi.
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • Tur Budaya Satu Hari di Kuala Lumpur

    Anda bisa menjelajahi warisan Muslim yang kaya dan terkemuka di Kuala Lumpur, Malaysia.

    Kunjungi Masjid Jamek, masjid tertua di Kuala Lumpur. Dikenal sebagai Friday Mosque dan secara berkala dikunjungi oleh turis maupun masyarakat lokal.
    Belajar lebih banyak mengenai budaya Muslim di Malaysia ketika Anda mengunjungi Masjid India.

    Cicipi aneka masakan yang lezat dan Anda akan dibuat kagum akan tampilan berbagai busana penuh warna ketika Anda berjalan melewati toko-toko di sana.

    Pasar air di Kuala Lumpur merupakan salah satu tempat terbaik untuk membeli ikan dan seafood segar.

    Tenggelamkan diri Anda dalam tur warisan budaya ini dan belajar lebih dalam tentang tradisi Muslim yang berlaku di Kuala Lumpur.
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
Bagikan
?
Perlu Bantuan?
evtbvsrwfq