peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya
Region

Tempat Wisata di Penang

Daftar 20 Tempat Wisata di Penang Yang Wajib Untuk Dikunjungi


Kuala Lumpur bukan satu-satunya tempat yang bisa Anda kunjungi saat berada di Malaysia. Jika ingin mencoba pengalaman baru, tidak ada salahnya datang ke Penang, Malaysia. Berbentuk pulau, Penang—atau yang kerap kali populer dengan Pinang—menyediakan satu paket komplet wisata, meliputi budaya, kuliner, pantai, bahkan belanja.  

Secara geografis, Penang sendiri terletak di bagian barat laut Malaysia. Tidak seperti Kuala Lumpur atau justru Johor yang sarat akan “keramaian” khas pusat kota; lanskap Penang justru menyuguhkan Anda keindahan pemandangan alam dan wisata sejarah. Maklum saja, Penang sendiri disebut-sebut sebagai kota kepulauan nan eksotis. Apalagi, letaknya memang terpisah dari daratan utama Malaysia; namun terhubung oleh Jembatan Pulau Pinang (Penang Bridge) sepanjang 13 kilometer. 

Penasaran apa saja tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat berada di Penang? Yuk, simak 20 penjabarannya! 

1. Penang Bridge (Jembatan Penang)

Sesuai namanya, Penang Bridge sesungguhnya merupakan satu destinasi wisata berupa jembatan. Tentu saja, tidak sembarang jembatan. Pasalnya, Penang Bridge bahkan masuk dalam kategori jembatan terpanjang di dunia. Wajar saja, menghubungkan antara Sebrang Prai di daratan Malaysia dan Bayan Lepas di Pulau Penang; Penang Bridge memiliki kepanjangan lebih dari 13,5 kilometer!

Resmi dibuka sebagai fasilitas umum pada tahun 1985, Penang Bridge sendiri merupakan salah satu jembatan bebas hambatan. Jembatan ini dinilai punya banyak manfaat; salah satunya kentara dalam perkembangan Malaysia dalam berbagai sektor; meliputi ekonomi, sosial, dan budaya. 

Oh ya, selain menyaksikan kemegahan arsitektur jembatan, Anda juga bisa menyempatkan diri untuk berfoto sejenak di sana. Hitung-hitung, sebagai kenang-kenangan bahwa setidaknya — Anda pernah mengunjungi ikon Negeri Jiran, ini bukan?

2. Penang Hill (Bukit Penang)

Belum lengkap rasanya jika ke Penang — tanpa singgah sejenak di Penang Hill (Bukit Penang). Pasalnya, tempat wisata yang satu ini memang seakan sudah jadi destinasi wajib yang harus dikunjungi oleh para pelancong — tidak terkecuali, mereka yang berasal dari Indonesia. 

Secara umum, Penang Hill, atau yang juga populer dengan sebutan “Bukit Bendera” ini menawarkan beragam “atraksi” wisata yang dapat Anda nikmati. Ini mencakup destinasi wisata Owl Museum (akan dijelaskan di poin berikutnya), pemandangan lanskap yang indah, suhu yang sejuk, hingga udara yang bersih dan segar. Sesuai namanya, Penang Hill ini merupakan satu kompleks perbukitan. 

Nah, untuk mencapai puncaknya, Anda bisa menaiki kereta wisata; yakni Penang Hill Railway. Harga tiketnya, sekitar 30 RM untuk orang dewasa, dan 15 RM untuk anak-anak di bawah 12 tahun dan pelajar. Adapun bagi yang berminat, kereta ini beroperasi mulai dari jam sembilan pagi, hingga sebelas malam. 

Untuk mencapai ke puncak bukit, Anda membutuhkan waktu sekitar lima menit perjalanan. Tentu saja, dijamin tidak akan bosan. Selain soal pemandangannya, Anda juga akan melewati terowongan sepanjang 10 meter! Belum lagi, kesan setelah mencapai puncak bukit…

Bila ingin mendaki hingga puncak bukit tanpa naik kereta, Anda bisa mencoba alternatif lainnya, kok. Ini mencakup taksi sebagai transportasi lain. Harus dipahami, taksi di wilayah Penang Hill pada umumnya tidak menggunakan argo. Jadi, jangan ragu untuk bertanya ke petugas setempat; atau justru berselancar di dunia maya (browsing) terlebih dulu untuk mengetahui kisaran harga yang pantas — sesuai dengan rute yang Anda tempuh. 

3. Kek Lok Si Temple

Sempat disinggung di poin sebelumnya, Kek Lok Si Temple sesungguhnya merupakan satu kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara, lho. Keunikannya, terletak pada percampuran ornamen khas Tiongkok, pun gaya kuil di Thailand. Apalagi, seluruhnya ditambah dengan usia yang mencapai lebih dari satu abad.

Berada di puncak Bukit Kwok San, Air Itam, Penang, maklum saja jika nantinya, Anda akan menemukan banyak tanjakan dan turunan yang menguras tenaga. Namun, jangan khawatir, semuanya setimpal dengan kecantikan kuil yang bisa Anda saksikan, kok. Tidak perlu repot-repot untuk berkunjung ke sana, sebab Anda dapat memanfaatkan transportasi umum, seperti bus, mulai dari George Town (ibukota Malaysia Utara). 

Untuk memasuki Kek Lok Si Temple, tidak akan ada biaya yang dibebankan pada Anda. Namun, jika ingin mengunjungi pagoda yang juga terletak di kawasan kuil, Anda akan dibebankan biaya sebesar 2 RM. 

4. Plaza Gurney

Penang bukan hanya soal wisata alam dan sejarahnya. Bagi yang doyan berbelanja, Anda tetap bisa memuaskan “hasrat” Anda dengan mengunjungi Plaza Gurney. Tidak perlu repot berkeliling. Di sana, Anda akan menemukan banyak sekali jenis toko; dengan barang dagangan yang bervariasi; mulai dari harga murah, sampai dengan yang mahal!

Berada di lokasi yang strategis, yakni di tepi pantai, pusat belanja yang satu ini juga bisa jadi tempat yang cocok untuk berburu oleh-oleh, lho! 

5. Sri Mahamariamman Temple

Jika tadi, Penang memiliki kuil Buddha terbesar se-Asia Tenggara, jangan lupa bahwa Penang juga memiliki kuil Hindu tertua di Penang. Lokasinya, masih dalam satu kawasan George Town, kok. 

Seperti halnya kuil-kuil Hindu-India pada umumnya, di Sri Mahamariamman Temple, Anda akan menemukan beragam ornament khas kebudayaan India kuno yang meriah! Tidak hanya itu, ada banyak pula patung dewa-dewi Hindu yang dipajang di sana. Oh ya, bagi yang gemar fotografi, tidak ada biaya yang dibebankan pada Anda—khususnya saat ingin mengabadikan momentum di sana. Dengan kata lain, Anda bebas dan tentu saja: gratis—memotret seluruh sudut kuil ini, dengan satu pengecualian: area altar utama. 

Harga tiket masuk – Anda tidak akan dikenakan biaya saat mengunjungi Sri Mahamariamman Temple (gratis).

Jam buka-tutup – Lokasi wisata ini buka mulai dari pukul 06.30 pagi, hingga jam 12 siang; lalu pukul 04.30 sore sampai dengan sembilan malam.  

6. Pinang Peranakan Mansion

Berbentuk serupa mansion (rumah yang sangat besar), Pinang Peranakan Mansion kini dikenal sebagai satu museum unik. Isinya, tidak lain adalah beragam peninggalan sejarah berupa perhiasan, furniture, artefak kuno, lukisan, hingga hasil pahatan. Konon, Pinang Peranakan Mansion dahulu merupakan rumah seorang kaya keturunan Tiongkok. Lantaran menyukai barang-barang bernilai seni; tidak heran jika rumahnya dipenuhi oleh koleksi barang-barang antik dan unik. Jadilah, seiring berjalannya waktu, rumah tadi difungsikan menjadi museum yang dibuka untuk umum.

Harga tiket masuk – Untuk berkunjung dan melihat setiap sudut Pinang Peranakan Mansion, Anda diharuskan membayar tiket masuk sebesar 20 RM. 

7. Fort Cornwallis

Telah berdiri sejak tahun 1786, tidak heran jika Fort Cornwallis diklaim sebagai satu destinasi wisata paling tua di Penang. Mulanya, ini merupakan sebuah benteng pertahanan Inggris; kendati dalam praktiknya, benteng ini lebih berfungsi sebagai pusat administrasi ketimbang pusat pertahanan. Nah, bagi Anda yang gemar wisata sejarah dan tertarik untuk mempelajari sejarah Penang—Fort Cornwallis adalah tempat yang amat cocok. 

Kini, Fort Cornwallis ditata sedemikian rupa; hingga lebih menyerupai taman. Di sampingnya, dapat Anda saksikan tembok kokoh setinggi tiga meter yang mengelilingi taman.

Bukan hanya soal arsitektur yang masih kokoh hingga kini. Di sana, Anda juga akan menemukan beragam artefak peninggalan, seperti lampu kuno, meriam, tiang bendera; hingga tempat-tempat seperti kapel, wilayah penyimpanan amunisi, dan penjara. Oh ya, tahukah Anda bahwa konon, meriam di sana mampu memberikan kesuburan pada wanita? Tidak percaya. Yuk, coba sendiri!

Harga tiket masuk – Untuk berkeliling dan menjelajahi Fort Cornwallis, Anda harus membayar tiket masuk sebesar 20 RM. Ini sudah termasuk bonus sebotol air mineral.

8. Queensbay Mall

Ingin wisata belanja yang lebih lengkap? Cobalah berkunjung ke Queensbay Mall!

Tidak perlu ragu soal kelengkapannya. Menjadi salah satu mal paling besar di Penang, Queensbay Mall bisa menjadi alternatif wisata belanja berikut kuliner yang menyenangkan. Apalagi, mal ini memang berlokasi di pinggir pantai. Berbelanja, menyantap makanan lezat, sambil dimanjakan oleh panorama pantai yang cantik; satu paket komplet wisata yang memuaskan, bukan?

Wajar saja, jika pengunjungnya pun seolah tidak ada habisnya. Pasalnya, beragam jenis “barang dagangan” ada di sana. Ini mencakup aneka busana atau fashion, perhiasan, hingga kebutuhan sehari-hari. Adapun Queensbay Mall juga cocok menjadi lokasi pilihan untuk membeli oleh-oleh.  

9. Cheong Fatt Tze Mansion

Sesuai namanya, Cheong Fatt Tze Mansion merupakan sebuah rumah yang dibangun di tahun 1880; oleh Cheong Fatt Tze—seorang pedagang yang juga adalah imigran dari Tiongkok. Rumah besar yang didominasi dengan warna biru (sering disebut juga Blue Mansion) ini memiliki 38 kamar; yang dibangun berdasarkan aturan feng shui khas Tiongkok. Kendati rumah besar ini pada akhirnya dibeli oleh seorang pengusaha Malaysia; bentuk dan nilai historisnya masih terjaga; bahkan tetap dilestarikan. Adapun kini, selain dibuka untuk umum, rumah ini juga kerap digunakan sebagai lokasi pengambilan gambar film dan butik hotel. 

10. Tropical Spice Garden

Tropical Spice Garden
Tropical Spice Garden

Nikmati perjalanan Anda ke Penang sembari mengajak anak bersenang-senang. Di sana, Anda akan diajak untuk menjelajahi hutan tropis; sekaligus belajar tentang aneka tumbuhan. Tropical Spice Garden sendiri berlokasi tidak jauh dari Toy Museum--lebih tepatnya di wilayah Teluk Bahang.

Tidak perlu bantuan pemandu lokal untuk menjelajahi hutan. Saat membeli tiket, Anda akan “dipinjamkan” satu alat, berbentuk seperti remote yang nantinya akan berhubung pada palang angka yang terpasang di tempat tertentu. Nah, untuk mengetahui deskripsi terkait tempat tersebut, cukup tekan tombol angka, sehingga akan keluar audio terkait penjelasan tanaman yang bersangkutan. Anda, bisa meminta petugas mengubah bahasa audio ke dalam bahasa Inggris, Melayu, Mandarin, Arab, Jepang, Jerman, maupun Prancis.

Adapun selain berkeliling hutan, terdapat pula beberapa wahana dan fasilitas menarik, seperti halnya Giant Swing (ayunan raksasa), rumah teh (tea house), serta area seluncur.  

Harga tiket masuk –  Harga tiket di sini 26 RM untuk dewasa dan 20 RM untuk pelajar.

11. Penang Toy Museum

Menyimpan banyak jenis mainan dari seluruh dunia, Penang Toy Museum bisa jadi satu destinasi menarik, terutama bagi anak-anak. Berlokasi di Jalan Tanjung Bungah, ada lebih dari 100 ribu koleksi mainan tersimpan di sana. Saking banyaknya, Penang Toy Museum bahkan didaulat untuk masuk Malaysia Book of Records; sebagai museum mainan pertama, terbesar, pun dengan koleksi terbanyak di Malaysia, lho! 

Harga tiket masuk -- Untuk mengunjungi Penang Toy Museum, Anda diharuskan membayar tiket masuk sebesar 30 RM.

12. Owl Museum

Owl Museum
Owl Museum

Jangan harap, Anda bisa menemukan wujud burung hantu asli di sini. Pasalnya, museum ini hanya berisi beragam artwork (karya seni) bertema burung hantu. Wujudnya bervariasi. Bisa dalam bentuk lukisan burung hantu, patung, dan beragam suvenir dan merchandise bertema burung hantu. 

Adapun Owl Museum sesungguhnya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Setelah memuaskan mata dengan koleksi pernak-pernik bertema burung hantu, Anda dapat membelinya di toko suvenir yang terletak tidak jauh dari sana. Oh ya, sebagai informasi, Owl Museum juga merupakan museum “art and craft” bertema burung hantu pertama di Asia Tenggara, lho!

Harga tiket masuk -- Untuk masuk ke dalam museum ini, Anda akan dikenakan biaya sebanyak 10 RM untuk orang dewasa; dan gratis bagi anak-anak.

13. Penang Esplanade

Penang Esplanade, atau yang lebih dikenal dengan nama Padang Kota Lama Penang, terletak di pinggiran Kota George Town. Dinamakan demikian, sebab Padang Kota Lama ini memang berada persis di pinggir pantai dekat Pelabuhan Penang. Nama “Padang Kota Lama” sendiri diambil, sebab lokasi ini biasa disebut oleh penduduk lokal sebagai “lapangan” atau alun-alun.

Setidaknya, terdapat satu atraksi yang dapat Anda nikmati di Penang Esplanade. Ini mencakup lanskap kota berupa bangunan-bangunan tua. Wajar saja. Pasalnya, dahulu area ini memang masuk ke dalam wilayah penjajahan Inggris. Adapun beberapa lokasi wisata yang populer di sini, yakni Fort Cornwallis (benteng pertahanan tentara Inggris dengan koleksi meriamnya); City Hall (balai pertemuan yang telah berdiri sejak tahun 1879); Clock Tower (Menara Jam setinggi 60 kaki yang dibangun pada tahun 1897); Town Hall (balai pertemuan); hingga Alun-alun (lapangan luas tempat diselenggarakannya upacara dan beragam acara hiburan).

Untuk berkunjung ke Penang Esplanade, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari George Town dengan bus tujuan Jetty. Menariknya, lantaran berdekatan, seluruh tempat yang telah disebutkan di atas, bisa Anda jangkau dengan berjalan kaki. 

14. Beach Street (Lebuh Pantai)

Beach Street -- populer juga dengan sebutan Lebuh Pantai, pada dasarnya merupakan satu jalan raya utama. Disebut-sebut sebagai salah satu jalan tertua, kawasan ini juga merupakan bagian dari kawasan pusat bisnis di George Town, Penang, Malaysia. Adapun berjalan-jalan menjelajahi Beach Street, bisa menjadi pilihan liburan yang menarik; dengan panorama lanskap arsitektur kolonial yang khas.

15. Lebuh Muntri

Ada tiga destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Lebuh Muntri. Pertama, Anda bisa menjajal langsung sensasi memasuki Camera Museum; museum kamera pertama di Malaysia, bahkan di kawasan Asia Tenggara. Di dalamnya, Anda dapat mempelajari beragam hal terkait kamera; meliputi sejarah dan cerita di baliknya. Terdapat pula, lebih dari 300 koleksi kamera dari berbagai zaman, mulai dari jenis kamera kuno, hingga masa kini. Setidaknya, Camera Museum terbagi ke dalam empat area (atau kawasan) yang mencakup area pameran kamera, suvenir atau cendera mata, kafe, serta area pameran fotografi.

Masih dalam satu kawasan Lebuh Muntri, jangan lupakan Masjid Benggali sebagai salah satu peninggalan kelompok Muslim India. Didirikan pada tahun 1803, masjid ini juga masuk dalam kategori masjid tertua di Penang; yang dibangun oleh pendatang dari Bengal. Adapun satu destinasi terakhir, yakni Kuil Hainan di Lebuh Muntri, yang menjadi tempat penghormatan Dewi Mar Chor.

16. Street of Harmony atau Jalan Kapitan Keling

Street of Harmony atau Jalan Kapitan Keling
Street of Harmony atau Jalan Kapitan Keling

Street of Harmony, atau populer dengan sebutan Jalan Kapitan Keling, pada dasarnya dapat menjadi gambaran keberagaman suku, ras, maupun agama di Penang. Dinamakan demikian, sebab Anda dapat menjumpai manifestasi keberagaman tersebut dalam banyak tempat-tempat ibadah yang melingkupi beragam “perbedaan”--menjadi satu secara harmonis. Ini mencakup Gereja St. George (gereja Anglikan tertua di Asia Tenggara), Kuil Dewi Kuan Yin (Goddes of Mercy Temple), Masjid Kapitan Keling, Sri Mahamariamman Temple (kuil Hindu tertua di Penang), hingga Kuil Teochew (Kuil Han Jiang).

Dari asal-usulnya, mayoritas bangunan tersebut dibangun pada abad ke-18; sehingga dapat dikatakan, Street of Harmony adalah wadah dari tempat ibadah tertua dan bersejarah di George Town. Adapun tidak jauh dari sana, Anda dapat mengunjungi Little India. Disebut demikian, sebab lokasi ini merupakan wilayah pemukiman imigran asal India. Adapun di Little India, terdapat beragam atraksi wisata yang bisa Anda nikmati, mencakup sajian musik, kuliner, kain, aneka rempah, hingga pernak-pernik khas India. 

17. Kuil Khoo Kongsi

Populer dengan sebutan Khoo Kongsi Temple--sesungguhnya, kuil ini bernama Leong San Tong Khoo Kongsi Clan House. Terletak di Cannon Street, tidak dapat ditampik bahwa lokasinya memang agak sedikit terpencil, dan tidak dapat dengan mudah terlihat dari jalan. Berdasarkan sejarah, kuil yang disebut-sebut sebagai “kuil termegah” di Penang ini, dibangun oleh para imigran dari Desa Sin Kang, Provinsi Hokkien, Tiongkok. 

Berdasarkan narasi yang ada, para anggota Klan Khoo (Tiongkok) datang ke Malaka dan Penang di abad ke-17. Secara umum, mereka didefinisikan sebagai golongan pedagang kaya. Nah, kompleks kuil ini sebenarnya merupakan “replika” atau minatur dari desa Klan Khoo yang punya sistem pemerintahan, pendidikan, dan kesejahteraan sosialnya sendiri.

Sayang, di awal abad ke-19; tepatnya pada tahun 1894, kawasan ini terbakar. Penyebabnya, antara lain karena dianggap menyaingi istana kaisar Tiongkok pada masa itu. Pembangunan kuil ini sendiri baru dilakukan pada tahun 1906; terutama saat para anggota Klan Khoo memasuki masa kejayaannya.

Nah, bagi Anda yang berminat, Kuil Khoo Kongsi buka mulai dari pukul sembilan pagi hingga 17.00 waktu setempat. Untuk memasukinya, Anda diwajibkan membayar tiket masuk sebesar 10 RM (sudah termasuk bonus berupa kartu pos). Oh ya, jika sempat, berkunjunglah ke sini di malam hari. Perpaduan arsitektur khas Tiongkok, aneka kerajinan tangan, serta hiasan lentera yang menggantung dijamin menciptakan satu sensasi liburan tersendiri yang menyenangkan.

18. Pelabuhan Jetty

Pelabuhan Jetty
Pelabuhan Jetty

Kendati hanya berstatus “persinggahan” sebelum para turis menjangkau destinasi lain, menikmati pagi maupun senja dengan berjalan-jalan di Pelabuhan Jetty, bisa menjadi salah satu hiburan yang menyenangkan, lho. Apalagi, pelabuhan yang terletak di sepanjang kawasan Weld Quay ini juga masuk dalam kategori pelabuhan bersejarah, lho. 

Sembari menghabiskan waktu santai bersama orang terdekat, Anda bisa menyaksikan secara langsung kampung nelayan tradisional, bangunannya yagn khas, jalan setapak, bahkan jika beruntung, bisa terlibat dalam beragam aktivitas nelayan lainnya!

19. Gurney Drive Hawker Centre

Puas berjalan-jalan di Penang, inilah saatnya memanjakan perut dan lidah Anda dengan kulinernya yang khas. Adapun Anda bisa mengunjungi Gurney Drive Hawker centre--salah satu food street yang terbesar di Penang. Memiliki beragam jajaran toko dan jenis kuliner, dijamin, Anda bisa makan malam dengan puas, nikmat, dan tentu saja: hemat.

20. Penang Butterfly Farm 

Penang Butterfly Farm
Penang Butterfly Farm

Berlokasi di wilayah Batu Ferringhi, Penang Butterfly Farm pada dapat dikatakan sebagai satu peternakan kupu-kupu tropis pertama di dunia. Adapun salah satu jenis kupu-kupu populer, yakni Raja Brooke--yang bahkan didaulat sebagai kupu-kupu terbesar di Asia Tenggara. Adapun bukan hanya jenis Raja Brooke. Anda bahkan dapat menjumpai ribuan kupu-kupu lain; pun dengan ratusan reptil, dan serangga, mulai dari kaki seribu, iguana, kalajengking, dan masih banyak lagi.

Itulah 20 rekomendasi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Penang, Malaysia. Semoga bermanfaat dan selamat bersenang-senang!

Aktivitas & Rekreasi di Penang


  • Tiket Masuk Penang 3D Trick Art Museum

    Penang 3D Trick Art Museum adalah museum interaktif yang memadukan seni gaya lama dengan gaya yang menampilkan kesenian tradisional Malaysia dan budaya hip masa kini.

    Di dalam museum, Anda dapat dengan bebas berpose sesuai dengan lukisan dinding yang Anda pilih sebagai latar belakang. Ada serangan hiu, di mana hiu tampak seperti akan melarikan diri dari kandang kaca. Ada juga bungee jump di mana Anda dapat berpose seakan-akan Anda akan melakukan kegiatan ekstrim.

    Anda juga bisa berpose gaya hidup Lampung, dengan berpose di depan sebuah rumah tradisional, pengaturan perkotaan yang mengingatkan pada rumah-rumah tua Malaysia. Ada juga seni klan dermaga, di mana Anda bisa berpura-pura naik perahu dan menangkap ikan di atas air. Naik sebuah becak, tersedia dalam.

    Sebelum masuk, jangan lupa untuk menyimpan sepatu Anda di pintu masuk untuk memastikan bahwa museum tetap sebersih mungkin.
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT
  • Tur Keliling Penang dengan Bus Hop-on Hop-off

    Tiket elektronik ini akan membawa penggunanya menuju 18 pemberhentian berbeda, yang memperlihatkan berbagai objek wisata di Penang.

    Ada dua rute transit yang dapat dipilih oleh para tamu. Masing-masing rute menawarkan sudut pandang kota yang berbeda. Pada kedua rute, para tamu dapat melihat aspek sejarah dan budaya dari Penang.

    Hampir 50 lokasi dan objek wisata dapat dilihat di bus tur ini, tergantung ke mana pemegang tiket ingin pergi. Beberapa pemberhentian di rute kota ini termasuk Botanical Garden, Penang Hill, Kek Lok Si Temple, Times Square, Komtar, Chowrasta, UNESCO Heritage, Clan Jetties, Cruise, St. George, Blue Mansion dan Kelawei. Di sisi lain, pada rute pantai ada pemberhentian seperti Straits Quay, Flamingo, Miami Beach, Holiday Inn, dan Hard Rock.
    SELENGKAPNYA TAMPILKAN SEDIKIT

Bagikan
evtbvsrwfq