peringatan

Partner Airline Domestik & International

Lihat partner lainnya

Partner Pembayaran Resmi (Indonesia)

Lihat partner di negara lain

Info Promo terbaik dari Traveloka Daftarkan email Anda untuk info tiket American Airlines PROMO dan semua diskon special Traveloka.com!

Alamat American Airlines

4333 Amon Carter Boulevard
Fort Worth
Texas 76155

Cara Pemesanan Tiket American Airlines

Anda dapat melakukan reservasi dengan langkah-langkah berikut:
  1. Cari rute American Airlines yang diinginkan di search box di atas (lihat Cara Pakai untuk bantuan)
  2. Lakukan booking dengan cara mengisi data penumpang.
  3. Pilih cara pembayaran.
  4. Bayar dan tiket American Airlines akan dikirimkan ke alamat email Anda.

E-tiket American Airlines

E-tiket American Airlines dapat berlaku sebagai bukti untuk terbang dengan menggunakan pesawat American Airlines. Jika Anda telah mendapatkan e-tiket pada email, maka e-tiket dapat di-print sebagai bukti sah dan untuk dibawa pada saat melakukan check-in.
Bagasi
Waktu check-in
rating maskapai:
1.5 5 dari 1237 review

Service Standard: FullService

Promo Quick Finder

Lihat harga termurah dari hasil pencarian selama 48 jam terakhir di sini. Klik tanggal untuk memesan.

Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Mgg Sen Sel Rab Kam Jum Sab

Profil American Airlines

American Airlines (AA), atau yang sebelumnya dikenal dengan American Airways, merupakan salah satu maskapai penerbangan terbesar yang berasal dari Amerika Serikat. Jika dilihat dari jumlah destinasi yang disediakan, American Airlines merupakan maskapai penerbangan terbesar kedua setelah United Airlines. Namun jika dilihat dari jumlah armada dan penghasilan yang dimilikinya, American Airlines adalah maskapai penerbangan terbesar di dunia.

Kantor pusat American Airlines berada di CentrePort, Forth Worth, Texas. Sebelum di Texas, American Airlines awalnya berkantor pusat di daerah Murray Hill, di pusat kota Manhattan, New York. Baru pada tahun 1979 kantor pusat American Airlines ini pindah ke Texas. American Airlines juga memiliki kantor cabangnya yang tersebar di beberapa kota, di antaranya Washington D.C., Phoenix, Los Angeles, Miami, dan New York.

Maskapai penerbangan yang sudah mulai beroperasi sejak 25 Juni 1936 ini mengusung slogan “Going for great”. Dengan slogan yang luar biasa ini, American Airlines berhasil mengantongi berbagai penghargaan berskala internasional. Program frequent flyer American Airlines, atau yang biasa dikenal dengan nama AAdvantage, dinobatkan sebagai Program of the Year oleh Freddie Awards selama empat tahun berturut-turut, yaitu sejak 2012 sampai 2015. Masih di ajang penghargaan yang sama, sejak 2014 hingga 2016, AAdvantage juga memenangkan Best Elite Program untuk lingkup Amerika.

Sedangkan untuk kelas penerbangan, American Airlines menawarkan 7 kelas berbeda, yaitu Flagship Suite, Business Class, Transcontinental, Domestic First Class, Premium Economy, Main Cabin Extra, dan Main Cabin. In-flight entertainment yang disediakan pun beragam untuk setiap kelas, mulai dari monitor layar sentuh berisi beragam suguhan lagu, film, dan permainan, hingga fasilitas USB port.

Penumpang First Class dan Business Class mendapatkan fasilitas bagasi gratis hingga 32 kg, sedangkan penumpang kelas lainnya mendapatkan fasilitas bagasi gratis hingga 23 kg. Selain itu, tiap penumpang diperbolehkan untuk membawa bagasi kabin berupa 1 tas dan 1 barang pribadi, seperti tas tangan atau tas laptop. Tas dapat disimpan di bagasi kabin dan di bawah kursi penumpang untuk satu barang yang lebih kecil.

Penumpang diharapkan untuk melakukan check-in setidaknya 45 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan domestik, dan setidaknya 60 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan internasional. Selain itu, American Airlines juga menyediakan layanan online check-in, yang dapat dilakukan mulai dari 24 jam hingga 45 menit sebelum waktu keberangkatan (penerbangan domestik), atau hingga 90 menit sebelum waktu keberangkatan (penerbangan internasional). Namun, penumpang tetap disarankan untuk tiba di bandara 2 jam sebelum waktu keberangkatan untuk mengurus bagasi, melakukan pemeriksaan keamanan, serta boarding.

Armada Pesawat American Airlines

Airbus A319 Airbus A319
125 pesawat
Airbus A320 Airbus A320
51 pesawat
Airbus A321 Airbus A321
189 pesawat
Airbus A330 Airbus A330
24 pesawat
Boeing 737 Boeing 737
277 pesawat
Boeing 757 Boeing 757
54 pesawat
Boeing 767 Boeing 767
38 pesawat
Boeing 777 Boeing 777
67 pesawat
Boeing 787 Dreamliner Boeing 787 Dreamliner
17 pesawat
Embraer ERJ-190 Embraer ERJ-190
20 pesawat
McDonnell Douglas MD-80 McDonnell Douglas MD-80
61 pesawat

Kota Tujuan American Airlines

Jawa
Bali & Nusa Teng.
Malaysia
Singapore
Korea Selatan
Taiwan
Thailand

Kebijakan Perubahan/Pembatalan/Refund American Airlines

Prosedur Refund

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan baca halaman FAQ ketentuan dan prosedur refund.

Sejarah American Airlines

Pada awalnya, American Airlines (AA) merupakan hasil penggabungan 82 maskapai penerbangan kecil. Beberapa di antaranya adalah Trans Caribbean Airways, Air California, Reno Air, dan masih banyak lagi. Saat pertama kali didirikan pada 25 Januari 1930, maskapai penerbangan ini terkenal dengan nama American Airways.

Pada perkembangannya, American Airways menggantungkan pendapatannya pada penyediaan layanan pos. Saat itu pesawat belum berfungsi sebagai salah satu moda transportasi seperti sekarang ini. Sampai pada tahun 1993, American Airways sudah melayani berbagai penerbangan ke 72 kota di Amerika Serikat.

Pada tahun 1934, manajemen American Airways Company dipegang oleh E.L. Cord, yang mengganti nama American Airways menjadi American Airlines seperti saat ini. Pesawat pertama yang digunakan AA untuk mengangkut penumpang adalah DC-3, yang dikembangkan oleh Donald Douglas. Inilah kali pertama AA tidak menggantungkan penghasilannya dari pengiriman surat saja.

Dengan perkembangan perusahaan dan pertumbuhan jumlah penumpang, AA menambah rute baru yaitu New York – Los Angeles dengan transit di Dallas. Untuk rute ini, maskapai ini bekerja sama dengan Firello LaGuardian untuk membangun bandara megah di New York. Inilah awal mula kepemilikan lounge di LaGuardian Airport (LGA) yang dikenal dengan sebutan Admirals Club.

Setelah masa Perang Dunia berakhir, AA semakin melebarkan sayapnya. Perusahaan American Airlines menguasai American Export Airlines, yang namanya kemudian diganti menjadi American Overseas Airways (AOA), yang melayani penerbangan ke Eropa. Tapi tidak lama kemudian, tepatnya pada tahun 1950, AOA dijual ke Pan Am. Setelah itu AA meluncurkan sebuah armada baru, yaitu American Airlines de Mexico S.A. Tidak hanya menambah maskapai penerbangan baru, perusahaan ini juga mendirikan beberapa bandara di Meksiko untuk mempermudah rute penerbangannya. AA makin berjaya dan pada 30 Maret 1973, berhasil mempekerjakan penerbang wanita bernama Bonnie Tiburzi. American Airlines menjadi maskapai pertama di dunia yang memiliki pilot perempuan.

Dengan perkembangan sangat pesat, American Airlines terus menambah destinasi baru di Amerika dan juga Eropa. Pada tahun 1999, bersama dengan Cathay Pacific, Qantas, British Airways, serta Canadian Airlines, American Airlines mendirikan sebuah organisasi maskapai penerbangan Oneworld. Bahkan, tidak berhenti di penumpang saja, AA juga menyediakan layanan pengangkutan kargo.

Namun pada awal tahun 2000-an, American Airlines mengalami kerugian setelah membeli Trans Airworld yang pada saat itu sudah berada di ambang kebangkrutan. Untuk tetap mempertahankan eksistensinya di dunia maskapai penerbangan, AA terpaksa memberhentikan sementara sebanyak 950 pramugarinya.

Puncaknya, pada 29 November 2011, AMR Corporation yang merupakan induk dari maskapai penerbangan American Airlines menyatakan kebangkrutannya. AA pun mengurangi operasinya secara berkala. Banyak pesawat yang harus diberhentikan serta pilot yang harus pensiun dini.

Namun dengan banyak upaya, pada Oktober 2012 American Airlines akhirnya mampu bangkit dari keterpurukan dan mengumumkan akan segera merekrut 2.500 pilot baru untuk rute domestik dan internasional. Pada Januari 2013, American Airlines memperkenalkan logo barunya.

Di tahun 2015, AA membuat pengumuman akan menawarkan penerbangan dengan harga murah agar bisa bersaing dengan maskapai penerbangan komersial lainnya. Hingga saat ini, American Airlines sudah memiliki 344 destinasi di seluruh dunia, dengan besar armada sejumlah 923 pesawat dan 113.300 kru.

Kebijakan Penumpang American Airlines

  • Selalu sediakan akta kelahiran sebagai tanda pengenal untuk penumpang anak atau bayi.
  • American Airlines mengizinkan penumpang bayi mulai dari usia 2 hari, namun harus dengan surat rekomendasi dokter dan didampingi orang dewasa berusia minimal 16 tahun.
  • Bayi berusia 2 hari hingga 2 tahun diperbolehkan untuk dipangku penumpang dewasa yang mendampinginya.
  • Jika penumpang akan membawa bayi yang berusia di bawah dua tahun, penumpang harus melaporkan hal ini pada saat pemesanan tiket. Kemungkinan ada pajak tambahan yang harus dibayarkan untuk kondisi tersebut.
  • Jika bayi yang berusia di bawah dua tahun akan duduk sendiri, maka penumpang bayi harus membeli tiket dan membawa safety seat yang telah disetujui oleh Federal Aviation Administration.
  • Anak-anak berusia di atas 2 tahun harus membeli tiket dan duduk di kursi sendiri, serta harus didampingi orang dewasa.
  • Untuk penerbangan internasional, penumpang bayi maupun anak-anak harus menyediakan kelengkapan dokumen yang sama seperti penumpang dewasa.
  • Penumpang berusia di bawah 18 tahun yang melakukan penerbangan internasional tanpa disertai penumpang dewasa diharuskan untuk membuat surat persetujuan terlebih dahulu.
  • Penumpang dengan usia kelahiran 4 minggu atau kurang diperbolehkan terbang dengan izin dokter, serta membawa bukti berupa hasil pemeriksaan kesehatan.

Seragam Awak Maskapai American Airlines

Seragam Awak Maskapai American Airlines

Seragam pramugara ataupun pramugari American Airlines dirancang dengan tujuan untuk memberikan layanan yang terbaik. Didominasi warna hitam dengan aksesori scarf di leher, para pramugari siap melayani kebutuhan para penumpang. Blus dan rok di atas lutut akan membuat pramugari bergerak dengan leluasa. Selain itu, bahan yang dipilih pun pas di tubuh, fleksibel, namun tetap modis.

Makanan di Pesawat American Airlines

Makanan di Pesawat American Airlines

Untuk menarik jumlah penumpang sebanyak-banyaknya, beberapa penerbangan American Airlines menawarkan beragam penganan dan makanan bagi penumpangnya, tanpa biaya tambahan. Untuk saat ini, fasilitas tersebut diperuntukkan khusus penumpang kelas ekonomi. Meskipun begitu, American Airlines tetap menyediakan makanan kecil yang dapat dibeli oleh penumpang di kelas atau penerbangan tanpa fasilitas ini.

Selain itu, American Airlines juga menyediakan berbagai hidangan dengan rasa yang lezat. Para penumpang dapat memesan menu khusus bagi, misalnya, mereka yang sedang menjalani diet tertentu, beragama Islam atau Hindu, vegetarian, atau memiliki alergi. Penumpang dapat memesan hidangan dari jauh-jauh hari, mulai dari 30 hari sebelum keberangkatan hingga 24 jam sebelum penerbangan. Pilihan minuman yang ditawarkan juga cukup beragam, seperti kopi, soda, jus, serta minuman lainnya yang tidak mengandung alkohol. Namun khusus untuk penerbangan internasional, American Airlines menyediakan beragam pilihan minuman beralkohol.