peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya
 
Cathay Pacific: Pengantar

Sebagai pemegang gelar Ruang Tunggu Kelas Satu Terbaik di Dunia dan Maskapai dengan Kabin Terbersih versi Skytrax World Airline Awards 2016, Cathay Pacific adalah maskapai penerbangan andalan asal Hong Kong dengan kantor pusat di Chek Lap Kok. Maskapai ini merupakan salah satu pendiri aliansi penerbangan oneworld®. Saat ini, Cathay Pacific melayani 90 rute penerbangan di 35 negara di Asia Pasifik, Eropa, Amerika Utara, Timur Tengah hingga Afrika. Cathay Pacific pun menawarkan empat kelas penerbangan, yaitu Kelas Ekonomi, Kelas Ekonomi Premium, Kelas Bisnis dan Kelas Utama.


Pemesanan & E-tiket Cathay Pacific

Cari dan pesan tiket pesawat Cathay Pacific Anda secara online melalui Traveloka untuk mendapatkan harga promo terbaik.

Cara Pesan Tiket Pesawat

Berikut ini adalah langkah untuk memesan tiket Cathay Pacific secara online:

  1. Kunjungi situs web Traveloka atau buka Traveloka App
  2. Isi detail penerbangan di kotak pencarian
  3. Pilih dan pesan penerbangan yang paling sesuai untuk Anda
  4. Isi data pemesan dan penumpang
  5. Lakukan pembayaran melalui metode yang sudah Anda pilih
  6. Dapatkan e-tiket Cathay Pacific Anda di Pesanan Saya atau pada email Anda

Cara Pembayaran

Pembayaran untuk tiket Cathay Pacific Anda dapat dilakukan melalui transfer bank (ATM/SMS Banking/e-banking/teller bank), kartu kredit, dan Indomaret.
Untuk informasi selengkapnya mengenai berbagai metode pembayaran yang tersedia, silakan kunjungi halaman Cara Pembayaran.

E-tiket Cathay Pacific

E-tiket Cathay Pacific dapat berlaku sebagai bukti pemesanan penerbangan Cathay Pacific Anda. Tunjukkan e-tiket Anda pada saat melakukan check-in di loket Cathay Pacific di bandara, atau gunakan e-tiket untuk melakukan check-in mandiri (di bandara maupun online), untuk mendapatkan boarding pass Anda. Jika Anda tidak menerima e-tiket dalam waktu 60 menit setelah melakukan pembayaran, segera hubungi Customer Service Traveloka.

Partner Maskapai Traveloka - Domestik & Internasional

Lion AirBatik AirCitilinkGaruda IndonesiaSriwijaya AirNAM AirAirasiaJetstarTigerairMalaysia AirlinesBangkok AirwaysCathay PacificEmiratesFireflyMalindo AirPhilippine AirlinesQatar AirwaysSilkAirSingapore AirlinesThai AirwaysThai LionVietnam AirlinesAll Nippon AirlinesAsiana AirlinesChina AirlinesEgypt AirEtihad AirwaysEVA AirJapan AirlinesKalstar AviationKLMKorean AirQantas AirlinesTurkish AirlinesUnited AirlinesWings AirXpressairAir FranceAmerican AirlinesChina Southern AirlinesJet AirwaysLufthansaRoyal BruneiTransnusa AviationTrigana AirVirgin AustraliaDelta Airlines

Partner Pembayaran Resmi Traveloka


Rating Cathay Pacific

dari 869 review

Standar layanan: Full Service

Kelas Penerbangan Cathay Pacific

Kelas Ekonomi

Kelas Ekonomi di Cathay Pacific menawarkan perjalanan udara yang nyaman, mulai dari sistem check-in yang mudah hingga pelayanan pramugari yang ramah. Tersedia pula berbagai fasilitas seperti ruang penyimpanan pribadi untuk meletakkan ponsel dan gelas, sandaran kursi yang dapat diatur sesuai kenyamanan, serta meja kecil bagi penumpang yang ingin bekerja selama perjalanan. Penumpang juga dapat menikmati berbagai konten hiburan seperti film, TV dan musik, yang didukung oleh StudioCX.

Makanan di Pesawat

Pada penerbangan jarak jauh, penumpang Kelas Ekonomi akan disuguhi empat jenis hidangan. Dibuka dengan salad, selanjutnya penumpang dapat memilih menu utama berupa hidangan ayam atau pasta. Hidangan juga akan dilengkapi dengan es krim, serta kopi dan teh yang baru saja diseduh. Untuk penerbangan jarak pendek, penumpang Kelas Ekonomi dapat menikmati salad jamur sebagai menu pembuka, dilanjutkan oleh hidangan ayam atau ikan, mousse cake sebagai makanan pencuci mulut, serta kopi dan teh sebagai minumannya.

Kelas Ekonomi Premium

Penumpang di Kelas Ekonomi Premium dapat merasakan kenyamanan kursi yang lebih lebar, yang bisa dimiringkan hingga 8 inci. Kursi juga dilengkapi dengan sandaran kaki yang lebar, serta penopang kepala yang menjamin kenyamanan selama perjalanan. Penumpang juga dapat menikmati beragam hiburan dari layar berukuran 10,6 inci, lengkap dengan headphone kedap suara. Penumpang Kelas Ekonomi Premium juga akan mendapatkan perlengkapan kenyamanan, seperti kaus kaki, penutup mata, penutup telinga, hingga sikat dan pasta gigi yang diberikan secara gratis.

Makanan di Pesawat

Makanan yang disajikan di Kelas Ekonomi Premium cukup beragam, mulai dari masakan khas Cina hingga menu internasional. Penumpang dapat memilih makanan pembuka berupa salad udang, dilanjutkan dengan beef steak atau paccheri, ditutup dengan es krim, serta kopi atau teh. Menu sarapan juga tersedia untuk penerbangan jarak jauh, seperti buah-buahan segar, kombinasi sosis, telur dan roti, hingga hidangan laut.

Kelas Bisnis

Dengan ukuran kursi yang lebih lebar dan privasi yang lebih tinggi, Kelas Bisnis Cathay Pacific menjamin kenyamanan setiap penumpangnya. Kursi di Kelas Bisnis memiliki ukuran 21 inci dan dapat direbahkan hingga 47 inci. Kursi ini dapat digerakkan secara otomatis karena menggunakan sistem elektrik, serta dilengkapi dengan sandaran kaki sehingga penumpang dapat bersantai selama penerbangan. Penumpang Kelas Bisnis juga dapat menikmati hiburan di pesawat melalui layar pribadi berukuran 15,4 inci, lengkap dengan layanan AVOD.

Makanan di Pesawat

Berkolaborasi dengan koki-koki dari restoran dan hotel terkemuka di dunia, Cathay Pacific berkomitmen untuk menyajikan makanan terbaik bagi penumpang Kelas Bisnis. Penumpang dapat memilih makanan yang lebih ringan dan sehat, lengkap dengan anggur pilihan untuk pengalaman makan yang mewah di atas pesawat. Pada penerbangan jarak jauh, penumpang dapat memilih salmon gravlax sebagai makanan pembuka, dilanjutkan dengan tenderloin daging sapi Australia panggang serta keju fourme d’ambert sebagai menu utama, dan ditutup dengan pencuci mulut berupa buah-buahan segar atau black forest cake.

Kelas Utama

Penerbangan jarak jauh di Kelas Utama Cathay Pacific tidak akan pernah terasa melelahkan karena penumpang akan dimanjakan oleh kursi penumpang yang istimewa. Kursi ini dapat diubah menjadi kasur berukuran 36 x 81 inci. Kursi tersebut juga dilengkapi dengan fungsi pijat, tempat penyimpanan pribadi, kursi kecil untuk penopang kaki, serta layar TV pribadi berukuran 17 inci. Dengan matras yang tebal, selimut yang lembut, serta bantal yang empuk, kelelahan selama perjalanan akan tergantikan oleh rasa nyaman yang maksimal.

Makanan di Pesawat

Penumpang Kelas Utama memiliki kebebasan untuk memilih hidangan sesuai keinginan, mulai dari menu internasional hingga menu Asia, yang setara dengan kualitas restoran bintang lima. Penumpang dapat memilih caviar dan sampanye Krug sebagai hidangan pembuka, dilanjutkan dengan menu utama seperti angus beef striploin atau menu masakan khas Cina seperti salad bebek Peking atau kerang abalon. Sebagai hidangan penutup, penumpang dapat menikmati hidangan beri hutan yang segar, lengkap dengan sirup jahe atau puding cokelat Belgia.

Layanan Khusus Cathay Pacific

Marco Polo Club

Cathay Pacific menawarkan program frequent flyer bernama Marco Polo Club, yang memiliki empat tingkat keanggotaan: Green, Silver, Gold, dan Diamond. Tingkatan keanggotaan ditentukan berdasarkan frekuensi penerbangan bersama Cathay Pacific, serta memiliki keunggulannya masing-masing. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan anggota Marco Polo Club antara lain kapasitas ekstra untuk bagasi, akses ke ruang tunggu bandara, hingga proses pemesanan tiket yang lebih mudah. Anggota Marco Polo Club juga bisa mendapatkan poin ketika terbang bersama Cathay Pacific atau maskapai anggota oneworld®. Poin ini kemudian dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah seperti tiket penerbangan gratis hingga voucher menginap di hotel.

Asia Miles

Selain Marco Polo Club, Cathay Pacific juga menawarkan program Asia Miles, di mana para penumpang dapat mengumpulkan poin ketika melakukan perjalanan bersama Cathay Pacific atau lebih dari 25 maskapai partnernya. Poin dihitung berdasarkan jarak serta kelas penerbangan. Poin Asia Miles dapat ditukarkan dengan berbagai hal, mulai dari akses ke ruang tunggu bandara Cathay Pacific hingga tiket penerbangan pulang pergi dari Hong Kong ke Los Angeles.

Cathay Pacific Lounge

Sambil menunggu keberangkatan penerbangan, penumpang Cathay Pacific dapat menikmati berbagai fasilitas di ruang tunggu bandara Cathay Pacific yang tersedia di hampir semua bandara yang dilintasi oleh rute penerbangan Cathay Pacific. Di ruang tunggu bandara, penumpang dapat menikmati makanan ringan, makanan a la carte yang bisa dipesan sesuai keinginan, fasilitas kamar mandi, ruang untuk bekerja, hingga layanan pijat dan relaksasi. Untuk mendapatkan akses ke dalam ruang tunggu ini, penumpang harus memiliki keanggotaan Marco Polo Club atau menukarkan poin Asia Miles.

Armada Cathay Pacific

Airbus 330-300
Kelas penerbangan:

  • Ekonomi
  • Ekonomi Premium
  • Bisnis

Tata kursi:

  • 2-4-2 (Ekonomi)
  • 2-3-2 (Ekonomi Premium)
  • 2-2 (Bisnis)

Jarak antar kursi:

  • 32 inci (Ekonomi)
  • 38 inci (Ekonomi Premium)
  • 82 inci (Bisnis)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak/Port USB:

Tersedia

Airbus 350-900
Kelas penerbangan:

  • Ekonomi
  • Ekonomi Premium
  • Bisnis

Tata kursi:

  • 3-3-3 (Ekonomi)
  • 2-4-2 (Ekonomi Premium)
  • 2-2 (Bisnis)

Jarak antar kursi:

  • 32 inci (Ekonomi)
  • 40 inci (Ekonomi Premium)
  • 45-75 inci (Bisnis)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tersedia


Stopkontak/Port USB:

Tersedia

Boeing 777-300ER
Kelas penerbangan:

  • Ekonomi
  • Ekonomi Premium
  • Bisnis
  • Kelas Utama

Tata kursi:

  • 3-3-3 (Ekonomi)
  • 2-4-2 (Ekonomi Premium)
  • 2-2 (Bisnis)
  • 1-1-1 (Kelas Utama)

Jarak antar kursi:

  • 32 inci (Ekonomi)
  • 38 inci (Ekonomi Premium)
  • 81 inci (Bisnis)
  • 81 inci (Kelas Utama)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak/Port USB:

Tersedia

Kru Pesawat Cathay Pacific

Seragam Pramugari Cathay Pacific

Seragam pramugari Cathay Pacific didominasi warna merah. Dirancang oleh desainer kenamaan dari Hong Kong, Eddie Lau, seragam ini memadukan atasan kemeja putih dengan bentuk kerah khas Mandarin dengan rok merah. Kain yang digunakan mudah meregang, sehingga memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam bergerak. Selain bergaya dan sesuai dengan citra maskapai, seragam ini juga dirancang untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan, iklim kerja, dan budaya, serta sesuai dengan kebijakan kesehatan, keamanan dan keselamatan saat penerbangan.


Kebijakan Bagasi Cathay Pacific

Rute Penerbangan

Kelas Penerbangan

Bagasi Terdaftar

Bagasi Kabin

Semua rute

Kelas Ekonomi

2 buah (maks. 30 kg)

Maks. 7 kg (Dimensi: 23 x 36 x 56 cm)

Kelas Ekonomi Premium

2 buah (maks. 35 kg)

Kelas Bisnis

2 buah (maks. 40 kg)

Maks. 10 kg (Dimensi: 23 x 36 x 56 cm)

Kelas Utama

3 buah (maks. 50 kg)

Maks. 15 kg (Dimensi: 23 x 36 x 56 cm)

Semua penerbangan tujuan Amerika

Kelas Ekonomi

2 buah (maks. 23 kg/buah)

Maks. 7 kg (Dimensi: 23 x 36 x 56 cm)

Kelas Ekonomi Premium

2 buah (maks. 25 kg/buah)

Kelas Bisnis

2 buah (maks. 35 kg/buah)

Maks. 10 kg (Dimensi: 23 x 36 x 56 cm)

Kelas Utama

Maks. 15 kg (Dimensi: 23 x 36 x 56 cm)

Kebijakan Penumpang Cathay Pacific

Kebijakan Penumpang Bayi
  • Bayi berusia kurang dari 2 hari tidak diperbolehkan untuk terbang bersama Cathay Pacific, sementara bayi berusia 3 sampai 7 hari harus memperoleh persetujuan dari tim medis maskapai sebelum melakukan penerbangan.
  • Penumpang bayi harus didampingi oleh orangtua, wali atau pengasuh di kabin yang sama.
  • Penumpang bayi tidak mendapat kursi sendiri, tapi mendapat kapasitas bagasi maksimal 10 kg.
  • Penumpang bayi yang membutuhkan kursi sendiri, membawa car seat pribadi, atau berencana untuk menggunakan alat pengaman lainnya, diharuskan membeli tiket seharga penumpang anak. Silakan hubungi maskapai untuk informasi selengkapnya.
  • Penumpang bayi harus berusia di bawah 24 bulan untuk bisa mendapatkan harga tiket bayi. Bila bayi mencapai usia 2 tahun sebelum melakukan penerbangan pulang, penumpang akan dianggap sebagai penumpang anak. Hal ini berkaitan dengan harga tiket, pajak, serta biaya terkait lainnya.
Kebijakan Penumpang Anak
  • Penumpang anak akan mendapat kursi sendiri dan jatah bagasi normal sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Untuk alasan keselamatan, penumpang anak berusia 6 hingga 12 tahun yang melakukan perjalanan dengan Cathay Pacific harus ditemani oleh orang tua atau pengasuh sepanjang penerbangan.
  • Penumpang berusia 6 hingga 12 tahun yang melakukan perjalanan sendiri harus didaftarkan sebagai penumpang anak tanpa pendampingan (Unaccompanied Minor). Layanan untuk penumpang anak tanpa pendampingan tersedia untuk penumpang anak berusia 6 hingga 17 tahun, di mana pihak maskapai akan mendampingi penumpang anak tersebut dari bandara keberangkatan hingga tiba di tujuan.
  • Penumpang berusia 12 hingga 18 tahun diperbolehkan untuk melakukan perjalanan sendiri. Meskipun demikian, mereka tetap bisa memperoleh layanan pendampingan dengan membayar sejumlah biaya tertentu.
  • Untuk memastikan penumpang anak dapat menikmati penerbangan, Cathay Pacific menyediakan hiburan berupa film dan serial TV ramah keluarga.
  • Penjemput penumpang anak yang melakukan penerbangan sendiri harus menunjukkan bukti identitas di bandara tujuan, sebelum pihak maskapai memperbolehkan anak pergi bersama penjemput tersebut.
Kebijakan Penumpang Hamil
  • Penumpang hamil disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau bidan sebelum melakukan penerbangan.
  • Maskapai memperbolehkan penumpang hamil dalam penerbangan, dengan kondisi kehamilan sebagai berikut:
    • Kehamilan tunggal tanpa komplikasi, berusia hingga 36 minggu.
    • Kehamilan ganda tanpa komplikasi, berusia hingga 32 minggu.
  • Penumpang dengan usia kehamilan di atas 28 minggu diwajibkan untuk membawa sertifikat medis. Sertifikat medis harus diterbitkan maksimal 10 hari sebelum keberangkatan, dan menyatakan hal-hal sebagai berikut:
    • Kondisi kehamilan tunggal atau ganda
    • Perkiraan usia kehamilan (dalam minggu)
    • Perkiraan tanggal persalinan
    • Penumpang dalam keadaan sehat dan kondisi kehamilan normal tanpa adanya komplikasi
    • Penumpang dalam kondisi sehat untuk melakukan penerbangan
  • Untuk alasan keselamatan, Cathay Pacific berhak melarang penumpang hamil untuk melakukan penerbangan dalam kondisi-kondisi berikut:
    • Penumpang tidak membawa sertifikat medis.
    • Sertifikat medis sudah tidak berlaku atau tidak mencantumkan informasi yang dibutuhkan.
  • Jika kehamilan memiliki sejarah komplikasi, pemeriksaan kesehatan akan dilakukan oleh tim medis maskapai. Pemeriksaan medis oleh maskapai juga akan dilakukan untuk penumpang dengan usia persalinan kurang dari tujuh hari.
Kebijakan Penumpang dengan Disabilitas
  • Cathay Pacific menawarkan layanan pendampingan untuk penumpang dengan disabilitas. Untuk mendapatkan layanan ini, penumpang harus menghubungi maskapai setidaknya 24 jam sebelum keberangkatan.
  • Penumpang dengan disabilitas akan dibantu untuk pindah dari dan ke kursi penumpang, mempersiapkan makanan, menggunakan kursi roda, serta ketika ingin menggunakan fasilitas kamar mandi.
  • Penumpang dengan keterbatasan penglihatan yang ingin membawa anjing pemandu harus menginformasikannya pada maskapai sebelum keberangkatan. Selain itu, tongkat atau alat bantu lainnya juga diperbolehkan, tanpa biaya tambahan.
  • Penumpang dengan keterbatasan gerak diperbolehkan untuk membawa kursi roda sendiri. Meskipun begitu, kursi roda juga tersedia gratis pada semua penerbangan Cathay Pacific.

Kebijakan Check-in Cathay Pacific

Waktu Check-in Cathay Pacific

Informasi waktu check-in untuk penerbangan Cathay Pacific dapat Anda lihat pada tabel di bawah. Waktu check-in bisa berbeda jika penerbangan dioperasikan oleh maskapai partner Cathay Pacific. Silakan lihat e-tiket untuk memastikan waktu check-in Anda.

Rute Penerbangan

Waktu Check-in Ideal

Batas Waktu Check-in

Semua Rute

2 jam sebelum keberangkatan

1 jam 30 menit sebelum keberangkatan

Check-in Cathay Pacific Online

Check-in online untuk penerbangan Cathay Pacific dapat Anda lakukan melalui langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman check-in Cathay Pacific
  2. Masukkan kode booking, atau detail pemesanan lainnya, sesuai instruksi
  3. Lengkapi detail check-in lainnya
  4. Simpan dan/atau cetak boarding pass Anda

Kebijakan Refund Cathay Pacific

Secara umum, refund dapat diajukan untuk alasan pribadi, sakit, kehamilan, kematian penumpang, pembatalan/pengubahan jadwal oleh maskapai, force majeure, atau pemesanan ganda. Namun, hal ini tetap bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai. Silakan kunjungi halaman Kebijakan Refund Cathay Pacific untuk informasi lengkap mengenai refund.

Kebijakan Reschedule Cathay Pacific

Untuk mengubah jadwal penerbangan, Anda dapat menggunakan fitur Easy Reschedule. Beberapa maskapai mengizinkan penggantian tanggal, jam, rute, dan maskapai. Tapi ada pula yang hanya mengizinkan penggantian tanggal dan jam penerbangan. Silakan kunjungi halaman Syarat & Ketentuan Reschedule Cathay Pacific untuk panduan lengkap mengenai pengubahan jadwal penerbangan Anda. Jika pengubahan jadwal tidak dapat Anda lakukan melalui Easy Reschedule, silakan langsung hubungi Cathay Pacific.


 

Tentang Cathay Pacific

Cathay Pacific (kode IATA: CX) adalah maskapai penerbangan asal Hong Kong yang berpusat di Bandara Internasional Hong Kong, Chek Lap Kok. Saat ini, Cathay Pacific beserta anak perusahaannya melayani penerbangan komersil serta layanan kargo ke 180 tujuan di 44 negara di seluruh dunia. Cathay Pacific merupakan salah satu pendiri aliansi penerbangan oneworld®, serta merupakan bagian dari Swire Group. Cathay Pacific memiliki aspirasi untuk dapat menguasai setiap hal pada bidangnya, termasuk menjamin keamanan dan keselamatan penumpang dan karyawan, memberikan kontribusi kepada masyarakat yang tinggal di daerah tujuan penerbangan, serta secara terus menerus meningkatkan performanya. Sejak didirikan pada 24 September 1946, sudah banyak pencapaian yang diperoleh Cathay Pacific. Pada 2014 lalu, misalnya, Cathay Pacific berhasil mendapatkan penghargaan Maskapai Penerbangan Tahun Ini dari Skytrax. Namun, salah satu pencapaian terbesar Cathay Pacific adalah ketika maskapai ini melakukan penerbangan transpolar non-stop melintasi Kutub Utara pada Juli 1998. Maskapai ini juga menjadi maskapai kargo internasional terbesar di dunia pada 2010, menjadikan Bandara Internasional Hong Kong — pusat operasinya — bandara paling sibuk di dunia dalam bidang pengangkutan kargo. Cathay Pacific memiliki empat kelas penerbangan: Kelas Utama, Kelas Bisnis, Kelas, Premium Ekonomi, dan Kelas Ekonomi. Setiap kelas penerbangan memiliki keunggulannya masing-masing, seperti fasilitas hiburan berupa lagu dan film yang bisa dinikmati dari layar TV yang tersedia di setiap kursi. Penumpang juga akan disuguhi makanan yang dapat dinikmati selama dalam penerbangan. Selain itu, setiap penumpang mendapatkan kapasitas bagasi kabin dan bagasi terdaftar, yang besarnya berbeda untuk setiap kelas penerbangan. Penumpang Kelas Ekonomi dapat membawa bagasi kabin hingga 7 kg dan bagasi terdaftar hingga 30 kg. Penumpang Kelas Premium Ekonomi dapat membawa bagasi kabin hingga 7 kg dan bagasi terdaftar hingga 35 kg. Penumpang Kelas Bisnis dapat membawa bagasi kabin hingga 10 kg dan bagasi terdaftar hingga 40 kg. Sementara itu, penumpang Kelas Utama dapat membawa bagasi kabin hingga 15 kg dan bagasi terdaftar hingga 40 kg. Cathay Pacific juga menawarkan program frequent flyer yang diberi nama Marco Polo Club. Program ini dibagi menjadi empat tingkatan keanggotaan, yaitu Green, Silver, Gold dan Diamond. Tingkatan ini dibagi berdasarkan frekuensi perjalanan penumpang bersama Cathay Pacific. Terdapat beragam keuntungan yang bisa didapatkan sebagai anggota Marco Polo Club. Pertama, anggota Marco Polo Club bisa melakukan check-in dari konter khusus. Anggota Marco Polo Club juga mendapat tambahan kuota bagasi serta prioritas pada saat melakukan pemesanan. Anggota juga berhak mendapat poin, yang jumlahnya dihitung berdasarkan jarak tempuh penerbangan dengan Cathay Pacific atau maskapai anggota oneworld® lainnya. Poin tersebut dapat ditukarkan dengan berbagai hal, mulai dari akses masuk ke ruang tunggu bandara Cathay Pacific hingga tiket penerbangan gratis. Penumpang Cathay Pacific disarankan untuk melakukan check-in di konter bandara selambat-lambatnya 50 menit sebelum keberangkatan. Penumpang juga bisa memanfaatkan fasilitas kios check-in mandiri, yang tersedia di Bandara Internasional Hong Kong. Penumpang juga dapat melakukan check-in secara online melalui situs resmi Cathay Pacific mulai dari 48 jam hingga 50 menit sebelum keberangkatan. Ketika melakukan check-in, penumpang bisa meminta untuk pindah tempat duduk. Penumpang dengan keanggotaan Marco Polo Club tingkat Silver ke atas dapat mengganti tempat duduk hingga tiga kali.

Sejarah Cathay Pacific

Cathay Pacific didirikan oleh warga Australia, Sydney de Kantzow, dan warga Amerika Serikat, Roy Farrell pada Januari 1946. Keduanya merupakan mantan pilot militer yang sering melakukan penerbangan melintasi Pegunungan Himalaya. Farrell membeli pesawat pertama untuk Cathay Pacific di New York pada 6 Oktober 1945, dengan jenis Douglas DC-3 yang diberi nama Betsy. Pesawat tersebut saat ini dipajang di Hong Kong Science Museum. Penerbangan komersil pertama Cathay Pacific melayani pengiriman baju dari Sydney ke Shanghai. Namun pada awal perkembangannya, Cathay Pacific selalu mengalami berbagai tantangan. Semenjak pertama kali didirikan, penerbangan Cathay Pacific selalu dilarang oleh pihak berwenang di Shanghai, sehingga pada akhirnya perusahaan ini pun pindah ke Hong Kong. Pada 24 September 1946 di Hong Kong, Farrell dan de Kantzow mendaftarkan bisnis mereka dengan nama Cathay Pacific. Nama “Cathay” dipilih karena merupakan nama kuno dari Tiongkok, sedangkan “Pacific” merupakan sebuah harapan dari Farrell bahwa suatu saat nanti mereka akan dapat terbang melintasi Samudra Pasifik (yang kemudian menjadi kenyataan pada 1970an). Pada 1948, Butterfiled & Swire (saat ini dikenal sebagai Swire Group) membeli saham Cathay Pacific sebesar 45%. Selanjutnya, Australian National Airways mengakuisisi 35% saham Cathay Pacific, sementara Farrell dan de Kantzow memegang 10% sisanya. Saat ini, maskapai ini berada di bawah kepemilikan Swire Group. Pada akhir 1940an, pemerintah Hong Kong membagi pasar penerbangan antara Cathay Pacific dengan kompetitor lokal satu-satunya, Hong Kong Airways. Cathay Pacific mendapatkan rute selatan (Asia Tenggara dan Australia), sedangkan Hong Kong Airways mendapatkan rute utara (Tiongkok, Korea dan Jepang). Namun, karena merdekanya negara Republik Rakyat Tiongkok serta terjadinya Perang Korea, rute utara menjadi sangat terbatas. Hal ini menyebabkan Cathay Pacific mengakuisisi Hong Kong Airways pada 1959, menjadikannya maskapai penerbangan paling dominan di Hong Kong. Pada Januari 1990, Cathay Pacific membeli sebagian besar saham Dragonair, yang kemudian berubah nama menjadi Cathay Dragon pada 2016. Pada 21 September 1998, Cathay Pacific bersama dengan American Airlines, British Airways, Canadian Airlines dan Qantas bergabung untuk membentuk aliansi penerbangan oneworld®. Hingga saat ini, sudah ada 15 maskapai penerbangan yang tergabung dalam aliansi ini.

Kontak Cathay Pacific

+62 (21) 550-1010

Alamat Cathay Pacific

Cathay Pacific
18/F, Indonesia Stock Exchange Building, Tower 1 Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta Selatan

Bagikan

Google Plus Share Scroll Top
evtbvsrwfq