peringatan
Konektivitas > Pulsa > Simpati

Cara Transfer Pulsa Simpati

Cara Cek Pulsa Simpati, dan Isi Pulsa Simpati

Pulsa Simpati

Simpati adalah salah satu operator GSM prabayar besutan Telkomsel. Menjadi bagian dari operator seluler terbesar di Tanah Air, Simpati memiliki pengguna dengan jumlah sangat banyak yang tersebar di seluruh kota Indonesia.

Kini, seluruh pengguna Simpati bisa membeli pulsa dengan cara yang praktis melalui Traveloka. Pembelian pulsa Simpati melalui Traveloka menjanjikan kemudahan lebih. Anda bisa membeli pulsa dengan nominal beragam, mulai dari Rp10.000 hingga nominal terbesar Rp1.000.000. Nominal besar ini tidak akan Anda temukan jika membeli voucher pulsa dalam bentuk fisik.

Selain itu, pembelian pulsa Simpati melalui Traveloka bisa Anda lakukan kapan saja dan di mana saja karena “toko pulsa” ini buka 24 jam setiap harinya.

Cara Beli Pulsa Simpati di Traveloka

Untuk saat ini, pembelian pulsa Simpati hanya tersedia melalui aplikasi Traveloka, yakni Traveloka App versi Android (segera hadir di iOS). Pastikan Anda sudah memasang Traveloka App pada ponsel kesayangan Anda jika ingin menikmati kemudahan membeli pulsa Simpati di Traveloka. Traveloka App tersedia gratis di PlayStore (untuk Android) dan App Store (untuk iOS).

Cara membeli pulsa Simpati di Traveloka terbilang sangat mudah. Cukup buka Traveloka App yang sudah terpasang di ponsel Anda, lalu pilih menu Pulsa. Pada laman Pulsa, masukkan nomor Simpati Anda lalu lengkapi jumlah nominal pulsanya. Ada pun nominal pulsa Simpati yang tersedia di sini mulai dari Rp10.000 sampai Rp1.000.000.

Nantinya, Anda akan langsung terhubung dengan laman pembayaran. Traveloka menyediakan metode pembayaran lengkap, tak terbatas pada kartu kredit saja. Setelah Anda melunasi pembayaran, pulsa Simpati akan langsung terisi di nomor Anda!

Cara Cek Pulsa Simpati

Cara mengecek pulsa Simpati terbilang beragam. Ada 5 cara yang bisa dilakukan oleh pengguna Simpati untuk mengecek sisa pulsanya.

1. Mengetik kode *888# pada layar panggilan

Cara ini adalah cara paling umum untuk mengecek pulsa Simpati. Setelah Anda mengetikkan kode *888# dan menekan tombol panggilan, dalam beberapa saat layar akan menampilkan pop-up yang memberikan informasi tentang sisa pulsa Simpati Anda, termasuk masa aktifnya.

2. Melakukan panggilan suara ke 888

Cara berikutnya adalah melalui panggilan suara. Pertama, ketikkan nomor 888 pada layar panggilan lalu lakukan panggilan suara ke nomor tersebut. Ketika sudah tersambung, suara operator dari sistem secara otomatis akan menyebutkan sisa pulsa Anda, berikut masa aktif dan masa tenggangnya.

3. Melalui telepon ke Info Pelanggan dan Call Center

Telkomsel menyediakan nomor khusus untuk Info Pelanggan (115) dan Call Center Caroline (188). Anda bisa menelepon nomor ini untuk mengetahui nilai pulsa Anda. Nomor 155 akan menyambungkan Anda ke Info Pelanggan secara gratis. Cukup ikuti petunjuk mesin operator pada panggilan ini sampai Anda mendapatkan info pulsa Anda. Sementara itu, nomor 188 akan menyambungkan Anda ke petugas pelayanan pelanggan. Anda bisa tanyakan langsung sisa pulsa Anda kepada petugas. Setiap panggilan ke Call Center Caroline terkena biaya Rp300.

4. Mengunjungi website MyTelkomsel

Jika Anda sedang online, maka bisa melakukan pengecekan pulsa melalui situs web MyTelkomsel. Namun, pastikan Anda sudah terdaftar menjadi anggota MyTelkomsel untuk menggunakan layanannya. Cara mendaftarnya sangat mudah, yaitu dengan memasukkan nomor telepon dan nama lengkap saja saat pertama kali masuk ke situs web ini. Jika sudah terdaftar, berikutnya Anda tinggal log in, kemudian situs web akan menampilkan sisa pulsa Simpati Anda.

5. Menggunakan aplikasi MyTelkomsel

Selain situs web, MyTelkomsel juga tersedia khusus dalam bentuk aplikasi ponsel. Anda cukup buka aplikasi ini di ponsel Anda, masukkan nomor Simpati Anda, lalu halaman utama akan langsung menampilkan sisa pulsa. Info lain seperti bonus, poin Telkomsel, dan sisa kuota internet (jika ada) juga akan muncul pada laman aplikasi ini. Untuk menggunakannya, unduh aplikasi MyTelkomsel gratis dari PlayStore dan App Store.

Cara Transfer Pulsa

Sebagai bagian dari Telkomsel, Simpati juga menyediakan layanan Transfer Pulsa. Dengan adanya layanan ini, Anda bisa membagikan pulsa Simpati Anda ke orang-orang terdekat yang juga menggunakan nomor Telkomsel. Nomor Telkomsel di sini pun tak harus sesama Simpati, tetapi termasuk Kartu As dan Loop.

Layanan Transfer Pulsa Simpati memudahkan Anda untuk mengirimkan pulsa kepada orang yang sedang kesulitan membeli pulsa. Selain, itu, Anda juga bisa memanfaatkan layanan ini untuk memberikan hadiah pulsa kepada orang tersayang. Misalnya untuk pasangan, orang tua, saudara, maupun teman.

Disebut Transfer Pulsa, ada pun nominal pulsa yang Anda kirimkan ke penerima berasal dari pulsa Anda sendiri (bukan membeli pulsa terpisah). Saat mentransfer pulsa, pulsa Anda akan terpotong sebesar nominal yang Anda masukkan pada sistem. Pulsa tersebut kemudian akan langsung terkirim, menambahkan pulsa si penerima.

Cara Transfer Pulsa Simpati ke Sesama Telkomsel

Jika Anda ingin memanfaatkan layanan Transfer Pulsa Simpati untuk mengirim ke sesama nomor Telkomsel, maka pilih salah satu dari 3 cara berikut:

1. Menggunakan SMS

Pada layar SMS, ketiklah TPULSA(spasi)nominal pulsa yang ingin Anda transfer. Kirim SMS tersebut ke nomor penerima. Contoh: Anda ingin mentransfer pulsa Rp15.000 ke nomor 085222213424. Isi SMS adalah TPULSA 15.000 dan kirim ke nomor 085222213424.

2. Menggunakan kode USSD *858*

Pada layar panggilan, ketikkan kode USSD seperti saat mengisi pulsa menggunakan voucher fisik. Kode USSD untuk transfer pulsa adalah *858*. Formatnya: *858*nomor tujuan transfer pulsa*nominal transfer pulsa# lalu tekan tombol panggilan. Selanjutnya, Anda tinggal ikuti petunjuk yang muncul di layar ponsel. Contoh format: Untuk mengirimkan pulsa sebesar Rp25.000 ke nomor 085222213424, ketikkan kode *858*085222213424*25# pada layar panggilan, lalu tekan tombol panggilan keluar.

3. Menggunakan menu USSD *858#

Cara berikutnya adalah menggunakan menu USSD seperti cara umum mengecek sisa pulsa. Menu transfer pulsa Simpati bisa Anda akses di nomor *858#. Lakukan panggilan ke nomor tersebut, nantinya menu pilihan akan muncul. Ketik angka 1 untuk perintah “Transfer Pulsa”. Layar menu akan meminta Anda memasukkan nomor tujuan dan nominal pulsanya. Pada layar konfirmasi, masukkan angka 1 jika Anda setuju untuk melakukan transfer pulsa. Jika setelahnya Anda menerima SMS notifikasi “transfer pulsa berhasil” dari nomor 858, maka pulsa Simpati Anda sudah resmi masuk ke nomor penerima.

Cara Transfer Pulsa Simpati ke Operator Lain

Hingga detik ini, layanan Transfer Pulsa Simpati belum tersedia untuk tujuan ke operator lain.

Syarat dan Ketentuan Transfer Pulsa Simpati

Untuk memastikan transfer pulsa Simpati Anda berhasil, pastikan Anda telah memenuhi syarat dan ketentuan berikut ini:

1. Layanan Transfer Pulsa Simpati berlaku untuk sesama nomor Telkomsel saja. Nomor tersebut termasuk operator Telkomsel Kartu As dan Telkomsel Loop.

2. Nominal pulsa Simpati yang bisa Anda transfer minimal Rp5.000 dengan kelipatan seribu. Pastikan menulis format seperti ini:

- Nominal pulsa Rp10.000, ketikkan 10 atau 10000

- Nominal pulsa Rp100.000, ketikkan 100 atau 100000

3. Jumlah transaksi Transfer Pulsa Simpati per harinya maksimal Rp1.000.000 atau 100 kali.

4. Kartu Simpati Anda dan kartu Telkomsel penerima harus berada dalam masa aktif atau masa isi ulang (grace period).

5. Khusus penerima yang berada pada masa isi ulang, pulsa yang telah ditransfer hanya bisa digunakan setelah mengaktifkan kartu dengan melakukan isi ulang pulsa terlebih dahulu.

6. Transaksi transfer pulsa ini tidak mengubah status masa aktif kartu Anda maupun penerima pulsa.

7. Biaya transfer pulsa dikenakan ke pengirim pulsa sebesar Rp1.500 untuk setiap transaksi.

8. Sisa pulsa Anda sebagai pengirim setelah melakukan transfer harus minimal Rp5.000.

Simpati Emergency Credit

Pulsa Darurat Simpati merupakan layanan penyediaan pulsa dalam keadaan mendesak. Misalnya, Anda kehabisan pulsa tapi tidak bisa langsung mengisi ulang padahal sudah sangat membutuhkannya. Dalam hal ini, Anda bisa meminta kiriman pulsa dari nomor Telkomsel lain.

Selain itu, Anda bisa mengajukan permintaan pulsa ke nomor Telkomsel lain dengan mengakses kode USSD *858*2#. Nantinya sistem akan meminta Anda memasukkan nomor Telkomsel (bisa Simpati, Kartu As, ataupun Loop) donatur, beserta jumlah nominalnya. Setelah lengkap, sistem akan meminta Anda mengonfirmasi permintaan ini. Jika sudah benar, langsung masukkan angka 1 sebagai jawaban “Setuju”.

Setelah Anda menyelesaikan proses tersebut, Telkomsel akan mengirimkan permintaan Anda ke nomor donatur. Nanti, donatur bisa mengirimkan pulsa darurat pada nomor Simpati Anda dengan menggunakan layanan Transfer Pulsa.

Khusus layanan Pulsa Darurat Simpati, Anda harus memenuhi syarat dan ketentuan berikut jika ingin sukses meminta pulsa dari kerabat Anda sebagai sesama pengguna Telkomsel:

1. Setiap permintaan Pulsa Darurat akan dikenakan biaya Rp100 per permintaan. Biaya ini tentunya akan dipotong dari pulsa Anda sebagai pihak yang meminta Pulsa Darurat.

2. Nominal Pulsa Darurat yang bisa Anda minta dalam sekali transaksi berkisar Rp5.000 – Rp100.000 (kelipatan Rp1.000).

3. Pastikan kartu Anda dan pengirim pulsa dalam masa aktif. Khusus Anda sebagai pihak yang meminta pulsa, kartu Anda harus dalam masa aktif atau setidaknya dalam masa isi ulang. Jika berada dalam masa isi ulang (grace period), Anda tetap perlu mengaktifkan kartu dengan mengisi ulang pulsa terlebih dahulu apabila ingin menggunakan pulsa dari donatur.

4. Transaksi Pulsa Darurat tidak memengaruhi status masa aktif dan masa isi ulang kartu Simpati Anda.

5. Format penulisan nominal pulsa darurat: Cukup ketikkan 10 atau 10000 (apabila meminta pulsa Rp10.000).

Brief Information about Simpati

Simpati merupakan operator seluler prabayar GSM yang dihadirkan oleh Telkomsel. Telkomsel sendiri sudah lama populer sebagai penyedia layanan telekomunikasi seluler dengan jangkauan terluas dan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Pangsa pasar Telkomsel hingga tahun 2015 tercatat nyaris mencapai 50% di Indonesia saja.

Telkomsel menghadirkan Simpati di Indonesia terhitung mulai tahun 1997. Saat itu, Simpati tercatat sebagai kartu prabayar pertama di Asia. Dengan keunggulan sinyal yang stabil dan luas hingga ke seluruh pelosok Indonesia, Simpati sukses membawa Telkomsel menjadi pemimpin industri seluler di Indonesia sejak tahun 1998

Pada awal peluncurannya, pengguna Simpati kebanyakan dari kalangan pebisnis menengah ke atas. Pada perkembangan selanjutnya, pengguna Simpati semakin berkembang, termasuk ke kalangan anak muda. Terutama sejak semakin banyaknya paket dan perdana Simpati versi murah mulai bermunculan.

Saat ini, Simpati menyediakan banyak pilihan produk. Untuk kartu perdana saja banyak sekali pilihan yang bisa Anda temukan dari Simpati. Kartu Perdana Simpati Groovy, misalnya. Perdana ini merupakan salah satu kartu perdana terbaik di Indonesia karena menawarkan paket dengan manfaat lebih. Pengguna Kartu Simpati Groovy bisa menikmati puas nelpon ke sesama Telkomsel tanpa batas, bonus kuota 1.2GB, serta promo SMS dan internet lainnya.

Selain itu, ada juga Kartu Perdana Simpati Shuffle. Kartu perdana ini khusus tersedia untuk pengguna smartphone. Perdana ini menjanjikan jaringan berkualitas dan teknologi internet super lancar. Untuk Anda yang ingin menikmati serunya berselancar dengan koneksi jaringan 4G LTE tercepat, ada perdana Simpati Your Everyday Discoveries, dan New Simpati Discovery.

Terkait paket internet, Simpati menawarkan paket menguntungkan dengan pilihan beragam. Untuk Anda yang kecanduan social media, Simpati akan memanjakan Anda dengan paket Simpati Social Max. Sementara bagi Anda yang ingin menikmati internet cepat sembari puas nonton film melalui ponsel, Simpati siap memuaskan Anda dengan paket spesial Simpati Gigamax. Segera cek dan isi pulsa Simpati anda di Traveloka. Kalau mau minta pulsa Simpati terlebih dahulu, lihat cara transfer pulsa simpati di atas.

Share
evtbvsrwfq