peringatan
Konektivitas > Pulsa > Telkomsel

Cara Transfer Pulsa Telkomsel

Cara Cek Pulsa Telkomsel, dan Isi Pulsa Telkomsel

Pulsa Telkomsel

Bicara mengenai ponsel, pasti tak bisa jauh-jauh dari persoalan pulsa. Tanpa pulsa, ponsel tidak akan bisa membuat panggilan dan mengirimkan pesan. Bahkan, mungkin lebih pentingnya lagi, tanpa pulsa, Anda tidak bisa terhubung dengan internet.

Sebagai operator seluler dengan pengguna terbanyak di Indonesia, pulsa Telkomsel wajib tersedia di Traveloka. Saat ini, Traveloka menyediakan penjualan pulsa operator merah ini untuk ketiga produk GSM prabayarnya, yaitu Simpati, Kartu As, dan Loop.

Pulsa Telkomsel kini tersedia lengkap di Traveloka dan dapat Anda beli dengan mudah dan cepat. Harganya terjamin murah dan Anda bisa membayarnya menggunakan beragam metode yang tersedia.

Cara Beli Pulsa Telkomsel di Traveloka

Saat ini, pembelian pulsa Telkomsel di Traveloka hanya bisa Anda lakukan melalui aplikasi Traveloka versi Android (segera hadir di iOS). Untuk itu, pastikan Anda sudah memasang Traveloka App pada ponsel Anda. Aplikasi tersedia gratis dan bisa Anda unduh langsung di PlayStore.

Cara pembelian pulsa Telkomsel melalui Traveloka sangat mudah. Anda tinggal buka Traveloka App di ponsel Anda. Pilih menu Pulsa, lalu masukkan nama operator “Telkomsel” serta nominal pulsa yang Anda inginkan. Ada pun nominal yang tersedia di Traveloka mulai dari Rp10.000 sampai dengan Rp1.000.000.

Setelahnya, pastikan Anda sudah memasukkan nomor ponsel tujuan pengisian pulsa dengan benar. Selanjutnya, Anda akan masuk ke laman pembayaran. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan, lunasi transaksi, dan dalam hitungan detik, pulsa masuk ke nomor tujuan!

Cara Cek Pulsa Telkomsel

Untuk mengecek ketersediaan pulsa Telkomsel, setidaknya ada 5 cara umum yang biasa digunakan:

1. Cek Pulsa Telkomsel Via kode USSD *888#

Pada layar panggilan ponsel, ketikkan *888# lalu tekan “Panggil/Call/Yes/Ok/Dial”. Nantinya, layar panggilan akan menampilkan sisa pulsa Anda beserta masa aktifnya. Nomor kode USSD ini biasanya sudah tersimpan pada kontak SIM Telkomsel Anda.

2. Via telepon ke 888

Serupa dengan cara nomor 1. Ketikkan nomor 888 pada layar panggilan di ponsel, lalu tekan “Panggil/Call/Yes/OK/Dial”. Saat sudah tersambung, suara operator dari sistem akan menyebutkan sisa pulsa Anda, termasuk masa aktif dan masa tenggangnya.

3. Via telepon Info Pelanggan 155

Cara ini memungkinkan Anda mengecek pulsa Telkomsel dengan bantuan layanan Info Pelanggan. Lakukan panggilan ke nomor 155 lalu ikuti petunjuk sesuai suara mesin operator di ponsel Anda. Layanan ini gratis. Sementara itu, cek pulsa via telepon juga tersedia melalui Call Center Caroline di nomor 188, di mana Anda bisa menanyakan langsung mengenai sisa pulsa Anda pada petugas pelayanan pelanggan. Di sini, pulsa Anda akan terpotong Rp300/panggilan.

4. Via website

Anda juga dapat melakukan cek pulsa Telkomsel via situs web. Kunjungi situs web MyTelkomsel lalu masukkan nomor ponsel Anda di layar menu yang tersedia. Nantinya sistem akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor Anda untuk Anda masukkan pada kolom isian. Setelah itu, laman situs web akan menampilkan sisa pulsa. Untuk cara cek pulsa Telkomsel yang satu ini, Anda harus terdaftar sebagai anggota MyTelkomsel. Cara termudah mendaftarkan diri adalah dengan menggunakan nomor ponsel. Anda hanya akan diminta memasukkan nama setelah memasukkan nomor telepon di halaman utama situs web ini.

5. Via aplikasi MyTelkomsel

Aplikasi MyTelkomsel tersedia gratis untuk Android dan iPhone. Pastikan Anda sudah mengunduh dan memasang aplikasi ini pada ponsel Anda. Nantinya, Anda tinggal membuka aplikasi ini dan memasukkan nomor ponsel untuk cek pulsa Telkomsel. Semua informasi lengkap terkait pulsa, poin Telkomsel, dan paket internet Anda akan muncul di aplikasi ini.

Cara Transfer Pulsa Telkomsel

Telkomsel menyediakan layanan transfer pulsa untuk penggunanya. Layanan ini memungkinkan setiap pengguna Telkomsel melakukan transfer pulsa dengan ponselnya ke nomor Telkomsel lain. Layanan transfer pulsa Telkomsel ini tersedia untuk pengguna prabayar, baik Simpati, Kartu As, maupun Loop.

Dalam hal ini, pengguna mentransfer sejumlah pulsa yang ia miliki ke nomor orang lain. Nantinya, pulsa pengguna akan terpotong sejumlah nominal yang ia masukkan dan nominal tersebut akan terkirim untuk menambahkan pulsa si penerima.

Ada pun layanan ini tersedia untuk memudahkan pengguna Telkomsel mengirimkan pulsa ke orang lain. Transfer pulsa Telkomsel ini sangat berguna, terutama di saat-saat darurat di mana si penerima sangat membutuhkan pulsa namun keadaan tidak memungkinkan baginya untuk membelinya saat itu juga. Selain itu, Anda juga bisa melakukan transfer pulsa sebagai bentuk penghargaan atau perhatian kepada orang lain. Misalnya, menghadiahkan pulsa untuk pasangan, orang tua, atau anak.

Cara Transfer Pulsa ke Sesama Telkomsel

Saat ini, ada 3 cara untuk melakukan Transfer Pulsa Telkomsel. Cara ini berlaku untuk semua jenis kartu prabayar Telkomsel, baik Simpati, Kartu As, maupun Loop.

1. Cara Transfer Pulsa Telkomsel Via SMS

Ketikkan: TPULSA(spasi)nominal transfer pulsa untuk nomor tujuan yang akan Anda kirimkan pulsa. Setelah itu, kirimkan SMS ke nomor penerima. Misalnya, Anda hendak mengirim pulsa sebesar Rp25.000 untuk nomor 081210101011. Maka ketiklah SMS: TPULSA 10000, lalu kirimkan SMS tersebut ke 081210101011.

2. Via panggilan USSD *858*

Pada layar panggilan, ketikkan *858*nomor tujuan transfer pulsa*nominal transfer pulsa# lalu tekan “Panggil/Call/Yes/OK/Dial”. Nantinya Anda tinggal melakukan konfirmasi sesuai perintah yang tampil di layar ponsel. Misalnya, Anda hendak mengirim pulsa Telkomsel sebesar Rp25.000 ke nomor 081210101011. Maka ketiklah *858*081210101011*25# lalu tekan “Panggil/Call/Yes/OK/Dial”.

3. Via menu USSD *858#

Lakukan panggilan menu dengan mengetikkan kode *858# pada layar panggilan ponsel, lalu tekan “Panggil/Call/Yes/OK/Dial”. Nanti, akan muncul menu pilihan. Ketik angka 1 untuk pilihan “Transfer Pulsa”, lalu masukkan nomor tujuan dan nominal pulsa sesuai menu yang muncul. Selanjutnya layar akan menampilkan notifikasi bahwa Anda akan melakukan transfer pulsa Telkomsel ke nomor tujuan sejumlah nominal yang Anda masukkan. Masukkan angka 1 untuk mengonfirmasi transfer yang Anda lakukan. Akhirnya, SMS notifikasi berhasil/tidaknya transfer pulsa akan dikirimkan oleh nomor 858.

Cara Transfer Pulsa ke Operator Lain

Hingga saat ini, Telkomsel tidak menyediakan layanan Transfer Pulsa untuk operator lain.

Syarat dan Ketentuan Transfer Pulsa Telkomsel

Terdapat beberapa syarat dan ketentuan agar Transfer Pulsa Telkomsel bisa berhasil. Poin utamanya adalah:

1. Layanan hanya berlaku untuk sesama pengguna Telkomsel, baik Simpati, Kartu As, maupun Loop. Layanan bisa dilakukan antar operator Telkomsel. Misalnya dari Simpati ke Kartu As, dari Kartu As ke Loop, dan sebaliknya.

2. Nominal pulsa yang Anda transfer harus minimal Rp5.000, dengan format penulisan sebagai berikut:

- Transfer pulsa Rp10.000, cukup ketikkan 10 atau 10000

- Transfer pulsa Rp100.000, cukup ketikkan 100 atau 100000

3. Total transaksi dalam sehari tak boleh lebih dari 100 kali dengan total akumulatif pulsa maksimal Rp1.000.000.

4. Saat transfer pulsa, status kartu SIM pengirim dan penerima harus dalam masa aktif atau masa isi ulang (grace period).

5. Transaksi transfer pulsa Telkomsel tidak mengubah status masa aktif dan masa isi ulang, baik penerima maupun pengirim. Khusus penerima yang berada pada masa isi ulang, pastikan melakukan isi ulang lebih dulu untuk mengaktifkan kartu agar bisa menggunakan pulsa yang telah ditransfer oleh ri pengirim.

6. Terdapat biaya transfer pulsa sebesar Rp1.500 untuk setiap transaksi. Biaya ini akan dipotong dari pulsa pengirim.

7. Sisa pulsa si pengirim harus minimal Rp5.000 sehabis melakukan transfer pulsa.

Pulsa Darurat Telkomsel

Pulsa Darurat adalah layanan penyediaan pulsa dalam kondisi darurat, di mana pengguna Telkomsel bisa meminta kiriman pulsa dari nomor Telkomsel lainnya. Layanan ini sangat berguna dalam kondisi darurat, terutama ketika Anda kehabisan pulsa namun tidak memungkinkan untuk segera membeli pulsa.

Untuk menggunakan fasilitas ini, tentunya Anda sudah harus mengetahui dan mengenal siapa pengguna Telkomsel yang akan Anda minta pulsanya. Setelah siap untuk meminta pulsa, ketikkan kode USSD *858# pada layar panggilan di ponsel Anda lalu tekan “Panggil/Call/Yes/OK/Dial”. Setelahnya, akan muncul menu pilihan. Masukkan nomor 2 untuk pilihan “Minta Pulsa”, lalu ikuti langkah selanjutnya.

Pada langkah selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor donatur (pihak yang ingin Anda mintakan pulsa). Setelahnya, Anda juga akan diminta untuk memasukkan nominal pulsa yang Anda butuhkan. Setelah ini, layar akan mengonfirmasi permintaan Anda sebelum dikirimkan ke nomor donatur. Jika nomor dan nominal pulsa darurat sudah benar, maka ketik angka 1 untuk menyatakan setuju.

Nantinya, donatur akan menerima notifikasi bahwa Anda meminta kiriman pulsa. Tinggal tunggu donatur mengirimkan pulsanya pada Anda, maka pulsa darurat akan masuk ke nomor Anda.

Untuk layanan ini, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku:

1. Pastikan Anda masih memiliki sisa pulsa Rp100 karena ada biaya transaksi yang dikenakan ke nomor Anda sebesar Rp100 per permintaan.

2. Nominal minta Pulsa Darurat dalam sekali permintaan berkisar Rp5.000 – Rp100.000 per transaksi, dengan kelipatan seribu.

3. Saat transfer pulsa, status kartu SIM pengirim dan penerima harus dalam masa aktif atau pada masa isi ulang (grace period).

4. Transaksi Pulsa Darurat tidak mengubah status masa aktif dan masa isi ulang penerima pulsa. Khusus penerima yang berada pada masa isi ulang, pastikan melakukan isi ulang terlebih dulu untuk mengaktifkan kartu agar bisa menggunakan pulsa dari pengirim.

5. Format penulisan sebagai berikut: Untuk nominal Rp10.000, cukup ketikkan 10 atau 10000.

Sekilas Informasi tentang Tentang Telkomsel

Telkomsel adalah penyedia layanan telekomunikasi seluler dengan jangkauan sinyal terluas dan jumlah pengguna terbanyak di antara operator seluler yang beroperasi di Indonesia. Pangsa pasarnya di Indonesia saat ini nyaris mencapai 50%.

Telkomsel hadir di Indonesia di bawah naungan PT Telkom sejak tahun 1995. Jangkauan sinyalnya begitu luas, menjangkau nyaris 100% kawasan populasi Nusantara. Bahkan, Telkomsel sudah mencakup hingga 288 jaringan roaming internasional ke 155 negara di dunia sejak tahun 2007.

Dari segi kualitas layanan, Telkomsel terbilang sangat inovatif. Operator ini merupakan penyedia layanan mobile komersial 4G LTE pertama di Indonesia dengan kecepatan akses data mencapai 36 Mbps.

Dalam layanannya, Telkomsel menghadirkan beberapa produk untuk menjawab kebutuhan pasar yang bervariasi. Hingga tahun ini, ada 4 produk unggulan yang Telkomsel tawarkan kepada pengguna seluler di Indonesia. Produk tersebut adalah Kartu Halo, Simpati, Kartu As, dan Loop.

Kartu Halo merupakan operator GSM pascabayar yang umumnya laris di kalangan pebisnis dan masyarakat menengah ke atas. Sementara itu, Simpati menjadi operator prabayar dengan segmentasi utama selayaknya Kartu Halo.

Untuk pengguna kalangan masyarakat menengah ke bawah, Telkomsel menghadirkan Kartu As dengan pilihan paket telepon, SMS, dan internet yang lengkap dan murah. Kartu As umumnya menawarkan paket dengan kuota yang lebih banyak namun tarifnya ekonomis. Kartu As ini juga sering memberikan bonus. Masa aktifnya pun menyesuaikan pada jumlah pemakaian, bukan berdasarkan masa aktif dari isi ulang pulsa.

Sementara itu, sejak tahun 2014, Telkomsel menghadirkan produk Loop. Operator Loop lebih spesifik menyasar anak muda. Pilihan paket dan menunya juga sangat cocok untuk gaya hidup anak muda masa kini, di mana tarifnya juga ditawarkan sesuai kapasitas kantong mereka. Menariknya, Telkomsel Loop juga sering mengadakan kegiatan menarik untuk menjaring antusias anak muda zaman sekarang.

Bahkan, saat ini Telkomsel membuka Loop Station di berbagai kota besar di Indonesia. Loop Station tersebut tak sekadar menjadi gerai penjualan dan informasi produk Telkomsel Loop, tetapi juga menjadi tempat nongkrong dan pusat aktivitas anak muda yang dilengkapi dengan kafe, lapangan basket, arena permainan konsol, Wi-Fi Zone, dan panggung pertunjukan.

Bagikan