peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya
 
Emirates: Pengantar

Maskapai penerbangan Emirates merupakan anak perusahaan dari The Emirates Group milik Investment Corporation of Dubai, yang dikelola oleh Pemerintah Dubai. Didirikan pada 1985, kini Emirates berhasil menjadi salah satu maskapai penerbangan ternama di Timur Tengah dengan lebih dari 150 destinasi yang tersebar di seluruh dunia. Selama 12 tahun berturut-turut sejak 2005, Emirates menerima penghargaan dari SkyTrax World Airline Awards sebagai maskapai penerbangan dengan fasilitas hiburan terbaik.


Pemesanan & E-tiket Emirates

Cari dan pesan tiket pesawat Emirates Anda secara online melalui Traveloka untuk mendapatkan harga promo terbaik.

Cara Pesan Tiket Pesawat

Berikut ini adalah langkah untuk memesan tiket Emirates secara online:

  1. Kunjungi situs web Traveloka atau buka Traveloka App
  2. Isi detail penerbangan di kotak pencarian
  3. Pilih dan pesan penerbangan yang paling sesuai untuk Anda
  4. Isi data pemesan dan penumpang
  5. Lakukan pembayaran melalui metode yang sudah Anda pilih
  6. Dapatkan e-tiket Emirates Anda di Pesanan Saya atau pada email Anda

Cara Pembayaran

Pembayaran untuk tiket Emirates Anda dapat dilakukan melalui transfer bank (ATM/SMS Banking/e-banking/teller bank), kartu kredit, dan Indomaret.
Untuk informasi selengkapnya mengenai berbagai metode pembayaran yang tersedia, silakan kunjungi halaman Cara Pembayaran.

E-tiket Emirates

E-tiket Emirates dapat berlaku sebagai bukti pemesanan penerbangan Emirates Anda. Tunjukkan e-tiket Anda pada saat melakukan check-in di loket Emirates di bandara, atau gunakan e-tiket untuk melakukan check-in mandiri (di bandara maupun online), untuk mendapatkan boarding pass Anda. Jika Anda tidak menerima e-tiket dalam waktu 60 menit setelah melakukan pembayaran, segera hubungi Customer Service Traveloka.

Partner Maskapai Traveloka - Domestik & Internasional

Lion AirBatik AirCitilinkGaruda IndonesiaSriwijaya AirNAM AirAirasiaJetstarTigerairMalaysia AirlinesBangkok AirwaysCathay PacificEmiratesFireflyMalindo AirPhilippine AirlinesQatar AirwaysSilkAirSingapore AirlinesThai AirwaysThai LionVietnam AirlinesAll Nippon AirlinesAsiana AirlinesChina AirlinesEgypt AirEtihad AirwaysEVA AirJapan AirlinesKalstar AviationKLMKorean AirQantas AirlinesTurkish AirlinesUnited AirlinesWings AirXpressairAir FranceAmerican AirlinesChina Southern AirlinesJet AirwaysLufthansaRoyal BruneiTransnusa AviationTrigana AirVirgin AustraliaDelta Airlines

Partner Pembayaran Resmi Traveloka


Rating Emirates

dari 1271 review

Standar layanan: FullService

Kelas Penerbangan Emirates

Economy Class

Penerbangan Economy Class tersedia di armada Airbus A380 dan Boeing 777. Kelas ini dilengkapi dengan fasilitas WiFi gratis dan daya listrik di setiap kursi, sehingga penumpang tetap bisa terkoneksi dengan dunia luar selama penerbangan. Setiap penumpang kelas ekonomi juga akan mendapatkan selimut yang dilengkapi inovasi ecoTHREADTM untuk menambah kenyamanan penerbangan. Fasilitas hiburan juga tersedia dengan konten yang cukup beragam, mulai dari film, serial televisi, musik, hingga permainan. Khusus bagi penumpang anak-anak, Emirates memiliki fasilitas khusus berupa menu makanan, mainan, serta fasilitas hiburan khusus yang berbeda dari penumpang dewasa.

Makanan di Pesawat

Emirates menawarkan fasilitas makanan untuk seluruh penumpang kelas ekonomi. Terinspirasi dari negara-negara yang disinggahi, Emirates merancang menu makanan yang cukup beragam. Penumpang juga bisa memilih berbagai minuman selama penerbangan, mulai dari minuman panas, dingin, bir, hingga anggur. Sebagai tambahan, penumpang juga bisa mengajukan pesanan makanan khusus apabila sedang menjalani diet tertentu. Sementara itu, makanan untuk penumpang anak akan disajikan secara khusus untuk meningkatkan nafsu makan.

Business Class

Dengan ruang kaki seluas 78 inci (sekitar 198 cm), kursi di penerbangan Business Class dirancang seperti interior mobil sport modern. Jika sedang ingin bersantai, penumpang bisa mengubah pengaturan kursi hingga memanjang dan digunakan untuk tidur sambil terhubung dengan dunia luar melalui koneksi WiFi gratis. Setiap kursi dilengkapi dengan mini bar personal dan daya listrik. Layar sebesar 23 inci juga tersedia sebagai fasilitas hiburan selama penerbangan. Layar ini bahkan dilengkapi dengan sambungan HDMI sehingga penumpang bisa menikmati konten perangkat pribadinya di layar. Untuk penumpang yang melakukan penerbangan jarak jauh hingga melewati tengah malam, Emirates akan memberikan perangkat berisi produk perawatan kulit dan parfum dari Bulgari secara gratis.

Makanan di Pesawat

Penumpang kelas bisnis akan disuguhi minuman ketika menunggu keberangkatan. Setelah itu, penumpang bisa memilih menu makanan utama dari Emirates yang selalu diperbarui setiap bulannya. Setiap hidangan disiapkan oleh koki Emirates menggunakan bahan-bahan segar, dan disajikan di atas piring porselen Royal Doulton dengan peralatan makan dari Robert Welch.

First Class

Penumpang kelas satu dalam penerbangan jarak jauh akan mendapatkan perangkat berisi produk perawatan kulit dan parfum dari Bulgari. Emirates juga menyediakan pakaian tidur yang bahannya dibuat menggunakan teknologi Hydra Active Microcapsule untuk menjaga kelembaban kulit selama tidur. Pakaian tidur ini disertai dengan sandal, penutup mata, dan kantung tas yang bisa dibawa pulang. Kursi di penerbangan First Class Emirates juga sangat cocok bagi penumpang yang sangat mengutamakan privasi, karena setiap kompartemen dilengkapi dengan pintu. Penumpang kemudian bisa mengatur kursi menjadi matras jika ingin tidur sambil menikmati konten hiburan di layar 55 inci yang tersedia di setiap kursi.

Makanan di Pesawat

Makanan di kelas satu disajikan di atas piring porselen Royal Doulton dengan peralatan makan dari Robert Welch. Koktail, bir, atau minuman hangat dan dingin lain juga tersedia untuk melengkapi hidangan yang disajikan. Emirates juga siap mengakomodasi penumpang yang sedang menjalani diet atau memiliki pantangan makanan tertentu.

Layanan Khusus Emirates

Emirates Skywards

Emirates menawarkan program frequent flyer bernama Emirates Skywards. Terdapat dua jenis Miles pada program Emirates Skyward. Pertama adalah Tier Miles, yang hanya bisa dikumpulkan dari penerbangan bersama Emirates. Kedua adalah Skyward Miles, yang bisa dikumpulkan dari penerbangan, promosi, dan penggunaan jasa partner Emirates. Pendapatan Skywards Miles didasarkan pada empat hal, yaitu rute, jenis tarif, kelas penerbangan, dan tingkat keanggotaan. Penumpang bisa menukarkan Skyward Miles mereka dengan berbagai keuntungan. Salah satunya adalah Classic Rewards, yang memungkinkan penumpang untuk membayar penerbangannya menggunakan Skywards Miles.

Emirates Lounge

Penumpang Emirates dengan penerbangan Business Class dan First Class, serta anggota Skywards Platinum dan Gold memiliki akses khusus ke lebih dari 30 ruang tunggu bandara Emirates di 32 kota yang tersebar di seluruh dunia. Sambil menunggu jadwal keberangkatan, penumpang bisa bersantai sejenak di ruang tunggu bandara Emirates sambil menikmati sajian makanan dan minuman, serta hiburan yang disediakan. Ruang tunggu bandara di Bandara Dubai bahkan menyediakan perawatan spa bagi penumpang yang ingin melakukan relaksasi.

Chauffeur-drive Service

Khusus untuk penumpang Business Class dan First Class, Emirates menyediakan layanan chauffeur-drive gratis. Dengan menggunakan layanan ini, penumpang bisa dijemput pihak Emirates dari rumahnya masing-masing dan diantar ke bandara atau sebaliknya. Saat ini, layanan chauffeur-drive tersedia di lebih dari 70 negara di seluruh dunia. Penumpang yang ingin menggunakan layanan chauffeur-drive dapat melakukan pemesanan di situs resmi Emirates.

Armada [airline name]

Airbus A380-800
Kelas penerbangan:

  • Economy
  • Business
  • First

Tata kursi:

  • 3-4-3 (Economy)
  • 1-2-1 (Business)
  • 1-2-1 (First)

Jarak antar kursi:

  • 32-34 inci (Economy)
  • 48 inci (Business)
  • 86 inci (First)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tersedia


Stopkontak:

Tersedia

Boeing 777-200LR
Kelas penerbangan:

  • Economy
  • Business
  • First

Tata kursi:

  • 3-4-3 (Economy)
  • 2-3-2 (Business)
  • 1-2-1 (First)

Jarak antar kursi:

  • 33-34 inci (Economy)
  • 60 inci (Business)
  • 86 inci (First)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tersedia


Stopkontak:

Tersedia

Boeing 777-300ER
Kelas penerbangan:

  • Economy
  • Business
  • First

Tata kursi:

  • 3-4-3 (Economy)
  • 2-3-2 (Business)
  • 1-2-1 (First)

Jarak antar kursi:

  • 32 inci (Economy)
  • 60 inci (Business)
  • 69 inci (First)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tersedia


Stopkontak:

Tersedia

Kru Pesawat Emirates

Seragam Pramugari Emirates

Emirates memiliki seragam pramugari yang cukup unik. Setiap pramugari mengenakan blazer krem dan topi merah berbentuk tempurung. Topi dihiasi selendang putih yang tersampir pada leher pramugari. Warna krem pada seragam pramugari Emirates melambangkan tanah Dubai, warna merah melambangkan semangat, sementara kain seperti selendang yang terhubung topi pramugari memiliki tujuh lipatan kain yang melambangkan tujuh emirat pada Uni Emirat Arab.


Kebijakan Bagasi Emirates

Rute Penerbangan

Kelas Penerbangan

Bagasi Kabin

Bagasi Terdaftar

Semua rute

Economy Class

Maks. 7 kg (Dimensi: 55 x 38 x 20 cm)

Maks. 20 kg (Dimensi: maks. 118 inci)

Business Class

2 buah (maks. 7 kg/buah) (Dimensi: 45 x 35 x 20 cm)

Maks. 40 kg (Dimensi: maks. 118 inci)

First Class

Maks. 50 kg (Dimensi: maks. 118 inci)

Semua penerbangan tujuan Canada

Economy Class

Maks. 7 kg (Dimensi: 55 x 38 x 20 cm)

2 buah (maks. 23 kg/buah) (Dimensi: maks. 150 cm)

Business Class

2 buah (max. 7 kg/buah) (Dimensi: 45 x 35 x 20 cm)

2 buah (maks. 32 kg/buah) (Dimensi: maks. 150 cm)

First Class

Kebijakan Penumpang Emirates

Kebijakan Penumpang Bayi (0-2 Tahun)
  • Bayi yang berusia kurang dari 7 hari tidak diperbolehkan untuk melakukan perjalanan udara, kecuali dengan tujuan pengobatan dan harus disertai oleh formulir Formulir Informasi Medis (MEDIF).
  • Penumpang bayi tidak diperbolehkan untuk duduk di kursi sendiri. Namun, penumpang dewasa yang akan memangku seorang bayi selama penerbangan harus menginformasikan pihak Emirates mengenai hal ini. Setiap penumpang dewasa hanya boleh memangku satu penumpang bayi.
  • Potongan harga berlaku untuk tiket pesawat bayi yang dipangku penumpang dewasa. Anak-anak berusia 6 sampai 36 bulan (0–3 tahun) bisa melakukan penerbangan menggunakan kursi mobil khusus, selama dilengkapi dengan alat pengaman yang memadai. Penumpang bayi yang ingin duduk di kursi sendiri harus membeli tiket individu.
  • Penumpang bayi mendapatkan fasilitas bagasi hingga 10 kg dan satu buah bagasi kabin, tanpa biaya tambahan.
Kebijakan Penumpang Anak (2-12 Tahun)
  • Harga tiket untuk penumpang anak tergantung dari rute dan kelas penerbangan.
  • Penumpang anak mendapat fasilitas bagasi sama seperti penumpang dewasa, yaitu dua tas dengan berat masing-masing maksimal 20 kg.
  • Emirates juga melayani layanan Unaccompanied Minors untuk penumpang dengan kriteria sebagai berikut:
  • Anak-anak berusia 5–15 tahun yang melakukan perjalanan udara sendiri.
  • Anak-anak berusia di bawah 8 tahun yang duduk di kabin yang berbeda dengan orang tua atau pengawasnya.
  • Anak-anak berusia di atas 8 tahun yang duduk di kabin yang berbeda dengan orang tua atau pengawasnya, serta menemani seorang anak berusia di bawah 8 tahun.
  • Layanan Unaccompanied Minors Emirates meliputi:
    • Bantuan selama di bandara, dimana kru Emirates akan menemui anak di konter check-in dan menemaninya selama di bandara hingga menyerahkannya kepada kru pesawat.
    • Unaccompanied Minors akan mendapatkan prioritas untuk masuk ke pesawat terlebih dulu. Kru kabin juga akan membantu anak untuk menyimpan bagasi kabin mereka di kompartemen.
    • Penyediaan menu makanan khusus untuk penumpang anak. Layanan ini tersedia jika orangtua atau wali telah menginformasikan pihak Emirates terkait hal ini pada saat pemesanan.
    • Saat anak tiba di bandara tujuan, kru Emirates akan menyambut serta menemani penumpang anak, mulai dari turun dari pesawat hingga bertemu dengan orang tuanya atau walinya.
    Kebijakan Penumpang Hamil
    • Penumpang dengan usia kehamilan 29 minggu ke atas diwajibkan untuk menunjukkan surat kesehatan yang telah disetujui oleh dokter atau bidan, yang menyatakan hal-hal berikut:
      • Kondisi kehamilan (kehamilan tunggal atau ganda)
      • Kehamilan tidak mengalami komplikasi
      • Perkiraan tanggal persalinan
      • Batas tanggal yang diperbolehkan untuk penumpang melakukan penerbangan Penumpang berada dalam keadaan sehat
      • Tidak ada alasan khusus yang menyebabkan penumpang tidak bisa melakukan penerbangan.
    • Jika tidak dapat menunjukkan surat medis yang valid, Emirates bisa menolak penumpang hamil untuk berada dalam penerbangan.
    • Penumpang dengan kehamilan ganda (anak kembar) berusia 32 minggu ke atas tidak boleh berada dalam penerbangan.
    • Penumpang dengan kehamilan tunggal berusia 36 minggu ke atas diperbolehkan berada dalam penerbangan, jika sudah diperiksa dan disetujui oleh tim medis Emirates. Penumpang juga diharuskan untuk mengisi formulir informasi kesehatan.
    Kebijakan Penumpang dengan Disabilitas
    • Penumpang dengan gangguan pendengaran, penglihatan, kondisi disabilitas yang lain, atau membutuhkan asistensi khusus selama penerbangan, harus menginformasikan kondisinya pada pihak maskapai saat pemesanan.
    • Kursi roda tersedia di berbagai lokasi di bandara. Kru Emirates akan membantu penumpang untuk mendorong kursi roda dari area masuk terminal hingga pintu keberangkatan, dan dari pesawat hingga area kedatangan di bandara tujuan.
    • Emirates mengizinkan penumpang membawa kursi roda sendiri, baik bertenaga motor atau tidak. Namun, terdapat beberapa ketentuan terkait ukuran dan berat kursi roda.
    • Jika penumpang memberi tahu kru Emirates bahwa ia membutuhkan bantuan khusus sebelum naik ke pesawat, Emirates bisa menyediakan fasilitas penyimpanan untuk kursi roda manual yang bisa dilipat di kabin pesawat.
    • Kursi roda yang tidak dapat dilipat, kursi roda elektrik, atau power scooter akan diperlakukan sebagai bagasi terdaftar.
    • Penumpang yang akan membawa kursi roda bertenaga baterai atau alat mobilitas lain wajib menginformasikan hal ini setidaknya 48 jam sebelum keberangkatan.
    • Pramugari Emirates akan menginformasikan segala pengumuman yang terjadi selama penerbangan kepada penumpang dengan gangguan penglihatan.
    • Headphone yang tersedia di dalam pesawat telah disesuaikan dengan alat bantu pendengaran standar.
    • Layanan Meet and Assist tersedia bagi penumpang untuk mendampingi mereka dari dan ke pesawat. Penumpang juga bisa meminta untuk menggunakan layanan kursi roda.
    • Seluruh pesawat Emirates telah dilengkapi dengan Kartu Pengarahan Keselamatan yang dicetak dalam huruf Braille, untuk membantu penumpang dengan gangguan penglihatan.

    Kebijakan Check-in Emirates

    Waktu Check-in Emirates

    Informasi waktu check-in untuk penerbangan Emirates dapat Anda lihat pada tabel di bawah. Waktu check-in bisa berbeda jika penerbangan dioperasikan oleh maskapai partner Emirates. Silakan lihat e-tiket untuk memastikan waktu check-in Anda.

    Rute Penerbangan

    Waktu Check-in Ideal

    Batas Waktu Check-in

    Semua Rute

    1 jam 30 menit sebelum keberangkatan

    1 jam sebelum keberangkatan

    Check-in Emirates Online

    Check-in online untuk penerbangan Emirates dapat Anda lakukan melalui langkah-langkah berikut:

    1. Kunjungi halaman check-in Emirates
    2. Masukkan kode booking, atau detail pemesanan lainnya, sesuai instruksi
    3. Lengkapi detail check-in lainnya
    4. Simpan dan/atau cetak boarding pass Anda

    Kebijakan Refund Emirates

    Secara umum, refund dapat diajukan untuk alasan pribadi, sakit, kehamilan, kematian penumpang, pembatalan/pengubahan jadwal oleh maskapai, force majeure, atau pemesanan ganda. Namun, hal ini tetap bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai. Silakan kunjungi halaman Kebijakan Refund Emirates untuk informasi lengkap mengenai refund.

    Kebijakan Reschedule Emirates

    Untuk mengubah jadwal penerbangan, Anda dapat menggunakan fitur Easy Reschedule. Beberapa maskapai mengizinkan penggantian tanggal, jam, rute, dan maskapai. Tapi ada pula yang hanya mengizinkan penggantian tanggal dan jam penerbangan. Silakan kunjungi halaman Syarat & Ketentuan Reschedule Emirates untuk panduan lengkap mengenai pengubahan jadwal penerbangan Anda. Jika pengubahan jadwal tidak dapat Anda lakukan melalui Easy Reschedule, silakan langsung hubungi Emirates.


     

    Tentang Emirates

    Emirates (kode IATA: EK) adalah sebuah maskapai penerbangan yang berbasis di Dubai, Uni Emirat Arab. Maskapai penerbangan ini merupakan salah satu anak perusahaan The Emirates Group milik Investment Corporation of Dubai yang dikelola oleh pemerintah Dubai. Berdiri pada 1985, kini Emirates sukses menjadi salah satu maskapai penerbangan terbesar di Timur Tengah dengan 152 destinasi yang tersebar di seluruh dunia. Setiap minggunya, Emirates mengoperasikan 3.600 penerbangan dari pusat operasinya di Bandara Inetrnasional Dubai, menggunakan armada Airbus A380 dan Boeing 777. Emirates telah membuktikan performanya di dunia penerbangan dengan mengantongi berbagai penghargaan. Pada 2014, Emirates dinobatkan sebagai Most Valuable Airline Brand. Setahun setelahnya, tepatnya pada 2015, Emirates berhasil mendapatkan tujuh penghargaan di ajang 2015 APEX Passenger Choice dan empat piala dari Business Traveller Awards. Pada 2016 lalu, Emirates mendapatkan penghargaan sebagai maskapai penerbangan dengan fasilitas hiburan terbaik selama 12 tahun berturut-turut, sekaligus dinobatkan sebagai Maskapai Penerbangan Terbaik, pada ajang Skytrax World Airline Awards. Emirates menawarkan tiga jenis kelas penerbangan: Economy Class, Business Class, dan First Class. Setiap kursi di ketiga kelas penerbangan tersebut dilengkapi dengan daya listrik dan fasilitas hiburan. Penumpang juga mendapatkan layanan makanan di dalam penerbangan, tetapi dengan jenis yang berbeda. Pada penerbangan Economy Class, Emirates tetap memastikan para penumpangnya untuk mendapatkan kenyamanan maksimal. Salah satu caranya adalah dengan disediakannya selimut yang dibuat dengan teknologi ecoTHREADTM, benang berkualitas tinggi yang merupakan hasil pengolahan ulang 28 botol plastik berukuran 400 ml. Fitur ramah lingkungan inilah yang memungkinkan penumpang untuk beristirahat secara nyaman selama dalam penerbangan. Sementara itu, penumpang untuk penerbangan Business Class dan First Class mendapat akses menuju ruang tunggu bandara, yang mulai Juli 2017, akan mengusung desain interior mewah dengan dominasi warna emas. Kursi di penerbanan Business Class dilapisi dengan material kulit berkualitas terbaik dengan desain yang terinspirasi dari interior mobil sport modern. Di setiap kursi terdapat layar 23 inci sebagai fasilitas hiburan untuk penumpang, lengkap dengan sambungan HDMI yang memungkinkan penumpang untuk menghubungkan konten perangkat digital pribadi mereka pada layar. Penumpang Emirates Business Class dan First Class yang terbang melewati tengah malam juga akan mendapat perlengkapan produk perawatan kulit dan parfum dari Bulgari gratis. Selain itu, penumpang First Class akan mendapatkan pakaian tidur, yang dibuat dengan teknologi Hydra Active Microcapsule untuk menjaga kulit penggunanya tetap lembut selama tidur. Untuk fasilitas bagasi, penumpang Economy Class diperbolehkan membawa satu buah bagasi kabin dengan ukuran maksimum 55 x 38 x 20 cm dan berat maksimum 7 kg, serta bagasi terdaftar hingga 35 kg. Sementara itu, penumpang Business Class dan First Class diperbolehkan membawa dua buah bagasi kabin, yang terdiri dari satu tas kantor dan satu tas tangan atau tas berbahan kain. Ukuran maksimum tas kantor adalah 45 x 35 x 20 cm, ukuran maksimum tas tangan adalah 54 x 38 x 20 cm, dan tas kain tebalnya tidak boleh melebihi 20 cm ketika dilipat. Setiap tas ini beratnya tidak boleh melebihi 7 kg. Selain itu, penumpang Business Class juga mendapatkan kapasitas bagasi terdaftar hingga 40 kg, dan 50 kg untuk penumpang First Class. Seluruh penumpang Emirates dapat melakukan check-in mulai tiga jam hingga 90 menit sebelum keberangkatan. Setelah melakukan check-in, penumpang harus melalui pemeriksaan keamanan yang akan memakan waktu kira-kira 60 menit. Proses boarding dimulai 45 menit sebelum keberangkatan, dan pintu akan ditutup 20 menit sebelum keberangkatan. Penumpang yang terlambat tiba di pintu keberangkatan tidak akan diperbolehkan untuk naik ke pesawat. Untuk menghemat waktu, penumpang juga bisa memanfaatkan fasilitas check-in online melelui situs resmi Emirates. Fasilitas ini tersedia untuk hampir seluruh penerbangan Emirates dengan berbagai rute, namun boarding pass mobile hanya tersedia untuk penerbangan Emirates dengan rute tertentu.

    Sejarah Emirates

    Perjalanan karir Emirates dimulai sejak pertengahan 1980-an, ketika maskapai penerbangan asal Bahrain bernama Gulf Air mengurangi layanannya menuju Dubai. Sebagai hasilnya, Emirates pun didirikan pada Maret 1985 dengan dukungan dari keluarga kerajaan Dubai. Saat itu, Emirates diharuskan untuk beroperasi secara independen tanpa adanya subsidi pemerintah. Pakistan International Airlines kemudian memberikan bantuan secara teknis dan administratif kepada Emirates, sekaligus menyewakan armada pesawat Boeing 737-300 dan Airbus A300B4-200. Dubai Royal Air Wing milik keluarga kerajaan juga menyediakan dua armada Boeing 727-200 Adv. Akhirnya, pada 25 Oktober 1985, Emirates secara resmi melakukan penerbangan pertamanya dari Dubai ke Karachi. Maurice Flanagan, yang sebelumnya bekerja di British Airways dan Gulf Air, ditunjuk untuk menjadi Chief Executive Officer (CEO) untuk Emirates. Di bawah kepemimpinannya, Flanagan berhasil menambahkan destinasi penerbangan menuju Kolombo, Dhaka, Amman, dan Kairo pada 1986. Setahun kemudian, Emirates membeli armada Boeing 727 kedua dari pemerintah Dubai. Seiring berjalannya waktu, Emirates terus menambah layanan dan destinasi hingga memiliki 11 armada pada akhir 1987. Jumlah tersebut terus bertambah dengan bertambahnya destinasi menuju Bangkok, Manila, dan Singapura pada 1989, serta Hong Kong pada 1991. Selama dekade pertama operasinya, Emirates berhasil mengalami pertumbuhan hingga 30%. Menginjak awal 1990-an, Emirates sukses dikenal sebagai maskapai penerbangan dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Dengan rata-rata keuntungan US$100 juta per tahun, Emirates berhasil mendapatkan penghasilan sebesar US$500 juta pada 1993. Saat itu, jumlah penumpang Emirates telah mencapai 1,6 juta. Pada 1995, Emirates menambah jumlah armada pesawatnya menjadi enam Airbus A300s dan delapan Airbus A310s, serta memperluas jaringannya untuk melayani penerbangan ke 37 destinasi di 30 negara. Setahun kemudian, maskapai penerbangan yang berbasis di Dubai ini menerima pesawat Boeing 777-200 dan enam pesawat Boeing 777-200ERs pertamanya. Kehadiran pesawat Boeing 777 ini memungkinkan Emirates untuk melanjutkan layanan penerbangannya dari Singapura menuju Melbourne, Australia. Akhirnya, pada 1998, layanan kargo Emirates SkyCargo didirikan. Meskipun selama ini Emirates telah menyediakan layanan kargo menggunakan armada pesawat penumpang, dengan adanya Emirates Sky Cargo kini Emirates memiliki armada pesawat, kru, pemeliharaan, dan bahkan asuransi sendiri untuk setiap pengangkutan kargo. Ketika membuka rute penerbangan ke Sao Paulo pada 2007, Emirates resmi menjadi maskapai pertama yang melakukan penerbangan langsung antara Timur Tengah dan Amerika Selatan. Dua tahun kemudian, tepatnya pada 2009, Emirates juga dinobatkan menjadi maskapai penerbangan terbesar di dunia dengan kepemilikan armada Boeing 777 sejumlah 78 buah. Tidak berhenti sampai di situ, Emirates kembali memesan 30 pesawat Boeing 777 pada 2010 dan 50 tambahan lagi pada tahun berikutnya. Pada 2012, Emirates menandatangani kontrak 10 tahun kerja sama dengan Qantas. Persetujuan ini membuat Qantas memindahkan pusat operasi penerbangan Eropanya dari Singapura ke Bandara Internasional Dubai. Di sisi lain, hal ini dimanfaatkan oleh Emirates untuk meningkatkan jumlah penumpangnya yang terbang menuju berbagai destinasi di Eropa. Mengusung slogan “Hello Tomorrow”, Emirates kini melayani penerbangan ke 152 destinasi di seluruh dunia. Beberapa destinasi terbaru yang ditambahkan Emirates pada 2016 adalah Yangon, Hanoi, Yinchuan, Zhengzhou, Cebu, dan Clark. 2016 juga menjadi tahun yang spesial bagi Emirates, karena Emirates Skywards merayakan ulang tahunnya yang ke-16 dengan jumlah anggota yang sudah mencapai 16 juta orang. Nilai brand Emirates kini diperkirakan telah meningkat 17% dan mencapai US$7.7 miliar. Tidak hanya di udara, Emirates juga membuktikan eksistensinya di media sosial. Sejak tahun 2016, Emirates telah menjadi maskapai penerbangan pertama di dunia yang memiliki satu juta followers di Instagram.

    Kontak Emirates

    +62 21 2934 5555

    Alamat Emirates

    Emirates
    One Pacific Place Building, 10th Floor Jl.Jend. Sudirman. Kav. 52-53 Sudirman Central Business District (SCBD) Jakarta 12190

    Bagikan

    Google Plus Share Scroll Top
    ?
    Perlu Bantuan?
    evtbvsrwfq