0

Xperience Team

27 Mar 2023 - 3 min read

Panduan Wisata Batu Caves: Jam Buka, Harga Tiket & Akses Transportasi Umum

Liburan ke Malaysia, tak lengkap jika tak berkunjung ke Batu Caves. Tempat wisata di Malaysia ini sudah menjadi landmark ikonik dan kerap menjadi tujuan wisata banyak turis mancanegara. Batu Caves adalah serangkaian gua dan kuil yang berada di bukit kapur, tepatnya di Gombak, Selangor. Gua di Batu Caves didedikasikan untuk Dewa Murugan. Cek panduan wisata ke Batu Caves Malaysia berikut ini demi perjalanan liburan yang lancar dan seru.

Jam Buka Batu Caves & Harga Tiket Batu Caves

Sebelum liburan ke wisata Malaysia ini, ketahui terlebih dahulu informasi pentingnya. Adapun jam buka Batu Caves yaitu setiap hari pukul 07.00-21.00. Sementara harga tiket Batu Caves yaitu gratis untuk kunjungan khusus ke kuil utama atau Batu Caves Temple. Namun kamu akan dikenakan harga tiket masuk ke Batu Caves khusus ke Ramayana Cave, Dark Cave, dan Cave Villa.

Harga tiket Batu Caves - Ramayana Cave: Mulai RM5
Harga tiket Batu Caves - Dark Cave: Mulai RM35 untuk dewasa dan anak-anak RM25
Harga tiket Batu Caves - Cave Villa: Mulai dari RM15.

Untuk perjalanan liburan yang praktis dan seru, kamu bisa booking paket tour Batu Caves Malaysia di Traveloka. Tersedia ragam pilihan paket tour Batu Caves seperti paket tour Batu Caves dan Bukit Bintang serta paket wisata Batu Caves dan Genting Highland. Cek paket wisata Batu Caves di Traveloka untuk pengalaman liburan yang lebih menyenangkan!

Batu Caves to Bukit Tinggi Day Tour

Malaysia

Sejarah Batu Caves

Mengenai sejarah Batu Caves, tempat wisata di Malaysia ini diprediksi telah berusia sekitar 400 juta tahun. Area ini dinamakan Batu Caves diambil dari nama sungai yang mengalir di bukit tersebut, yakni Sungai Batu. Sebelum menjadi kuil Batu Caves atau tempat ibadah, wisata Malaysia ini merupakan tempat penampungan suku orang asli Temuan. Pada tahun 1890, seorang , tokoh terkenal di Malaysia sekaligus pengusaha timah keturunan Tamil bernama K. Thamboosamy Pillai mendirikan Kuil Sri Mahamariamman yang dikenal dengan nama Batu Caves Temple.

Kuil Batu Caves merupaka kuil di dalam gua yang ditujukan untuk Dewa Murugan,Selain menjadi tempat ibadah, Batu Caves Temple juga menjadi tempat digelarnya Festival Thaipusam setiap akhir Januari atau awal Februari. Kuil Batu Caves kemudian terkenal menjadi tempat wisata karena memiliki patung Murugan tertinggi di dunia.

Aktivitas Seru di Batu Caves

1. Melihat Patung Batu Caves, Patung Murugan Tertinggi di Dunia

Daya tarik wisata Batu Caves Selangor adalah adanya Patung Murugan tertinggi di dunia. Patung Dewa Hindu yang terbuat dari 1.550 meter kubik beton, 250 ton bar baja, dan 300 liter cat emas ini bisa kamu temukan di area luar Batu Caves. Patung yang memiliki tinggi 42 meter ini sangat ikonik karena warnanya sehingga kerap disebut sebagai Patung Emas. Jangan lupa berfoto, ya!

2. Berkeliling Gua Batu Caves

Ada tiga gua yang bisa kamu jelajahi di area kompleks Batu Caves. Adapun gua terbesar yaitu Gua Batu Caves atau Gua Katedral yang menghadirkan ukiran elemen Hindu pada bagian langit-langitnya. Untuk mencapai Gua Batu Caves, kamu harus mendaki 272 anak tangga yang cukup curam. Jadi persiapkan tenaga dan air minum ya agar tak kelelahan!

Saat mendaki anak tangga menuju Temple Cave, kamu bisa berkunjung ke Dark Cave yang menjadi habitat laba-laba langka di dunia. Tersedia tur Dark Cave untuk menysuuri gua berbatu selama 45 menit. Setelah mendaki Gua Batu Caves, kamu bisa kembali ke dasar bukit untuk menyambangi beberapa gua seperti Ramayana Cave yang menampilkan kisah Rama dari epos Ramayana di sepanjang dinding gua. Ada juga Cave Villa yang memamerkan lukisan, patung, serta koleksi yang berhubungan dengan mitologi Hindu.

3. Berfoto di Anak Tangga Ikonik

Saat mendaki anak tangga ke Gua Batu Caves, sempatkan diri untuk berfoto. Sebab, anak tangga Batu Caves Selangor telah dipercantik dengan warna-warni yang membuat foto terkesan unik. Pastikan kamu menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman. Bawa juga topi untuk menghindari teriknya matahari. Waktu terbaik mendaki anak tangga Batu Caves adalah pagi hari saat sinar matahari belum terlalu panas.

4. Ikut Serta Festival Thaipusam

Setiap akhir Januari atau awal Februari, Batu Caves menjadi tempat diselenggarakannya Festival Thaipusam. Festival yang digelar warga Tamil di Malaysia ini ditujukan untuk merayakan kelahiran Dewa Murugan sebagai hari untuk menebus dosa atau memohon ampun atas dosa yang pernah dibuat.

Banyak umat Hindu dari berbagai negara yang datang ke Batu Caves untuk ikut serta dalam festival ini. Wisatawan juga bisa ikut serta karena tersedia tempat bagi wisatawan yang ingin menonton festival tanpa harus mengganggu prosesi berjalannya persembahan kepada Dewa Muruga.

5. Pacu Adrenalin dengan Panjat Tebing

Selain wisata religi, Batu Caves Malaysia juga menawarkan beberapa atraksi seru. Salah satunya adalah panjat tebing. Ada lebih dari 160 jalur panjat tebing yang tersebar di seluruh sisi Gua Batu. Bagi kamu yang belum pernah panjat tebing atau pemula, tetap bisa mencoba rock climbing di Batu Caves. Pemandu akan memilih rute yang mudah untuk pemula. Bahkan rock climbing di Batu Caves juga tersedia untuk anak-anak dengan usia di atas 7 tahun.

Batu Caves + Genting Highland - Tur 1 Hari

Malaysia

Lokasi & Cara ke Batu Caves

Alamat Batu Caves yaitu di Distrik Gombak, Selangor, Malaysia. Cara ke Batu Caves bisa ditempuh dengan jarak sekitar 13 km dari Kuala Lumpur. Adapun cara dari KL Sentral ke Batu Caves terbaik yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan kereta KTM Komuter. Kamu bisa naik KTM Komuter dari dari Stasiun KL Sentral ke Batu Caves tujuan Selangor (Batu Caves) dan turun di Stasiun Batu Caves.

Jika kamu berangkat dari Bukit Bintang ke Batu Caves, bisa menuju KL Sentral terlebih dahulu naik monorail untuk melanjutkan perjalanan dengan KTM Komuter. Itulah cara ke Batu Caves yang bisa kamu coba.

Booking paket tour Batu Caves di Traveloka dan selamat liburan!

Tags:
destinasi-wisata-di-malaysia
liburan-di-malaysia
paket-tour-malaysia
Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan