0

Markus Yohannes

04 May 2021 - 5 min read

10 Kuliner Khas Lebaran di Nusantara Terpopuler!

Tak sabar cicipi kuliner di hari raya Idul Fitri? Berikut makanan khas Lebaran di Indonesia yang paling ditunggu-tunggu!

Makanan Khas Lebaran - Setelah menjalani ibadah puasa selama bulan Ramadhan, salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu adalah merayakan Idul Fitri bersama keluarga. Idul Fitri yang kerap disebut Lebaran di Indonesia ini juga identik dengan berbagai makanan khas yang lezat.

Apakah kamu termasuk yang menunggu-nunggu lezatnya ragam kuliner khas Lebaran? Setiap daerah mungkin memiliki makanan khas Lebaran-nya masing-masing. Seperti apa makanan khas Lebaran yang disajikan dirumahmu saat hari raya Idul Fitri tiba? Yuk, intip berbagai makanan khas Idul Fitri yang ada di Indonesia paling populer berikut:

Traveloka Promo Hunder Indonesia

Kelezatan Makanan Khas Lebaran di Indonesia

1. Ketupat

Ketupat Khas Lebaran

Ketupat Khas Lebaran | Sumber gambar: Wikipedia

Berbicara soal makanan khas Lebaran di Indonesia, ketupat merupakan salah satu ikon kuliner terpopuler yang sangat identik dengan perayaan hari raya Idul Fitri di Indonesia.

Kuliner khas Lebaran di Nusantara berupa beras yang dimasak dalam bungkusan anyaman daun kelapa muda. Saking populernya makanan khas Lebaran Indonesia satu ini, ornamen ketupat bahkan menjadi bagian dari dekorasi hari Lebaran yang cukup populer.

2. Opor Ayam

Opor Ayam Khas Lebaran

Opor Ayam Khas Lebaran

Untuk melengkapi santapan ketupat di hari Lebaran, ada berbagai pilihan lauk dan hidangan khas Lebaran lainnya. Salah satunya adalah opor ayam. Makanan khas Lebaran satu ini merupakan olahan ayam yang dimasak dengan kuah santan yang dibumbui beragam rempah ini menjadi pasangan yang pas dan lezat untuk disantap bersama ketupat pada hari raya Idul Fitri.

3. Sambal Goreng Ati

Sambal Goreng Ati Khas Lebaran

Sambal Goreng Ati Khas Lebaran

Makanan khas Lebaran di Indonesia selanjutnya adalah sambal goreng ati, lauk lainya yang bisa melengkapi sajian ketupat di hari Lebaran. Sama halnya dengan opor ayam, kuliner khas Idul Fitri ini terbuat dari ragam rempah yang dimasak bersama ati dan sayur seperti buncis atau kentang.

4. Rendang

Rendang

Rendang | Sumber gambar: Wikipedia

Rendang adalah kuliner khas asal Padang yang popularitasnya bahkan sudah mendunia. Meskipun sangat mudah ditemukan setiap harinya di restoran-restoran Padang, rendang juga menjadi salah satu makanan khas Lebaran yang kerap disajikan bersama opor ayam dan juga ketupat.

5. Semur Daging

Semur Daging - Makanan Khas Lebaran

Semur Daging | Sumber gambar: MerahPutih

Alternatif sajian untuk melengkapi ketupat pada hari Lebaran selain rendang adalah semur daging. Sajian semur daging pada hari raya Idul Fitri sangat populer di kalangan masyarakat Jakarta dan terkadang tak hanya menggunakan daging sapi namun juga telur ayam dan potongan kentang.

6. Lemang

Lemang - Sajian Khas Lebaran di Indonesia

Lemang

Lemang adalah makanan khas masyarakat Melayu yang sekilas terlihat seperti lontong. Bedanya, lemang dibuat dari beras ketan dan santan serta dimasak dengan menggunakan bambu. Lemang dijadikan pada saat hari Lebaran di beberapa wilayah di Sumatera dan Kalimantan serta di negara tetangga, Malaysia. Makanan khas Lebaran di Indonesia satu ini merupakan alternatif pengganti ketupat yang tak kalah lezat disantap bersama opor ayam ataupun rendang.

7. Nastar

Kue Kering Khas Lebaran - Nastar

Nastar | Sumber gambar: Wikipedia

Tak cuma ketupat dan berbagai lauk-pauk pendampingnya, perayaan hari raya Idul Fitri di Indonesia juga identik dengan sajian berbagai kue dan camilan-camilan manis. Salah satu yang terpopuler dan kerap ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia adalah Nastar. Kue kering dengan isi selai nanas ini memang jadi andalan untuk menyambut berbagai perayaan seperti Lebaran.

8. Kastengel

Kastengel - Kue Kering Khas Lebaran

Katengel | Sumber gambar: Wikipedia

Selain Nastar, kue kering lainnya yang kerap merapaikan ragam kuliner khas Lebaran di Indonesia adalah Kastangel. Jika kue Nastar lebih identik dengan rasa manis, Kastangel memiliki rasa yang lebih gurih dan asin karena kandungan keju yang digunakan untuk membuat kue kering khas Lebaran satu ini.

Bersama dengan Nastar dan berbagai kue kering lainnya, Kastengel kerap dijadikan parcel Lebaran untuk diberikan kepada kerabat atupun sahabat terdekat.

9. Kue Semprong

Kue Semprong - Kue Kering Khas Lebaran

Kue Semprong | Sumber gambar: Wikipedia

Tak hanya Nastar dan Kastengel, ada banyak juga camilan-camilan dan kue-kue tradisional khas dari berbagai daerah yang kerap melengkapi sajian makanan ringan pada saat hari Lebaran tiba. Salah satu yang terfavorit adalah Kue Semprong.

Kue Semprong sendiri merupakan kue kering yang umumnya berbentuk silinder ataupun bentuk lainnya yang memiliki rasa manis serta tekstur yang renyah.

10. Ayam Woku

Ayam Woku Khas Sulawesi utara - Makanan Khas Lebaran

Ayam Woku Khas Sulawesi utara

Untuk kamu yang berada di luar Sulawesi, mungkin menu Ayam Woku jarang ditemukan pada saat Lebaran. Namun, kuliner khas Manado ini menjadi favorit sajian pada saat hari Idul Fitri tiba bagi masyarakat Sulawesi Utara dan sekitarnya.

Makanan khas Lebaran di Indonesia satu ini memiliki cita rasa pedas dan juga menyegarkan dari berbagai ragam rempah yang digunakan untuk memasak menu khas Lebaran ini.

Selain berbagai kuliner khas Lebaran tersebut, tentu masih ada banyak sekali makanan khas Lebaran di Indonesia lainnya yang bisa kamu temukan di berbagai daerah di Indonesia. Mana yang jadi pilihan favoritmu?

Kangen dengan berbagai makanan khas Lebaran Nusantara tersebut namun tak sempat memasak? Salah satu cara praktis yang bisa mengobati kerinduanmu menikmati berbagai makanan khas Lebaran tersebut adalah dengan staycation di hari Lebaran di hotel yang menawarkan paket Idul Fitri. Tak hanya bisa bermalam dengan nyaman di hari raya, kamu juga bisa dengan mudah menikmati ragam kuliner kha Lebaran yang telah disajikan hotel pilihanmu! Yuk, cek aplikasi Traveloka untuk temukan hotel-hotel dengan paket Lebaran yang pas untukmu.

Jangan lupa, kamu juga bisa rencanakan #SmartStaycation dengan memilih hotel yang badge Traveloka CleanAccommodation. Dengan memilih mitra Traveloka CleanAccommodation, kamu bisa pastikan selama staycation kamu bisa menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran CHSE sehingga staycation bisa nyaman dan juga #BebasCemas.

Smart Staycation

Smart Staycation

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan