0

Mas Bellboy

20 Mar 2023 - 4 min read

Bertualang di 7 Destinasi Gua Paling Dalam di Dunia

Bangkitkan jiwa petualang dengan menjelajahi gua-gua paling dalam di dunia berikut:

Destinasi Gua Paling Dalam di Dunia - Menjelajahi gua adalah salah satu alternatif kegiatan yang tak pernah gagal bangkitkan adrenalin dan sangat cocok buat Anda yang memiliki jiwa petualang.

Di Indonesia sendiri, tak sedikit destinasi wisata gua yang bisa disambangi. Salah satunya adalah Gua Hatusaka di Taman Nasional Manusela, Pulau Seram, Maluku Tengah yang merupakan gua terdalam yang ada di Indonesia.

Gua ini diperkirakan memiliki kedalaman mencapai 424 meter dari bibir lubang masuk gua. Namun, kedalaman dari Gua Hatusaka ternyata masih belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan gua terdalam di dunia.

Kira-kira seberapa dalam kedalaman dari destinasi yang memegang predikat sebagai gua terdalam di dunia? Simak profil singkat beberapa gua yang kerap masuk dalam daftar gua paling dalam di dunia berikut!

Destinasi Gua Terdalam di Dunia

1. Gua Veryovkina, Georgia (2.212 meter )

Berada di urutan teratas dalam daftar gua terdalam di dunia terdapat Gua Veryovkina yang memiliki kedalaman melebihi 2 km, tepatnya 2.212 meter. Gua terdalam di dunia ini merupakan gua batu kapur yang pertama kali ditemukan pada tahun 1968. Namun, pada saat itu identitas mengenai gua masih banyak tak diketahui hingga pada 1982, sebuah klub speleologi dari Moskow menemukan kembali gua terdalam di dunia satu ini.

Pintu masuk dari gua terdalam di dunia ini berada di celah-celah antara pegunungan Krepost dan pegunungan Zont, di dekat lereng Gunung Krepost, di ketinggian 2.285 meter di atas permukaan laut. Nama dari gua paling dalam di dunia ini sendiri dinamakan berdasarkan seorang penjelajah gua terkenal, Alexander Verëvkina yang telah meninggal pada tahun 1983.

2. Gua Krubera-Voronja, Georgia (2,199 meter)

Masih berada di negara yang sama serta memiliki kedalaman yang juga melebihi 2 km, di urutan selanjutnya dalam daftar gua terdalam di dunia selanjutnya adalah Gua Krubera-Voronja. Dikenal juga dengan nama Gua Krubera atau Gua Voronja, gua terdalam di dunia satu ini berada di Massif Arabika dari wilayah Gagrinsky-Caucasus Barat, di distrik Gagra Abkhazia-Georgia. Nama Voronja yang diberikan pada gua ini berasal dari bahasa Rusia yang memiliki arti ‘Burung Gagak’.

Nama ini diberikan pada tahun 1980 karena pada saat itu terdapat banyak sekali burung gagak yang bersarang di pintu masuk dari gua terdalam di dunia ini. Gua terdalam di dunia yang pertama kali ditemukan pada 1960 ini kemudian dinamai berdasarkan seorang ahli gua Alexander Kruber menerima gelar sebagai geografis Rusia dan kini dikenal sebagai Gua Krubera.

3. Gua Sarma, Georgia (1,830 meter)

Di urutan gua terdalam di dunia selanjutnya, terdapat Gua Sarma, gua terdalam di dunia lainnya yang bisa Anda temukan di Georgia, tepatnya di Distrik Gagra di Abkhazia. Tercatat, kedalaman dari gua terdalam di dunia satu ini mencapai 1,830 meter yang terakhir diukur oleh tim peneliti yang dipimpin Pavel Rudko, pada tahun 2012.

Namun, dikarenakan terdapat banyak lorong dan terowongan di dalam gua ini, banyak ilmuwan yang mempercayai bahwa kedalaman dari gua terdalam di dunia ini mungkin bisa lebih dalam lagi dari yang telah tercatat saat ini.

4. Gua Snezhnajam, Georgia (1,760 meter)

Gua Snezhnajam adalah destinasi gua paling dalam di dunia selanjutnya yang berlokasi di Kaukasus Barat, di Abkhazia, Georgia. Gua terdalam di dunia ini pertama kali ditemukan pada 9 Agustus 1971 oleh speleolog Tatyana Guzhva dan Vladimir Glebov.

Gua terdalam di dunia ini sendiri merupakan bagian dari sistem air bawah tanah Snezhnaya-Mezhennogo-Illyuziya, serangkaian saluran gua bercabang dengan aliran air bawah tanah. Nama gua terdalam di dunia ini dalam bahasa Rusia memiliki arti ‘Gua Salju’

Empat urutan pertama dari daftar gua terdalam di dunia ini semuanya bisa Anda temukan di Georgia, tepatnya di Abkhazia. Abkhazia sendiri merupakan kawasan yang masih memiliki status sengketa internasional dimana statusnya sebagai Republik atau negara berdaulat masih belum banyak diakui oleh dunia internasional.

5. Sistema Lamprechtsofen, Austria (1,735 meter)

Gua terdalam di dunia selanjutnya adalah Sistema Lamprechtsofen yang terletak 2 km (1,2 mil) barat laut Weißbach bei Lofer (Salzburg), Austria, di Pegunungan Leogang. Gua terdalam di dunia ini adalah gua sungai karst batu kapur yang memiliki kedalaman mencapai 1,735 meter. Sebelum gua-gua terdalam pada urutan sebelumnya ditemukan, gua satu ini dikenal sebagai gua terdalam di dunia.

Telah dikenal selama berabad-abad, gua terdalam di dunia satu ini dahulu dikenal akan legenda harta karun yang banyak menarik orang-orang untuk menjelajahi gua ini untuk berburu harta karun. Bahkan pada tahun 1701, dibangun tembok di sekitar mulut gua untuk mencegah penyusupan para pencari harta karun,

6. Gouffre Miroldam, Perancis (1,733 meter)

Gouffre Mirolda adalah gua karst yang terletak di pegunungan Haut-Giffre, di komune Samoëns, Haute-Savoie, Prancis yang terhubung terhubung ke jaringan gua Lucien Bouclier, dan memiliki kedalaman 1733 meter, menjadikannya salah satu gua terdalam di dunia.

Gua terdalam di dunia satu ini pertama kali ditemukan pada tahun 1971 oleh Marc Degrinis, seorang penggembala dan sempat tercatat sebagai gua alami terdalam di dunia dari Januari 2003 hingga Juli 2004, sebelum kemudian penjelajahan di gua lainnya mencatat ukuran kedalaman yang melebihi kedalaman dari gua ini.

7. Gouffre Jean-Bernard, Perancis (1,617 meter)

Pada urutan terpendek dari daftar gua terdalam di dunia ini terdapat gua Gouffre Jean-Bernard yang berlokasi di Pegunungan Alpen di Samoëns, Prancis. Jalur masuk ke dalam gua ini pertama kali ditemukan pada tahun 1963 oleh kelompok penjelajah gua Groupe Vulcain.

Bahkan, nama dari gua terdalam di dunia satu ini diambil dari Jean Dupont dan Bernard Raffy, dua anggota Groupe Vulcain yang menemukan jalur masuk pertama ke dalam gua ini, yang meninggal pada tahun yang sama dalam ekspedisi yang tidak terkait.

Penjelajahan salah satu gua terdalam di dunia ini kemudian langsung dilakukan segera setelah gua ini ditemukan. Berbagai penjelajahan dilakukan hingga ditemukan berbagai jalur masuk ke dalam gua paling dalam di dunia ini.

Setidaknya, hingga kini telah ada 13 jalur masuk penjelajahan ke dalam gua yang telah ditemukan. Penjelajahan terkini, tepatnya pada Juli 2022 mencatatkan kedalaman gua ini adalah 1.617 meter, menjadikannya gua terdalam di dunia pada peringkat ketujuh.

Siapa sangka, ternyata gua terdalam di dunia memiliki kedalaman melebihi 2 km. Menakjubkan sekali, bukan? Di antara berbagai destinasi gua terdalam di dunia di atas, destinasi gua mana yang paling membuatmu penasaran untuk menjelajahinya?

Atau, Anda lebih tertarik untuk bertualang di destinasi-destinasi gua di dalam negeri terlebih dahulu? Apapun pilihan destinasi Anda, aplikasi Traveloka siap bantu mewujudkan wishlist liburanmu selanjutnya!

Berbagai kebutuhan traveling mulai dari tiket perjalanan, akomodasi penginapan, penyewaan kendaraan, hingga tiket wahana rekreasi dan atraksi populer semuanya tersedia dengan penawaran harga terbaik di aplikasi Traveloka.

Rencanakan liburan kini jadi jauh lebih mudah dan praktis lewat satu aplikasi saja, bukan? Jadi, sudah siap berpetualang ke gua-gua terdalam di dunia favoritmu?

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan