Promos
Partner with Us
Saved
My Booking
IDR
Pay
Log In
Register
0

Traveloka Team

21 Jan 2020 • 3 min read

Bukit Teletubbies Blitar, Tempat Wisata Baru di Jawa Timur

Pernah menonton Teletubbies? Serial televisi untuk anak-anak ini berisi kisah keseharian dari teletubbies (empat karakter yang disebut “teletubby”) di sebuah rumah berbentuk setengah lingkaran. Rumah unik tersebut berada di sebuah perbukitan hijau luas yang ditumbuhi berbagai bunga dan tanaman cantik.

Jika ingin melihatnya, kamu bisa datang ke tiruan rumah setengah lingkaran dan perbukitan luas di Blitar, Jawa Timur. Dengan segala kemiripan yang dimiliki, tempat wisata di Blitar ini dinamakan Bukit Teletubbies. Sebelum berencana untuk mengunjungi tempat wisata baru di Jawa Timur ini, yuk cari tahu dulu informasi lengkapnya!

Hal menarik yang bisa ditemukan

Bukit Teletubbies menjadi salah satu destinasi wisata paling hits di Blitar sejak beberapa bulan belakangan. Hal ini tentu karena berbagai daya tarik yang dimilikinya. Apa sajakah itu?

Perbukitan hijau

(Sumber: @edwinchrstn)

Bukit Teletubbies dikenal sebagai destinasi wisata yang menawarkan alam terbuka berupa perbukitan hijau. Area ini mirip dengan tempat Teletubbies bermain sehari-hari. Bukit hijau ini merupakan lahan tebu yang terletak gardu pantau Gunung Kelud. Dari tempat ini, kamu pun dapat melihat pemandangan asri perkebunan teh.

Spot berfoto menarik

(Sumber: @lala_agusthina)

Liburan rasanya tidak akan lengkap sebelum berfoto, lalu mengunggahnya ke media sosial. Di Bukit Teletubbies Blitar, kamu tak akan kesulitan mencari spot berfoto yang menarik karena pihak pengelola sudah menyediakan beberapa untuk para pengunjung.

Salah satunya adalah gardu pandang yang dirancang menyerupai sebuah balon udara. Untuk naik ke sini, kamu harus membayar Rp5.000 per orang. Selain itu, ada pula wahana rumah pohon yang bisa dimasuki dengan membayar sekitar Rp3.000 per orang.

Gardu pandang

(Sumber: @gardu_kelud)

Kamu bisa menikmati pemandangan alam hijau dari segala sisi saat berada di gardu pandang. Biasanya, pengunjung rela datang ke gardu pandang untuk berfoto dengan latar belakang yang cantik sembari menikmati pemandangan dan hawa sejuk. Jangan lupa, saat di gardu pandang kamu harus tetap berhati-hati karena letaknya cukup tinggi dari daratan.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Untuk menambah pengalaman berkesan saat di Bukit Teletubbies, ada beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan. Berikut di antaranya:

Berfoto bersama teletubbies

(Sumber: @gardu_kelud)

Sesuai dengan namanya, di sini kamu akan bertemu dengan teletubbies. Meski bukan yang asli, teletubbies di tempat wisata ini cukup menghibur para pengunjung. Jika ingin bertemu dengan teletubbies ini, kamu harus datang pada Sabtu dan Minggu pukul 09:00 – 10:00. Kamu bisa berfoto bersama teletubbies dengan hanya bayar Rp5.000.

Biasanya, keempat teletubbies tersebut akan bersiap di gardu pandang. Jadi, kamu akan berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang luas bersama teletubbies. Meski seru, kamu harus tetap ingat giliran ya, karena ada pengunjung lain yang juga menunggu waktu untuk berfoto dengan teletubbies.

Mencari objek fotografi

(Sumber: @gardu_kelud)

Selain tenaga dan biaya, ada satu hal lagi yang tak boleh lupa kamu bawa ketika berlibur ke Bukit Teletubbies Blitar, yaitu kamera. Terutama bagi yang memiliki hobi fotografi, inilah saat tepat bagi kamu untuk mengasah kemampuan fotografi. Kamu bisa mengabadikan keindahan alam bukit dari berbagai sisi yang menarik.

Agar waktu mencari objek fotografi semakin seru, tidak ada salahnya mengajak teman-teman sesama pencinta fotografi untuk pergi ke Bukit Teletubbies Blitar. Kamu bisa saling bertukar pendapat dan belajar satu sama lain untuk mendapatkan hasil foto yang terbaik dan sesuai keinginan.

Lokasi dan akses menuju lokasi

(Sumber: @irmaancp_)

Berada di Dusun Kampung Anyar, Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok, Bukit Teletubbies ini berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Blitar. Perjalanan ke tempat wisata ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Ada tiga rute yang bisa kamu lewati untuk bisa sampai ke Bukit Teletubbies dari pusat kota, yakni melalui Jalan Nasional III, Jalan Raya Penataran, dan Jalan Ciliwung. Biasanya, kebanyakan pengunjung memilih untuk lewat Jalan Raya Penataran karena lebih dekat.

Dari pusat Kota Blitar, kamu bisa menuju ke kawasan wisata Candi Penataran dengan kendaraan bermotor, lalu lanjut menuju arah Desa Sumberasri. Jika sudah sampai Desa Sumberasri, kamu akan bertemu dengan patung Tugu Pancasila. Tandanya, kamu sudah dekat dengan Bukit Teletubbies.

Perlu diketahui bahwa akses jalan menuju Bukit Teletubbies Blitar cukup ekstrem di beberapa titik. Kondisi jalan cukup berliku dan terkadang naik turun. Oleh sebab itu, jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, pastikan dalam keadaan prima. Selama di perjalanan, kamu akan ditemani dengan pemandangan hijau asri dan udara sejuk.

Harga tiket masuk

Untuk bisa menikmati pemandangan di Bukit Teletubbies Blitar, kamu akan dikenakan biaya masuk sekitar Rp5.000. Kamu juga perlu menyiapkan uang tambahan sekitar Rp3.000 – Rp5.000 jika ingin menikmati fasilitas gardu pandang untuk berfoto kekinian. Sementara itu, beberapa fasilitas lain seperti tempat parkir, warung makan, dan toilet sudah tersedia di tempat wisata ini.

Agar bisa mendapatkan hasil foto yang maksimal, sebaiknya datanglah pada pagi hingga sore hari karena cuaca masih terang. Sebagai catatan untuk keamanan, ada baiknya kamu meninggalkan Bukit Teletubbies Blitar sebelum malam hari karena belum tersedia penginapan di sekitar.

***

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung, bukan? Ya! Pastikan Bukit Teletubbies ada dalam daftar destinasi wisata saat kamu berlibur ke Blitar. Pemandangan dan suasana alamnya akan memanjakan tubuh dan pikiran kamu. Pastinya, sepulang dari Bukit Teletubbies Blitar kamu bisa merasa lebih semangat untuk kembali menjalani aktivitas sehari-hari!