0

Mas Bellboy

27 Mar 2023 - 6 min read

11 Destinasi Wisata di Nganjuk Terfavorit

Tidak ada salahnya mencoba destinasi berbeda untuk waktu liburan berikutnya. Nganjuk bisa kamu jadikan sebagai pilihan. Berikut ini alasannya!

Destinasi Wisata di Nganjuk - Sebagai salah satu Provinsi terbesar di Pulau Jawa, Provinsi Jawa Timur memang kaya dengan berbagai tujuan wisata yang rasanya sayang jika dilewatkan. Salah satunya adalah Kabupaten Nganjuk yang terkenal dengan sebutan “Kota Angin”. Destinasi wisatanya bikin penasaran!

Pesona Kabupaten Nganjuk terdapat pada wisata alam yang pastinya menarik minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Nganjuk memang lumayan dikenal dengan kota air karena memiliki banyak air terjun. Namun ada juga danau, perbukitan serta beragam situs budaya.

Jadi, jika kamu mencari tempat wisata yang mengandung nilai sejarah dan juga edukasi, Nganjuk wajib kamu masukkan ke dalam daftar kota wisata. Nah, jika kamu berencana untuk liburan ke Jawa Timur, sempatkan untuk mampir Nganjuk ya.

Berikut beberapa destinasi wisata Nganjuk yang direkomendasikan:

Destinasi Wisata di Nganjuk

1. Air Terjun Singokromo

Destinasi Wisata Nganjuk - Air Terjun Singokromo

Air Terjun Singokromo

Air Terjun Singokromo dapat kamu jadikan tujuan utama destinasi untuk berlibur. Air terjun ini terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan. Tingginya mencapai sekitar 20 meter. Debit air di sini cukup besar sehingga air yang jatuh akan nampak semakin melebar dan jatuh membentuk telaga kecil.

Air Terjun yang satu ini berada di kawasan pegunungan. Kamu akan menikmati pemandangan asri karena dikelilingi oleh tumbuh-tumbuhan. Suasana yang tercipta di sini juga sangat sejuk dan nyaman.

Kamu juga bisa mendirikan kemah ataupun api unggun untuk menambah keseruan. Bisakah kamu membayangkan berada di suatu tempat dengan suara desiran air terjun dan cuitan habitat burung-burung yang berasal dari hutan?

Air Terjun Singokromo ini juga dikenal dengan mitos yang masih diyakini oleh warga sekitar, bahwa air terjun ini bisa menyembuhkan penyakit dan membuat seseorang menjadi mudah untuk mendapatkan jodoh.

Hotel & Penginapan Terbaik di Sawahan

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan penginapan di Sawahan dengan penawaran terbaik di Traveloka

2. Waduk Perning

Salah satu tempat rekreasi favorit warga Nganjuk adalah Waduk Perning. Untuk mencapainya kamu harus melewati perjalanan yang agak jauh. Tapi tenang, selama perjalanan mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan perbukitan serta sawah-sawah hijau yang indah.

Ada beberapa aktivitas yang bisa kamu coba lakukan di Waduk Perning. Salah satunya adalah menaiki perahu kecil yang muat untuk 4 orang. Pastinya mengelilingi waduk dengan menggunakan perahu akan menjadi pengalaman yang seru dan menyenangkan.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba motor cross, bermain di kolam pemancingan, dan berjalan-jalan di taman bermain. Ada juga spot-spot foto ciamik bagi kamu yang suka selfie.

3. Bukit Salju Ngetos

Ingin mencoba salah satu tempat wisata kekinian yang ada di Nganjuk? Cobalah datang ke Bukit Salju Ngetos. Meski namanya Bukit Salju, tetapi tidak ada salju di sini ya. Kamu justru bisa menyaksikan keindahan pepohonan Pinus yang tinggi menjulang.

Tempat yang memiliki pemandangan asri ini juga memiliki banyak spot foto menarik. Salah satunya adalah area dengan payung-payung yang berwarna-warni. Selain itu ada juga rumah pohon yang unik dan menggemaskan.

Tidak berhenti sampai di situ, kamu juga bisa menemukan beberapa tempat bersejarah seperti benteng dan tempat penyimpanan senjata zaman kolonial belanda. Wow, sangat menarik bukan?

4. Watu Lawang

Destinasi Wisata Nganjuk - Watu Lawang

Watu Lawang

Watu Lawang berada di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan yang lokasinya sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Nganjuk. Lokasinya juga berada di sekitar kawasan Air Terjun Sedudo dan Pegunungan Wilis. Pengunjung yang ingin berkunjung ke tempat wisata Nganjuk ini akan melewati beberapa desa dengan jalanan berkelok-kelok ditemani pemandangan indah sepanjang perjalanan.

Saat sampai di lokasi tujuan, kamu akan disambut dengan pemandangan menakjubkan dari bebatuan besar di Watu Lawang. Lokasi ini juga memiliki spot foto menarik, seperti burung raksasa yang berlatar belakang pemandangan alam indah Nganjuk. Yang menjadi spot foto favorit oleh pengunjung adalah spot foto berupa sarang burung raksasa. Selain itu, kamu akan disuguhkan oleh panorama Gunung Ngliman dan air terjun bertingkat.

5. Candi Ngetos

Destinasi Wisata Nganjuk - Candi Ngetos

Candi Ngetos

Beralih dari wisata pemandangan alam, kali ini kita akan membahas wisata di Nganjuk yang bersejarah, yaitu Candi Ngetos yang terletak di Gunung Wilis. Candi Ngetos memang merupakan salah satu candi yang populer di Jawa Timur. Candi Ngetos sendiri merupakan peninggalan penting di jaman Kerajaan Majapahit yang dibuat pada abad ke 15. Candi ini juga dikenal sebagai tempat persemayaman abu jenazah dari Prabu Hayam Wuruk yang merupakan raja terbesar Majapahit dengan gelar Rajasanegara.

Walaupun bangunan candi ini sudah tidak sempurna, namun kokohnya bangunan didampingi dengan pemandangan alam Nganjuk yang indah membuat lanskap pemandangan candi tampak eksotis. Karena terletak di lereng gunung, tempat wisata Nganjuk ini juga akan memanjakan kamu dengan pemandangan berbagai pepohonan dan tumbuh-tumbuhan di sekitar lokasi candi. Tentunya membuat kamu merasakan sensasi kesejukan alam sambil mengenang sejarah.

Hotel & Penginapan Terbaik di Ngetos

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan penginapan di Ngetos dengan penawaran terbaik di Traveloka

6. Setum Loceret

Wisata di Nganjuk yang bersejarah lainnya adalah Setum Loceret. Setum Loceret merupakan tempat pabrik gula yang ada pada zaman Belanda dan kini telah dijadikan sebagai objek wisata di daerah Loceret, Nganjuk. Jika kamu sengaja berlibur ke Nganjuk untuk mengambil foto-foto dengan pemandangan yang ciamik, lokasi wisata ini tentunya sangat cocok dijadikan spot foto yang apik.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Setum Loceret ini adalah sore hari untuk mendapatkan pemandangan langit yang teduh. Ilang-ilang yang tumbuh disekitar lokasi Setum Loceret serta menara Setum Loceret yang kokoh tentunya menjadikan pemandangan lokasi ini menjadi semakin estetik untuk dijadikan latar belakang foto terbaikmu.

7. Agrowisata Perkebunan Mawar

Destinasi wisata di Nganjuk yang satu ini akan sangat cocok untuk dikunjungi bagi kamu penyuka bunga, terutama bunga mawar. Kamu bisa menikmati indahnya hamparan tanaman bunga mawar di Agrowisata Perkebunan Mawar. Selain menikmati keindahan bunga-bunga mawar yang cantik, kamu juga bisa belajar mengenai perawatan dan penanaman bunga mawar.

Lokasi ini juga cocok dikunjungi bersama pasangan dan keluarga, terlebih jika kamu ingin mengabadikan foto bersama. Selain itu, di objek wisata Nganjuk ini kamu juga bisa membeli berbagai macam buah tangan yang berasal dari bunga mawar, seperti parfum dan sirup mawar.

8. Wana Wisata Grojogan Duwur

Berlokasi di Desa Sumbermiri, Lengkong, Nganjuk, air terjun ini selalu ramai dikunjungi baik itu di hari biasa ataupun akhir pekan. Bagi kamu yang jenuh dengan aktivitas sehari-hari dan ingin menemukan hal baru, atraksi wisata yang satu ini sangat cocok kamu jadikan tempat healing.

Terlebih, untuk menikmati air terjun ini kamu tidak perlu membayar sama sekali alias gratis. Air di sini sangat segar, kolam di bawah air terjun juga dangkal sehingga kamu bisa berenang atau bermain air sampai puas. Batu-batu di air terjun ini berwarna putih dan bisa diduduki.

Untuk bisa menikmatinya, memang dibutuhkan sedikit pengorbanan. Akses menuju air terjun ini lumayan terjal dan tinggi sehingga kamu perlu berhati-hati. Tapi pengorbanan tersebut akan terbayar lunas ketika akhirnya kamu bisa mencapai Grojogan Duwur.

9. Pemandian Air Panas Banyu Biru

Masih berkaitan dengan air, salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan ketika kamu berada di Nganjuk adalah pemandian air panas Banyu Biru. Air di pemandian ini sangat unik karena terus mengalir tanpa henti.

Berlokasi di Desa Gondang Wetan, Kecamatan Jatikalen, Kabupaten Nganjuk, Pemandian Banyu Biru juga ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin merasakan air hangat alami. Selain pemandian, tersedia juga warung-warung yang menyediakan makanan.

10. Bukit Watu Songgong

Tidak hanya wisata air, ada juga wisata yang menjadi favorit para pengincar spot selfie yang instagramable. Berlokasi di Margopatut, Kabupaten Nganjuk, kamu akan tercengang dengan suasana perbukitan yang ditata sedemikian rupa sehingga cantik dan bisa untuk berfoto.

Tempat ini selalu ramai oleh pengunjung baik di hari biasa ataupun akhir pekan. Pesonanya memang istimewa sehingga tidak heran pengunjung tak berhenti datang. Terlebih harga tiket masuk yang dikenakan pun sangat murah, yakni hanya 5 ribu rupiah saja.

Jangan sampai lewatkan keindahan lanskap Gunung Wilis. Juga suasana sejuk nan asri yang akan kamu rasakan ketika datang ke sini.

11. Museum Anjuk Ladang

Museum yang berlokasi di Jl. Gatot Subroto, Kecamatan Nganjuk ini menyimpan berbagai macam benda sejarah. Nah, saatnya untuk tetap belajar dan menambah ilmu meski sedang berlibur. Tidak ada salahnya bukan?

Museum ini dibangun pada tahun 1966. Sejak tahun 2013 difungsikan sebagai tempat penyimpanan berbagai peninggalan sejarah serta cagar budaya yang ditemukan di Nganjuk. Kamu bisa menyaksikan prasasti, arca, dan juga lain-lain.

Selain itu, di sini juga tidak ada biaya masuk alias gratis. Museum ini juga buka selama 24 jam dalam sehari. Kamu hanya perlu membayar tiket parkir saja.

Kamu bisa merencanakan liburan ke berbagai destinasi wisata di Nganjuk terfavorit lainnya dengan Traveloka. Karena, di Traveloka kamu akan mendapatkan berbagai macam promo menarik untuk tiket pesawat, serta kamu juga bisa menemukan lokasi-lokasi menarik lainnya untuk melakukan aktivitas seru sambil mengisi liburanmu di Nganjuk dengan Traveloka Xperience. Temukan juga hotel dan penginapan terbaik di wilayah Nganjuk dan sekitarnya hanya di Traveloka!

Hotel & Penginapan Terbaik di Nganjuk

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan penginapan di Nganjuk dengan penawaran terbaik di Traveloka

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan