0

Mas Bellboy

20 Mar 2023 - 8 min read

Ini Dia 16 Destinasi Wisata Ponorogo: Bikin Kamu Jadi Petualang!

Kamu Berencana untuk pergi ke Ponorogo? Jangan lupa untuk menyisihkan waktu berwisata ya! Berikut rekomendasi wisata di Ponorogo.

Destinasi Wisata Ponorogo - Ponorogo selama ini kondang dengan kesenian Reog. Karena alasan itulah, wilayah ini juga mendapatkan julukan sebagai Kota Reog. Jika dikulik lebih jauh, Ponorogo tidak hanya terkait kesenian Reog saja, banyak destinasi menarik di dalamnya.

Wisata Ponorogo didominasi alam yang cantik dan masih alami. Bagi kamu yang bosan dengan hiruk pikuk kota besar, Ponorogo bisa masuk rekomendasi untuk dikunjungi. Ada wisata telaga, gunung, air terjun, sampai dengan perbukitan dengan spot Instagenic.

Bagi yang tertarik untuk berkunjung ke Ponorogo, yuk merapat. Akan diberikan deretan rekomendasi tempat wisata Ponorogo menarik dengan panorama alam yang bikin candu.

Lokasi Wisata Ponorogo

1. Telaga Ngebel Ponorogo

Wisata Ponorogo - Telaga Ngebel

Telaga Ngebel

Lokasi: Telaga Ngebel, Ngebel, Kec. Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

Jika Magetan memiliki Telaga Sarangan, Ponorogo menyuguhkan Telaga Ngebel. Tempatnya sangat cantik dengan alam asri yang alami. Semakin ke sini, tambah pula atraksi wisata di Telaga Ngebel.

Selain bisa menikmati keindahan telaga, kamu bisa naik speed boat, kapal, berkuda, sampai kulineran. Banyak sekali kuliner enak yang ditawarkan di sini. Namun jangan lewatkan untuk mencoba nangka goreng yang sangat cocok dengan udara dingin di sekitar telaga.

Hotel & Penginapan Terbaik dekat Telaga Ngebel

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan penginapan dekat Telaga Ngebel dengan penawaran terbaik di Traveloka

2. Watu Semaur

Lokasi: Krajan, Selur, Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63464

Lokasi wisata Ponorogo ini terletak di kawasan Selur, Kec. Ngrayun. Di spot wisata ini, kamu bisa menjumpai tebing batu yang disertai dengan pemandangan sawah dan pegunungan yang masih begitu asri.

Mengapa lokasi ini dinamakan ‘Watu Semaur’? Alasan dibalik penamaan ‘Semaur’ dari lokasi ini adalah karena gema yang bisa terdengar jika kamu berteriak di depan tebing. Arti ‘semaur’ dalam bahasa Jawa sendiri adalah ‘bisa menjawab’. Jadi, tebing tersebut seakan-akan bisa menjawab balik teriakan kamu.

Mau coba berkunjung ke wisata Ponorogo ini? Kamu perlu siapkan spirit petualanganmu dulu. Bukan saja cukup jauh dari pusat kota, medan yang harus ditempuh pun lumayan menantang. Tetapi, sesampainya di sana, kamu akan diganjar dengan pemandangan yang mungkin selama ini cuma bisa kamu lihat di lukisan. Sebagus itu!

3. Air Terjun Jurang Gandul

Lokasi: Ngagotirto, Baosan Lor, Ngrayun, Kabupaten Ponorogo

Tak hanya telaga dan tebing saja, Ponorogo juga punya air terjun sebagai objek wisata yang diandalkan. Nah, kalau Watu Semaur masih belum cukup menantang, Jurang Gandul mungkin bisa jadi pemicu adrenalin kamu.

‘Bertetangga’ dengan Watu Semaur, lokasi wisata ini juga berada di Kecamatan Ngrayun. Akan tetapi, air terjun ini berada di desa Baosan Lor.

Lokasi ini punya medan cukup menantang–tak hanya selama perjalanan menuju lokasi saja, tetapi juga perjalanan dari pos informasi menuju air terjun itu sendiri. Maka dari itu, pastikan kamu fit saat berkunjung ke air terjun ini, ya!

Tak lupa, akan lebih baik jika kamu berkunjung saat hari cerah. Sebab, tak jarang lokasi ini berkabut ketika musim hujan. Selain itu, jalanan menuju air terjun pun biasanya jadi licin dan berlumpur kala musim hujan.

4. Pemandian Air Panas Tirta Husada

Lokasi: Jl. Raya Ngebel, Pucuk, Wagir Lor, Kec. Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63493

Jika kamu mau berkunjung ke Ponorogo, jangan lupa agendakan berkunjung ke Pemandian Air Panas Tirta Husada! Lokasi wisata ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Ponorogo.

Sesuai dengan nama ‘Tirta Husada’, air panas di pemandian ini diyakini mampu mengobati beberapa penyakit, misalnya saja penyakit kulit. Hal ini disebabkan karena kandungan belerang yang terkandung di air pemandian ini.

Suhu air yang hangat (32-35 derajat Celsius) bikin momen berendamkamu makin relaxing! Spot wisata ini cocok untuk kamu kunjungi setelah berkunjung ke spot-spot wisata lain yang butuh effort ekstra saat mengunjunginya.

Lokasi pemandian ini tidak jauh dari Telaga Ngebel. Dari Telaga Ngebel, kamu hanya perlu berkendara sejauh kurang lebih 4 km.

5. Gua Lowo Sampung

Lokasi: Boworejo, Sampung, Kec. Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63454

Kalau kamu ingin merasakan sensasi menjelajah gua, Gua Lowo Sampung di Ponorogo ini bisa jadi opsi destinasi wisata Ponorogo selanjutnya.

Gua ini merupakan salah satu gua di Ponorogo yang diduga pernah dihuni oleh manusia purba pada era Mesolitikum hingga Neolitikum.

Kalau kamu berencana mengunjungi lokasi wisata ini, pastikan kamu siap secara fisik ya! Sebab, jalur trekking yang menghubungkan jalan raya hingga ke spot lokasi lumayan jauh (1 km).

Meski bisa ditempuh dengan menggunakan sepeda motor, kamu bisa merasakan adventure vibes dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak menuju gua. Sepanjang perjalanan, kamu pun perlu melewati hutan jati yang cukup rimbun. Gimana, tertarik untuk explore gua ini?

6. Gunung Wilis

Wisata Ponorogo - Gunung Wilis

Gunung Wilis

Lokasi: Desa Besuki, Kecamatan Jugo

Destinasi wisata Ponorogo selanjutnya adalah Gunung Wilis. Gunung ini sebenarnya juga menempati wilayah beberapa kabupaten yang berdekatan dengan Ponorogo–yaitu Kabupaten Kediri, Nganjuk, Trenggalek, Madiun, dan Tulungagung.

Uniknya, gunung ini memiliki beberapa puncak yang bisa kamu tuju. Pernah mendengar Puncak Liman? Puncak ini sebenarnya merupakan puncak tertinggi dari Gunung Wilis dengan ketinggian 2.563 mdpl.

Jalur pendakian Puncak Liman ini bisa dibilang tidak terlalu sulit. Dengan ketinggian tersebut, pendakian menuju Puncak Liman bisa kamu tempuh selama rata-rata 8 jam. Bagaimana, ingin mencoba mendaki gunung ini?

7. Air Terjun Kokok

Lokasi: Senarang, Temon, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63475

Air terjun yang berlokasi di Temon, Kecamatan Sawoo ini berasal dari aliran sungai Kokok. Tak heran, air terjun ini dinamai serupa.

Dari pusat kota, kamu perlu menempuh perjalanan sejauh satu jam. Tak cukup sampai di situ, dari lokasi parkir hingga ke spot air terjun, kamu perlu jalan lagi sejauh kurang lebih 700 meter.

Meski tidak begitu jauh (apalagi jika kamu sudah terbiasa trekking), jalan yang berbukit dan sedikit licin bisa jadi tantangan tersendiri. Pada saat musim penghujan, jalanan makin licin dan berlumpur. Maka dari itu, kamu perlu ekstra hati-hati dan selalu waspada, ya!

Sesampainya di spot air terjun, kamu bisa melihat betapa kerennya air terjun ini. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 30 meter; dan kamu bisa menjumpai view tiga aliran yang menuruni tebing dengan kecepatan aliran yang cukup deras. Di dasar air terjun, ada banyak batu besar yang bisa kamu gunakan untuk duduk-duduk santai sembari bermain air.

8. Air Terjun Coban Lawe

Wisata Ponorogo - Air Terjun Coban Lawe

Air Terjun Coban Lawe

Lokasi: Pegunungan, Krisik, Kec. Pudak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63482

Tempat Coban Lawe ini tidak terlalu jauh dari Telaga Ngebel. Jadi bisa satu jalan saat ingin ke sini. Alamnya sangat asri dan memang bisa dibilang cukup tersembunyi, berada di balik lebatnya areal hutan lindung di lereng Gunung Wilis.

Panorama yang ditawarkan bisa membuat kamu tersihir. Lebatnya debit air yang jatuh, panorama hijau di sekelilingnya, dipadu dengan suhu yang nyaman. Berbagai perpaduan itu akan membuat ka betah untuk berlama-lama.

9. Air Terjun Sunggah

Lokasi: Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo.

Pilihan air terjun lain yang juga memiliki panorama memesona adalah Air Terjun Sunggah. Ketinggiannya sekitar 60 meter dan memiliki debit yang cukup tinggi. Apalagi jika datang ke sini saat musim penghujan tiba.

Dari tempat parkir ke spot air terjun, kamu melakukan trekking. Kelelahanmu akan terbayar tuntas saat kamu melihat langsung keindahan air terjun. Meski dikelola warga sekitar bareng Pokdarwis, fasilitasnya sudah cukup bagus. Ada kamar mandi, parkir, dan juga gazebo.

10. Mloko Sewu

Lokasi: Pumpon, Pupus, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo.

Ponorogo juga menyuguhkan wisata ketinggian yang dipadu dengan berbagai spot Instagenic. Namanya adalah Mloko Sewu yang juga jadi langganan destinasi wisata kala liburan tiba. Banyak spot foto menarik dipadu dengan fasilitas memanjakan.

Beberapa spot yang jadi primadona antara lain balon udara, ayunan, sangkar burung, dan lain-lain. Lokasinya memang benar-benar cantik, kamu bisa melihat ponorogo dari ketinggian. Jangan lupa pakai baju hangat supaya jalan-jalan tetap nyaman.

Selain spot foto, fasilitas yang bisa kamu rasakan banyak. Contohnya saja camping ground, taman bermain, berbagai wahana permainan, parkir, area outbond, sampai dengan kafe atau restoran.

11. Tumpak Pare

Lokasi: Dukuh Slorok, Desa Cepoko, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo.

Tumpak Pare atau yang disebut juga dengan Bukit Pare, juga bisa jadi rekomendasi yang tepat buat kamu yang ingin healing. Tempatnya berada di ketinggian 860 mdpl membuatnya memiliki suhu yang sejuk dan nyaman.

Daya tarik utama di sini adalah bukit dengan puncak hamparan rerumputan. Ditambah lagi dengan keindahan pepohonan pinus yang seakan berjajar rapi. Tampilannya akan sangat eksotis saat kabut menyelimutinya.

12. Gunung Beruk

Lokasi: Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Hutan Negara, Jambon, Kabupaten Ponorogo.

Ponorogo memang menyuguhkan berbagai wisata dengan panorama memikat hati. Selanjutnya, kamu bisa berkunjung ke Gunung Beruk yang semakin bagus akses dan fasilitasnya. Ditawarkan keindahan dari ketinggian, spot foto, plus udara yang sejuk.

Salah satu spot yang jadi favorit wisatawan adalah rumah pohonnya. Karena itulah, tidak sedikit yang menyebutkan Gunung Beruk sebagai Kalibirunya Ponorogo. Selain itu, kamu bisa berfoto di spot lain atau bersantai di gazebo.

13. Bukit Teletubbies

Lokasi: Desa Pundak, Kecamatan Balong, Kabupaten ponorogo.

Rekomendasi lainnya yang tidak kalah cantik dari yang sebelum sebelumnya adalah Bukit Teletubbies atau yang disebut juga dengan Gunung Masjid. Dinamakan demikian, karena bentuk puncaknya menyerupai kubah masjid.

Di sini, kamu akan melihat hamparan rerumputan yang cantik. Sekaligus bisa melihat keindahan Ponorogo dari ketinggian. Sekarang sudah ada beberapa spot foto yang dimanfaatkan. Namun karena perlu trekking, upayakan untuk persiapkan stamina.

14. Puncak Pringgitan

Lokasi: Desa Wates, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo.

Ponorogo juga menyimpan berbagai puncak yang bisa digunakan untuk berburu sunset atau sunrise. Salah satunya adalah Puncak Pringgitan yang membuat kamu betah untuk berlama-lama. Pasalnya, kamu akan merasa berada di Negeri Atas Awan.

Tempat ini sudah terkenal keindahannya, bahkan tidak sedikit pasangan yang menjadikannya sebagai spot untuk foto pre-wedding. Dari ketinggian, kamu akan menikmati perbukitan yang diselimuti awan dan pepohonan hijau. Bikin hati adem!

15. Bukit Soeharto

Lokasi: Desa Biting, Kecamatan Badengan, Kabupaten Ponorogo.

Bukit Soeharto masuk tempat wisata baru yang bisa dijelajahi di Ponorogo. Tempat ini sudah mulai dibuka sejak tahun 2020 dan berdiri di lahan seluas 7 hektar. Banyak atraksi seru yang bisa dinikmati di sini.

Beberapa atraksi seru yang bisa dinikmati antara lain, taman bunga, taman bermain anak, food court, rest area, dan lain sebagainya. Tempat wisata ini juga merupakan monumen peringatan Presiden Kedua Indonesia, Soeharto pernah singgah di Ponorogo di tahun 1978.

16. Kedung Gamping

Lokasi: Desa Temon, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo.

Satu lagi rekomendasi wisata Ponorogo yang bisa kamu jelajahi, yakni Kedung Gamping. Kamu bisa ciblon atau basah-basahan atau sekadar menikmati panorama yang disuguhkan. Saat datang, kamu akan tersihir dengan warna airnya yang kehijauan.

Panoramanya semakin eksotis lagi saat air warna hijau tosca ini dipadu dengan bebatuan gamping di sekitarnya. Suasananya masih sangat asri dan dikelilingi panorama hijau. Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati, mushola, parkir, kamar mandi, dan juga warung.

Namun karena banyak bebatuan di sini, upayakan untuk mengenakan alas kaki yang nyaman. Jadi tidak akan sakit jika terkena bebatuan yang lancip dan akan aman saat licin setelah hujan.

Mulai dari Telaga Ngebel sampai dengan Kedung Gamping, itulah deretan tempat wisata Ponorogo yang bisa kamu jelajahi. Supaya bisa liburan dengan nyaman dan lebih lama, jangan ragu pesan akomodasi di Ponorogo.

Pilihan akomodasi Ponorogo banyak, bisa di sekitaran tempat wisata atau pusat kota. Jika ingin segera booking, cek saja pilihannya di Traveloka. Mulai dari hotel, hostel, guest house, sampai dengan villa, semuanya tersedia.

Nah, itulah 8 rekomendasi spot wisata di Ponorogo yang bisa kamu kunjungi. Perjalanan ke tempat-tempat wisata Ponorogo di atas memang tidak semuanya mudah. Akan tetapi, bukan berarti mencari akomodasi untuk liburan di Ponorogo susah, lho! Download aplikasi Traveloka dulu, yuk! Dengan aplikasi ini, kamu bisa menemukan banyak pilihan akomodasi di Ponorogo. Booking hotel pun bisa kamu lakukan tanpa worry. Traveloka dulu, explore Ponorogo kemudian!

Hotel & Penginapan Terbaik di Ponorogo

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan penginapan di Ponorogo dengan penawaran terbaik di Traveloka

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan