0

Travel Bestie

18 Feb 2024 - 1 min read

Mengapa Ada Celah pada Sambungan Rel Kereta Api?

Kereta api senantiasa jadi moda transportasi favorit dari masa ke masa. Apakah kamu termasuk seseorang yang gemar naik kereta api?

Nah, salah satu komponen dari perjalanan kereta api tersebut adalah rel. Disusun dari batang-batang besi yang saling menyambung, rel kereta api punya peran krusial. Tanpanya, kereta api tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya.

Jika diamati lebih detail, terdapat celah pada titik-titik sambungan rel kereta api. Pertanyaan bisa saja muncul dalam benak: “Mengapa ada celah pada sambungan rel kereta api?”.

Lantas, kira-kira apa ya jawaban dari pertanyaan mengapa pemasangan rel kereta api pada sambungannya diberi celah? Berikut Traveloka ulas selengkapnya!

Penerbangan ke Labuan Bajo (LBJ)

Batik Air

Mulai dari Rp 1.160.908

Jakarta (CGK) ke Labuan Bajo (LBJ)

Fri, 3 May 2024

Garuda Indonesia

Mulai dari Rp 1.885.500

Jakarta (CGK) ke Labuan Bajo (LBJ)

Sun, 12 May 2024

TransNusa

Mulai dari Rp 1.927.200

Jakarta (CGK) ke Labuan Bajo (LBJ)

Sat, 4 May 2024

Alasan Mengapa Sambungan Rel Kereta Api Diberi Celah

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, sambungan rel kereta api diberi celah agar terdapat ruang memuai bagi besi.

Asal tahu saja, besi termasuk benda yang mudah memuai saat terkena panas. Nah, jika ruang antara besi sambungan kereta api itu tidak ada, maka rel bisa bengkok akibat memuai.

Prinsip yang sama juga dilakukan saat kita memasang jendela kaca. Kita sering menemukan ada celah pada bingkai jendela kaca tersebut. Tujuan pemberian celah itu agar kaca bisa memuai saat terkena panas. Bila kaca dipasang tanpa celah pada bingkainya, niscaya kaca itu bisa hancur berkeping-keping terkena cuaca terik.

Perjalanan Nyaman Naik Kereta Api

Itu dia alasan utama kenapa ada celah pada sambungan rel kereta api. Ternyata, penting banget kan adanya rongga pada rel kereta api tersebut. Perjalanan kereta api jadi terasa aman dan nyaman.

Bicara soal perjalanan nyaman naik kereta api, Anda bisa pesan tiketnya secara mudah dan praktis lho. Tinggal buka saja Traveloka Lifestyle Superapp dan pesan langsung tiket kereta api di sana.

Traveloka tawarkan tiket kereta api disertai aneka promo menarik, salah satunya TrainPlus. Anda bisa dapatkan berbagai fasilitas tambahan saat manfaatkan promo TrainPlus.

Maka dari itu, tunggu apalagi, yuk segera pesan tiket kereta api di Traveloka!

Tags:
fungsi-celah-di-rel-kereta-api
fungsi-celah-pada-sambungan-rel-kereta-api
kenapa-ada-celah-di-rel-kereta-api
mengapa-ada-celah-pada-sambungan-rel-kereta-api
sambungan-rel-kereta-api-diberi-celah-agar
sambungan-rel-kereta-api-diberi-celah-karena
sambungan-rel-kereta-api-diberi-celah
Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan