Promos
Partner with Us
Saved
My Booking
IDR
Pay
Log In
Register

Traveloka Team

28 Jan 2020 • 2 min read

5 Negara di Dunia dengan Perayaan Tahun Baru Spektakuler

Tahun 2017 akan segera berakhir. Untuk menyambut pergantian tahun, berbagai negara menyelenggarakan perayaan yang meriah. Menyalakan kembang api dan mengadakan konser musik adalah beberapa tradisi yang kerap dilakukan.

Meski begitu, ada beberapa negara yang memiliki perayaan tahun baru paling spektakuler. Kira-kira apa saja perayaan yang dilakukan? Yuk, cari tahu di artikel berikut!

Edinburgh, Skotlandia

(Sumber: Shutterstock)

Setiap tahunnya, Edinburgh menggelar acara selama tiga hari untuk merayakan pergantian tahun sejak tanggal 30 Desember. Tahun lalu, ada sekitar 148.000 orang dari 70 negara yang datang untuk mengikuti acara tersebut. Berbagai konser musik dan seni juga diadakan agar acara tahun baru ini semakin meriah.

Pada 31 Desember, orang-orang akan berkumpul dan menyusuri jalanan sambil menyanyikan lagu berjudul Auld Lang Syne. Selanjutnya, mereka akan berpesta hingga tengah malam tiba. Pergantian tahun nantinya akan ditandai dengan gemerlap 4,5 ton kembang api yang akan menghiasi pemandangan di atas Kastel Edinburgh.

Sydney, Australia

(Sumber: Shutterstock)

Ada dua alasan yang membuat Sydney patut dijadikan destinasi saat perayaan tahun baru. Pertama, letak geografis yang membuat Sydney memiliki waktu paling cepat dibanding kota lainnya, sehingga menjadi kota pertama yang merayakan tahun baru. Kedua, Sydney selalu menyalakan kembang api terbesar di dunia.

Tak lupa, atraksi air mancur di Sydney Harbour Bridge dan Sydney Opera House akan menambah kemeriahan. Lebih dari jutaan orang menghadiri perayaan tahun baru ini. Selain atraksi air mancur, perayaan tersebut juga menampilkan upacara suku Aborigin yang diyakini mampu membersihkan diri dari roh jahat. Tujuannya agar warga Australia bisa menyambut tahun baru dengan diri yang “baru” juga.

Tokyo, Jepang

(Sumber: Shutterstock)

Setiap tahun baru, warga Jepang memiliki tradisi bernama Hatsumode, di mana warga lokal mengunjungi candi dan kuil untuk pertama kali di tahun baru. Setelah bel di candi berbunyi sebanyak 108 kali di tengah malamseluruh warga akan berkumpul di berbagai candi dan kuil yang tersebar di berbagai kota untuk menyambut pergantian tahun.

Salah satu spot paling populer untuk menyelenggarakan tradisi tahun baru tersebut adalah Zojoji Temple, sebuah candi Buddha yang berlokasi di kawasan Shiba, Tokyo. Kamu bisa bergabung dengan warga lokal untuk ikut merayakan tradisi unik tersebut.

Rio de Janeiro, Brazil

(Sumber: Shutterstock)

Perayaan tahun baru di Rio de Janeiro berpusat di Pantai Copacabana. Setiap tahunnya, ada sekitar dua juta orang dari berbagai negara yang ikut memeriahkan acara ini. Biasanya, perayaan akan dimulai sekitar pukul 20:00 dengan dibuka oleh pertunjukan musik Samba khas Brazil hingga musik rock. Tak ketinggalan,  peluncuran kembang api berwarna-warni juga meriahkan suasana pergantian tahun.

Untuk menghadiri perayaan di Pantai Copacabana, setiap orang harus mengenakan pakaian berwarna putih karena dipercaya akan membawa keberuntungan. Saat pergantian tahun, orang-orang akan menyebarkan berbagai bunga ke laut sebagai bentuk hadiah untuk Dewi Laut Yemanja.

New Orleans, Amerika Serikat

(Sumber: wikimedia.org)

Acara utama perayaan tahun baru di New Orleans adalah pertunjukan kembang api yang berlangsung selama 15 menit di Sungai Mississippi. Setelah itu, lambang Fleur de Lis berukuran besar akan dijatuhkan dari atap bangunan Jax Brewery di kawasan Jackson Square.

Perayaan pun tak berhenti sampai di situ, orang-orang akan berjalan beriringan menuju Bourbon Street dan Latin Quarter. Berbagai alunan musik juga akan terus diputar di bar dan kelab malam. Suasana meriah tersebut akan berlangsung hingga dini hari.

***

Pergantian tahun memang dianggap sebagai momen yang spesial. Karenanya, wajar jika berbagai negara di dunia merayakan acara ini secara meriah. Dari kelima negara dengan tahun baru paling meriah tersebut, mana yang paling menarik perhatian kamu? Bicara tentang tahun baru, apakah kamu ada rencana menghabiskan liburan akhir tahun?