Promos
Partner with Us
Saved
My Booking
IDR
Pay
Log In
Register
0

Traveloka Team

26 Jan 2020 • 5 min read

Penerbangan Perdana NAM Air – Laporan Eksklusif Tim Traveloka


Pada 11 Desember kemarin, tim Traveloka berkesempatan ikut dalam acara penerbangan perdana (inaugural flight) NAM Air, anak maskapai medium-service milik Sriwijaya Air (SJ).

Mari kita simak bersama laporan eksklusif langsung dari tempat acara berlangsung:

Pagi itu, tim mulai bergerak dari daerah Slipi menuju CGK sejak jam 7 pagi untuk menghindari macet. Ternyata malah tiba terlalu awal di Terminal 1B.

Hal pertama yang dilakukan adalah registrasi untuk mendapat boarding pass. Sejak dua hari sebelumnya, konfirmasi nama penumpang sudah ditentukan.

Tim Traveloka langsung menuju Gate B7, di mana pada saat itu belum ada terlihat persiapan acara inaugural flight. Masih ada beberapa penerbangan Sriwijaya Air yang hendak diberangkatkan. Pesawat NAM Air (PK-NAM) yang akan dinaiki terlihat di sela-sela jeruji Terminal 1.

Pukul 09.30 WIB, para rombongan mulai berdatangan. CEO Sriwijaya Air Bapak Chandra Lie beserta direksi serta CEO NAM Air Pak Jefferson Jauwena hadir pagi itu.

CEO NAM Air Bapak Jefferson Jauwena memberikan kata sambutan:

Dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng pertama oleh Bapak Chandra Lie:

Setelah pembacaan doa, semua tamu undangan yang memiliki Boarding Pass langsung menuju gate untuk boarding. Undangan hari itu termasuk rekan media dan wartawan, rekan usaha Sriwijaya Air, rekan travel agent dalam maupun luar negeri, serta beberapa Staf Kedutaan Kanada.

Berikut adalah pramugari NAM Air yang memberikan salam selamat jalan di pintu keluar waiting room:

Di apron telah menunggu pesawat NAM Air (SJ9068) yang pagi itu akan terbang membawa rombongan pertama termasuk direksi SJ dan NAM.

Foto wajib versi NAM:

Sayangnya untuk flight ini tim Traveloka dapat aisle seat, jadi cukup sedikit pandangan mata ke luar jendela.

Berikut adalah Safety Card NAM Air:

Mbak FA sibuk mengatur penumpang dalam proses boarding. Penerbangan kali ini penuh dengan para tamu undangan.

Mulanya, pesawat direncanakan lepas landas pukul 10.00 WIB, karena disesuaikan dengan angka baik 10.00 11/12/13
Namun karena padatnya CGK, take-off diundur jadi sekitar pukul 10.15 WIB. Semua penumpang bertepuk tangan saat pesawat lepas landas dari aspal runway CGK.Baca juga  Airport Tax Soekarno-Hatta Akan Naik 150% Seiring Peningkatan Fasilitas

Selang 15 menit setelah take off, petugas mengucapkan kata sambutan kepada para direksi/penumpang dan menyatakan bahwa cuaca di Pangkal Pinang (PGK) cukup berawan dengan suhu 27°C. Penerbangan ini memakan waktu 55 menit.

Snack dari NAM Air dibagikan dalam kantong berwarna coklat yang stylish dan efisien. Snack terdiri dari roti selai, segelas air mineral serta KitKat bar. Selain itu tersedia juga pilihan minuman berupa apple/orange juice serta teh/kopi.

Perjalanan ke Pangkalpinang ditempuh tanpa halangan berarti, hanya cuaca yang sedikit buruk sehingga mengalami turbulensi. Kira-kira 15 menit sebelum mendarat, petugas mengumumkan bahwa Amir Tower melaporkan bahwa di Pangkalpinang sedang turun hujan. Saat mendarat memang terasa bahwa runway cukup basah (syukurnya tidak hydroplaning) dan pesawat berhenti di ujung landasan Bandara Depati Amir.

Walaupun hujan, pesawat NAM Air tetap disambut di PGK dengan tradisi water cannon salutation. PK-NAM langsung parkir di stand no. 1, paling dekat dengan Gedung VIP PGK. Tim Traveloka keluar lewat aft door.

Fire tender yang memberikan water salutation tadi:

Sambutan meriah oleh warga Pangkalpinang di gedung VIP PGK:

Bapak Chandra Lie disambut oleh ayahnya, Bapak Lo Kui Nam, dari mana nama NAM Air berasal:

Press Conference Inaugural Flight NAM Air, yang diliput oleh wartawan dari berbagai media, yang telah hadir paginya dengan penerbangan Sriwijaya Air.

Berikut tampak kabin pesawat dalam keadaan kosong:

Saat mendarat kembali di Jakarta (CGK), pesawat kemudian parkir di Terminal 1B dan sebelum pintu dibuka, pak Chandra Lie memberikan kata sambutan terakhir sebagai terima kasih kepada para tamu yang ikut serta dalam inaugural flight NAM Air ini.

Demikianlah laporan singkat dari tim Traveloka mengenai inaugural flight NAM Air. Kiranya sukses menyertai NAM Air dan semoga dapat semakin maju melayani dunia penerbangan Indonesia.