Promos Partner with UsSavedMy Booking
IDR
Pay
Payment

Login to your account

No account yet?
Register
Or log in with:
1
2

Log in to your account

No account yet?
Register
Or log in with:
1
2
0

Traveloka Team

05 Feb 2020 • 3 min read

Lapar Saat di Semarang? Langsung Kunjungi 5 Tempat Ini!

Apa kuliner khas Semarang yang paling kamu ingat? Kemungkinan, jawabanmu adalah lumpia dan tahu bakso. Namun, sebenarnya keduanya lebih cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Jadi, selama di Semarang sebaiknya makan apa? Tak perlu khawatir, Semarang terkenal dengan beragam pilihan kuliner menarik yang tak hanya lezat, tapi juga terjangkau! Berikut lima tempat pilihan yang telah dirangkum Traveloka:

1. Bakmi Jawa Pak Gareng

Ini dia tempat bakmi paling terkenal di Semarang, Bakmi Jawa Pak Gareng. Pelanggan tempat makan ini berasal dari kalangan yang beragam, mulai dari warga Semarang, wisatawan, selebritas, hingga pejabat daerah dan nasional. Bakmi Jawa Pak Gareng ini sudah dikenal selama lebih dari 45 tahun. Sebelum akhirnya membuka rumah makan di tahun 1990, bakmi ini biasa dijajakan dengan cara berkeliling menggunakan gerobak.

Source Image : @irwanriady

Mengapa Bakmi Jawa Pak Gareng digemari banyak pencinta kuliner? Konon, karena bakmi yang satu ini diramu dengan resep yang berbeda dari bakmi lainnya. Bakmi Jawa Pak Gareng menggunakan kaldu kental yang didapat dari daging ayam kampung pilihan. Tak hanya itu, mi yang dipakai juga merupakan hasil olahan sendiri yang dijamin bebas bahan pengawet dan teksturnya kenyal nikmat. Selain bakmi goreng dan kuah, di sini kamu juga bisa menemukan banyak menu lainnya seperti bihun dan beragam hidangan nasi.

Alamat:Jalan Wotgandul Dalam No 177, Gabahan, Semarang Tengah, Gabahan

Jam buka: Setiap hari pk. 10:00 – 23:30

Harga: Mulai dari Rp14.000

2. Restoran Pesta Keboen

Kamu yang menyukai kuliner berbahan seafood, wajib mampir ke Restoran Pesta Keboen. Di sini, kamu bisa menikmati beragam olahan ikan, udang, cumi, pasta, dan lain-lain. Menu andalan di sini adalah Ayam Asap Pesta Keboen dan Udang Masak Bawang. Jika kamu datang berombongan, pesan saja menu paket yang disesuaikan dengan selera dan jumlah anggota rombonganmu.

Source Image : @pestakeboen

Memasuki Restoran Pesta Keboen, kamu seolah masuk ke dalam mesin waktu dan kembali ke masa lalu. Bagaimana tidak? Restoran ini memanfaatkan bangunan yang dipercaya sudah berdiri sejak tahun 1850-an. Furnitur di dalamnya pun terkesan klasik dan elegan. Lihat saja bangku dan mejanya yang terbuat dari rotan berpelitur, koleksi benda antik di pojok ruangan, juga foto Semarang tempo dulu yang menggantung di dinding. Benar-benar membuatmu ‘terlempar’ ke era kolonial.

Alamat: Jalan Veteran No 29

Jam buka: Setiap hari pk. 10:00 – 22:00

Harga: Mulai dari Rp20.000 untuk makanan dan Rp10.000 untuk minuman

3. Pasar Semawis

Source Image : @surgamakan

Pasar Semawis adalah salah satu pasar malam yang paling ditunggu baik oleh warga setempat maupun wisatawan. Di sini, kamu bebas memilih makanan dan minuman apa saja yang disajikan, mulai daripisang plenet, lumpia, aneka sate, tahu petis, bakmi, sampaichurrosala Spanyol. Bagi yang muslim, sebaiknya berhati-hati karena sebagian makanan mengandung daging babi.

Pasar malam yang diselenggarakan di kawasan Pecinan ini pada awalnya dimaksudkan untuk merayakan Hari Raya Imlek. Namun melihat antusiasme warga, selanjutnya pasar ini dijadwalkan rutin seminggu sekali. Selain itu, pasar malam ini juga dianggap sebagai salah satu daya tarik wisata kota Semarang.

Alamat: Gang Warung, kawasan Pecinan Semarang

Jam buka: Setiap hari Jumat – Minggu pk. 18:00 – 23:00

Harga: Mulai dari Rp5.000

4. Toko Oen

Selain di Restoran Pesta Keboen, kamu juga bisa merasakan suasana tempo dulu di Toko Oen. Bedanya, tempat wisata kuliner yang satu ini memilih aneka kudapan dan es krim sebagai menu andalannya. Silakan cicipimacaroni schoteldan aneka pilihan es krimnya, salah satunyatutti fruttiyang pasti bikin kamu ketagihan. Jangan lupa pula untuk beli kue kering khas zaman dulu sepertisprits dan boterkrantjes yang melegenda.

Source Image : @duo_nyamnyam

Toko Oen ini punya cabang lain yang bisa kamu kunjungi di Malang, keduanya sama-sama didirikan di tahun 1936. Sajian yang dihidangkan tak jauh berbeda dengan yang berada di Semarang. Konon, Toko Oen ini dibangun di empat kota yaitu Yogyakarta (1910 – 1937), Jakarta (1931 – 1973), Semarang, dan Malang. Sayangnya, Toko Oen yang bertahan sampai sekarang hanya ada di dua kota terakhir.

Alamat:Jalan Pemuda No 52, Bangunharjo, Semarang Tengah

Jam buka: Setiap hari pk. 09:30 – 21:30

Harga: Mulai dari Rp10.000

5. KueLekerPaimo

Siapa sangka jajanan pinggir jalan bisa menjadi salah satu kuliner favorit di Semarang? Kue Leker Paimo tak pernah kehilangan penggemar, kedainya selalu dipenuhi orang yang antre ingin menikmati kelezatan kuelekerini. Tak mengherankan, karena selain rasanya yang enak, kuelekerini juga dipatok dengan harga yang sangat terjangkau.

Source Image : @vivianveronicaa

Kuelekerdi sini terbagi menjadi dua jenis yaitu ‘tipker’ alias tipis kering dan tebal yang bentuknya lebih mirip dengan martabak. Untuktopping, kamu bisa memilih sendiri sesuai selera. Beberapatoppingyang bisa kamu pilih antara lain keju jagung manis, telur sosis keju, dan sosismozzarella.

Alamat: Jalan Karang Anyar No 37, Brumbungan (depan SMA Kolase Loyola)

Jam buka: Setiap hari, 09:30 – 17:00

Harga: Mulai dari Rp1.000

Kuliner yang dinikmati selamatravelingbisa menjadi salah satu poin tambah dari sebuah destinasi. Setelah tahu bahwa ada banyak sajian sedap yang bisa dicicipi, kini tujuan wisata kulinermu diSemarangbisa lebih beragam, tak lagi hanya lumpia Gang Lombok dan tahu bakso di Ungaran.

Need help?