PromosMy InboxSavedMy Booking
IDR
Pay
Payment

Login to your account

No account yet?
Register
Or log in with:
1
2

Log in to your account

No account yet?
Register
Or log in with:
1
2
0
Erika Silviana
09 Oct 2019 • 8 min read
15 Wisata Kuliner di Bandung Kaki Lima Ini Ramai Pengunjung

Berlibur di luar kota artinya kamu memiliki kesempatan untuk berwisata kuliner. Bagi yang berencana liburan ke Bandung, sebaiknya kamu siapkan waktu yang cukup banyak karena Kota Kembang ini memiliki banyak tempat makan enak untuk didatangi, termasuk warung kaki lima.

Dari masa ke masa, jumlah warung kaki lima di Bandung yang menjual makanan dengan kualitas bintang lima semakin banyak. Semuanya menawarkan makanan lezat dengan ciri khas masing-masing. Untuk kamu yang tertarik berwisata kuliner kaki lima di Bandung, berikut adalah beberapa rekomendasi yang paling ramai pengunjung:

Cuanki Serayu

Cuanki merupakan singkatan dari “cari uang jalan kaki”. Kuliner bakso ini dulunya dijajakan menggunakan gerobak dorong sambil jalan kaki. Kini, kebanyakan pedagang cuanki berjualan dengan membuka warung kaki lima, salah satunya di kawasan Jalan Serayu. Itulah mengapa kuliner satu ini kemudian dikenal dengan sebutan Cuanki Serayu.

Satu porsi cuanki biasanya terdiri dari bakso, siomay, tahu, dan batagor. Harga semangkuknya sekitar Rp15.000. Uniknya, tidak seperti kebanyakan bakso berkuah kaldu daging sapi, Cuanki Serayu disiram dengan kuah rebusan tulang ikan. Penasaran ingin mencoba? Kamu bisa datang ke Warung Cuanki Serayu pukul 11:00 – 19:00.

Bebek Ali Borromeus

(Sumber: @bubueataway)

Di seberang RS Santo Borromeus, tepatnya di Jalan Hasanuddin, terdapat sebuah warung nasi bebek bernama Bebek Ali Borromeus. Kuliner kaki lima ini begitu terkenal karena rasa bebek yang sedap, dagingnya lunak, dan tidak amis. Semakin sukses, kini warung kaki lima nasi bebek ini telah membuka rumah makan di Jalan Teuku Umar Blok 60 No 40.

Untuk satu porsi nasi bebek, kamu hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp20.000. Dengan harga yang sangat terjangkau, kamu sudah bisa menikmati hidangan lezat berisi nasi, bebek, sambal, dan lalapan. Kalau tidak selera dengan menu bebek, kamu juga bisa memesan menu nasi dan ayam goreng. Jika ingin berkunjung, kamu bisa datang ke warung kaki lima ini pukul 10:00 – 23:00 (kecuali Jumat, buka pukul 13:00 - 23:00).

Seblak Bunda

(Sumber: @menolakdiet)

Menjadi salah satu kuliner khas Bandung favorit pengunjung, seblak bisa dengan mudah kamu temukan di berbagai ruas jalan. Seblak merupakan kuliner berupa kerupuk basah dengan tambahan topping, yang kemudian disiram dengan kuah gurih dan pedas. Dari sekian banyak penjual seblak, salah satu yang terenak adalah Seblak Bunda di Jalan H. Kurdi II Gang 10 No 4. Kuliner kaki lima ini buka pukul 09:00 – 18:30 (Selasa tutup).

Salah satu keistimewaan Seblak Bunda adalah banyaknya pilihan topping yang ditawarkan. Mulai dari kerupuk, makaroni, kwetiau, mi, bihun, bakso sapi, sosis, ceker ayam, tahu kering, siomay, bakso ikan, hingga cimol bisa kamu pilih untuk melengkapi satu mangkuk seblak. Harga satu porsi hidangan ini mulai dari Rp8.000, tergantung dari topping yang kamu pilih. 

Sate Anggrek

(Sumber: @yourbandung)

Jika sedang berada di sekitar Jalan Anggrek, Cihapit, mampirlah ke Sate Mirah Bandung atau yang lebih terkenal dengan nama Sate Anggrek. Di sini, tempat pembakaran sate bisa memuat hingga 100 tusuk sekaligus. Jadi, kamu jadi tak perlu lama menunggu pesanan sate selesai dimasak.

Sate Anggrek menjual beragam jenis sate, mulai dari sate ayam, kambing, sapi, dan sate telur. Tempat makan ini juga menyediakan soto sulung khas Madura sebagai teman makan sate. Harga satu porsi sate berisi 10 tusuk dan nasi di Sate Anggrek cukup terjangkau, hanya sekitar Rp15.000 – Rp20.000. Dengan begitu, kamu bisa makan puas tanpa takut kantong jebol!

Kupat Tahu Gempol

(Sumber: @junee203)

Sudah berjualan sejak tahun 1975, Kupat Tahu Gempol dikenal sebagai salah satu kuliner kaki lima legendaris di Bandung. Buka sejak pukul 06:00 di Jalan Gempol Kulon No 53, Citarum, biasanya pengunjung datang memesan ketupat tahu untuk sarapan. Jadi, jangan heran kalau sejak pagi sudah terlihat antrean di tempat makan ini.

Satu porsi Kupat Tahu Gempol dijual dengan harga kurang lebih Rp15.000. Isinya terdiri dari potongan ketupat, tahu goreng, taoge, lalu disiram dengan bumbu kacang yang kental dan gurih. Tak ketinggalan, kerupuk dan taburan bawang goreng akan membuat Kupat Tahu Gempol terasa semakin sedap. 

Nasi Campur 88

(Sumber: @wennyhendarto)

Pernah jalan-jalan ke pusat kuliner Sudirman Street? Nah, tidak jauh dari sana, tepatnya di Jalan Cibadak No 152, terdapat sebuah kuliner kaki lima yang menarik untuk dicoba bernama Nasi Campur 88. Begitu enak nasi campur yang dijual di sini membuat para pengunjung rela antre panjang, apalagi saat akhir pekan.

Soal harga, kamu perlu siapkan uang sekitar Rp40.000 untuk menyantap satu porsi nasi campur berisi nasi putih, daging babi, daging ayam suwir, samcan, telur kecap, bakso goreng, dan otak-otak. Ada juga sambal pedas yang akan menambah kelezatan nasi campur kamu. Penasaran ingin mencoba? Kamu bisa datang langsung ke Nasi Campur 88 pukul 18:30 – 24:00, ya!

Batagor Hanjuang

(Sumber: @awanrs)

Sama seperti seblak, batagor (bakso tahu goreng) juga merupakan salah satu kuliner khas Bandung yang menjadi favorit wisatawan. Ada yang kurang rasanya kalau berlibur ke Kota Kembang ini tanpa makan batagor. Nah, kalau mau mencoba batagor yang enak dengan harga ramah kantong, kamu bisa mengunjungi Batagor Hanjuang di Jalan Astina No 17, Cicendo, tepatnya di depan RM Anugerah. 

Batagor Hanjuang dibuat menggunakan tenggiri, sehingga cita rasanya gurih. Setelah digoreng hingga garing, batagor kemudian disajikan dengan bumbu kacang. Agar semakin sedap, batagor dan bumbu kacang juga diberi kecap manis dan perasan jeruk nipis. Soal rasa, pokoknya enak!

Seafood Kiloan Bang Bopak

Siapa bilang makan seafood harus mahal? Di Jalan Brigjen Katamso No 33, Cibeunying Kaler, terdapat sebuah warung kaki lima yang menjual berbagai masakan olahan hidangan laut dengan harga terjangkau. Sesuai namanya, seafood di sini tidak dijual per porsi, melainkan per kilogram. Harga 100 gram seafood biasanya sekitar Rp25.000. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan selera dan bujet.

Asyiknya lagi, jenis hidangan laut yang dijual di Seafood Kiloan Bang Bopak sangat beragam, seperti kepiting, udang, cumi-cumi, aneka ikan, lobster, hingga baby octopus. Setelah memilih dan menimbang seafood, pesanan kamu akan dimasak dengan saus tertentu sesuai selera. Kamu bisa memilih saus asam manis, saus padang, dan saus spesial. Menarik, bukan?

Ayam Bakar Madu Warung 97

(Sumber: @lily.lobilobi)

Di kawasan Jalan Rajiman, tepatnya di seberang BornGa, terdapat sebuah kuliner kaki lima bernama Warung 97. Tempat makan ini menjual ayam bakar madu yang begitu favorit di kalangan pengunjung. Biasanya, para pengunjung juga memesan nasi uduk sebagai teman makan ayam bakar.

Selain ayam bakar dan nasi uduk, Warung 97 juga menjual berbagai menu lain yang tak kalah enak, seperti pecel lele, sate usus, ati, dan ampela. Di sini, kamu juga wajib mencoba kol goreng yang dimasak hingga garing ya!

Bakso Malang Cipaganti

(Sumber: @kokokuliner)

Ingin makan bakso Malang saat berlibur di Bandung? Tenang, kamu bisa langsung datang ke Bakso Malang Cipaganti! Pada tahun 1978, Bakso Malang Cipaganti dijual dengan cara dijajakan. Setelah dua tahun, pemiliknya memutuskan untuk membuka dua warung di Jalan Cipaganti dan perempatan Pasteur.

Selain sudah buka cukup lama, Bakso Malang Cipaganti begitu terkenal karena rasa baksonya yang sangat enak. Pembuatan baksonya tidak menggunakan bahan kimia, sehingga aman untuk kamu konsumsi. Teksturnya pun cukup empuk karena menggunakan daging sapi bagian paha untuk bakso daging dan daging bagian iga untuk bakso urat. Tertarik untuk mencobanya?

Bakmi Lezat Gang Luna

(Sumber: @dh_282)

Kuliner kaki lima satu ini terletak di gang kawasan Jalan Sudirman. Meski begitu, kamu tak perlu bingung mencarinya karena ada papan nama “Bakmi Lezat” persis di sebelah kiri sebelum Martabak Nikmat Andir. Setiap harinya, Bakmi Lezat Gang Luna buka pukul 06:00 – 22:00 WIB.

Ada beragam menu bakmi yang bisa kamu pesan di sini. Beberapa di antaranya adalah mi polos, mi pangsit, mi rica bakso, dan mi rica spesial. Kalau mau, kamu juga bisa menambah pangsit goreng dan kerupuk agar tanpa nikmat. Harga satu porsi bakmi ini hanya sekitar Rp19.000 saja. Cukup terjangkau, bukan?

Lotek Kalipah Apo 42

Lotek memang terlihat hampir mirip pecel, tetapi kedua kuliner tersebut memiliki isi yang berbeda. Di Lotek Kalipah Apo 42, seporsi lotek berisi kol, taoge, kacang panjang, kangkung, bayam, nangka muda, lontong, dan tempe. Berbagai isian tersebut akan disiram bumbu kacang beraroma kencur. Satu porsi lotek di sini dijual dengan harga sekitar Rp16.000.

Selain lotek, wisata kuliner kaki lima di Bandung ini juga menjual menu lain seperti asinan sayuran, asinan buah, rujak buah, dan gado-gado. Kalau tertarik mencoba, kamu bisa langsung datang ke Jalan Kalipah Apo No 42 pukul 08:30 – 17:00 setiap Senin – Sabtu (Minggu tutup).

Bubur Gibbas

(Sumber: @penny_zhang)

Umumnya, bubur dijual pada pagi hari untuk menu sarapan. Namun, Bubur Gibbas hanya bisa kamu temui pukul 16:00 – 24:00 di Jalan Kebon Jati No 187, Andir. Harga buburnya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp12.000 per porsi.

Pilihan menu bubur yang ditawarkan cukup banyak. Kamu bisa memesan bubur polos, bubur campur cahkwe, bubur ayam biasa, bubur ayam campur kulit, hingga bubur ayam campur telur muda, ati, dan ampela.

Bakmi Jogja Bengawan

(Sumber: @ivanrmaulana)

Di Bandung, kamu juga bisa menemukan kuliner bakmi Jogja. Salah satu yang terbaik adalah Bakmi Jogja Bengawan di dekat bundaran Jalan Taman Pramuka. Bakmi kuah dan goreng di sini sama-sama enak, dengan campuran telur, sayur, dan taburan bawang goreng yang garing.

Sebagai teman makan bakmi, jangan lupa memesan nasgitel, yakni singkatan dari “teh panas legi kentel” (teh panas manis kental). Tak hanya itu, ada pula wedang ronde dan wedang jahe yang pas diminum saat udara dingin.

Nasi Goreng Bistik Sapi AA

(Sumber: @aa.bistik)

Sepertinya hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki kuliner nasi goreng dengan ciri khasnya. Nah, di Bandung kamu bisa menemukan nasi goreng yang disajikan dengan bistik sapi di Nasi Goreng Bistik Sapi AA. Satu porsi hidangan terdiri dari nasi goreng, bistik, kentang goreng, serta potongan buncis dan wortel rebus.

Selain nasi goreng bistik, kuliner yang berlokasi Jalan Astanaanyar 264 ini juga menyediakan menu nasi lain seperti nasi capcai, nasi cah jamur, dan nasi bihun goreng. Harganya hidangan kaki lima di sini mulai dari sekitar Rp19.000 saja, lho!

***

Tak hanya lezat, beberapa wisata kuliner kaki lima di Bandung yang sudah disebutkan tadi juga relatif murah sehingga tidak akan membebankan anggaran liburan. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan anggaran untuk keperluan lain seperti belanja di factory outlets. Jika bingung menentukan tempat makan mana yang ingin didatangi, kamu bisa meminta pendapat teman-teman atau keluarga dengan share artikel ini ya!

Tags:
Need help?