Promos Partner with UsSavedMy Booking
IDR
Pay
Payment

Login to your account

No account yet?
Register
Or log in with:
1
2

Log in to your account

No account yet?
Register
Or log in with:
1
2
0

Traveloka Team

15 Jan 2020 • 2 min read

Pernah Kesulitan Dapat Tiket Kereta Api Saat Mau Bepergian? Kereta Lanjutan Solusinya!

Kamu yang tinggal di Pulau Jawa pasti sudah familier dengan kereta api. Jenis transportasi publik ini bisa dibilang salah satu andalan untuk bepergian antarkota, salah satunya karena mampu menjangkau berbagai daerah kecil yang mungkin tak dicapai oleh jenis transportasi lainnya.


Kereta Lanjutan, solusi bepergian ke berbagai destinasi yang kamu inginkan. (foto: Shutterstock)

Meski begitu, para pengguna kereta juga mungkin sudah akrab dengan hal-hal seperti: kehabisan kursi karena kalah cepat pesan tiket dengan calon penumpang lain, atau harus beli tiket terpisah secara manual karena tidak menemukan akses kereta langsung ke tempat tujuan.

Nah, buat kamu yang pernah mengalaminya, kini kamu akan terbantu oleh layanan baru dari Traveloka, yaitu Kereta Lanjutan.

Apa itu Kereta Lanjutan?

Mirip dengan penerbangan transit, Kereta Lanjutan akan menemukan rute kereta alternatif untuk mencapai destinasi pilihanmu. Biasanya, rute perjalanan kereta di Pulau Jawa sudah memiliki jalur pasti dan hanya menggunakan satu kereta. Tapi dengan layanan ini, kamu bisa mencapai sebuah destinasi dengan transit di stasiun tertentu untuk berganti kereta ke tujuan akhirmu.

Info lengkap mengenai Kereta Lanjutan bisa ditemukan di sini.

Lalu, di situasi seperti apa Kereta Lanjutan bisa membantumu?
1. Saat kehabisan tiket kereta rute langsung

Pada waktu tertentu seperti Lebaran atau akhir tahun, kebutuhan tiket kereta meningkat. Tak sedikit pula pengguna kereta yang kehabisan tiket rute langsung akibat kalah cepat memesan. Di sinilah Kereta Lanjutan bakal membantumu menemukan rute lain untuk mencapai tempat tujuanmu.

2. Ketika tidak ada akses kereta langsung

Mungkin suatu saat kamu ingin bepergian ke sebuah kota, tapi ternyata tidak terdapat rute kereta langsung dari kota asalmu. Kini, kamu tak perlu lagi cari moda transportasi lain untuk menyambung perjalanan, karena sama dengan poin pertama, Kereta Lanjutan bisa mencarikan rute kereta alternatif ke destinasi yang kamu inginkan hanya lewat satu kali pemesanan.

Baca juga  Proud to be Partner of Indonesia.Travel
-
3. Saat menginginkan perjalanan santai

Buat kamu yang memiliki tidak terburu-buru sampai tujuan karena ingin menikmati perjalanan, Kereta Lanjutan bisa jadi pilihan caramu melakukan sebuah perjalanan. Kamu bisa menikmati kota lain sejenak saat transit.

4. Bila kamu khawatir tiba tengah malam

Merasa kurang sreg saat mau pesan tiket, hanya karena jadwal tiba yang kurang sesuai? Mungkin karena terlampau larut malam atau bahkan dini hari. Kamu pun khawatir bakal kesulitan dapat transportasi umum di tempat tujuan. Di sinilah Kereta Lanjutan bisa membantumu lewat beragam pilihan kereta dan rute alternatif, dengan jadwal tiba yang lebih variatif pula.

Bagaimana cara memesannya?
1. Lakukan pencarian tiket kereta

Di Traveloka App, mulai pencarian dengan mengisi kota/stasiun asal dan tujuan beserta tanggal perjalanan, serta jumlah penumpang.

2. Temukan opsi berlabel ‘Kereta Lanjutan’

Pada hasil pencarian, cari pilihan kereta dengan label Kereta Lanjutan. Di situ, kamu bisa melihat ringkasan rute perjalanan, waktu berangkat dan tiba, juga waktu tempuh perjalanan.

4. Lihat detail perjalanan

Ketuk tanda panah di sisi kanan kolom ringkasan hasil pencarian untuk mengetahui stasiun transit yang akan dilalui, durasi transit, serta informasi yang mesti kamu tahu seputar perjalanan tersebut.

5. Lengkapi data pribadi dan lakukan pembayaran

Pastikan detail pesanan sudah sesuai, lengkapi data sesuai identitas, lalu lakukan pembayaran.

Setelah itu, kamu akan mendapat setidaknya 2 lembar e-tiket, yang dapat kamu temukan di laman Pesanan Saya di Traveloka App, juga melalui email. Masing-masing e-tiket adalah untuk perjalanan dari stasiun keberangkatan awal ke stasiun transit, dan kereta lanjutan dari stasiun transit ke stasiun akhir.

Kini, tak perlu lagi khawatir kehabisan kursi atau tak punya akses ke destinasi tujuanmu, terutama saat hari-hari penting ataupun momen liburan. Coba sekarang di sini.

Need help?