peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Masuk / Daftar

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2
Accommodation > Homestay Bandung
Homestay

Homestay di Bandung

Tersedia banyak homestay terbaik di Bandung hanya untuk Anda

Membahas Bandung seperti tidak akan ada habisnya. Maklum, daya tarik kota ini begitu luar biasa. Tidak hanya para wisatawan yang sering kembali, banyak juga yang ingin menetap di sini.

Tentu saja, bila dana sudah lebih dari mencukupi, mungkin saja Anda pindah ke Bandung. Apalagi bila sudah menemukan rumah untuk dibeli dan dihuni. Namun, bila belum, kost dapat menjadi pilihan. Ya, meskipun artinya Anda tetap membayar sewa per bulan selama tinggal di sana.

Mahasiswa yang kuliah di Bandung namun berasal dari luar kota juga mengandalkan kost. Sekarang kost tidak hanya untuk para mahasiswa maupun pekerja kantoran, melainkan juga dapat digunakan oleh para wisatawan yang sedang berlibur.

Sebelum membahas tentang kost di Bandung, mengapa banyak yang senang tinggal di Bandung? Mengapa banyak yang ingin kembali lagi?


Penyebab Bandung Menjadi Tempat yang Betah untuk Dihuni.

  • Biaya hidup masih terhitung lebih murah.

Tentu saja, fakta ini sulit dibantah. Hidup di Bandung tidak seberat hidup di Jabodetabek. Bayangkan, dengan selembar Rp10.000,00 saja, Anda masih bisa makan enak dan kenyang. Selain itu, harga kost di Bandung juga masih sangat bersahabat dengan fasilitas kost juga nyaman dan apik.

Berdasarkan kualitas, harga sewa kost di Bandung berawal dari Rp300.000,00-an. Bahkan, bila masih berstatus mahasiswa, Anda bisa mendapatkan yang lebih murah. Semua tergantung giatnya Anda mencari.

  • Banyak tempat wisata kuliner yang enak.

Kegiatan khas orang Indonesia saat berkumpul tidak pernah jauh-jauh dari makanan. Apalagi di Bandung, sehingga tempat wisata kuliner yang enak menjamur. Mau yang murah berupa batagor di gerobak hingga restoran pun ada. Mau menu lokal hingga internasional juga ada.

Bedanya? Seperti fakta nomor satu di atas, menu makanan di Bandung masih lebih murah. Ya, paling murah adalah batagor atau cireng seharga lima ribu perak saja.

  • Lahan fashion yang oke.

Jangan heran bila Bandung terkenal dengan sebutan “Paris van Java”. Selain karena bangunan-bangunan bersejarah yang masih terawat, industri fashion di sini juga berkembang. Jika jalan-jalan ke Jalan Dago dan Jalan Riau, banyak jajaran distro di sana.

Gaya busana anak-anak Bandung juga unik. Selain itu, mau berbelanja pakaian di sini juga murah meriah.

  • Udaranya masih sejuk.

Meskipun banyak yang mengeluh bahwa Bandung mulai panas, hal itu tidak menyurutkan jumlah peminat. Memang, akhir pekan selalu ramai dengan wisatawan dari Jakarta. Macet tidak dapat dihindari di pusat kota.

Namun, di beberapa daerah, Bandung masih berudara sejuk. Apalagi pagi hari, saat jalanan masih sepi. Bila tinggal di dataran tinggi, sepertiDago atau Lembang, udara bisa lebih dingin lagi.

Keempat penyebab Bandung menjadi tempat yang betah dihuni ini mungkin juga menjadi alasan Anda. Ingin tinggal di Bandung namun belum punya dana untuk membeli rumah sendiri? Sewa saja kamar kost. Toh, yang penting Anda masih bisa tidur nyenyak, jalan-jalan, dan makan. Anda bisa fokus kuliah atau bekerja selama di sana.

Tapi, bagaimana cara memilih kost di Bandung yang tepat? Bila ini pertama kalinya, Anda dapat membaca tips pada bab berikutnya.


Tips Memilih Homestay di Bandung

Baik sebagai mahasiswa, pekerja, atau wisatawan, memilih kost yang cocok di Bandung cukup penting. Beberapa faktor di bawah ini dapat jadi pertimbangan Anda:

  • Lokasi.

Lokasi menjadi salah satu faktor penentu kenyamanan. Mengapa demikian? Jika masih mahasiswa, sebaiknya pilih kost yang dekat dengan kampus. Pasti Anda tidak mau bila harus lari-lari ke kampus saat bangun terlambat. Belum lagi ongkos angkot atau ojek yang justru menambah pengeluaran.

Begitu pula bila Anda pekerja kantoran. Daripada kelelahan di perjalanan, lebih baik cari kost yang dekat dengan kantor. Anda bisa bekerja lebih efektif tanpa harus membuang banyak waktu di jalan.

Bagaimana bila Anda hanya wisatawan yang sedang liburan? Terserah. Anda bisa memilih kost yang dekat tujuan wisata. Bila tidak masalah berjalan-jalan sedikit jauh, Anda bisa memilih kost di mana saja.

  • Harga dan fasilitas.

Kedua hal ini juga merupakan faktor penting sebelum memilih kost. Jika masih mahasiswa, pertimbangkan dengan jumlah uang kiriman orang tua. Jangan sampai demi kenyamanan premium, Anda rela mengutang ke mana-mana.

  • Lingkungan.

Lingkungan juga faktor penting dalam memilih kost yang aman dan nyaman. Sebagai mahasiswa, lebih baik tinggal di daerah kost yang banyak mahasiswa lain. Selain dapat berinteraksi dengan mereka, Anda tidak akan merasa terlalu kesepian.

Lebih baik lagi bila satu daerah dengan teman-teman kampus. Anda bisa pergi bersama-sama dan saling membantu saat mengerjakan tugas dan belajar untuk ujian. Alternatif lain, ajaklah teman untuk menjadi teman sekamar di kost. Biaya sewa jadi lebih murah bila ditanggung bersama.

  • Keamanan.

Faktor ini masih berkaitan dengan masalah lingkungan sekitar. Apakah kost yang Anda tempati aman? Tidak hanya soal penjagaan siskamling setempat, privasi kamar kost Anda juga harus dihargai.

Daftar Kost di Bandung

Siap memilih kost di Bandung yang cocok untuk Anda? Ini dia daftarnya:

  • Rumah Kost CKB8, dekat ITENAS, Widyatama.

Mahasiswa ITENAS banyak yang memilih kost ini, karena dekat dengan kampus mereka. Bila Anda bekerja di daerah Bandung Timur, kost ini juga bisa jadi pilihan. Lokasinya ada di Jalan Cikutra Baru VIII Nomor 12.

Tarif kamar kost di sini juga terjangkau. Ingin menyewa bulanan? Anda bisa membayar mulai dari Rp500.000,00 hingga Rp750.000,00. Namun, jika tidak ingin ribet, Anda juga bisa membayar tahunan. Biayanya sekitar Rp5.000.000,00 hingga Rp7.500.000,00.

Fasilitas yang disediakan juga banyak. Ada tempat tidur, meja, kursi, lemari pakaian, dan kamar mandi. Koneksi wifi dan TV kabel juga ada. Anda juga bisa menghemat biaya membeli minum. Ada air minum gratis dari dispenseruntuk para penghuni kost.


  • Kost Puri Syailendra, Pasteur, Maranatha.

Anda mencari kost yang aman, nyaman, dan tenang? Kost Puri Syailendra tempatnya. Bertempat di Jalan Terusan Setraria Kavling 12, Sukajadi, Anda akan betah di sini. Tidak hanya mahasiswa Universitas Maranatha, pekerja kantoran juga tinggal di sini.

Anda bisa memilih kost ini jika kantor Anda di sekitar Bandung Utara. Tarif kamar kost di sini juga lumayan terjangkau. Untuk sewa bulanan, Anda membayar Rp2.250.000,00. Namun, jika ingin menyewa tahunan, Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Tarifnya berkisar antara Rp25.000.000,00 hingga Rp31.000.000,00.

Fasilitas yang disediakan juga menyenangkan. Ada kamar ber-AC, kamar mandi dalam dengan air panas, TV kabel, dan koneksi wifi.

Soal keamanan, ada satpam kompleks dan kamera CCTV yang beroperasi 24 jam. Ingin berbelanja? Ada toko dan minimarket dekat kampus Maranatha.

  • Green House, dekat UNIKOM dan di pusat kota.

Bagi mahasiswi UNIKOM, Green House merupakan kost pilihan. Terletak di Jalan Sekeloa Utara Nomor 82, Coblong, kost ini dekat dengan kampus mereka.

Kost ini hanya bisa disewa bulanan, yaitu Rp550.000,00 per bulan. Kost ini khusus menerima perempuan (mahasiswi dan karyawati) saja.

Meskipun tidak ada fasilitas wifi, Anda bisa menikmati dapur bersama. Lokasinya juga dekat dengan kantin, rumah makan, minimarket, klinik, dan pasar. Bila sedang malas mencuci pakaian sendiri, ada juga jasa binatu yang siap membantu.

  • Fasa Resident, dekat Kampus ITB.

Masih di pusat kota atau Bandung Tengah, ada Fasa Resident. Letaknya ada di Jalan Cisitu Lama IV Nomor 123A/154C, Dago, Coblong. Tidak hanya mahasiswa dan mahasiswi ITB, pekerja kantoran juga menghuni di sini.

Kabar baik bagi wisatawan: kost Fasa Resident bisa disewa per hari. Biayanya Rp50.000,00 per hari. Lumayan sekali, bukan? Bagi yang ingin menyewa bulanan, biayanya mulai dari Rp550.000,00 hingga Rp700.000,00.

Demi kesopanan dan keamanan, kamar mandi luar khusus untuk penghuni laki-laki. Penghuni perempuan mendapatkan kamar dengan kamar mandi dalam. Fasilitas lainnya adalah kasur, lemari, meja kecil, dan internet. Biaya listrik harus membayar lagi, karena setiap kamar mempunyai meteran masing-masing.

Meskipun akses keluar dan masuk 24 jam, jangan membawa lawan jenis untuk menginap.

Sebenarnya, ITB sendiri sudah merupakan tempat wisata. Beberapa area terbuka di kampus cocok untuk nongkrong. Tidak heran, banyak mahasiswa yang betah di sana. Apalagi saat udara sedang sejuk.



Review Homestay di Bandung

Tempat Wisata di Bandung


Warung Iga Bakar si Jangkung

Cobalah berkunjung ke Pasteur, dari sini Anda bisa sekalian berwisata kuliner. Ada Iga Bakar si Jangkung. Bukan iganya yang jangkung (alias panjang), melainkan pemiliknya. Bahkan, iga bakarnya disajikan tanpa tulang sama sekali. Anda bisa memakannya dengan nasi hangat. Tambahkan saja irisan tomat, cabai rawit, dan bawang merah.

Warung Iga Bakar si Jangkung ada di Jalan Cipaganti Nomor 75B, Pasteur.

Pondok Kapau

Anda bisa berwisata kuliner di waktu luang dengan mengunjungi Pondok Kapau di Jalan Dipati Ukur Nomor 100. Ada yang namanya teh telur yang dipercaya dapat menyembuhkan masuk angin.

Rumah Makan Boga Raso

Jika ingin menu lengkap, datanglah ke Rumah Makan Boga Raso. Letaknya ada di Jalan Dipati Ukur Nomor 122C. Dengan nasi, ayam goreng, sayur, dan lauk, Anda cukup membayar sekitar Rp14.000,00. Lumayan terjangkau, bukan?

Mie Rampok

Anda bisa juga mencoba mi dengan nama unik: Mie Rampok. Dekorasinya memang agak seram, karena terinspirasi dari penjara. Namun, di sini Anda bisa mencoba menu mi dengan kepedasan level variasi. Letaknya ada di Jalan Sumur Bandung Nomor 14.

Beberapa tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi adalah:

  • Cihampelas Walk, merupakan pusat perbelanjaan mewah di Bandung yang sangat ramai dikunjungi wisatawan.
  • Kebun Binatang Bandung.
  • Teras Cikapundung, di mana Anda bisa mencoba fish therapy. Masukkan kaki Anda ke dalam air. Biarkan ikan-ikan kecil berwarna hitam menggigiti kulit mati Anda. Kaki Anda akan mulus kembali.
  • Taman Film Pasopati, tempat Anda bisa bersantai sejenak. Bonusnya adalah menonton film gratis. Tentu saja, Anda tidak bisa memilih film yang ingin Anda tonton. Datanglah bersama teman atau orang terdekat Anda.

Sudah menemukan kost yang cocok untuk tinggal di Bandung? Semoga Anda betah di sana.


?
Perlu Bantuan?