peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2
Accommodation > South Jakarta Homestay
Homestay

Homestay di Jakarta Selatan

Tersedia banyak homestay terbaik di Jakarta Selatan hanya untuk Anda

Siapa yang tidak kenal dengan Jakarta? Banyak mal, macet setiap hari, hingga dianggap lebih kejam dari ibu tiri. Meski demikian, ternyata peminat Jakarta tidak surut juga. Apalagi Jakarta Selatan.

Bagaimana dengan Anda? Masih ingin tinggal di Jakarta? Mengingat semakin sulit mencari lahan untuk tinggal, rumah kost kini menjadi pilihan.


Penyebab Masih Banyak yang Ingin Tinggal di Jakarta Selatan

Berbahagialah bila Anda lahir dan besar di ibu kota. Tidak hanya ragam kemudahan yang dapat Anda nikmati di sini. Banyak perantau yang masih menganggap bahwa Jakarta adalah tujuan ideal.

Mencari tempat tinggal selama di Jakarta Selatan sangat penting. Beruntunglah bila Anda punya kenalan yang baik hati. Bila tidak? Anda harus membayar sewa kamar kost.

Jadi, apa sajakah penyebab masih banyak yang ingin tinggal di Jakarta, terutama bagian selatan?

  • Untuk ukuran Jakarta, bagian selatan masih paling asri.

Meskipun mayoritas gersang karena tertutup jalanan beraspal, Jakarta masih punya area hijau. Jagakarsa merupakan salah satu contohnya. Tidak heran, banyak keluarga dengan anak-anak kecil memilih Jakarta Selatan. Selain masih lumayan sejuk, Jakarta Selatan masih asri. Contohnya daerah Tanah Kusir dan Jagakarsa.

  • Untuk ukuran Jakarta, biaya hidup bagian selatan masih lumayan murah.

Coba bandingkan satu barang yang sama dijual di mal. Bila mal tersebut masih berada di Jakarta Selatan, harganya masih terjangkau. Namun, bila barang yang sama ada di mal Jakarta Pusat atau Barat, harganya pasti lebih mahal.

  • Masih banyak hiburan dengan harga terjangkau.

Pada awal kemunculannya, Mall Pondok Indah dan Blok M Plaza sempat menjadi primadona. Begitu mal-mal lain mulai bermunculan, kedua mal ini masih bertahan. Namun, karena harganya lebih terjangkau, Anda bisa kemari. Entah itu untuk menonton film, makan-makan, atau belanja.

  • Banyak tempat nongkrong yang buka 24 jam.

Tempat ini mungkin cocok bagi Anda yang sulit tidur atau memang senang bergadang. Di luar kota? Belum tentu, meskipun saat akhir pekan.

Bila sedang ingin mengerjakan tugas atau mendadak lapar, datanglah ke convenient store. Meskipun hanya memesan camilan dan minuman ringan, yang penting Anda bisa nongkrong. Mau sambil bergadang mengerjakan tugas kuliah atau kantor juga bisa. Pastikan convenient store menyediakan akses wifi gratis.

  • Ragam wisata kuliner di setiap penjuru.

Ragam wisata kuliner di setiap penjuru akan memanjakan lidah Anda. Mau itu menu lokal atau internasional, semua ada. Mau Anda membelinya di restoran atau warung kaki lima, terserah saja. Yang pasti, Anda akan kenyang dan sangat puas di sini. Contohnya angkringan di depan Blok M Square mulai pukul enam sore.

Ada juga banyak jajanan di sekitar kawasan Mesjid Agung Al-Azhar. Datanglah selepas salat Jumat. Anda akan menemukan banyak pilihan.


Tips Memilih Homestay di Jakarta Selatan

Cara Mencari Kost di Jakarta Selatan

Tempat kost termasuk yang jadi andalan di Jakarta. Tidak hanya harga sewanya yang lebih murah, mengurusnya juga tidak ribet.

Banyak sekali tempat kost, namun dari mana Anda harus memulai pencarian? Beberapa tips di bawah ini bisa membantu Anda:

  • Sesuaikan dengan lokasi kampus, kantor, atau tujuan wisata Anda.

Jakarta sudah sangat terkenal dengan kemacetan di jalan. Beberapa titik di daerah selatan sering macet luar biasa.

Untuk mencegah kemungkinan datang terlambat, pilihlah rumah kost sedekat mungkin dari tempat wisata tujuan atau tempat Anda bekerja. Kini, bangun lebih pagi saja tidak cukup. Banyak yang melakukannya, sehingga rasanya seperti berlomba.

Tidak hanya dekat, lebih baik lagi bila akses jalan ke kampus atau kantor mudah. Misalnya jalur tidak harus banyak berputar-putar. Tinggal dekat halte bus atau pangkalan ojek sangat membantu, meskipun ada aplikasi ojek online.

  • Cari alternatif solusi bila tempat kost terlalu jauh.

Bagaimana bila tidak bisa mendapatkan tempat kost yang dekat tujuan? Misalnya kampus Anda di Atma Jaya. Sayangnya, tempat kost yang ada sudah penuh atau terlalu mahal, yaitu sekitar Rp5.000.000,00.

Akhirnya, Anda harus menyingkir sedikit ke daerah Bendungan Hilir. Beruntunglah, ada rumah kost yang harga sewanya hanya Rp3.000.000,00. Di sinilah Anda harus mengandalkan transportasi umum, seperti bus Kopaja atau ojek.

  • Sesuaikan dengan dana yang Anda punya.

Harga sewa kamar kost di Jakarta Selatan memang lebih murah dari rumah kontrakan. Namun, ada juga rumah kost kelas premium, yang harganya lebih mirip sewa losmen. Jika Anda mempunyai dana yang cukup untuk itu, silakan menyewa. Jika tidak, sebaiknya jangan memaksakan diri.

Alternatif lain, Anda bisa mengajak teman yang juga kuliah/bekerja di Jakarta untuk berbagi kamar. Jadi, biaya sewa menjadi lebih murah berkat patungan. Namun, pastikan teman tidak keberatan dengan pilihan kamar kost yang ada.

  • Pastikan tempat kost itu berada di lingkungan yang aman.

Ini juga penting, karena menyangkut rasa nyaman. Coba perhatikan, apakah daerah itu banyak premannya? Apakah pernah terjadi keributan? Apakah rumah kost tersebut pernah kemalingan?

Bila jawabannya ya, mungkin Anda perlu pikir-pikir lagi sebelum memilih kost itu.

  • Carilah daerah yang bebas banjir.

Rumah kost yang Anda lihat memang bagus. Namun, apa jadinya bila setiap hujan lebat, Anda kebanjiran? Meskipun mungkin rumah kost tidak terendam, Anda tetap tidak bisa ke mana-mana saat banjir. Akses ke luar tertutup sehingga Anda tidak bisa ke kampus atau kantor.

Anda bisa melihat apakah rumah kost itu berada di dataran rendah atau tinggi. Selain itu, bertanya pada penghuni lama juga sangat membantu.

  • Prosedur manajemen di rumah kost membuat Anda merasa nyaman.

Keamanan tidak hanya terkait dengan yang terjadi di luar kamar. Jika mereka ingin membersihkan kamar atau mengadakan inspeksi, pastikan Anda hadir. Biasanya pengelola kost memegang kunci cadangan untuk semua kamar. Seharusnya, mereka meminta izin pada Anda dulu sebelum masuk ke kamar.


Review homestay di Jakarta Selatan

Daftar Kost di Jakarta Selatan.

Mencari rumah kost di Jakarta sebenarnya mudah, terutama di bagian selatan. Selain mencari lewat internet, Anda juga harus datang ke lokasi.

Beberapa kost di Jakarta Selatan ini mungkin bisa jadi pertimbangan Anda:

1.Kost Eksklusif Arteri Pondok Indah

Sayangnya, kost yang terletak di Jalan Tanah Kusir II Nomor 15A ini tidak bernama. Namun, untuk standar Jakarta Selatan, kost ini boleh dicoba.

Dengan rentang harga sewa sekitar Rp1.800.000,00 hingga Rp2.500.000,00 , fasilitas yang ada adalah:

  • Kamar mandi dalam
  • Pemanas air (water heater)
  • AC
  • Koneksi wifi
  • Spring bed dan lemari pakaian
  • Kamera CCTV
  • Akses penuh penghuni 24 jam (alias tidak ada jam malam)

Mengingat ada CCTV, Anda akan merasa lebih aman. Tempat kost ini juga dekat dengan:

  • Gandaria City (sekitar sepuluh menit)
  • Pondok Indah Mall (sekitar tujuh menit)
  • Restoran
  • Minimarket
  • Fasilitas umum lain

Tanah Kusir merupakan daerah perumahan yang cukup ramah dan aman.

2.Nibrosh Kost, Kebayoran Baru.

Nibrosh Kost terletak di Jalan Kirai II Nomor 9, Cipete Utara, Kebayoran Baru. Ada tiga jenis kamar yang dapat Anda sewa, berikut harganya:

  1. Kamar Non-AC: Rp1.200.000,00 per bulan (5,5 x 3 meter)
  2. Kamar AC: Rp1.700.000,00 per bulan (5,5 x 3 meter)
  3. Kamar ukuran kecil (Non-AC): Rp1.600.000,00 per bulan (5,5 x 2,5 meter)

Penghuni kost ini kebanyakan pekerja kantoran. Jika ingin mengajak teman sekamar, Anda tidak akan dikenai biaya tambahan.

Fasilitas yang ada di Nibrosh Kost adalah:

  • Ruang menjemur pakaian
  • Lahan parkir untuk motor
  • Dapur bersama
  • Kamar mandi dalam
  • Koneksi wifi gratis 24 jam
  • Layanan kebersihan (room service)
  • Layanan keamanan (security) 24 jam

Banyak yang memilih kost di sini karena lahannya yang masih asri. Ada kebun hijau yang bisa dilihat setiap pagi. Selain itu, pekerja yang kantornya di daerah Fatmawati sangat terbantu dengan tinggal di sini. Fatmawati merupakan salah satu titik termacet di Jakarta Selatan.

Nibrosh Kost dekat dengan Terminal Blok M dan Jalan Fatmawati Raya. Jadi, Anda masih bisa keliling Jakarta di waktu luang. Cukup mengandalkan bus Trans Jakarta dari Terminal Blok M.

3.S Kost Cabang I, Panglima Polim

Ingin mencari tempat kost di daerah yang rapi? S Kost Cabang I jawabannya. Terletak di Jalan Benda IV, Nomor 1, Panglima Polim, kost ini juga jadi andalan. Kost ini terletak di belakang Hotel Amaris, jadi tidak sulit menemukannya.

Tarif sewa per bulan Rp2.200.000,00 , namun belum termasuk biaya listrik. Jika ingin teman sekamar, maka Anda akan terkena biaya tambahan Rp500.000,00. Namun, selama pembayaran bisa patungan, tidak masalah.

Fasilitas yang tersedia adalah:

  • Tempat tidur
  • Lemari pakaian
  • Nakas
  • Kamar mandi dalam (dengan pemanas air)
  • AC
  • Koneksi wifi
  • Dapur bersama
  • Mesin cuci
  • Ruang tamu
  • Lahan parkir untuk mobil dan motor

Kost ini dekat Family Mart dan ACE Hardware. Jadi, berbelanja kebutuhan hidup lebih dekat. Selain itu, Anda juga bisa ke Blok M untuk mencari hiburan. Ada wisata kuliner di Blok M Square dan Radio Dalam.

Ingin keliling Jakarta? Tinggal gunakan Trans Jakarta.

4.Kost Komplek Bappenas, Mampang Prapatan.

Banyak pilihan rumah kost di Komplek Bappenas, Mampang Prapatan. Di jajaran Jalan Mampang Prapatan VIII, Anda dapat menemukan mereka. Dengan rentang harga mulai dari Rp1.000.000,00 hingga Rp2.300.000,00 per bulan, Anda bisa lebih berhemat.

Fasilitas yang ditawarkan juga bagus. Ada AC, koneksi wifi, hingga CCTV. Tentu saja, ini tergantung harga sewa dan kualitas rumah kost tersebut. Mayoritas penghuni kost adalah pekerja kantoran.

Tempat Wisata di Jakarta

Jika ingin jalan-jalan, Anda bisa ke banyak tempat. Ada Kebun Binatang Ragunan dan Taman Anggrek Ragunan. Lalu ada banyak mal menarik yang bisa Anda kunjungi, seperti Kota Kasablanka dan Lotte Shopping Avenue.

Ada juga hiburan seru di Kuningan. Beberapa kali terdapat festival film di Usmar Ismail. Jika ingin melihat lebih dekat tentang budaya Betawi, Anda bisa berkunjung ke Perkampungan Budaya Betawi. Selain itu juga ada tempat wisata Setu Babakan, Museum Layang-Layang, Kemang Food Festival, dan Pasar Santa.

Mencari rumah kost di Jakarta Selatan sebenarnya mudah. Meski tidak selalu sesuai keinginan Anda, yang penting ada solusi alternatif untuk melawan kemacetan. Jadi, tidak perlu lagi ada cerita terlambat ke kampus atau kantor.


?
Perlu Bantuan?