peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2
Accommodation > Homestay Jogja
Homestay

Homestay di Jogja (Yogyakarta)

Tersedia banyak homestay terbaik di Jogja hanya untuk Anda

Bagi pencinta seni dan budaya, Daerah Istimewa Jogjakarta mungkin jadi hunian idaman. Dengan kultur lokal yang masih kental mendominasi, Anda akan merasa nyaman. Tidak heran, banyak perantau yang betah menetap di Jogja.

Mulai dari mahasiswa yang tengah kuliah di Kota Pelajar, pekerja kantoran yang senang bekerja di sini, sampai ada wisatawan yang jatuh hati dengan Jogja. Tidak hanya ingin kembali, mereka bahkan ingin menetap di sini.

Bila belum bisa membeli rumah, tinggal di kost sementara juga tidak apa-apa. Ada banyak alternatif pilihan kost murah yang bisa Anda dapatkan di sini.


Alasan Perantau Betah Menetap di Jogja

Tidak hanya dikenal sebagai Kota Gudeg dan Kota Pelajar, Jogja terkenal sering mencuri hati banyak perantau. Yang tadinya hanya kuliah atau bekerja di sini, lama-lama betah untuk menetap.

Banyak alasan perantau lama-lama betah menetap di Jogja. Lima hal di bawah ini mungkin termasuk alasan Anda:

  • Tidak perlu berlama-lama di jalan.

Akses jalanan di Jogja masih enak, meskipun sudah termasuk kota besar. Mau ke mana pun, Anda tidak perlu berlama-lama di jalan. Meskipun ada beberapa jalan yang mulai terkena peraturan “satu jalur”, hal itu tidak masalah. Anda tidak perlu berurusan dengan macet.

Bahkan, dalam sehari, Anda bisa ke beberapa tempat sekaligus tanpa takut lelah. Banyak urusan selesai tanpa memakan terlalu banyak waktu. Misalnya mau ke kampus, ke kantor, berbelanja, hingga berwisata.

  • Penduduk yang ramah dan senang berinteraksi dengan siapa pun, tanpa pandang bulu.

Sudah bukan rahasia lagi, Jogja terkenal dengan keramahan penduduknya. Bahkan, bila Anda baru pertama kali berkumpul dengan mereka, Anda akan sangat diterima. Anda langsung diperlakukan seperti kawan lama atau bahkan anggota keluarga. Diajak makan bersama, mengobrol, dan bersenang-senang.

Angkringan dan pedesaan termasuk tempat seru untuk nongkrong bareng. Bahkan, mereka bisa ekstra ramah bila Anda mengerti bahasa dan budaya Jawa. Bila sudah menguasai bahasa setempat, bantuan akan datang tanpa diminta.

Selain itu, saat berbelanja di pasar tradisional, Anda bisa mendapatkan diskon. Tentu bila Anda jago menawar dan tidak keterlaluan menawar harga.

  • Banyak tempat-tempat romantis di Jogja.

Ini mungkin berlaku bagi mereka yang pernah menemukan cinta di Jogja. Beberapa perantau mengaku punya kisah cinta, entah di Alun-Alun atau sepanjang Malioboro. Ada juga yang menemukan jodoh dan memutuskan untuk menetap.

  • Biaya hidup murah, tidak memberatkan.

Kapan dan di mana lagi bisa makan enak dan kenyang, hanya dengan modal Rp5.000,00? Apalagi bila makannya di angkringan. Selain itu, biaya kost dan transportasi di Jogja juga murah. Lumayan, Anda bisa menabung lebih banyak dan tidak sampai boros.

  • Banyak tempat pelarian saat stres melanda.

Pusing dengan tugas kuliah yang bertumpuk atau sedang patah hati? Ribet dengan urusan pekerjaan? Belum berhasil melupakan mantan? Jangan khawatir, banyak tempat pelarian di Jogja saat stres melanda. Anda bisa ke Alun-Alun atau Malioboro bila ingin belanja. Anda bisa ke pantai atau hutan bila ingin menyepi.


Tips Memilih Homestay di Jogja

Saat memilih kost untuk tempat tinggal selama di Jogja, pertimbangkanlah beberapa hal di bawah ini:

  • Lokasinya dekat dengan kampus, kantor, atau tempat wisata incaran.

Bila Anda mahasiswa, pasti lebih enak tinggal dekat kampus. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan datang terlambat ke kelas karena tidur larut semalam. Maklum, mahasiswa pasti tugas-tugas kuliahnya banyak.

Begitu juga bila Anda pekerja kantoran. Lebih enak tinggal dekat kantor, kalau perlu bersebelahan sekalian. Meskipun jalanan di Jogja tidak semacet jalan raya ibu kota, Anda pasti ingin menyelesaikan pekerjaan. Jadi, selesai bekerja, Anda punya lebih banyak waktu luang. Mau bersantai atau berwisata kuliner, itu pilihan Anda.

Bagaimana bila Anda wisatawan yang menyewa kost secara harian? Anda bisa memilih kost dekat tempat wisata tujuan. Bila tidak bisa, minimal tempat kost dekat dengan akses transportasi yang mudah. Misalnya dekat halte bus atau pangkalan ojek.

  • Lokasinya dekat dengan akses transportasi mudah.

Ini berlaku bagi Anda yang gagal mendapatkan tempat kost dekat kampus atau kantor. Selama tempat kost dekat dengan akses transportasi yang mudah, perjalanan akan lancar. Tentu saja, bangun lebih pagi menjadi konsekuensi agar tidak terlambat sampai tujuan.

  • Lokasinya dekat dengan warung makan murah.

Ini berlaku bila tempat kost tidak punya fasilitas dapur atau Anda tidak bisa memasak. Masalahnya, terlalu sering makan di luar bisa membuat Anda lebih boros. Jika ada warung makan murah dekat tempat kost, andalkanlah.

Alternatif lain? Pindahlah ke tempat kost yang ada fasilitas dapur. Bila tidak bisa memasak, saatnya belajar. Semua ini demi penghematan biaya hidup Anda selama di sini.

  • Lokasinya dekat dengan penunjang kebutuhan Anda.

Selain dekat kampus atau kantor, kost yang dekat dengan penunjang kebutuhan sehari-hari juga ideal. Misalnya kost dekat toko buku atau rental komputer bagi mahasiswa. Selain itu, Anda pasti juga butuh berbelanja untuk keperluan sehari-hari. Daripada terlalu jauh, lebih baik ke toko atau minimarket terdekat saja.

Jangan lupa dengan apotek dan klinik. Menjaga kesehatan memang wajib, namun Anda butuh akses cepat bila jatuh sakit. Apalagi, rumah sakit biasanya terletak di pusat kota. Klinik juga biasanya lebih murah.

  • Harga sewanya tidak memberatkan.

Ini juga faktor paling penting. Jika masih mahasiswa, pertimbangkan jumlah uang kiriman orang tua. Tidak hanya untuk membayar sewa kost bulanan, Anda juga perlu kebutuhan sehari-hari. Makan dan transportasi merupakan pengeluaran terbesar.

Sebagai pekerja kantoran, Anda juga harus mempertimbangkan faktor ini. Jangan sampai gaji sebulan hanya habis untuk membayar sewa kost.

Bagi wisatawan yang ingin jalan-jalan di Jogja, carilah kost sewa harian. Sesuaikan dengan waktu berlibur Anda. Tidak perlu fasilitas kelas premium (kamar ber-AC dan internet), bila Anda lebih banyak jalan-jalan. Toh, masih ada kafe berkoneksi wifi yang bisa Anda datangi.

Alternatif lain? Carilah teman sekamar yang bisa diajak patungan membayar sewa.


Daftar Kost di Jogja

Sekarang saatnya memilih kost di Jogja. Ada beberapa kost yang hanya untuk laki-laki dan hanya untuk perempuan. Ada juga kost yang menerima keduanya, meski disertai peraturan yang cukup ketat. Cermati dulu persyaratan mereka sebelum Anda memilih. Yang pasti, pilihlah sesuai kebutuhan Anda.

Tiga contoh kamar kost di Jogja di bawah ini dapat jadi pertimbangan:

1.Kost Chikantoyan, Gejayan.

Tempat kost ini khusus untuk mahasiswi dan karyawati. Terletak di Gejayan, Kost Chikantoyan menyediakan 34 kamar. Fasilitas yang tersedia:


  • Kamar mandi dalam
  • Ruang tamu
  • Dapur
  • Ruang santai
  • Ruang mencuci pakaian
  • Gazebo
  • Akses kunci masuk 24 jam

Enaknya, di sini Anda tidak terkena jam malam. Anda bebas keluar dan masuk kapan pun. Namun, tamu laki-laki hanya boleh sampai ruang tamu hingga pukul sepuluh malam.

Untuk sewa per bulan, Anda cukup membayar Rp500.000,00. Untuk per tahun, Anda harus membayar Rp6.000.000,00. Masih ada biaya listrik sebesar Rp50.000,00.

Dari sini, Anda dekat dengan warung makan, ATM, minimarket dan swalayan, serta klinik. Anda juga dekat dengan Hartono Mall, halte bus, dan bandara.

2.Kost Tuan Besar, Sleman.

Kost ini hanya untuk mahasiswa dan karyawan. Terletak di Sleman, Kost Tuan Besar menyediakan 15 kamar. Fasilitas yang ada termasuk:


  • Kamar mandi luar
  • Ruang menjemur pakaian
  • Ruang mencuci pakaian
  • Binatu (laundry)
  • Akses kunci masuk 24 jam
  • Fasilitas parkir (mobil, motor, dan sepeda)

Selama bisa menjaga kebersihan, Anda boleh membawa binatang peliharaan. Sewa bulanan di sini cukup murah, yaitu Rp300.000,00. Jika ingin menyewa per tahun, Anda harus membayar Rp2.500.000,00 per tahun. Lumayan sekali, bukan?

Tentu saja, biaya listrik masih ada tambahan tersendiri.

Dari kost ini, Anda dekat dengan warung makan, minimarket, ATM/Bank, dan klinik. Anda juga dekat dengan kampus.

3.Kost Mutiara Selaras Tipe B

Mutiara Selaras terletak di Gang Sadewa, Kaliurang. Kost ini menerima penghuni laki-laki dan perempuan. Tentu saja, kamar mereka berbeda-beda. Kecuali bila mereka menunjukkan bukti bahwa mereka sah suami-istri. Fasilitas yang tersedia meliputi:


  • Kamar dengan tempat tidur, lemari pakaian, TV, AC, meja, dan kursi. Ada juga kamar mandi dalam dan koneksi internet/wifi.
  • Kulkas.
  • Dispenseruntuk minum gratis para penghuni.
  • Fasilitas air panas di tiap kamar mandi.
  • Ruang tamu.
  • Dapur.
  • Ruang santai.
  • Binatu (laundry).
  • Akses kunci masuk 24 jam.
  • Lahan parkir untuk mobil, motor, dan sepeda.

Dari sini, Anda dekat dengan warung makan, minimarket, ATM/Bank, apotek, klinik, dan halte bus. Ada juga lapangan futsal, meskipun agak jauh jaraknya.

Pembayaran bisa dilakukan dengan tiga cara, yaitu:


  • Secara harian: Rp250.000,00
  • Secara mingguan: Rp600.000,00
  • Secara bulanan: Rp2.000.000,00

Tentu saja, biayanya belum termasuk pasokan listrik. Anda harus membayar Rp100.000,00 per bulan. Bila token habis sebelum waktunya, Anda harus menambah biaya kelebihannya sendiri.

Jogja (Yogyakarta)

Review homestay di Jogja

Tempat Wisata di Jogja

Gejayan

Gejayan terkenal dengan tempat minum kopi murah. Ada Djendelo Tagtung yang letaknya di atas Toko Buku Togamas. Lokasinya ada di Jalan Gejayan. Nama menunya juga membuat rasa penasaran. Contoh, Semar Gagah dan Kembalikan Djalan Solokoe. Waktu bukanya dari pukul 12 siang hingga 11 malam.

Soal harga? Jangan khawatir. Hanya berkisar Rp8.000,00 hingga Rp20.000,00. Djendelo termasuk tempat gaul mahasiswa Jogja. Anda bisa naik Trans Jogja 2A, 2B, 3A, dan 3B. Tapi, Trans Jogja hanya beroperasi hingga pukul sembilan malam.

Sleman

Banyak tempat wisata seru di Sleman. Anda bisa ke Candi Prambanan. Tontonlah pertunjukan sendratari (seni drama dan tari) dengan lakon “Ramayana”. Selain itu, Anda juga bisa ke Taman Pelangi. Duduklah di samping kolam ikan dengan segelas wedang ronde.

Ingin yang lebih melibatkan aktivitas fisik? Cobalah ke Tebing Breksi dan Batu Alien. Batu Alien sendiri sebenarnya batu berbentuk aneh akibat letusan Gunung Merapi. Foto-foto selfie di sini juga seru.

Selain itu ada Kaliurang, di sini Anda bisa wisata ke beberapa tempat. Anda juga bisa menikmati wisata kuliner berupa sate kelinci. Area sekitar Gunung Merapi juga menjadi andalan wisata.

Bagaimana? Sudah memilih kost di Jogja yang cocok untuk Anda? Apa pun pilihannya, semoga Anda betah menetap di sana.


?
Perlu Bantuan?