peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Balige

Danau Toba, Indonesia · 4 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Balige

GM Marsaringar Hotel

Jalan Gereja No. 32, Danau Toba, Indonesia, 22315

9.1 / 10

Istimewa

Sapadia Villa Balige

Jalan Sutomo Kel. Sangkar Nihuta kec. Balige (Samping Kantor Bupati Tobasa), Danau Toba, Indonesia, -

7.7 / 10

Baik

Mutiara Balige Hotel

Jalan Tarutung No.120, Danau Toba, Indonesia, 22312

7.8 / 10

Baik

Nabasa Hotel Balige

Jalan Siliwangi No. 08 Balige, Toba Samosir, Danau Toba, Indonesia, 22311

8.2 / 10

Sangat Baik

hotel lainnya

Tentang

Balige merupakan salah satu kecamatan, sekaligus ibu kota di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Indonesia. Luas wilayah ini adalah 91.05 kilometer persegi atau seluas 4,5% dari luas total Kabupaten Toba Samosir. Kawasan Balige ini terletak di dataran tinggi dengan ketinggian antara 90 –1200 meter.

Kecamatan Balige berbatasan dengan Danau Toba di sebelah utara, Kabupaten Tapanuli Utara di sebelah selatan, Kecamatan Tampahan di sebelah barat, dan Kecamatan Laguboti di sebelah timur. Balige membawahi 36 desa atau kelurahan.

Sejarah Balige

Kecamatan Balige menyimpan banyak sejarah perkembangan tanah Batak. Salah satu peninggalannya adalah Balige Raja. Tempat ini dikisahkan sebagai tempat berkumpulnya raja-raja Batak. Sejarah Balige tidak terlepas dari peninggalan-peninggalan bangunan yang ada di sini.

Budaya di Balige

Balige sangat kental dengan budaya suku Batak Toba. Anda dapat mengunjungi sebuah tempat bernama Huta Batak yang terletak di kompleks Museum Silalahi Center, Balige. Di tempat ini, terdapat  beberaoa obangunan yang mencerminkan tentang kebudayaan suku Batak, di antaranya:

  • Dua rumah adat Batak, yaitu ruma dan sopo yang saling berhadapan. Ruma dijadikan sebagai tempat tinggal keluarga, sedangkan sopo sebagai tempat penyimpanan. Hal ini mencerminkan kebudayaan dalam permukiman masyarakat suku Batak.
  • Patung Sigale-gale merupakan sebuah patung yang menyerupai bentuk manusia. Menurut cerita rakyat Batak, patung ini adalah anak seorang raja.
  • Patung Pangulubalang, sebuah patung yang konon memiliki kekuatan mistis. Masyarakat meyakini bahwa patung ini bisa mengusir roh jahat yang akan masuk ke Huta Batak.
  • Pohon Hariara adalah pohon yang berkaitan erat dengan adat Batak,  Pohon ini dijadikan sebagai sebagai simbol pengawal desa, lambang suatu klan/marga, atau saksi dalam sebuah perjanjian.
  • Makam yang merupakan peninggalan budaya masyarakat Batak dari Zaman Megalitikum.

 

Iklim di Balige

Daerah ini berada di garis khalustiwa dan tergolong dalam sebuah iklim tropis basah dengan suhu antara 17-29 derajat celsius dengan rata-rata kelembapan udara 85.04%. Daerah ini memiliki rata-rata curah hujan setiap tahunnya sebesar 223 mm dengan jumlah hujan sebanyak 17 hari. Bulan Desember merupakan curah hujan tertinggi dengan angka 759 mm dan 15 hari hujan, sedangkan curah hujan sangat rendah pada bulai Mei, yaitu sebesar 93 mm dan 19 hari hujan.

Cara ke Balige

Transportasi Udara

Anda dapat menggunakan pesawat terbang dari daerah anda berasal dengan tujuan Bandara Internasional Kualanamu, Medan, Sumatera Utara. Setelah sampai di bandara, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Danau Toba dengan menggunakan kereta, bus, atau taksi ke Terminal Bus Pinang Baris. Setelah itu, Anda masih harus melanjutkan perjalanan menggunakan bus jurusan Prapat dengan harga tiket sekitar Rp40.000 hingga Rp50.000  dan jarak tempuh 175 km atau selama 6 jam.

Pilihan lain selain transportasi umum di atas adalah menggunakan mobil travel yang tersedia di sekitar bandara. Anda juga bisa menyewa mobul dengan harga sekitar Rp600.000 hingga Rp700.000 per hari. (Harga bisa sewaktu-waktu bisa berubah)

Objek Wisata di Balige

Museum Batak

Museum Batak terletak di kompleks T.B Silalhi Center, Jalan Pagar Batu No. 88 (bekas Pabrik Aeroz), Desa Silalahi, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Museum ini adalah sebuah museum budaya yang menyajikan berbagai koleksi budaya dan sejarah masyarakat Batak. Hal menarik dari museum ini adalah konsep bangunannya yang dibangun dengan gaya modern dengan jendela-jendela lebar, motif gorga khas Batak, dan kulit bangunan yang terbuat dari aluminium komposit. Museum ini juga dibuat agar tahan gempa dan dilengkapi dengan CCTV di setiap sudut bangunannya.

Pantai Lumban Silintong

Pantai Lumbang Silintong berada di Kecamatan Balige, Toba Samosir. Anda dapat menempuh perjalanan menggunakan transportasi darat atau udara untuk bisa sampai di kawasan pantai ini. Jika dari medan, Anda dapat menggunakan kendaraan umum menuju Kota Balige dengan waktu tempuh sekitar 6 jam perjalanan untuk bisa sampai lokasi tujuan. Jika Anda ingin menempuh perjalanan lebih cepat, naikilah pesawat dari Bandara Kualanamu, Medan menuju Siborong-borong, Kabupaten Taput dengan waktu tempuh hanya setengah jam.

Pantai Tarabunga

Selain Pantai Lumban Silintong, terdapat Pantai Tarabunga yang terletak di Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Anda dapat menempuh perjalanan menggunakan angkutan motor atau mobil dengan waktu tempuh 2 jam dari Kota Balige atau angkutan air dengan waktu tempuh tidak lebih dari 1 jam. Di sini, anda dapat menikmati keindahan alam sambil bersantai bersama keluarga sambil menunggu sunset.

Makam Pahlawan Sisingamangaraja XII

Anda bisa mengunjungi makam pahlawan Sisingamangaraja XII yang terletak di Jalan Siposurung, Kecamatan Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara. Lokasi makam pahlawan ini tidak jauh dari Museum Batak Balige.

Di sekitar kompleks makam Sisingamarngaraja XII, terdapat banyak rumah adat khas Batak. Anda dapat menikmati suasana asri di sekitar makam pahlawan ini dan melihat langsung makam pahlawan yang merupakan raja Batak terakhir.

Tips Berwisata di Balige

  • Jika Anda ingin berkunjung ke Balige, sebaiknya datang pada bulan April hingga Agustus. Cuaca saat bulan-bulan tersebut sedang cerah, sehingga Anda dapat menikmati perjalanan ke setiap objek wisata.
  • Sebaiknya anda mencari tahu kapan diadakannya upacara adat di  Balige karena Anda bisa menyaksikan langsung prosesi upacara adat yang sangat meriah di sini. Salah satu event yang sangat ramai dikunjungi yaitu Festival Danau Toba.
  • Gunakanlah sepatu demi kenyamanan Anda saat berwisata di sekitar Balige.
?
Perlu Bantuan?
evtbvsrwfq