peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Pusat Kota Banyuwangi

Banyuwangi, Indonesia · 32 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Pusat Kota Banyuwangi

Hotel Santika Banyuwangi

Jalan S Parman No 15 Banyuwangi, Banyuwangi, Indonesia, 68418

8.7 / 10

Sangat Baik

Hotel & Resto Selamet

Jalan Kapten Piere Tendean No.89, Banyuwangi, Indonesia, 68425

8.2 / 10

Sangat Baik

Tabuhan Inn & Spa Banyuwangi

Jalan Sawo Indah, Kertosari, Banyuwangi, Indonesia, 68418

8.2 / 10

Sangat Baik

Penginapan Asiera

Jalan Agus Salim No. 104A (Belakang Untag Banyuwangi), Banyuwangi, Indonesia, 68416

8.1 / 10

Sangat Baik

Hotel Blambangan

Jalan Doktor Wahidin Sudiro Husodo No.4, Banyuwangi, Indonesia, 68411

8.6 / 10

Sangat Baik

Indah Nusantara Homestay Banyuwangi

Jl. Ternate No. 19 RT 04/ RW 03, Lateng, Banyuwangi, Indonesia, 68413

8.8 / 10

Sangat Baik

Kumala Hotel & Resto Banyuwangi

Jl. RW. Monginsidi No. 06, Banyuwangi, Indonesia, 68416

Hotel Ritansa Roebuck

Jalan Sayu Wiwit No.50, Kel. Kampung Melayu, Banyuwangi, Indonesia, 68413

Singosari Guesthouse

Jl. Singosari 35-36 Banyuwangi, Banyuwangi, Indonesia, 68400

8.5 / 10

Sangat Baik

Homestay Rose Banyuwangi

Jl. Tunggul Ametung 135, Kebalenan, Banyuwangi, Indonesia, 68417

9.2 / 10

Istimewa

Kampoeng Pakis Inn

Jalan Cendrawasih No.13, RT.002 / RW.001, Pakis, Banyuwangi, Indonesia, -

8.8 / 10

Sangat Baik

Peni Hotel Banyuwangi

Jl. Letkol I Gusti Ngurah Rai 20, Banyuwangi, Banyuwangi, Indonesia, 68460

6.8 / 10

Lumayan

Shintana Homestay

Jalan Karimun Jawa No 15, Banyuwangi, Banyuwangi, Indonesia, 68413

8.1 / 10

Sangat Baik

Cevilla Bed And Breakfast

Jalan Brawijaya, Perumahan Brawijaya Cevilla Indah G1, Banyuwangi, Indonesia, 68417

8.2 / 10

Sangat Baik

Banyuwangi Guest House

Jl.Jenggala 28 Kel.Tamanbaru,banyuwangi, Banyuwangi, Indonesia, 64416

Hotel Baru

Jalan MT Hariyono no 82-84, Banyuwangi, Indonesia, 68417

6.6 / 10

Lumayan

Maharani Homestay Banyuwangi

Jl Taruma Negara 05 RT 004 RW 004 Taman Baru Krasak , Banyuwangi, Indonesia, 68416

Berlin Timur Hotel Banyuwangi

Jln. Ikan Mas No. 27, Banyuwangi, Indonesia, 68411

Guest House Pesona

Jl. Prambanan No. 19, Banyuwangi, Indonesia, 68416

Osingvacation

Jalan Jaksa Agung Suprapto Rt 4 / Rw 2 Welaran Barat, Banyuwangi, Indonesia, 68416

8.4 / 10

Sangat Baik

hotel lainnya

Tentang

Kecamatan Banyuwangi merupakan suatu kecamatan yang berada di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Dulu pada tahun 1774,wilayah ini dinamakan Wana Tirtaganda yang merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Banyuwangi.Pada saat itu yang menjadi bupati adalah Kanjeng Raden Tumenggung.

Pusat pemerintahannya terletak di Jl. Jend Achmad Yani No. 102 tepatnya di kantor camat Banyuwangi. Kecamatan Banyuwangi ini memiliki 18 kelurahan yaitu Kepatihan, Kertosari, Pengantigan, Singonegaran, Temenggungan, Tukang Kayu, Taman Baru, Sumber Rejo, Singotrunan, Sobo, Lateng, Pakis, Panderejo, Penganjuran, Kampung Melayu, Kampung Bandar dan Karangrejo. Kelurahan yang berbatasan dengan laut adalah Sobo, Lateng, Karangrejo, Kepatihan, Kertosari, Pakis, dan Kampung Mandar.

Di Kecamatan Banyuwangi, sebagian besar penduduknya adalah suku Osing. Minoritasnya adalah suku Melayu, suku Madura, suku Arab dan suku Bali yang kini menyebar ke-18 kelurahan yang ada di Kecamatan Banyuwangi. Profesi yang ada di sini pun beragam. Mulai dari pedagang, pegawai pemerintahan, pengusaha dan nelayan.

Banyak tempat penginapan atau hotel yang akan Anda temukan di Kecamatan Banyuwangi. Hotel yang ada menyediakan berbagai fasilitas dan harganya pun beragam. Pilihlah hotel yang sesuai dengan kenyamanan Anda dan tentunya dengan harga yang terjangkau dari kantong Anda.

 

Cara Menuju Kecamatan Banyuwangi

Bis

Anda bisa menaiki bisa dari Terminal Bungurasih kemudian turun di Jember. Dari Jember Anda bisa langsung menaiki bis yang menuju Banyuwangi. Tarifnya adalah Rp60.000,-

Travel

Anda bisa menggunakan jasa travel dari Malang atau Surabaya menuju Banyuwangi. Ongkos yang harus Anda keluarkan adalah Rp150.000,-(Tarif yang dituliskan di atas dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Objek Wisata di Kecamatan Banyuwangi

Kecamatan Banyuwangi memiliki beberapa objek wisata terkenal antara lain:

Pantai Boom

Pantai Boom merupakan pantai yang sangat indah yang akan Anda temukan di Kelurahan Kampung Mandar. Pantai ini mudah diakses karena dekat dengan pusat kota. Dahulu, pantai ini merupakan sebuah pelabuhan dan juga dijadikan tempat sebuah pelelangan ikan.

Namun, saat ini hanya tersisa dermaga-dermaga pelabuhan dan tempat pelelangan ikan beserta gudang-gudang yang sudah tidak dioperasikan lagi sehingga dapatmenjadisebagai tempat wisata. Selain itu,masih banyak penduduk setempat yang datang untuk memancing.

Tahun 2004 saat daerah ini masih dipegang oleh Bupati Samsul Hadi, tempat ini dijadikan tempat untuk pembuatan kapal yang direncanakan untuk mempromosikan wisata di Banyuwangi. Kapalnya bernama Kapal Umbul-umbul Blambangan. Namun, kegiatan tersebut tidak berlanjut karena kapalnya tenggelam.

Di sekitar Pantai Boom terdapat tempat-tempat bersejarah seperti Tugu Inkai yang dibuat untuk memperingati tragedi Inkai dimana pada tahun 1982, para peserta latihan karate Banyuwangi hilang lenyap oleh ombak. Juga terdapat taman makam pahlawan Wisma Raga Laut yang merupakan tempat peristirahatan terakhir yang dihuni oleh Pasukan ALRI yang pada saat itu gugur saat bertempur melawan Penjajah Belanda. Selain itu, terdapat teater terbuka dimana acara-acara budaya sering diadakan yaitu seperti Festival Gandrung Sewu dan juga pernah diadakan Banyuwangi Beach Jazz Festival tahun 2013.

Di sepanjang pesisir pantai, tersedia banyak payung merah dengan kursi pantainya. Anda bisa menikmati keindahan Pantai Boom sembari bersandar di kursi tersebut. Namun, kursi tersebut tak gratis. Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp20.000,- untuk dapat menyewa kursi dan menikmati pantai di bawah payung lebar yang telah disediakan.

Pasir di Pantai Boom ini berbeda dari pantai lain yang kebanyakan berwarna putih. Di pantai ini Anda akan melihat warna pasir yang abu-abu hampir hitam. Menurut isu yang beredar, berendam di pasir Pantai Boom ini akan menyembuhkan banyak penyakit.

Hal yang unik dari pantai ini adalah akan ada sambutan selamat datang yang terdengar dari alat pengeras suara yang diucapkan oleh penjaga Pantai Boom. Selain itu, penjaga pantai tidak segan-segan untuk mengingatkan pengunjung agar menjaga kebersihan dan keamanan dari pengeras suara.

Di pantai ini juga tersedia penyewa kuda untuk Anda yang ingin mengelilingi pantai dengan menaiki kuda. Fasilitas lain yang disediakan adalah jet ski air yang bisa Anda nikmati di pantai ini.

Bagi Anda pecinta sunrise, tempat ini telah mendapatkan julukan sebagai “The Sunrise of Java” karena dari pantai ini sangat jelas terlihat keindahan matahari terbit yang bisa Anda nikmati bersama teman maupun keluarga. Anda bisa menaiki ojek, becak maupun mobil pribadi untuk bisa sampai di Pantai Boom.

Harga tiket masuk Pantai Boom relatif murah,Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp3.000,- saja per orang dan bisa langsung menikmati keindahan pantainya.

 

Taman Sritanjung

Taman ini akan Anda temukan di pusat kota. Letaknya tidak jauh dari Masjid Agung Baiturahman di sebelah timur dan Pendapa Sabha Swagata Blambangan yang terletak di sebalah selatan.

Taman ini sangat cocok bagi Anda, untuk berkumpul bersama keluarga atau teman-teman. Di sini terdapat pohon-pohon hijau rindang yang sudah tertata rapih. Pada malam hari, Anda akan menikmati sensasi taman yang indah yang ditimbulkan oleh lampu bercahaya warna-warni di sepanjang taman.

Di tengah taman ini terdapat air terjun dan juga amphitheater mini yang sering dipakai untuk pertunjukan seni atau sering dipakai oleh kalangan remaja untuk latihan dance.

Asal mula nama Sritanjung ini tercetus oleh tokoh wanita Banyuwangi yang sangat melegenda yang bernama Sritanjung. Legenda Sritanjung ini merupakan sebuah kisah seorang istri patih yang dituduh telah berselingkuh dengan seorang raja. Sang patih tidak mempercai istrinya sendiri dan membunuhnya. Namun, Sang istri meminta untuk menghanyutkan jasadnya ke sebuah sungai dengan air yang keruh. Ia bahkan berucap jika sungai ini menjadi bau maka tuduhan sang raja benar dan jika sungai ini wangi maka ia jujur dan tetap setia pada sang Patih.

Alhasil, sungai itu menjadi jernih dan menimbulkan wangi. Sang Patih pun menyesal telah meragukan kejujuran istrinya.

 

Taman Blambangan

Selain Taman Sritanjung, juga terdapat Taman Blambangan. Taman ini berada di Jl. R.A Kartini dengan luas 32.000 m2. Fasilitas yang ada di taman ini yaitu arena untuk bermain basket,skateboard dan terdapat kuliner. Taman ini sering digunakan untuk konser musik atau kampanye partai politik. Di sekitar kawasan taman ini, dijadikan tempat untuk orang-orang berlari pada hari minggu dan diadakannya car free day.

 

Tips Wisata di Kecamatan Banyuwangi

Jika Anda berkunjung ke Kecamatan Banyuwangi, silakan datang pada tanggal 17 Agustus  saat kemerdekaan Negara Indonesia. Di sana selalu di adakan Banyuwangi Etnno Carnaval (BEC) sebagai tanda untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Anda akan melihat bagaimana keseruan acara dan seluruh jalan akan dipadati penduduk Banyuwangi dan seketika berubah menjadi lautan manusia.

Bagi Anda yang beragama Islam, Anda bisa menghadiri pengajian hajat pada malam jumat di Masjid Agung Baiturahman yang terletak di Jl. Sudirman. Usahakan datang tepat waktu, karena telat sedikit saja Anda bisa tidak kebagian tempat untuk mengikuti pengajiannya.

?
Perlu Bantuan?
evtbvsrwfq