peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Bedugul

Tabanan, Indonesia · 18 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Bedugul

CLV Hotel & Villa

Jalan Cemara, Desa Candikuning, Bedugul - Tabanan, Tabanan, Indonesia, 82191

9.0 / 10

Istimewa

Pelangi Homestay

Jl. Kebun Raya Bedugul, Tabanan, Indonesia, 82191

8.5 / 10

Sangat Baik

Strawberry Hill

Jl. Raya Bedugul, Ds. Batunya, Tabanan, Indonesia, 82191

8.9 / 10

Sangat Baik

Enjung Beji Resor Bali

Jl. Raya Candikuning Bedugul, KM 51, Tabanan, Indonesia, 82191

7.7 / 10

Baik

Handara Golf & Resort Bali

Desa Panca Sari, Buleleng, Bali, Tabanan, Indonesia, 81162

8.4 / 10

Sangat Baik

Hotel Pancasari

Jalan Denpasar Singaraja, Desa Pancasari, Tabanan, Indonesia, 81161

7.3 / 10

Baik

Wanagiri Eco Villas

Banjar Dinas Asah Panji, Wanagiri Singaraja, Jalan Wanagiri Munduk, Tabanan, Indonesia, 81162

7.4 / 10

Baik

Warung Rekreasi Bedugul

Jalan Raya Bedugul (opposite fruit market) candikuning, Tabanan, Indonesia, 82191

7.7 / 10

Baik

Villa Puri Candikuning

Jalan Raya Candikuning KM.25 Bedugul , Tabanan - Bali, Tabanan, Indonesia, 82191

9.0 / 10

Istimewa

Bukit Kembar Guest House And Restaurant

Banjar Dinas Asah Panji, Wanagiri Singaraja, Tabanan, Indonesia

8.1 / 10

Sangat Baik

Dajan Buyan Homestay

Jln. Kedasong ( Dasong ), Desa Pancasari, Kec. Sukasada, Tabanan, Indonesia, 80161

Tang,Ting,Tung ( T3 ) Homestay

Jalan Banjar Dinas Asah Panji, Wanagiri, Singaraja, Tabanan, Indonesia

The Sila's

Jl Raya Bedugul -Jatiluwih ,Bedugul, Tabanan, Indonesia

Pondok Wisata Sari Artha

Jalan Raya Candi Kuning - Bedugul, Tabanan, Indonesia, 82191

Telaga Sari Villa

Jalan Telagasari - Puncak Mangu Tabanan Bali, Tabanan, Indonesia, 82191

6.3 / 10

Lumayan

Green Villa

Jl Raya Bedugul Tabanan - Bali, Tabanan, Indonesia

Puncak Bagus Guest House

Jalan Raya Wanagiri, Desa Wanagiri, Asah Panji, Tabanan, Indonesia

Villa Sinta Candikuning

Jl. Raya Denpasar-Singaraja km.51, Tabanan, Indonesia

hotel lainnya

Tentang

Bedugul merupakan nama daerah yang berada di Kabupaten Tabanan, tepatnya di perbatasan Kabupaten Tabanan dan Singaraja. Daerah yang berjarak sekitar 70 km dari Pantai Kuta dan 50 km dari Denpasar ini memiliki topografi berupa pegunungan dengan beberapa danau di dalamnya. Dengan kondisi tanahnya yang subur, terdapat banyak pepohonan dan area hutan hujan dengan beraneka ragam hayati dan ekosistem yang terjaga baik di daerah ini. Bedugul menarik banyak wisatawan karena keindahan alam dan beberapa bangunan untuk yang dimilikinya.

Selain dikenal sebagai kawasan wisata, Bedugul juga merupakan kawasan desa adat yang terdiri dari lima desa adat Hindu dan satu desa adat Islam. Desa adat Hindu tersebut meliputi Kembang Merta, Bukit Catu, Candi Kuning, Batusesa, dan Pemuteran. Sementara itu, desa adat Islam berada di Candikuning, Baturiti. Masuknya Islam ke kawasan ini diawali dari sejarah datangnya para ulama Muslim untuk menyebarkan agama Islam di Bali.

Bedugul disebut sebagai kawasan religius oleh masyarakat sekitar. Hal ini dapat dilihat dari komitmen warga untuk menjaga nilai-nilai budaya serta adat istiadat dan agama di sepanjang kawasan Bedugul.

Sejarah Bedugul

Sejarah terbentuknya kawasan Bedugul tidak terlepas dari aspek sosial dan agama masyarakat setempat. Bedugul berasal dari dua kata yaitu ‘Bedug’ dan ‘Kul-kul’. Bedug adalah suatu alat penanda dikumandangkannya waktu azan untuk umat Islam, sedangkan Kul-kul adalah alat komunikasi tradisional atau kode tertentu yang telah dipahami masyarakat setempat. Fungsi alat ini serupa dengan kentungan pada umumnya. Kul-kul ini terdapat di setiap banjar di wilayah Pulau Bali. 
Perpaduan kedua kata Bedug dan Kul-kul tersebut menjadi asal mula penamaan Bedugul. Wilayah ini menjadi salah satu bukti eratnya hubungan antar umat beragama, khususnya antara umat Muslim dan Hindu. Mereka hidup dengan damai dan saling bergotong-royong. 

Budaya di Bedugul

Bedugul dikenal sebagai kawasan yang cukup ketat dalam hal menjaga nilai-nilai budaya dan religi yang ada. Budaya tersebut adalah pakaian khas berupa kebaya yang dikenakan oleh para kaum perempuan Bali, lengkap dengan sesembahan yang diletakkan di atas kepala. Budaya tersebut mengandung makna bahwa semua berlaku sama saat berjalan dan mengangkat sesembahan di kepala untuk ibadah tanpa melihat posisi serta jabatan seseorang. Budaya ini juga diterapkan oleh masyarakat di sekitar Pura Ulun Danu yang mengenakan pakaian serupa.

Adapun nilai budaya lainnya dapat terlihat dari upacara adat yang dilakukan oleh Desa Hindu untuk menyambut hari raya Nyepi umat Hindu. Upacara adat dilakukan oleh 5 desa adat Hindu kawasan Bedugul yang terdiri dari Batusesa, Bukitcatu, Pemuteran, Candi Kuning, dan Kembang Merta. Adapun upacara adat tersebut meliputi Melasti, Matur Piuning, dan Guru Piduka. Masyarakat adat meyakini bahwa upacara adat tersebut bertujuan untuk menyucikan diri dan memohon ampunan kepada Sang Hyang Widhi Wasa sebelum melaksanakan “Catur Brata” Penyepian.

Cara ke Bedugul

Transportasi Udara 

Lokasi Bedugul dapat ditempuh menggunakan pesawat menuju Bandar Udara Ngurah Rai, Bali. Sesampainya di bandara, perjalanan menuju Bedugul bisa dilanjutkan menggunakan bus atau mobil dengan jarak tempuh 62 km. Beberapa pilihan moda transportasi lanjutan dari bandara ke Bedugul:

Trans Sarbagita atau Bus Rapid Transit 

Bus Rapid Transit menjadi salah satu sarana transportasi baru yang cukup nyaman di Bali. Bus ini melayani jalur menuju bandara di koridor VIII. Konsep pelayanan bus Rapid Transit sama dengan alat transportasi di Jakarta, yaitu TransJakarta.  

Taksi 

Ada banyak taksi di Bali yang bisa mengantar Anda ke Bedugul. Tarifnya memang cukup mahal, namun taksi memberikan kenyamanan berkendara bagi para penumpangnya.

Mobil dan Motor Sewa

Jasa penyewaan mobil dan sepeda motor menjadi salah satu pilihan sarana transportasi yang cukup nyaman di Bali. Adapun harga sewa bervariasi mulai dari Rp40.000 sampai dengan Rp50.000 untuk sewa sepeda motor dan Rp150.000 sampai dengan Rp200.000 untuk tarif sewa mobil. 

(Harga di atas sewaktu-waktu dapat berubah)

Transportasi darat

Taksi

Ada banyak taksi di Bali yang dapat mengantar Anda ke Bedugul dengan tarif terjangkau. Taksi resmi dan taksi online bisa menjadi pilihan untuk Anda menuju ke Bedugul.

Bus Reguler

Bus Reguler yang tersedia di Bali dapat melayani perjalanan dengan rute Denpasar-Bedugul atau Denpasar-Singaraja. Kedua rute ini akan melewati kawasan Bedugul.

Sepeda Motor 

Jasa penyewaan sepeda motor juga banyak disediakan di kawasan Bedugul. Jika melalui rute Denpasar menuju Bedugul, Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Objek Wisata di Bedugul

Wisata Belanja

Joger

Daerah Tabanan adalah salah satu pusat wisata belanja. Joger adalah lokasi wisata belanja yang cukup populer di Bali. Tempat yang berlokasi di Jalan Luwus ini menyediakan barang-barang seni khas Bali, seperti baju, topi, sandal, hingga aksesori ala Bali. Uniknya, semua barang-barang yang dijual di Joger memiliki desain unik, sangat artistik, dan berbeda dari yang lainnya.

Pasar Buah Bedugul

Pasar buah Bedugul terletak di kawasan wisata Bedugul yang berdekatan dengan Kebun Raya Bedugul dan Pura Ulun Danu di sekitar Danau Beratan. Pasar ini merupakan pasar tradisional yang dikenal dengan nama lain Pasar buah Candi Kuning. Pasar ini menyediakan berbagai macam buah dan sayuran segar khas Pulau Bali yang cukup lengkap, serta dilengkapi dengan beragam bunga dan beragam tanaman hias. 

Buah-buahan yang jual berasal dari hasil perkebunan lokal dan beberapa di antaranya merupakan produk impor luar negeri.  Adapun jenis buah-buahan yang sering dijual di sini adalah terung Belanda, stroberi, jeruk, pisang, anggur, pepaya, dan masih banyak lagi buah yang disusun rapi membentuk mengerucut seperti tumpeng. Meskipun nama pasar ini adalah pasar buah, namun tersedia juga barang-barang khas Bali berupa pernak-pernik,  aksesori menarik, dan pakaian dengan corak khas Bali. 

Wisata Religi

Masjid Al-Hidayah Bedugul 

Masjid ini berada di dekat objek wisata Bedugul, sekitar Kebun Raya dan Danau Beratan. Lokasi masjid ini berada di Candi Kuning yang masih berada di lokasi Kabupaten Tabanan. Masjid tersebut cukup luas dan besar. Bangunan menara yang tinggi merupakan bagian yang cukup mencolok dari masjid ini. Di kawasan masjid ini juga dikelola sebuah Pondok Pesantren bernama Al-Hidayah dan Madrasah.

Lokasi ini cukup dikenal karena terdapat perkebunan stroberi yang tengah dikembangkan menjadi wisata agrowisata.  Sampai saat ini, agrowisata perkebunan stoberi ini dikelola oleh pengurus masjid Al-Hidayah dan mendapat tanggapan positif dari masyarakat. 

Wisata Alam

Danau Beratan Bedugul

Danau Bedugul memiliki pesona alam dan keunikan seni budaya yang khas. Lokasi yang berada di ketinggian 1250 meter di atas permukaan air laut ini memiliki cuaca yang sejuk dengan pemandangan berupa pegunungan, kawasan danau yang tenang, dan kebun raya dengan beberapa perahu dan wahana permainan air lainnya. 

Di lokasi danau ini, terdapat Pura Ulun Danu Beratan yang berada di sekitar tepi danau. Pura tersebut dipercaya menjadi tempat Dewi Sri bersemayam. Dewi sri dipercaya sebagai dewi kesuburan bagi umat Hindu. Pura Ulun Danu tersebut terbagi menjadi empat area pura. Pura-pura tersebut adalah Pura Lingga Petak, Pura Terate Bang, Pura Penataran Pucak Mangu, dan Pura Dalem Purwa.

Danau Buyan dan Tamblingan

Danau Buyan Tamblingan terletak di kawasan Bedugul dan berdekatan dengan Danau Bedugul. Ada dua jalur untuk menuju kedua lokasi ini. Jalur pertama akan melewati danau Beratan, Bedugul, sedangkan jalur kedua akan melewati jalan dengan keindahan alam danbanyak terdapat monyet-monyet di sepanjang perjalanan. Di tengah perjalanan menuju lokasi danau ini juga terdapat tempat makan yang menjual makanan dan minuman hangat. 

Danau Buyan dan Tamblingan yang letaknya bersebelahan ini berada di lokasi yang sama, sehingga dikenal dengan nama Danau Kembar. Danau ini dimanfaatkan sebagai area memancing dan perkemahan. Di area kedua danau ini juga terdapat beberapa penginapan, berupa hotel dan homestay. Jadi, lokasi ini cukup strategis bagi wisatawan yang ingin memilih hotel sebagai tempat beristirahat yang nyaman dengan pilihan variatif. 

Kebun Raya Eka Karya Bedugul

Kebun Raya Eka karya merupakan kebun botani yang berada di bawah pantauan pusat konservasi tanaman dari Kebun Raya Bogor. Kebun ini tertata rapi dengan beragam pohon dan tanaman berupa bunga berwarna-warni. Kawasan kebun raya ini berjarak sekitar 2 km dari Danau Beratan. Di area ini juga terdapat permainan Treetop yang cukup menantang. 

Wisata Kuliner di Bedugul

Ayam Betutu di Warung Nyoman Bedugul

Warung Nyoman Bedugul ini memiliki menu spesial ayam betutu. Ayam betutu merupakan menu makanan utama dan cukup favorit yang disajikan dengan menggunakan sayuran dan sambal matah khas Bali. Warung makan yang berada di Jalan Raya Bedugul ini telah dikenal oleh wisatawan lokal dan internasional. Meskipun ada beragam menu makanan, namun tetap menawarkan variasi harga yang cukup terjangkau. 

Rumah Makan Cafe Tahu

Cafe tahu merupakan salah satu tempat makan di kawasan Bedugul, Tabanan. Menu yang disajikan berbahan dasar tahu dengan beragam variasi olahan. Kafe ini mempunyai suasana nyaman dan kekeluargaan yang dilengkapi dengan taman bermain berukuran mini.

Tips Berwisata di Bedugul

  • Kawasan Bedugul yang berada di pegunungan menyebabkan daerah ini memiliki curah hujan cukup tinggi dengan medan jalanan yang cukup terjal. Oleh karena itu, adaa beberapa hal yang harus Anda perhatikan:
  • Memilih waktu berkunjung saat musim kemarau, yaitu Mei-September. Saat musim panas, Anda akan lebih mudah berkunjung ke berbagai objek wisata dibanding ketika musim hujan.
  • Mempersiapkan segala keperluan pribadi, seperti obat-obatan, pakaian hangat, dan sepatu dengan alas kaki yang nyaman.
  • Selain itu persiapkan juga jaket yang cukup tebal karena suhu di Bedugul dapat mencapai hingga 16 derajat celsius pada malam hari.
  • Mematuhi peraturan adat dan kebiasaan di wilayah setempat seperti memasuki wilayah khusus tempat ibadah, berbicara kasar, dan sebagainya. 

 

?
Perlu Bantuan?