peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Pusat Kota Cianjur

Cianjur, Indonesia · 5 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Pusat Kota Cianjur

The Jhons Cianjur Aquatic Resort

Kawasan Hutan Kota Cianjur, Jalan Desa Babakn (Kp. Tangkil Desa Babakan Karet) , Cianjur, Indonesia, 43251

7.6 / 10

Baik

Aira Costel

Jl.Binawan Raya no.11, Ds. Limbangansari, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur, Cianjur, Indonesia, 43213

8.5 / 10

Sangat Baik

Bydiel Hotel

Jln. Ir. H. Juanda No. 70A Panembong,, Cianjur, Indonesia, 43251

7.4 / 10

Baik

Luguna Chic Home

jalan arif rahman hakim gg h sanusi no 23 cianjur , Cianjur, Indonesia, 43215

Airy Panembong Juanda 70 Cianjur

Jl. Ir. H. Juanda No. 70A Panembong, Cianjur, Indonesia, 43251

hotel lainnya

Tentang

Sudahkah Anda menikmati pulennya beras Pandan Wangi ?

Beras yang memiliki rasa berbeda dan harga yang jauh lebih mahal dari beras lainnya. Beras Pandan Wangi hanya bisa Anda dapati di Kota Cianjur.

Kota Cianjur berada di Provinsi Jawa Barat dan berbatasan dengan wilayah Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung Barat disebelah timur, Samudra Hindia disebelah selatan, Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bogor disebelah utara dan Kabupaten Sukabumi di sebelah barat.

Udara Kota Cianjur sangat sejuk dan nyaman dikarenakan lokasinya dominan berada di wilayah pegunungan dan memiliki banyak sumber perairan sungai sehingga memiliki persawahan yang sangat subur. Sungai terpanjang yang ada di Cianjur adalah Sungai Cibuni.

Selain Beras Pandan Wangi, di Cianjur juga terdapat jenis ayam yang spesial. Ayam yang dpelihara di Cianjur dan asli Indonesia. Ayam tersebut adalah Ayam Pelung.

 

Sejarah

Nama Kota Cianjur (Tsitsanjoer-Tjiandjoer) sebelumnya adalah Cikundul. Suatu wilayah yang ditinggali oleh Raden Djajasasana pada tahun 1680. Raden Djajasasana adalah putra dari Aria Wangsa Goparana yang berasal dari keturunan Sunan Talaga dan ditugaskan untuk mendirikan wilayah dengan nama Cikundul. Dimasa pemerintahannya, Raden Djajasasana mampu menghadapi serangan dari Banten, hal tersebut membuat beliau mendapatkan gelar panglima yang dikenal sebagai Raden Aria Wira Tanu.

Cara Menuju Cianjur

Untuk menuju ke Kota Cianjur Anda dapat melalui jalur darat , pilihan transportasinya adalah :

Kereta Api

Anda dapat menaiki kereta ekonomi dari arah Bandung dan turun di stasiun Cianjur. Selanjutnya menaiki angkutan umum untuk mencari hotel atau berkeliling menikmati keindahan Kota Cianjur. Jalur kereta api yang dilintasi adalah Jakarta-Bogor-Sukabumi-Cianjur.

Bus

Jalur perlintasan bus ke Kota Cianjur melalui Jakarta-Bogor-Bandung. Anda dapat menaiki bus dari terminal di kota Anda untuk menuju ke Cianjur. Bisa pula menaiki bus yang menuju Sukabumi.

 

Objek Wisata Cianjur

PANTAI JAYANTI

Cianjur bukan hanya memiliki keindahan pegunungan yang sangat menyejukkan tetapi juga memiliki keindahan pantai yang masih alami dan tidak kalah indahnya dengan pantai yang lain. Pantai Jayanti terletak tidak jauh dengan Cagar Alam Bojonglarang, pelabuhan nelayan dan Kota Cianjur. Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar dan keindahan alam yang dapat membuat Anda tidak ingin melewatkannya.

 

KEBUN RAYA CIBODAS

Menuju Kebun Raya Cibodas melalui Jakarta hanya membutuhkan waktu tempuh 90 menit melalui jalur Bogor-Puncak-Cianjur. Udara yang sangat sejuk karena berada di bawah 18 derajat Celsius dan pemandangan yang indah akan membuat Anda menjadi nyaman dan sangat rileks. Tidak jauh dari Kebun Raya Cibodas akan ada penginapan atau hotel, baik dari kelas melati maupun kelas berbintang.

 

ISTANA PRESIDEN

Istana Presiden berada di Kecamatan Cipanas, Kota Cianjur. Istana yang dibangun pada masa pemerintahan Van Heuts tahun 1740 memiliki luas lahan 25 hektar. Lokasinya berada di bawah kaki Gunung Gede sehingga pemandangannya sangat indah dan udara sangat sejuk dan nyaman.Walau saat ini sudah tidak digunakan kembali, tetapi kemegahan dan keindahan istana ini masih terjaga dengan baik. Anda bisa mengunjunginya dengan meminta izin kepada Sekretaris Negara terlebih dahulu

 

CURUG CITAMBUR

Cianjur memiliki keindahan wisata alam berupa Curug  Citambur. Curug Citambur ini merupakan objek wisata yang terkenal dan harus Anda datangi. Selama perjalanan menuju Curug Citambur Anda akan dimanjakan oleh keindahan perkebunan teh. Curug Citambur memiliki ketinggian 100 meter dengan air yang sangat jernih.

 

TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO

Tahun 1977, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ditetapkan menjadi Cagar Biosfir oleh UNESCO dan di tahun 1980, termasuk dari lima taman nasional pertama kali di Indonesia. Taman ini memiliki banyak aneka ragam ekosistem montana, sub-montana, danau, savanna, sub-alpin dan rawa. Selain itu juga, taman ini sangat kaya dengan keanekaragaman burung yang berada di Jawa. Burung yang paling langkah adalah burung hantu dan burung elang Jawa.

 

GUNUNG GEDE

Jika Anda penikmat mendaki gunung, Gunung Gede bisa menjadi salah satu pilihan gunung yang wajib Anda daki. Gunung yang berada di dalam satu lingkungan Taman Nasional Gede Pangrango ini memiliki suhu udara sekitar 5 derajat Celcius di puncaknya pada malam hari. Ketinggan gunung  mencapai 3000 meter dan memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Untuk menuju Gunung Gede, Anda bisa melalui Kecamatan Cipanas atau Cibodas.

 

TELAGA BIRU

Telaga Biru adalah nama tempat yang menjadi primadona Kota Cianjur. Lokasinya berada di dalam Taman Nasional Gunung Gede. Telaga dengan warna yang sangat biru ini memiliki keindahan yang mempesona. Selain itu, terdapat ikan-ikan yang banyak jumlahnya dan akan mendekati para pendaki jika berada di tepi Telaga. Yang membuat telaga ini selalu biru karena terdapat ganggang biru yang hidup di danau ini.

 

AIR TERJUN CIBEUREUM

Kota Cianjur selain memiliki objek wisata yang indah berupa curug, juga memiliki objek wisata air terjun. Air Terjun Cibeureum yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter memiliki keindahan yang mampu menghipnotis Anda. Disini Anda juga dapat melihat lumut merah yang hanya ada di Jawa Barat.

 

ALUN-ALUN SURYAKENCANA

Jika Anda telah berada di Gunung Gede, Anda harus menikmati keindahan Alun-alun Suryakencana yang memiliki luas 50 hektar.  Alun-alun tersebut ditutupi oleh hamparan  bunga edelweiss pada bulan Juni sampai dengan September. Perjalan yang Anda tempuh untuk mencapai Gunung Gede jika dari Jakarta membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam.

 

SITUS GUNUNG PADANG

Jika Anda menyukai wisata sejarah Anda bisa berkunjung ke Situs Gunung Padang. Situs ini berupa balok batu yang berada di beberapa lokasi sekitar Gunung Padang dan memiliki luas 3 hektar.

 

KOTA BUNGA

Hal yang menarik di Kota Bunga adalah adanya “Little Vience”  atau yang biasa dikenal sebagai cerminan Kota Venesia. Disini Anda dan keluarga bisa menaiki cano, menunggang kuda dan menikmati banyak sekali wahana.

 

Beberapa objek wisata lainnya yang berada di Kota Cianjur dan wajib Anda kunjungi adalah Kebun Teh Gedeh yang sangat indah, dengan hamparan pohon teh yang hijau dan segar. Ada juga Wisata Mandalawangi, Kebun Teh Panyairan yang menghasilkan teh hitam dan Gunung Mas yang bisa anda nikmati hamparan pohon teh yang sangat indah.

Selain itu, Kota Cianjur juga memiliki wisata danau yang bisa Anda nikmati yaitu Danau Sejuta Pesona. Di danau ini Anda akan bisa menikmati bermacam permainan yang ada. Terdapat juga Pantai Arfa, wisata pantai di Cianjur bukan hanya Pantai Jayanti tetapi juga ada Pantai Arfa. Terletak disebelah selatan Cianjur. Pantai yang tidak kalah indahnya dengan Pantai Jayanti.

 

Makanan Favorit

 

  1. Mie Ayam Mang Memed yang berada di daerah HOS Cokroaminoto berdekatan dengan took kue Tan Keng Cu. Harga Rp. 9.000 per porsinya.
  2. Sate Ayam Bumi Nini sangat terkenal di Cianjur. Terdapat di jalan Raya Puncak Cisarua No. 18 km 81. Jika Anda peminat sate, disarankan untuk mencicipi Sate Ayam Bumi Nini dengan harga Rp. 37.000 untuk 10 tusuknya.
  3. Geco, adalah toge dan tauco. Tempat makan yang menjual Geco berada di jalan Siti Jenab. Anda cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp. 5.000, Anda sudah mampu menikmati Geco.
  4. Laksa yang nikmat di Cianjur bisa Anda dapati di jalan Mokh Ali. Harga dari Laksa tersebut hanya Rp. 3.500 saja.
  5. Asinan Buah, dengan Rp. 3.000 Anda sudah bisa menikmati segarnya asinan buah. Tempat yang menjual asinan buah tidak jauh dari yang menjual laksa.
  6. Batagor mungkin makanan yang bisa Anda temui dimana saja. Tetapi batagor yang enak di Cianjur bisa Anda temui di Taman Kota. Sambil menikmati keindahan Taman Kota. Harganya pun sangat murah sekali, hanya dengan Rp. 2.000 Anda sudah bisa menyantapnya sepiring batagor.
  7. Kentang Stick bisa menjadi salah satu cemilan yang bisa Anda nikmati. Dengan harga Rp. 2.000 anda sudah bisa menikmatinya. Kentang stick bisa Anda temui di jalan Yulius Usman yang berada sebelum stasiun.

Tips Wisata

  1. Jika Anda berada di Cianjur Anda bisa menikmati makanan khas Sunda yang sangat nikmat. Tempat makan yang bisa Anda kunjungi ada di Jalan Raya Cianjur – Cipanas, Km 7.

Disarankan membawa pakaian hangat yang tebal (jaket), selayer dan penutup kepala untuk menghangatkan kepala

?
Perlu Bantuan?