peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Ciawi

Bogor, Indonesia · 4 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Ciawi

The Garden Syariah Hotel

Jalan K.H. Moh Toha no 13 Ciawi, Bogor, Indonesia, 16720

8.0 / 10

Sangat Baik

Villa Sawah Resort Managed By Salak Hospitality

Jalan Cibalok No. 99 Desa Pandan Sari, CIawi, Bogor, Indonesia, 16760

Villa Kayu Ciawi

, Bogor, Indonesia

Villa Dani Tapos

Jalan Tapos Lbc No.23, Citapen, Ciawi, Bogor, Jawa Barat 16720, Bogor, Indonesia, 16720

hotel lainnya

Tentang

Ciawi adalah salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Secara administrasi, Ciawi memiliki beberapa desa atau kelurahan, di antaranya Banjar Sari, Banjar Wangi, Banjar Waru, Bendungan, Bitung Sari, Bojong Murni, Ciawi, Cibedug, Cileungsi, Citapen, Jambu Luwuk, Pandansari dan  Teluk Pinang. Ciawi pun menjadi salah satu akses Bogor – Jakarta dan Jakarta – Bogor.

Di samping menjadi salah satu akses Jakarta – Bogor dan sebaliknya, Ciawi juga dikenal sebagai salah satu daerah dengan taman terbanyak di Kabupaten Bogor. Hingga 2016, Ciawi sudah memiliki 7 taman, seperti Taman Buah, Sayur, Winnie The Pooh, Mickey, Minion, Lebah, dan Rumput.

Selain taman, Ciawi juga memiliki akomodasi berupa hotel dengan berbagai kelas, mulai dari hotel kelas melati hingga hotel berbintang. Selain itu, di Ciawi, terdapat beberapa resor untuk memudahkan siapapun yang datang berkunjung.

Budaya di Ciawi

Ciawi merupakan daerah yang mayoritas penduduknya berasal dari suku Sunda. Oleh karena itu, kebanyakan penduduk di sini menganut budaya Sunda. Kendati Sunda, daerah Ciawi sedikit tercampur dengan kebudayaan modern, namun ciri khas Sunda yang santun, ramah, dan pandai bergaul tetap kuat dimiliki oleh masyarakat Ciawi.

Adapun bentuk budaya dan kesenian yang terdapat di Ciawi adalah:

  • Calung
  • Marawis
  • Degung
  • Angklung pentatonis
  • Kecapi suling
  • Tembang Sunda Cianjuran.

 

Bahasa Daerah di Ciawi

Karena mayoritas penduduknya adalah orang Sunda, maka secara administratif, bahasa yang digunakan sehari-hari adalah bahasa Sunda, sedangkan bahasa Indonesia menjadi bahasa pengantar.

Wilayah Utama Ciawi

Sementara itu, secara geografis, Ciawi merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Tol Jagorawi di sebelah utara, Kecamatan Cisarua di sebelah selatan, Kota Bogor di sebelah barat, dan pasar tradisional Ciawi di sebelah timur.

Cara ke Ciawi

Transportasi Udara

Karena Ciawi tidak memiliki bandara sendiri, maka untuk sampai ke Ciawi melalui jalur udara, Anda harus menuju dua bandara di Jakarta, yaitu Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau Halim Perdanakusuma. Setelah itu, Anda bisa menggunakan Damri, angkutan umum (angkot), bis kota, atau taksi untuk sampai ke Ciawi.

Transportasi Laut

Untuk jalur laut, Anda bisa melalui Pelabuhan Tanjung Priok, lalu diteruskan dengan Commuter Line Tanjung Priok – Jakarta Kota dan Jakarta Kota – Bogor. Setelah sampai di Terminal Bogor, Anda bisa gunakan ojek dan angkot dari Terminal Baranangsing – Ciawi.

Untuk tarif, Anda perlu mengeluarkan biaya Rp55.000 untuk kapal laut, Rp3.000 untuk Commuter Line, Rp15.000 untuk ojek, dan Rp3.000 untuk angkot.


(Tarif sewaktu-waktu bisa berubah)

Transportasi Darat

Untuk jalur darat, Anda bisa menggunakan beberapa angkutan umum untuk sampai ke Ciawi, seperti:

Angkutan umum dan APTB

Jika dari Jakarta, Anda bisa menggunakan APTB Blok M – Bogor untuk sampai di Ciawi. Caranya, setelah sampai di pemberhentian terakhir (Terminal Bubulak Bogor), Anda bisa lanjutkan perjalanan dengan angkot jurusan Terminal Bubulak – Baranangsiang, lalu diteruskan dengan angkot jurusan Baranangsiang – Ciawi.
Untuk tarif, Anda hanya perlu mengeluarkan Rp14.000 untuk APTB dan Rp2.000 hingga Rp3.000 untuk satu kali naik angkot.

Bus

Di samping angkutan umum, Anda juga bisa menggunakan bus Jakarta – Bogor dan berhenti di Terminal Baranangsiang. Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan naik angkot jurusan Baranangsiang – Ciawi. Untuk tarif,  Anda hanya perlu mengeluarkan Rp12.000 untuk bus dan Rp3.000 untuk angkot.

Kereta

Jika menggunakan kereta, Anda bisa melalui Stasiun Bogor, lalu dilanjutkan dengan ojek dan angkot jurusan Baranangsiang – Ciawi dengan tarif Rp 3.000 sampai Rp5.000 untuk Commuter Line, Rp15.000 untuk ojek, dan Rp3.000 untuk angkot.

Sepeda Motor

Jika Anda ingin menggunakan sepeda motor dari Jakarta Pusat ke Bogor, Anda bisa memalui Jl. Menteng Kecil – Jl. Taman Cut Mutiah, lalu dilanjutkan ke Jl. Dr. Sam Ratulangi – Jl. HOS. Cokroaminoto – Jl. H. R. Rasuna Said – Jl. Jendral Gatot Subroto – Jl. Prof. DR. Soepomo – Jl. Raya Pasar Minggu – Jl. Tanjung Barat Raya – Jl. Lenteng Agung.

Setelah sampai  di sana, lanjutkan perjalanan ke arah Depok, lalu ke Jl. Margonda Raya – Jl. Ir. H. Juanda (Rambu Jakarta – Bogor/J/Cijago – Jagorawi). Selanjutnya, gunakan 2 lajur kanan untuk belok ke Jl. Raya Jakarta – Bogor.

Dari sana, ikuti jalan hingga Jl. K. S. Tubun/Jl. Raya Pajajaran – Jl. Otto Iskandardinata – Jl. Bangka – Jl. Sambu – belok kanan di perembatan ke-1 Jl. Raya Pajajaran – setelah menemui bundaran, keluar dan ambil jalur ke Jl. Raya Tajur/Siliwangi – Jl. Wangun – Jl. Sukaraja  Sukabumi – Jl. Raya Tapos – Jl. Veteran III Banjarwangi Drawi. Terakhir, teruskan perjalanan hingga menemui Jl. Raya Tapos – Ciawi.

Mobil 

Untuk mobil, Anda bisa gunakan Tol Jagorawi. Keluar tol, lanjutkan perjalanan via Jl. Siliwangi/Tajur – Jl. Wangun - Jl. Sukaraja  Sukabumi – Jl. Raya Tapos – Jl. Veteran III Banjarwangi Drawi. Setelah itu, teruskan perjalanan hingga menemui Jl. Raya Tapos – Ciawi.

(Tarif sewaktu-waktu bisa berubah)

Transportasi di Ciawi

Sebagaimana daerah lain di Indonesia, Ciawi juga memiliki transportasi berupa:

  • Angkutan umum
  • Ojek
  • Bus (Untuk perjalanan ke luar Bogor)
  • Taksi.

 

Objek Wisata di Ciawi

Secara lokasi, Ciawi berada di kaki Gunung Gede. Kendati demikian, Ciawi tak memiliki wisata alam di wilayahnya. Hanya saja, Ia memiliki beberapa wisata alam yang berada di dekatnya, seperti:

Kebun Raya Cibodas

Tempat ini merupakan taman yang berisi macam-macam tumbuhan, mulai dari buah, bunga, hingga sakura. Letaknya ada di Jl. Kebun Raya Cibodas, Kelurahan Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Dengan jarak sekitar 41 kilometer, tempat wisata ini bisa ditempuh dengan 1,5 jam perjalanan.

Sentul Paradise Park

Menawarkan air terjun alami yang dibalut unsur modern, Sentul Paradise Park cocok dijadikan sebagai wisata alam rasa modern. Di sini, Anda bisa melihat air terjun yang indah, lingkungan yang asri, kolam renang yang bersih, wahana permainan yang menyenangkan, serta keseruan wisata alam rasa modern yang tak didapatkan di tempat lain.

Sentul Paradise Park terletak di Sentul City, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Berjarak sekitar 31 kilometer, lokasi ini bisa ditempuh dengan 1 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi.

Curug 7 Cilember

Menawarkan air terjun atau curug yang alami, Curug 7 Cilember memberikan Anda sensasi wisata yang tradisional nan alami. Terletak di Jl. Raya Puncak, Megamendung, Bogor, Jawa Barat, lokasi ini bisa ditempuh sekitar 52 menit perjalanan dengan kendaraan pribadi.

Taman Safari Indonesia

Menawarkan aneka binatang dan lingkungan yang asri, Taman Safari Indonesia bisa Anda jadikan sebagai wisata alam dan keluarga. Terletak di Jalan Raya Puncak No. 601, Cisarua, Bogor, Jawa Barat dengan jarak sekitar 24,9 kilometer dari Ciawi, lokasi ini bisa ditempuh dalam 1 jam 10 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Lembur Pancawati

Menawarkan lingkungan yang bersih dan asri, Lembur Pancawati bisa dijadikan sebagai destinasi wisata alam dan keluarga. Terletak di Kecamatan Caringin atau sekitar 10,7 kilometer dari pusat Ciawi, tempat ini bisa ditempuh dengan waktu 30 menit dengan kendaraan pribadi.

Wisata Kuliner di Ciawi

Adapun makanan dan tempat yang wajib dicoba di sini adalah:

Asinan Bogor Gedung Dalam

Terletak di Jalan Siliwangi Bogor, tempat makan ini menawarkan asinan khas bogor yang sedap dan patut Anda coba. Jika dari Ciawi, tempat makan ini berjarak sekitar 15 kilometer dengan waktu tempuh 38 menit.

Cungkringan Suryakencana

Cungkringan adalah kepala atau kikil sapi yang dimasak dengan bumbu kuning, lalu ditusuk dengan tusuk sate, kemudian disajikan dengan bumbu kacang, lontong, dan beberapa bawang dan cabai. Makanan ini biasa dijual di Jalan Suryakencana, Kota Bogor atau sekitar 39 menit ke utara Ciawi.

Bapatong

Makanan ini merupakan bakso dan kupat yang disajikan dalam gentong berukuran mini. Biasanya, bapetong dijual di Jalan Pangrango No. 1, Bogor Tengah, Bogor.

Soto Bogor Pak Salam 

Terletak di Jalan Siliwangi (Gang Aut) Surya Kencana, tempat makan yang menyajikan soto khas Bogor ini patut didatangi. Di samping sajiannya yang enak, pengunjung juga bebas memilih isian soto yang akan dimakan.

Toge Goreng Mang Gebro

Menawarkan toge goreng khas Bogor, tempat makan yang terletak di Jalan Dewi Sartika (Pasar Anyar) ini pas untuk dikunjungi. Di samping menawarkan makanan khas Bogor, lokasinya yang berjarak 19 kilometer dari Ciawi juga terbilang dekat.

Tips Berwisata di Ciawi 

  • Bogor terkenal sebagai daerah yang dipadati angkot, sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui jalur dan trayek tiap angkot yang akan digunakan.
  • Macet sering terjadi di sekitar Bogor, terutama pada akhir pekan. Oleh karena itu, lebih baik hindari akhir pekan untuk mengunjungi Kota Hujan ini.
  • Untuk akses darat, khususnya yang menggunakan Commuter Line dan APTB, Anda dianjurkan untuk memiliki kartu khusus sebagai pengganti tiket masuk. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli dan mengisi ulang di stasiun terdekat.
?
Perlu Bantuan?
evtbvsrwfq