peringatan

Hotel di Cileunyi

Bandung, Indonesia · 0 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar hotel di Cileunyi

hotel lainnya

Tentang

Cileunyi adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Secara administrasi, Kecamatan Cileunyi sendiri membawahi 6 desa, yaitu Desa Cibiru Hilir, Cibiru Wetan, Cileunyi Kulon, Cileunyi Wetan, Cimekar, dan Cinunuk. Di samping membawahi 6 desa, Kecamatan Cileunyi juga bertindak sebagai pembatas antara Kabupaten Bandung dan Sumedang.

Selain menjadi pembatas Kabupaten Bandung dan Sumedang, Cileunyi juga menjadi pembatas akhir dari Tol Purbaleunyi yang menghubungkan Purwakarta, Bandung, dan Cileunyi. Di samping dilintasi oleh jalan tol, Cileunyi juga memiliki beberapa fasilitas publik, seperti rumah sakit, rumah makan, tempat wisata, dan hotel.

Dinamika pariwisata di Bandung dan sekitarnya menuntut Cileunyi untuk berkembang dan memajukan nilai pariwisatanya. Untuk itu, kini, Cileunyi memiliki beberapa tempat wisata dan hotel dengan ragam fasilitas yang khas. Walau hotel di Cileunyi dan sekitarnya didominasi kelas melati, namun perkembangan dan kemajuan sektor pariwisata di sini terbilang baik.

Sejarah Cileunyi

Nama Cileunyi sendiri terdiri dari dua kata, yaitu “cai” dan “lunyu” yang berarti air jernih. Konon, ada mata air jernih yang terdapat tepat di sebalah pohon beringin besar yang ada di Terminal Cileunyi. Sejak ditemukannya mata air itu, daerah tersebut pun disebut dengan sebutan Cai-Lunyu. Lalu pada perkembangannya, Cai-Lunyu akhirnya berubah jadi Cileunyi.

Budaya di Cileunyi

Cileunyi sendiri didominasi oleh orang Sunda, sehingga budaya yang digunakan diterapkan di sini adalah budaya Sunda. Budaya di sini umumnya menciptakan produk budaya dalam bentuk seni, seperti:
Angklung

  • Calong
  • Wayang Golek
  • Gamelan Degung
  • Jaipong

 

Bahasa Daerah di Cileunyi

Bahasa yang digunakan di Kecamatan Cileunyi adalah bahasa Sunda, sedangkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Cara ke Cileunyi

Transpoartasi Udara 

Jika menggunakan transportasi udara, Anda bisa gunakan Bandara Halim Perdanakusuma, kemudian dilanjutkan dengan kereta atau bus untuk sampai ke Cileunyi.

Transportasi Laut

Jika menggunakan transportasi laut, Anda dapat menaiki kapal Pelni rute Tanjung Priok, kemudian dilanjutkan dengan bus atau kereta untuk sampai ke Cileunyi.

Transportasi Darat

Bus Lintas Kota

Moda transportasi ini cocok untuk Anda yang ingin mengirit pengeluaran. Dengan menggunakan bus lintas kota, Anda pun bisa menuju Cileunyi dengan murah dan aman. Di Cileunyi, terdapat terminal yang bisa digunakan sebagai tempat pemberhentian mobil-mobil luar.

Taksi

Di samping bus, Anda bisa menggunakan taksi sebagai moda transportasi premium. Walau tarif yang ditawarkan lebih mahal, namun taksi memberikan kenyamanan lebih untuk penumpangnya.

Angkutan Kota 

Selain kedua moda transportasi di atas, Anda juga bisa menggunakan angkutan kota (angkot) sebagai mode transportasi alternatif. Berbekal Rp4.000, Anda bisa menggunakan angkot menuju Cileunyi.

Kereta

Jika ingin menggunakan kereta, Anda harus menggunakan stasiun Bandung sebagai tempat transit, kemudian menaiki angkot atau ojek sebagai moda transportasi lanjutan.

Ojek 

Dibanding moda transportasi lain, ojek adalah moda transportasi yang paling dianjurkan. Sebab, di samping lebih efektif, waktu tempuh ojek juga dinilai lebih cepat. Dengan segala kelebihan itulah, ojek kerap digunakan sebagai moda transportasi unggulan.

(Tarif sewaktu-waktu bisa berubah)

Transportasi di Cileunyi

Cileunyi sendiri didukung oleh beberapa mode transportasi umum, seperti:

  • Angkutan umum
  • Bus kota
  • Ojek
  • Taksi

 

Objek Wisata di Cileunyi 

Cantigi Camp

Cantigi Camp adalah tempat kemah dan outbound yang seru. Menawarkan wahana permainan yang menarik dan lokasi yang sejuk, Cantigi Camp cocok untuk wisata menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat.

Adapun kegiatan yang bisa dilakukan di sini, di antaranya adalah:

  • Fun Game
  • High-impact Activity
  • High Rope Element
  • Fun Camp
  • Hill Walking
  • Rafting

 

Museum Geologi 

Museum yang terletak di  Jalan Diponegoro, Bandung ini menawarkan puluhan koleksi geologi yang cantik dan mengedukasi. Mulai dari miniatur pengeboran minyak dan gas, fosil manusia purba, bebatuan asal Irian Jaya, hingga banyak koleksi menarik lainnya yang wajib Anda lihat. Museum ini buka setiap hari dengan tarif masuk Rp2.000 untuk pelajar dan Rp3.000 untuk umum. 

Saung Angklung Udjo

Berlokasi di Padasuka, Kota Bandung, tempat yang banyak dikunjungi wisata asing ini memang pas sebagai destinasi wisata keluarga. Di samping tempatnya yang nyaman, Anda juga bisa belajar angklung yang merupakan kesenian khas Sunda. Tarif masuk ke Saung Angklung Udjo sekitar Rp60.000 untuk pengunjung domestik dan Rp100.000 untuk pengunjung asing.

Curug Cilengkrang

Terletak di barat laut Kecamatan Cileunyi, curug ini menjadi salah destinasi wisata yang banyak dikunjungi para kawula muda. Curug Cilengkrang memiliki suhu yang relatif dingin dan pemandangan yang amat cantik. Untuk ke lokasi, Anda bisa menggunakan angkot dari Terminal Cileunyi dengan tarif Rp4.000 per orang. 

Bukit Moko 

Tak hanya dijadikan sebagai destinasi alam yang cantik, Bukit Moko juga kerap dijadikan lokasi romantis untuk foto prewedding dan menghabiskan waktu bersama pasangan. Di samping romantis, tempat ini juga menawarkan pemandangan Bandung dengan sudut pandang yang cantik. Berlokasi di Cimenyan, Bandung, lokasi ini bisa Anda ditempuh dalam 1 jam perjalanan dari Cileunyi.

Tips Berwisata di Cileunyi

  • Beberapa lokasi di Cileunyi memiliki suhu yang amat dingin. Penggunaan jaket di malam atau pagi hari dapat menangkal hawa dingin yang bisa mengakibatkan penurunan imun.
  • Karena jumlah angkutan umum di Cileunyi terbilang banyak, untuk perjalanan jauh, penggunaan kendaraan pribadi sangat dianjurkan untuk menghindari kesalahan dalam menaiki kendaraan umum.
  • Penggunaan Tol Purbaleunyi sangat dianjurkan untuk Anda yang datang dengan kendaraan pribadi. Di samping cepat, penggunaan tol juga bisa menghemat waktu dan bahan bakar.
evtbvsrwfq