peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Masuk / Daftar

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Hotel di Cipulir

Kebayoran Lama, Jakarta Selatan · 6 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Cipulir

Hotel Neo+ Kebayoran

Jalan Ciledug Raya, No. 35, Kebayoran Lama, RT005 / RW002, Kebayoran Lama, Cipulir, Jakarta, Indonesia, 12230

8.7 / 10

Sangat Baik

Kyriad Hotel Metro Cipulir

Jalan Ciledug raya Nomor 1, Cipulir, Kebayoran Lama, Kebayoran Lama, Cipulir, Jakarta, Indonesia, 12250

8.9 / 10

Sangat Baik

Fontana Hotel Jakarta

Jl. Ciledug Raya 77, Kebayoran Lama, Cipulir, Jakarta, Indonesia, 12230

8.3 / 10

Sangat Baik

Sentra Boutique

Jln. Ciledug Raya No.17 Cipulir, Kebayoran Lama, Kebayoran Lama, Cipulir, Jakarta, Indonesia, 12230

7.5 / 10

Baik

Angelynn Room At Pakubuwono Terrace

Jalan Cileduk Raya No. 99 Kebayoran Lama, Kebayoran Lama, Cipulir, Jakarta, Indonesia, 12270

8.4 / 10

Sangat Baik

Studio Room in Pakubuwono Terrace Apartment (PAB)

Jl. Cibedug Raya RT 02/05 Cipulir Kebayoran Lama, Kebayoran Lama, Cipulir, Jakarta, Indonesia, -

hotel lainnya

Tentang

Secara administrasi, Cipulir merupakan salah satu kelurahan yang terdapat di Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Dengan luas wilayah sekitar 1,95 kilometer persergi dan total penduduk sebanyak 29.041 jiwa, Kelurahan Cipulir menjadi satu dari sekian banyak kelurahan dengan jumlah penduduk terpadat.

Kelurahan Cipulir sendiri memiliki beberapa fasilitas umum meliputi rumah bersalin, sekolah, perumahan, dan beberapa fasilitas hiburan yang menyajikan konten bioskop.Di samping itu, Cipulir juga memiliki aneka hotel dengan ragam kelas tertentu. Sebagian besar hotel, umumnya ditempati oleh pengunjung yang berasal dari luar daerah. Walau banyak dari hotel tersebut berada di luar Cipulir, namun sebagian besar tamu berkunjung ke kelurahan ini.

Sejarah Cipulir

Cipulir adalah pemukiman etnis Betawi dan Belanda pada masa penjajahan dulu. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya rumah-rumah kuno bergaya klasik sekitaran Jalan Ciledug, Cipulir. Namun, setelah masa kemerdekaan hingga sekarang, banyak dari rumah-rumah tersebut yang digusur dan digantikan dengan bangunan baru yang lebih modern.

Budaya di Cipulir

Karena dulunya menjadi pemukiman etnis Betawi, maka budaya yang dianut warga Cipulir asli adalah budaya Betawi dengan ragam kesenian, seperti:

  • Tanjidor
  • Palang pintu
  • Tari topeng Betawi
  • Ondel-ondel

 

Bahasa Daerah di Cipulir

Mayoritas penduduk Cipulir adalah warga Betawi asli, sehingga bahasa yang digunakan di Cipulir adalah bahasa Betawi, sedangkan bahasa Indonesia hanya sebagai bahasa pengantar.

Cara ke Cipulir

Untuk bisa sampai ke Cipulir, berikut adalah beberapa moda transportasi yang bisa digunakan:

Transporatasi Udara

Jika menggunakan transportasi laut, Anda bisa menggunakan kapal Pelni yang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priuk. Setelah itu, perjalanan dapat dilanjutkan dengan menggunakan angkutan kota (angkot), taksi, MetroMini, Kopaja, atau Transjakarta sebagai moda transportasi lanjutan.

Lima moda transportasi lanjutan di atas memiliki tarif yang beraneka ragam, mulai dari Rp4.000 hingga Rp100.000 per penumpang, tergantung dari jenis kendaraan yang digunakan.

Transportasi Darat

Untuk transportasi darat, berikut adalah ragam kendaraan yang bisa digunakan untuk sampai ke Cipulir:

Kereta

Jika Anda dari luar kota, Anda bisa memanfaatkan kereta sebagai sarana transportasi terbaik. Untuk sampai ke Cipulir, Anda harus mencari kereta ke Stasiun Keboyaran. Jika tidak, Anda bisa gunakan stasiun induk, setelah itu dilanjutkan dengan Commuter Line untuk bisa sampai ke Stasiun Kebayoran. Setelah sampai di Stasiun Kebayoran, Anda bisa gunakan angkot atau ojek sebagai saran transportasi lanjutan.

Bus

Jika menggunakan bus, Anda bisa berhenti di Terminal Blok M atau Lebak Bulus yang sama-sama dari Jakarta Selatan. Setelah dari sana, Anda bisa lanjutkan perjalanan menggunakan angkot atau Transjakarta untuk sampai ke Cipulir. Tarif angkot dan Transjakarta berkisar antara Rp3.500 hingga Rp4.000 untuk satu kali perjalanan. 

APTB

APTB melayani rute Jabodetabek Jika Anda berasal dari daerah tersebut, Anda bisa gunakan APTB sebagai sarana transportasi yang murah dan nyaman. Berbekal Rp3.500 untuk tarif, Anda akan diantarkan ke salah satu halte APTB dan diteruskan menggunakan Transjakarta sebagai angkutan lanjutan.

(Tarif sewaktu-waktu bisa berubah)

Via Udara 

Jika ingin menggunakan transportasi udara, Anda bisa gunakan pesawat yang mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma. Setelah itu, Anda bisa lanjutkan perjalanan menggunakan angkot, Transjakarta, atau taksi sebagai kendaraan lanjutan untuk sampai ke Cipulir.

Transportasi di Cipulir

Kelurahan Cipulir sendiri memiliki moda transportasi yang cukup lengkap, meliputi:

  • Angkutan kota
  • MetroMini
  • Kopaja
  • Ojek
  • Taksi
  • Transjakarta
  • Ojek online
  • Taksi online

 

Objek Wisata di Cipulir

Gandaria City Mall

Terletak di tenggara Cipulir, Gandaria City Mall adalah satu dari sekian banyak mal ternyaman dengan produk terlengkap di Jakarta. Menawarkan wisata belanja dengan konsep modern, mal ini menjadi pusat perbelanjaan paling digemari di Jakarta Selatan. Gandarian City Mall sendiri menawarkan aneka produk menarik, mulai dari fashion, keperluan rumah tangga, dan beberapa produk lain.

Harga yang ditawarkan di Gandaria City Mall juga cukup bersaing. Walau sedikit lebih tinggi dari mal sejenis, namun produk di Gandarian City Mall memiliki kualitas dan ketahanan yang jauh lebih baik.

ITC Cipulir Mas

Hampir sama dengan Gandaria City Mall, ITC Cipulir Mas adalah tempat berbelanja yang memiliki konsep modern. Walau demikian, harga produk yang ditawarkan di ITC Cipulir Mas tak kalah murah dengan produk-produk sejenis yang dijual di pasar tradisional. Nilai tambahnya, produk-produk yang dijual  di ITC Cipulir sangat beragam.

Kampung Main Cipulir

Menawarkan aneka wahana yang seru dan menantang, Kampung Main Cipulir adalah tempat terbaik untuk menghabiskan waktu bersama anak. Di samping menambah nilai kebersamaan, dengan berlibur ke Kampung Main Cipulir, kita juga bisa mengajarkan ke anak tentang semangat, kerja keras, dan ketekunan untuk menyelesaikan semua wahana dan tantangan yang tersedia.

Taman Martha Tiahahu

Taman ini terletak di Melawai, Jakarta Selatan. Walau tidak tergolong ke dalam wilayah Cipulir, namun jaraknya yang dekat menjadi alasan mengapa banyak penduduk Cipulir yang menghabiskan waktu bersama keluarga di sini. Selain itu, di samping jaraknya yang dekat, tempat ini juga memiliki banyak fasilitas dan hal-hal yang dibutuhkan oleh tempat wisata.

Taman Martha Tiahahu sendiri adalah taman kota yang bisa dikunjungi siapa pun secara gratis. Kendati demikian, untuk yang membawa kendaraan, Anda wajib membayar parkir sebesar Rp2.000 hingga Rp4.000 per kendaraan.

Taman Ayodya

Walau berukuran lebih kecil, Taman Ayodya adalah salah satu kota yang banyak dikunjungi warga Jakarta Selatan. Di samping cantik, taman ini juga memiliki fasilitas dan tata lokasi yang cukup baik, sehingga memberikan kenyamanan bagi siapa pun yang berkunjung.

Sama halnya dengan Taman Martha Tiahahu, berkunjung ke Taman Ayodya juga  gratis. Tapi, untuk mereka yang membawa kendaraan bermotor, wajib membayar tarif parkir senilai Rp2.000 hingga Rp4.000 per kendaraan.

(Tarif sewaktu-waktu bisa berubah)

Tips Beriwisata di Cipulir

  • Kunjungan ke Taman Martha Tiahahu atau Ayodya lebih baik tak dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi, terlebih lagi hari libur. Sebab, pengunjung kerap kali tidak mendapat tempat parkir untuk kendaraan mereka.
  • Di Cipulir, terdapat pasar tradisional yang dengan harga yang jauh lebih murah dari ITC Cipulir atau Gandaria City Mall. Jika memang ingin berhemat, membeli produk di pasar tradisional Cipulir adalah tindakan yang dianjurkan.
  • Penginapan Cipulir sendiri mayoritas berada di luar Cipulir, sehingga memerlukan kendaraan pribadi atau angkot jika ingin berkunjung dan membeli produk-produk murah di pasar atau ITC Cipulir.
?
Perlu Bantuan?