peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Garut Kota

Garut, Indonesia · 4 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Garut Kota

Hotel Ramayana Garut

Jl.Terusan Pembangunan Pataruman Tarogong Kidul , Garut Kota, Garut, Jawa Barat, Indonesia, 44151

8.3 / 10

Sangat Baik

Familie Ayu Garut

Jalan Ranggalawe No.66, Garut Kota, Garut, Jawa Barat, Indonesia, 44114

7.7 / 10

Baik

Diva Villa Garut

Jl. Raya Bayongbong - Muara Sanding KM.2, Garut Kota, Garut, Jawa Barat, Indonesia, 44161

8.9 / 10

Sangat Baik

Familie Ayu Suite

Jalan Ranggalawe, Garut Kota, Garut, Jawa Barat, Indonesia, -

hotel lainnya

Tentang

Garut Kota merupakan sebuah salah satu dari 43 kecamatan yang berada di Kabupaten Garut. Kecamatan ini memiliki luas wilayah 27,71 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 122.807 jiwa.

Daerah ini memiliki sebelas keluarahan yang terdiri dari Cimuncang, Ciwalen, Kota Kulon, Kota Wetan, Margawati, Muara Sanding, Pakuwon, Paminggir, Regol, Sukamentri, dan Sukanegla.

Kecamatan Garut Kota berbatasan dengan Kecamatan Tarogong Kidul di sebelah utara, Kecamatan Cilawu di sbelah Selatan, Kecamatan Tarogong Kidul di sebelah Barat, dan Kecamatan Karang Pawitan di sebelah Timur.

Cara ke Garut Kota

Transportasi Udara

Bagi yang berada di luar Pulau Jawa atau memutuskan menggunakan pesawat terbang, Anda dapat memilih penerbangan menuju bandara yang mendekati daerah ini, yaitu Bandara Internasional Husein Sastranegara, Bandung.

Setelah tiba di bandara, Anda bisa menggunakan taksi atau mobil travel untuk melanjutkan perjalanan menuju Garut Kota. Jika anda memilih travel sebagai transportasi ke Garut Kota, biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp100.000. Perjalanan akan menempuh kurang lebih 2-3 jam untuk sampai di Garut Kota.

Transportasi Darat

Kereta Api

Anda dapat menggunakan kereta api untuk bisa sampai ke Garut Kota. Daerah-daerah yang menyediakan kereta menuju adalah Bandung, Yogyakarta, Solo, Tasikmalaya, Jakarta, Surabaya, Malang, dan Purwakarta. Tarif kereta api mulai dari Rp60.000 hingga Rp250.000 tergantung asal keberangkatan dan kelas kereta api yang dipilih.

Seluruh keberangkatan yang berasal dari berbagai daerah akan berhenti di Stasiun Cipeundeuy, Garut. Setelah dari stasiun, Anda bisa melanjutkan kembali perjalanan menggunakan travel, taksi, ojek, atau angkutan umum agar bisa sampai di Garut Kota.

Bus

Selain kereta api, Anda juga bisa menggunakan bus untuk bisa sampai di Garut Kota. Daerah-daerah yang menyediakan bus menuju Garut Kota adalah Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok, Tangerang, dan daerah lainnya.

Ada banyak armada yang menyediakan bus dengan tujuan Garut Kota, mulai dari bus biasa hingga bus elite. Jenis bus yang Anda pilih akan mempengaruhi tarif ongkos yang harus dibayar. Tarif relatif bus menuju Garut Kota sekitar Rp80.000.

Mobil Sewa

Jika tidak ingin repot menaiki angkutan umum, maka Anda bisa memilih menggunakan mobil sewa yang biasanya menyediakan lepas kunci. Hal ini akan lebih memudahkan Anda dalam berkeliling menikmati wisata di Garut Kota. Harga sewa ditentukan oleh penyedia jasa.

Angkutan Kota

Jika Anda lebih memilih naik angkutan kota (angkot), akan ada banyak sekali trayek yang tersedia dari Terminal Guntur, Garut. Berikut adalah trayek-trayek angkutan dalam Kota Garut:

  • Trayek 01 (Terminal Guntur‒Sukaregang)
  • Trayek 02 (Terminal Guntur‒Sukadana)
  • Trayek 03 (Terminal Guntur‒RSU)
  • Trayek 04 (Terminal Guntur‒Cipanas) 
  • Trayek 05 (Terminal Guntur‒Leuwigoong)
  • Trayek 06 (Terminal Guntur‒Bojongloa/Cikuray)
  • Trayek 07 (Terminal Guntur‒Sukawening)
  • Trayek 08 (Terminal Guntur‒Pasar Andir)
  • Trayek 09 (Terminal Guntur‒Cibodas)
  • Trayek 10 (Terminal Guntur‒Leles‒Kadungora)
  • Trayek 011 (Terminal Guntur‒Perum Suci Permai)
  • Trayek 012 (Terminal Guntur‒Karangpawitan‒Cimurah)
  • Trayek 013 (Terminal Guntur‒Rancagango)
  • Trayek 014 (Terminal Guntur‒Ciobodas via Rancamaya)
  • Trayek 015 (Terminal Guntur‒Sanding/Goler)
  • Trayek 016 (Terminal Guntur‒Perum Cempaka Indah).

 

Objek Wisata di Garut Kota

Wisata Alam

Pantai Santolo

Pantai Santolo berada di Kecamatan Cikelet, Garut Kota. Pantai ini menjadi objek wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Mayoritas wisatawanyang datang ke Pantai Santolo berasal dari Bandung dan Jakarta. Di pantai ini, Anda akan melihat panorama alam yang memukau dalam suasana damai.

Situ Bagendit

Tempat ini merupakan sebuah danau yang terletak di Kecamatan Banyuresmi. Situ Bagendit termasuk destinasi yang cukup terkenal di Garut karena kondisi lingkungan yang baik dan kebersihan danau yang sangat terpelihara.

Di sini, Anda dapat menikmati momen bermain perahu, sepeda air, rakit khas Situ Bagendit, memancing, berenang di kolam renang, atau sekadar bermain di taman menikmati udara sejuk dan pemandangan yang indah. Tempat ini sangat cocok untuk keluarga yang ingin menikmati piknik di kawasan danau

Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya juga cukup dikenal oleh kalangan wisatawan domestik maupun mancanaegara. Pantai ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, sehingga ombaknya terbilang besar. Di pantai ini, terdapat batuan karang yang cocok dijadikan sebagai spot berfoto dan air terjun yang tepat berada menghadap langsung ke lautan.

Curug Orok

Curug Orok bukan berarti sebuah curug yang dipenuhi oleh orok atau bayi, melainkan curug ini merupakan tempat wisata air terjun yang terletak di Desa Cikanda. Menurut cerita masyarakat sekitar, penamaan ‘Curug Orok’ ini berasal dari seorang ibu yang dengan sengaja membuang bayinya dari atas air terjun ini. Untuk menikmati keindahan curug ini, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang.

Gunung Papandayan

Bagi yang ingin merasakan bagaimana mendaki gunung, Anda bisa mengunjungi Gunung Papandayan yang sangat populer di kalangan pendaki gunung. Gunung yang terletak di Kecamatan Cisurupan ini hanya berjarak 70 km dari Kota Bandung, sehingga banyak warga sekitar Bandung dan Garut yang berkunjung ke gunung ini. Hal yang menjadi daya tarik gunung ini adalah adanya sebuah kawah dan air panas yang dipercaya sebagai obat alternatif berbagai penyakit.

Pantai Cijeruk Indah

Pantai Cijeruk Indah terletak di Desa Sagara. Pantai ini memiliki keunggulan dalam hal kebersihan, suasana yang sunyi dan alami, serta air laut yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan pemandangan selama perjalanan menuju pantai ini yang berupa perkebunan karet dan hewan-hewan ternak yang sengaja digembalakan di sekitar perkebunan.

Tips Berwisata di Garut Kota

  • Pastikan Anda tepat memilih penginapan yang sesuai dengan bujet nyaman. Jika Anda berwisata bersama keluarga, lebih baik memilih hotel berbintang dengan fasilitas yang lengkap.
  • Sesuaikan kostum dan perbekalan dengan destinasi tujuan Anda. Jika ingin mendaki Gunung Papandayan atau berpetualang di wisata alam lainnya, pastikan Anda menggunakan sepatu anti licin dan pakaian yang nyaman.
  • Belilah dodol khas Garut yang menjadi oleh-oleh terbaik untuk keluarga di rumah.
?
Perlu Bantuan?