peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Masuk / Daftar

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Hotel di Kebon Jeruk

Jakarta Barat, Indonesia · 11 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Kebon Jeruk

Airy Eco Syariah Kebon Jeruk H Paeng 12A Jakarta

Jl. H. Peeng No.12A, Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta , Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jakarta, Indonesia, 11530

8.3 / 10

Sangat Baik

Hotel 88 Kedoya Jakarta

Jalan Panjang Kav 68 Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Kedoya Selatan, Jakarta, Indonesia, 11520

7.9 / 10

Baik

Airy Syariah Kebon Jeruk KPBD 11 Jakarta

Jl. KPBD No. 11, RT 01/02, Raya Kebayoran Lama, Kebon Jeruk, Sukabumi Selatan, Jakarta, Indonesia, 11560

9.0 / 10

Istimewa

Airy Eco Kebon Jeruk Kelapa Dua Raya 5 Jakarta

Jl. Kelapa Dua Raya, No. 5 Kebon Jeruk, Kebon Jeruk, Kelapa Dua, Jakarta, Indonesia, 11550

8.5 / 10

Sangat Baik

Harvia Suites - Kebon Jeruk

Jalan Pejuangan Raya No. 63 Kebon Jeruk, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jakarta, Indonesia, 11530

8.8 / 10

Sangat Baik

Modern Greenery Space At BSH ( Bengawan Solo House )

Jalan Raya Kelapa Dua No. 34 Kelurahan Kelapa Dua Kecamatan Kebon Jeruk, Kebon Jeruk, Kelapa Dua, Jakarta, Indonesia, 11550

Averio Residence

Jl. Salam Raya No. 70-72, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kebon Jeruk, Sukabumi Utara, Jakarta, Indonesia, 11540

7.0 / 10

Baik

Clean Room Near Binus (KML)

Jl. Karmel 1 Blok C6, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jakarta, Indonesia, 11530

7.8 / 10

Baik

Furnished Room near Central Park Mall (NAL)

Jl. H. Sanusi Taming No.101, Kebon Jeruk, Duri Kepa, Jakarta, Indonesia, 11510

7.0 / 10

Baik

Metropark Residence

Jalan Pilar Mas Utama Raya Kav. 28, Kebon Jeruk Kedoya Selatan Depan Metro Tv, Kebon Jeruk, Kedoya Selatan, Jakarta, Indonesia, 11520

hotel lainnya

Tentang

Kebon Jeruk adalah salah satu daerah yang berada di Jakarta Barat. Secara administrasi, Kebon Jeruk adalah kecamatan yang membawahi 7 kelurahan, meliputi Kelurahan Duri Kepa, Kedoya Selatan, Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Sukabumi Utara, Sukabumi Selatan, dan Kelapa Dua.

Di Kebon Jeruk sendiri terdapat banyak akomodasi dan fasilitas umum, seperti sekolah, perguruan tinggi, hotel, rumah sakit, dan perkantoran. Walau terkenal padat, daerah ini juga memiliki beberapa wilayah hijau, seperti Taman Kebon Jeruk Intercorn, Taman Kedoya Baru, Taman Kedoya Permai, dan Taman Ratu. Selain taman, Kebon Jeruk juga terkenal akan hotel, apartemen, dan perumahan mewahnya. 

Sejarah Kebon Jeruk

Menurut sejarah, Kebon Jeruk dahulunya adalah sebuah perkebunan jeruk yang cukup besar di kawasan Jakarta. Jeruk-jeruk yang ditanam di sini pun cukup beragam. Mulai dari jenis limau, sunkist, purut, sampai jeruk Bali juga ada di sini. Dulunya, jeruk-jeruk tersebut dibawa dan ditanam oleh orang-orang Belanda pada masanya. Selain jenis jeruk di atas, orang Belanda juga membawa jeruk manis dan keprok yang berasal dari Amerika Selatan.

Setelah Belanda pergi, tanaman-tanaman jeruk di sini pun dimiliki warga. Ketika sudah berbuah dan panen, jeruk-jeruk tersebut lantas dibagikan ke tetangga, dimakan sendiri, atau dijual di pasar. Lambat laun kebun-kebun jeruk di sini pun semakin banyak dan besar, sehingga membuat daerah ini dikenal dengan nama Kebon Jeruk.

Budaya di Kebon Jeruk

Penduduk Kebon Jeruk didominasi oleh etnis Betawi. Oleh karena itu, budaya dan adat yang berlaku di sini adalah adat dan budaya Betawi. Ada pun produk kebudayaan yang berlaku di sini adalah tari topeng, gambang kromong, ondel-ondel, palang pintu, dan beberapa kebudayaan Betawi lainnya.

Cara ke Kebon Jeruk

Berikut adalah beberapa transportasi yang bisa Anda gunakan untuk sampai ke Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat:

Transportasi Udara

Jika menggunakan transportasi udara, Anda bisa menggunakan pesawat tujuan Bandara Soekarno-Hatta atau Bandara Halim Perdanakusuma, lalu dilanjutkan dengan menggunakan taksi, angkutan kota (angkot), atau bus yang mengarah ke Kebon Jeruk.

Transportasi Darat

Untuk sampai ke Kebon Jeruk via darat, berikut adalah moda transportasi yang bisa Anda gunakan:

Bus

Jika menggunakan bus daerah, Anda bisa menggunakan Terminal Pasar Minggu untuk transit, kemudian dilanjutkan dengan angkutan umum, seperti MetroMini, mikrolet, atau bus kota. Ada pun tarif yang digunakan untuk ketiganya adalah Rp3.500 - Rp4.000 per penumpang.

Bus Kota

Jika ingin ke Kebon Jeruk dengan angkutan kota, banyak pilihan bus dengan jurusan:

  • Kota-Poris Polwad (via Roxy-Grogol-Karawaci);
  • Blok M-Poris Polwad (via Polda-Slipi-Karawaci);
  • Senen-Poris Polwad (via Sudirman-Tamrin-Karawaci);
  • Kampung Melayu-Poris Polwad (via Pancoran-Komdak-Slipi-Karawaci);
  • Blok M-Poris Polwad (via Senen-Slipi-Karawaci);
  • Grogol-Poris Polwad (via Tomang-Karawaci);
  • Pulo Gadung-Poris Polwad (via Kelapa Gading-Cempaka Mas-Rawamangun-Prumpung-Cawang-Pancoran-Komdak-Slipi-Tomang-Karawaci).

 

Taksi

Jika menggunakan taksi, Anda bisa meminta supir untuk diantarkan ke Kebon Jeruk dengan tarif awal Rp3.000 - Rp7.500 untuk buka pintu dan Rp2.000 tiap satu kilometer.

Ojek/Taksi Online 

Di samping lebih modern, penggunaan ojek/taksi online juga terbilang murah karena Anda hanya mengeluarkan Rp2.000 - Rp 7.000 untuk tarif awalnya.

Kereta/Commuter Line 

Jika menggunakan kereta atau Commuter Line, Anda bisa menggunakan Stasiun Duri untuk sampai ke Kebon Jeruk. Sedangkan untuk tarif, Anda hanya perlu membayar Rp3.500 untuk satu kali perjalanan dengan Commuter Line.

(Harga sewaktu-waktu bisa berubah)

Transportasi Laut

Jika menggunakan jalur laut, Anda bisa menggunakan Pelabuhan Tanjung Priok, lalu diteruskan kendaraan darat, mulai dari kereta/Commuter Line, angkot, bus kota, taksi, atau ojek/taksi online. Ada pun untuk tarif angkutan darat yang digunakan mulai dari Rp3.000 sampai lebih dari Rp30.000.

(Harga sewaktu-waktu bisa berubah)

Transportasi di Kebon Jeruk

Kebon Jeruk merupakan daerah yang cukup strategis sehingga angkutan umum tergolong lengkap. Di antara trasportasi yang bisa digunakan untuk bepergian adalah:

  • Ojek;
  • Taksi;
  • MetroMini;
  • Kopaja;
  • Transjakarta;
  • APTB;
  • Commuter Line;
  • Mikrolet;
  • Angkot;
  • Ojek/taksi online.

 

Semua kendaraan di atas tersedia di Kebon Jeruk. Jadi, jika ingin keliling Jakarta dari Kebon Jeruk, Anda bisa menggunakan beberapa kendaraan di atas dengan tarif Rp4.000 sampai lebih dari Rp30.000.

(Harga sewaktu-waktu bisa berubah)

Objek Wisata Dekat Kebon Jeruk

Kebon Jeruk adalah daerah yang kecil dan minim tempat wisata. Jadi, untuk berlibur, Anda bisa menggunakan beberapa objek wisata di daerah sekitar, seperti:

Kota Tua

Terletak di Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, Kota Tua adalah salah satu destinasi favorit di Jakarta. Menawarkan ragam museum dan bangunan-bangunan klasik. Kota Tua bisa menjadi tempat rekreasi yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman sembari belajar tentang sejarah. Berjarak sekitar 12 kilometer dari Kebon Jeruk, tempat wisata ini bisa ditempuh hanya dalam 34 menit menggunakan kendaraan pribadi.

China Town (Glodok)

Jika Kota Tua menawarkan eksotisme bangunan klasik, Glodok justru menawarkan bangunan, budaya, dan makanan khas Cina. Di samping itu, Glodok juga bisa dijadikan tempat belanja. Selain menawarkan hal-hal tersebut, Glodok juga terdapat toko-toko yang menjual DVD, obat-obatan, makanan, aksesoris, alat eletronik, dan beragam produk lainnya. Terletak di Taman Sari, Jakarta Barat, perjalanan ke Glodok dari Kebon Jeruk bisa ditempuh dalam waktu 35 menit dengan kendaraan pribadi.

Jembatan Kota Intan

Berbeda dengan jembatan pada umumnya, Jembatan Kota Intan adalah jembatan buatan Belanda yang bisa dinaiki di bagian tengahnya. Pada zaman dulu, jembatan ini digunakan sebagai jembatan penyeberangan. Namun saat kapal datang, bagian tengah dari jembatan ini akan terangkat, sehingga tidak mengganggu perjalanan kapal dari laut ke hilir, begitu pun sebaliknya. Berlokasi di Pademangan, jembatan ini bisa ditempuh dalam 35 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Museum Tekstil

Terletak di Jl. K. S. Tubun Petamburan, Jakarta Barat, museum ini menawarkan beragam kain dari seluruh Indonesia. Mulai dari kain jumbut, tenun, batik, campur, sampai baju dari kulit kayu pun ada di sini.  Jika dari Kebon Jeruk, museum ini bisa ditempuh dalam waktu 30 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Wisata Belanja Dekat Kebon Jeruk

Jika ingin wisata belanja, Anda bisa kunjungi beberapa mal di sekitar Kebon Jeruk, seperti Puri Indah Mall, Mal Lippo Puri, dan Mal Taman Anggrek. Mal-mal tersebut menjual beragam produk, mulai dari fashion, perlengkapan rumah tangga, kuliner, sampai dengan peralatan bayi. Mal-mal yang ada di sekitar Kebon Jeruk juga dekat dengan beberapa hotel, sehingga memudahkan pengunjung hotel untuk berbelanja dan memenuhi kebutuhan.

Wisata Kuliner Dekat Kebon Jeruk

Cafe Batavia

Di samping Tender Deutch Veal with Apple Flambee Brandy Souce-nya yang enak, kafe ini juga menawarkan konsep dan desain bangunan identik Jakarta yang unik dan Instagramable. Itu sebabnya, di samping pengunjung domestik, kafe ini juga banyak dikunjungi wisatawan asing. Untuk lokasi, kafe ini terletak di Kota Tua, tepatnya di Jalan Pintu Besar Utara No. 14, Kota Tua, Jakarta Barat.

Kerak Telor di Kota Tua

Ke Jakarta tak akan lengkap jika tidak mencoba kerak telor. Di Jakarta, kerak telor kerap dijual di banyak tempat wisata, salah satunya Kota Tua. Menawarkan rasa gurih nan khas, makanan khas Jakarta ini patut Anda coba. 

Tips Berwisata Dekat Kebon Jeruk

  • Menu kuliner di daerah Glodok cukup beragam mulai dari yang halal hingga non-halal, sehingga bagi wisatawan Muslim dianjurkan untuk bertanya sebelum membeli.
  • Kendaraan umum di Jakarta rawan copet dan kejahatan lainnya. Untuk menghindari tindak kejahatan, pastikan untuk selalu berhati-hati. Pastikan dompet dan barang bawaan selalu bersama Anda dan tidak menarik perhatian.
  • Alat pembayaran Transjakarta dan Commuter Line berbentuk kartu khusus. Untuk mendapatkannya, Anda harus membeli di loket yang terletak di halte atau stasiun terdekat.
?
Perlu Bantuan?