peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Pusat Kota Kediri

Kota Kediri, Indonesia · 15 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Pusat Kota Kediri

Lotus Garden Hotel

Jl. Jaksa Agung Soeprapto No. 26 Kediri, Kota Kediri, Indonesia, 64112

8.4 / 10

Sangat Baik

Viva Hotel Kediri by Front One

Jalan Letjen S.Parman no 86 Kediri, Kota Kediri, Indonesia

8.6 / 10

Sangat Baik

Citihub Hotel @Kediri

Jalan Joyoboyo 21, Kota Kediri, Indonesia, 64125

8.6 / 10

Sangat Baik

Hotel Penataran Asta Kediri

Jalan Dhoho No 190, Pakelan, Kota Kediri, Indonesia, 64123

7.5 / 10

Baik

Grand Surya Hotel Kediri

Jl. Doho No. 95, Kota Kediri, Indonesia, 64123

8.7 / 10

Sangat Baik

Insumo Palace Hotel & Resort

Jalan Urip Sumoharjo No. 90, Kota Kediri, Indonesia, 64124

8.3 / 10

Sangat Baik

Hotel Mitra Inn

Jalan Mayor Bismo 355. Kediri, Kota Kediri, Indonesia, 64112

8.0 / 10

Sangat Baik

Amin Jaya Homestay

Jalan Trunojoyo 46, Pakelan, Kota Kediri, Indonesia, 64123

8.4 / 10

Sangat Baik

Hotel Merdeka Kediri

Jalan Basuki Rahmat No. 4, Kota Kediri, Indonesia, 64123

8.4 / 10

Sangat Baik

Raya Resort Hotel

Jalan Yos Sudarso 21-23, Kota Kediri, Indonesia, 64123

7.7 / 10

Baik

Hotel Muslim

Jalan Agus Salim No 19, Bandar Kidul, Mojoroto, Kota Kediri, Indonesia, 64117

8.0 / 10

Sangat Baik

Hotel Adisurya Kediri

Jalan Mayor Bismo 409, Kota Kediri, Indonesia, 11410

8.2 / 10

Sangat Baik

Airy Mojoroto Jaksa Agung Suprapto 26 Kediri

Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 26 , Kota Kediri, Indonesia, 64112

8.7 / 10

Sangat Baik

Griya Penanggungan

Jl. Penanggungan no.45 l Mojoroto, Kediri, Jawa Timur, Kota Kediri, Indonesia, 64117

8.5 / 10

Sangat Baik

Vinnic Homestay

Jl Tembus Lebak Tumpang kelurahan bujel Kecamatan Bujel Kota Kediri jawa timur, Kota Kediri, Indonesia, 64112

hotel lainnya

Tentang

Pernahkah Anda mendengar atau mengetahui tentang Kampung Inggris yang berada di Pare, Kediri ?

Kediri bukan hanya memiliki keunggulan wisata alamnya yang sudah dipadukan wisata modern tetapi juga unggul dalam dunia pendidikan sehingga dijuluki Kampung Inggris karena banyaknya tempat kursus yang berada di kota ini.

Kediri adalah kota ketiga terbesar di Jawa Timur setelah Malang dan Surabaya. Batas wilayah Kediri disebelah barat, dengan Nganjuk dan Tulungagung, disebelah timur berbatasan dengan Malang dan Jombang, sebelah utara berbatasan dengan Jombang dan Nganjuk, serta disebelah Selatan berbatasan dengan Tulungagung dan Blitar.

Luas wilayah Kediri 63.40 km2 dan terdapat Sungai Brantas yang membelahnya dari selatan ke utara dengan panjang 7 kilometer. Kota Kediri merupakan pusat penghasil rokok dan gula, sehingga terdapat pabrik rokok Gudang Garam yang telah menjadi penopang perekonomian masyarakat.

Toleransi umat beragama masyarakat Kediri sangat tinggi. Disana terdapat masjid, gereja, pura, dan klenteng. Ada salah satu klenteng peninggalan Belanda dengan nama Tjio Hwie Kiong. Karena mayoritas masyarakatnya adalah orang Jawa, bahasa yang digunakan adalah bahasa Jawa dengan bahasa formalnya bahasa Indonesia.

Kota Kediri memiliki keanekaragaman kesenian budaya, yang terkenal yaitu Jaranan atau Kuda Lumping, Jaran Senterewe, Jaran Pegon, Jaran Jowo, dan Jaran Dor. Dari sekian banyak kesenian yang ada di Kediri yang paling memukau adalah atraksi King Cobra dan manusia. Selain itu terdapat seni Tiban yang merupakan atraksi mencambuki badan hingga berdarah. Ini sebagai bentuk ritual pengorbanan untuk bisa mendatangkan hujan dan terdapat seni Debus, yaitu seni kekebalan tubuh.

Sejarah

Kata Kediri berasal dari “Kedi” yang memiliki arti “Mandul” atau bisa diartikan “Suci” dan “Diri” yang mempunyai arti “Adeg” yang dalam bahasa Jawa adalah “Menjadi Raja” dan bisa juga diartikan “Mandiri”. Kota Kediri terdahulu merupakan kerajaan terbesar yang dipimpin oleh Prabu Sri Aji Jayabaya.


Transportasi

Anda yang dari luar kota jika ingin menuju Kediri bisa menggunakan pesawat yang menuju Bandara Juanda, Surabaya. Dari bandara dapat naik kendaraan umum atau travel.

Jika ingin menaiki kereta api Anda bisa turun di Stasiun Kediri. Tersedia banyak kereta dari kelas eksekutif sampai ekonomi dengan harga yang berbeda. Perkiraan dari Rp100 ribu - Rp550 ribu. Selain itu, Jika Anda menginginkan naik bus juga bisa, turun di Terminal Kediri. Kemudian menaiki angkot yang sesuai dengan tujuan Anda

Objek Wisata

Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo berada di sebelah barat Kota Kediri yang terletak di Dusun Besuki. Waktu yang diperlukan untuk mencapainya sekitar 1 jam dari Kota Kediri. Selain itu bisa juga di tempuh dari arah Ponorogo. Untuk mencapai air terjun dari area parkir kendaraan membutuhkan jarak 750 m dengan melalui unduk-undukkan tanah yang menyerupai tangga. Air terjun indah yang memiliki ketinggian 1800 m dpl ini sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Jika Anda ingin lebih lama, disana terdapat penginapan berupa hotel atau vila.

Tiket masuk adalah Rp3000,- per orang.

Gunung Kelud

Gunung Kelud merupakan gunung berapi yang terletak di Desa Ngancar. Keindahan panorama yang ditawarkan sangat mempesona, terutama akan keindahan kawahnya. Untuk mencapai ke kawah gunung tidak mudah jika menggunakan kendaraan, disarankan jika Anda menuju ke kawah dengan berjalan kaki.


Air Terjun Irenggolo

Air Terjun Irenggolo memiliki lokasi yang dekat dengan Air Terjun Dolo. Jarak kedua air terjun ini sekitar 4 km. Untuk menuju ke Air Terjun Irenggolo bisa dengan menggunakan kendaraan umum dari Terminal Tamanan. Dari tempat parkir untuk menuju ke lokasi air terjun Anda membutuhkan jarak 200 m. Objek wisata Air Terjun Irenggolo memiliki lokasi yang bisa digunakan untuk kegiatan berkemah namun belum terdapat fasilitas penginapan.

Tiket masuk adalah Rp3000,- per orang dan biaya parkir adalah Rp1000,- per kendaraan untuk roda dua.

Air Terjun Ngleyangan

Air Terjun Ngleyangan nama lainnya adalah Air Terjun Sekartaji. Ketinggian air terjun ini 800 meter, pada puncaknya terdapat situs dan patung Hindu. Untuk menuju ke lokasi bisa menggunakan bus dengan biaya Rp3000,- atau Rp4000,-. Lokasi Air Terjun Ngleyangan tidak memiliki fasilitas parkir sehingga pengunjung yang membawa kendaraan dapat menitipkannya di penduduk setempat.

Petilasan Sri Aji Jayabaya

Petilasan Sri Aji Jayabaya adalah situs peninggalan pada masa kerajaan, disini Anda akan menikmati bangunan candi yang tersusun rapih. Lokasi situs ini ada di Desa Menang. Menurut sejarah, tempat ini merupakan peninggalan bangunan Kerajaan Kediri, tetapi hal itu masih dugaan saja.

Candi Tegowangi

Anda pernah mendengar tentang Kampung Inggris ? Tempat dari Candi Tegowangi ini hampir dekat dengan Kampung Inggris. Candi Tegowangi merupakan peninggalan pada masa Hindu dan kaya akan sejarahnya. Bagi Anda yang menyukai wisata religi, tempat ini bisa menjadi salah satu alternatif tempat yang dapat Anda kunjungi.

Puhsarang

Puhsarang merupakan sebuah tempat yang dapat menjadi wisata religi. Di dalamnya terdapat Gereja Puhsarang yang merupakan gereja Katolik, Gua Maria Loundes dan gedung Emaus Puhsarang yang bentuknya menyerupai gunung dan perahu. Ditambah adanya pepohonan rindang yang membuat nyaman sehingga pengunjung yang datang semakin banyak.

Pantai Prigi

Pantai yang berada di Kota Kediri ini menjadi salah satu alternatif bagi Anda berlibur. Perjalanan menuju pantai akan sangat Anda nikmati karena sangat indah dengan hamparan pasir putihnya. Ombak di pantai ini tidak terlalu tinggi, sehingga aman bagi pengunjung. Selain itu, juga terdapat tempat pelelangan ikan. Untuk bisa memasuki pantai ini Anda hanya membayar tarif Rp6000,- untuk orang dewasa. Bagi anak kecil tidak dikenakan biaya.

Candi Surowono

Candi Surowono berada di wilayah Pare, dibuat sebagai bentuk penghormatan kepada Raja Bhre Wengker. Candi dengan nuansa Hindu ini bisa menjadi salah satu alternatif wisata sejarah.

Gua Surowono

Gua Surowono berlokasi di Desa Canggu, merupakan gua yang di dalamnya terdapat aliran sungai yang sangat jernih dan mata air yang tidak pernah kering. Gua ini telah ada sejak masa Kerajaan Kediri.

Gua Surowono berada di bibir sumur yang terletak 5 meter di permukaan tanah dan memiliki genangan air jernih dengan ketinggian seperut. Di atas gua terdapat kumpulan pohon bambu.

Jika Anda berkunjung ke Candi Surowono, sebaiknya Anda mampir ke Gua Surowono karena jarak keduanya dekat hanya 750 meter. Jika ingin memasuki Gua Surowono sebaiknya Anda ditemani oleh seorang pemandu karena percabangan yang sangat sempit dan gelap. Perjalanan menelusuri gua ini sangat seru dan harus Anda coba.

Sumber Ubalan Kediri

Jika Anda adalah orang yang sangat menyukai akan alaminya keindahan alam, Anda bisa mengunjungi Sumber Ubalan Kediri. Lokasi yang terletak 18 km dari kota ini merupakan tempat wisata kawasan hutan lindung. Disini juga terdapat area yang sangat cocok untuk anak-anak, karena ada tempat untuk bermain sepeda air, berenang, panggung hiburan dan kolam pancing.

Waterpark Gumul

Waterpark Gumul yang berlokasi di Jalan Simpang Lima Barat sangat cocok sekali untuk menghabiskan liburan. Didalamnya terdapat wahana permainan juga hiburan, Anda bersama keluarga bisa menikmati berenang, speed slider, flying fox, dan sebagainya.

Tarif tiket untuk bisa ke Waterpark Gumul relatif murah, yaitu Rp20.000,- untuk dewasa dan Rp15.000,- bagi anak-anak.

Tempat Wisata Modern

Tempat wisata modern di Kota Kediri terdapat Pagora, Ubalan dan Simpang Lima Gumul. Pagora merupakan tempat rekreasi dengan area permainan, Ubalan merupakan tempat pemandian keluarga dan Simpang Lima Gumul yang merupakan monument Kediri.

Waterpark Kediri

Waterpark Kediri berada di Lereng Gunung Wilis, disini terdapat area permainan dengan kolam renang dengan papan luncur yang paling panjang di Indonesia. Lokasi wisata ini 15 km dari kota. Tarif untuk bisa menikmati berlibur di Waterpark Kediri bagi orang dewasa adalah Rp50.000,- untuk hari Senin sampai Jumat. Sedangkan untuk hari libur, Sabtu dan Minggu sebesar Rp70.000,- untuk anak-anak sebesar Rp15.000,- dengan ketinggian di bawah 120 cm.

Musium Photografi

Jika Anda berkunjung ke Kediri dan tidak bisa mengunjungi semua wilayah di Kediri. Anda bisa berkunjung ke Musium Photografi. Di sini Anda bisa melihat bagaimana Kota Kediri pada saat dahulu maupun saat sekarang.

Pusat Perbelanjaan

Jika Anda berkunjung ke Kediri terdapat pula pusat perbelanjaan, yaitu Kediri Town Square yang berada di Jalan Hasanuddin, Ramayana yang berada di Jalan Panglima Sudirman, Kediri Mall yang berada di Jalan Hayam Wuruk, Golden Swalayan yang berada di Jalan Hayam Wuruk, Dhoho Plaza yang berada di Jalan Panglima Sudirman, UFO Mall Elektronik yang berada di Jalan Joyoboyo, Jayabaya Trade Center yang berada di Jalan Jayabaya, Kris Galeri Trade Center yang berada di Jalan Kiwi, Plaza Kediri Swalayan yang berada di Jalan Yos Sudarso. Anda juga bisa menemukan pasar tradisional yaitu Pasar Setono Betek, Pasar Bandar, Pasar Pahing dan Pasar Raya Sriratu.

Makanan Favorit

Soto Depot Podjok Kediri yang berada di Jalan Dhoho.

Tahu Takwa Kediri yang berada di Jalan Trunojoyo.

Tahu Poo Kediri yang berada di Jalan Yos Sudarso.

Stik Tahu Kediri yang berada di Jalan Yos Sudarso dan Jalan Pattimura. Bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh.

Nasi Pecel Tumpang Kediri berada di Jalan Dhoho.

Soto Bok Ijo Kediri berada di dekat terminal Kediri. Jika Anda berkunjung ke Kediri segera mencicipi Soto Bok Ijo Kediri. Rasanya hampir sama dengan soto umumnya, yang membuat berbeda adalah ayam bakarnya.

Sate dan Keripik Bekicot Kediri ini berada di Desa Jarak. Makanan yang tidak umum karena berasal dari bekicot.

Sate Emprit Kediri yang berada di Jalan Wahidin. Emprit adalah burung kecil yang banyak berada di sawah.

Gethuk Pisang Kediri akan banyak Anda temui di Jalan Dhoho.

Tips Berwisata

Jika Anda berkunjung ke Kediri, tidak lengkap jika belum mampir ke Jalan Yos Soedarso. Di sepanjang jalan ini akan dimanjakan oleh-oleh khas Kediri yaitu Tahu dan Getuk Pisang. Jika Anda akan berwisata ke gunung atau gua sebaiknya Anda mematuhi peringatan yang sudah tertera.

?
Perlu Bantuan?
evtbvsrwfq