peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Masuk / Daftar

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Hotel di Makasar

Jakarta Timur, Indonesia · 5 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Makasar

Fiducia Pondok Gede

Jalan Raya Pondok Gede,Pinang Ranti II,Makasar,Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Makasar, Pinang Ranti, Jakarta, Indonesia, -

7.7 / 10

Baik

678 Hotel Cawang

Jalan DI Panjaitan Lingkar Cawang No 1B, Makasar, Kebon Pala, Jakarta, Indonesia, 13650

8.2 / 10

Sangat Baik

Backpacker Room near Halim Perdana Kusuma Airport (LPK)

Jalan PLK II/19 RT. 011/01 Kelurahan Makasar. Jakarta Timur, Halim, Makasar, Jakarta, Indonesia

7.7 / 10

Baik

Pondok Tirta Sentosa

Jalan Raya Halim Perdanakusumah no. 1A, Makasar, Kebon Pala, Jakarta, Indonesia, 13650

Economic Room near Halim Perdana Kusuma (LPK)

Jalan PLK II/19 RT. 011/01 Kelurahan Makasar. Jakarta Timur, Halim, Makasar, Jakarta, Indonesia

7.4 / 10

Baik

hotel lainnya

Tentang

Kota Anging Mammiri atau Kota Daeng adalah sebutan dari Kota Makassar. Daeng yang memiliki arti "kakak" merupakan sebuah gelar dalam strata atau panggilan penghormatan, panggilan umum, dan nama gelar di Kota Makassar dan Sulawesi Selatan. Arti dari anging mammiri adalah "angin bertiup", yang merupakan judul lagu daerah asli Makassar pada tahun 1960an ciptaan Borra Daeng Ngirate.

 

Sejarah

Kota Makassar saat ini telah berusia sekitar 400an tahun dan mempunyai  hari  jadi kota pada tanggal 9 November 1607 di mana saat itu Makassar masih menjadi wilayah otonom Kerajaan Gowa. Pada tahun 1971 sampai 1999, namanya sempat berubah menjadi Ujung Pandang. Namun,  pada tahun 2000, pemerintah Republik Indonesia kembali menggunakan nama Makassar sebagai nama resmi kota ini.

 

Budaya

Suku Makassar adalah etnis Melayu yang mendiami pesisir selatan Pulau Sulawesi. Sedangkan suku Bugis menempati sebagian besar wilayah Sulawesi Selatan bagian utara. Bugis merupakan suku yang memiliki populasi terbesar di Sulawesi.

Suku Toraja menempati wilayah di jajaran pegunungan Latimojon Utara. Dan suku Mandar menempati Sulawesi bagian Barat.

Semua suku hidup berdampingan di Makassar. Bersamaan dengan suku suku lain yaitu Minahasa, Bali, Ambon, Jawa, dan Melayu, mereka membentuk keragaman budaya yang unik. Masyarakat Tionghoa pun turut tumbuh mendiami kota tua Pecinan pada bagian barat sampai utara kota Makassar.

Bahasa

Masyarakat Makassar menggunakan bahasa yang disebut "Basa Mangkasara". Bahasa ini dituturkan oleh suku Makassar, penduduk asli Sulawesi Selatan. Bahasa ini juga dimasukkan ke dalam suatu rumpun bahasa Makassar yang merupakan bagian dari rumpun bahasa Sulawesi Selatan cabang Melayu Polinesia dari rumpun bahasa Austronesia.

Logat Makassar memiliki ciri khas yang unik dan berbeda dari logat bahasa lain, sedikit terdengar kasar, untuk menunjukan orang yang perkasa dan tangguh.

 

Iklim

Makassar beriklim tropis dengan suhu berkisar antara 24 sampai 35 derajat Celcius.

 

Wilayah Utama

Wilayah Makassar berbatasan dengan Kabupaten Maros dan Kabupaten Gowa di sebelah timur. Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Pangkajene dan Kepulaun Pangkep, dan Kab Maros. Dan untuk bagian barat berbatasan dengan Selat Makassar, serta bagian selatan berbatasan dengan Kabupaten Gowa dan Kabupaten Takalar.

 

Cara Menuju Makassar

Makassar termasuk kota wisata yang mudah  dijangkau dengan udara dan laut. Hampir semua maskapai penerbangan mempunyai rute langsung ke Makassar, termasuk  penerbangan internasional. Makassar hanya berjarak 3 jam dari Kuala Lumpur.

Via Udara

Pesawat menjadi alat transportasi favorit para wisatawan karena banyaknya maskapai penerbangan yang murah di Indonesia dengan bandaranya adalah Bandara Internasional Sultan Hassanudin..

 

Transportasi dari Bandara ke Kota

Ada shuttle bus yang disediakan pihak bandara untuk keluar dari area bandara hingga Jalan Perintis Kemerdekaan dan disediakan secara gratis.

Juga tersedia bus Damri dengan loket pembelian tiket berada di depan pintu keluar terminal kedatangan.

 

Via Laut

Wisatawan yang menggunakan transportasi laut berlabuh di Pelabuhan Makassar. Kebanyakan kapal yang berlabuh datang dari Surabaya, Kaltim, Jakarta, Papua, dan Ambon.

 

Via Darat

Bus dan Kijang adalah transportasi via darat yang menghubungkan Makassar dengan kota-kota lain di Sulawesi. Terdapat 3 terminal besar di Makassar, yaitu Terminal Daya, Teminal Sungguminasa, dan Terminal Maallengkeri. Kijang hanya melayani  rute pendek, sedangkan bus untuk rute jauh.

 

Transportasi dalam kota

Ada tujuh unit Busway Trans Mamminasata yang diresmikan pemerintah pada tanggal 11 Maret 2014. Busway ini menjadi salah satu alternatif angkutan umum di Makassar.

Pete pete adalah sebutan angkutan umum di Makassar denganwarna biru muda, sehingga mudah dilihat di jalan kota.

 

Obyek Wisata di Makassar

PUSAT KULINER DAGING

Makanan khas Makassar banyak yang berbahan dasar daging seperti Coto Makassar, Pallu Basa, Sop Sodara, dan banyak lagi..

Bagi anda penyuka daging tentu tidak akan kecewa mencoba masakan masakan khas Makassar ini..

 

GUGUSAN PULAU YANG INDAH

Bukan hanya di Bali dan daerah lain yang memiliki pantai pasir putih, di Makassar juga ada beberapa pulau kecil yang memiliki pasir putih yang indah. Pulau itu adalah; Pulau Kapoposan, Lae Lae, Kodingareng Keke, Samalona, Barangcaddi, Baranglompo, Lajjukang,  dan banyak lagi.

 

MASJID TERAPUNG YANG EKSOTIK

Makassar  memiliki masjid terapung yang indah seperti di Jeddah dan Banten, Masjid ini bernama Masjid Amirul Mukminin yang terletak di tengah laut tepatnya dekat pantai Losari.

 

Wisata alam

Kota Makassar memiliki pemandangan sunset yang indah.  Banyak pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan pemandangan  sunset di Pantai Losari dan Pantai Akarena.

 

Berikut pantai pantai yang menjadi tujuan para wisatawan:

Pantai Tanjung. Bira

Pantai ini memiliki tiga warna yang disebabkan tingkat kedalaman lautnya.. Pasirnya juga lembut seperti bedak sehingga membuat pantai Tanjung. Bira menjadi tujuan wisata  utama di Makassar.

Pantai Bara

Pantai ini tidak seramai pantai Tanjung. Bira, tapi keindahannya tidak kalah dengan pantai Tanjung. Bira. Pantai di sini sangat bersih dan dikelola oleh pihak asing. Lokasinya yang agak tersembunyi membuat pantai ini cocok bagi anda yang mencari ketenangan.

Pulau Kambing dan Pulau Liukang

Pantai ini menjadi favorit wisatawan karena Anda bisa melakukan snorkling, dan diving. Tersedia  penginapan di pulau ini. Untuk menuju pulau ini anda harus menyewa perahu.

Tanah Beru

Tanah Beru adalah kampung para pengrajin perahu phinisi. Anda dapat melihat keahlian mereka membuat perahu phinisi tanpa contoh atau gambar. Keahlian ini mereka dapatkan dari nenek nenek moyang terdahulu.

 

Wisata Pulau.

Pantai pasir putih yang halus dan banyak pulau yang indah sangat memungkinkan ada untuk berenang, menyelam, melihat terumbu karang, berjemur, memancing, dan berbagai olah raga laut lainnya. anda juga bisa hanya beristirahat di penginapan dan restoran restoran yang ada.

 

Wisata Belanja

Makassar  setara dengan kota metropolitan  menyediakan berbagai fasilitas hotel seperti hotel kelas melati hingga hotel bintang lima serta restoran, rumah makan tradisional yang khas, sarana hiburan, pub, mall, karaoke sampai pasar tradisional. Di daerah Mall Panakkukang Anda akan melihat  pasar tradisional termodern di Indonesia Timur. Di bawah Lapangan Karebosi terdapat pusat perbelanjaan MTC yang mewah dan megah.

 

Tips Berwisata di Makassar

Liburan di Makassar akan lebih menyenangkan bila melakukan jalan-jalan malam, namun ada beberapa tips agar jalan-jalan malam tak menjadi jalan-jalan yang mengecewakan, yaitu :

  • Mengawali malam dengan menyaksikan sunset.
  • Untuk menghindari macet, keluarlah pada  jam 16.00 WITA.
  • Karena berada di daerah yang asing maka sebaiknya jangan pernah pergi sendirian.
  • Udara Kota Makassar begitu panas meskipun di malam hari, sehingga disarankan menggunakan pakaian yang sesuai.

Kebanyakan toko-toko souvenir akan tutup setelah jam 22.00 WITA, karenanya bila ingin berbelanja souvenir Anda harus melakukan sebelum jam tutup toko.

?
Perlu Bantuan?