peringatan

Hotel di Jalan Malioboro

Yogyakarta, Indonesia · 77 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar hotel di Jalan Malioboro

Cordela Hotel Kartika Dewi Jogjakarta

Jalan Bhayangkara No. 35 Ngampilan, Yogyakarta, Indonesia, 55261

9.0 / 10

Istimewa

Whiz Hotel Malioboro Yogyakarta

Jl. Dagen No 8, Malioboro, Yogyakarta, Indonesia, 55271

8.1 / 10

Sangat Baik

Grand Inna Malioboro

Jl. Malioboro 60 Yogyakarta , Yogyakarta, Indonesia, 55213

8.5 / 10

Sangat Baik

Dafam Fortuna Malioboro Yogyakarta

Jalan Dagen No. 60 , Yogyakarta, Indonesia, 55271

8.4 / 10

Sangat Baik

Hotel Mutiara Malioboro 1 Yogyakarta

Jalan Malioboro No. 18, Yogyakarta, Indonesia, 55213

8.4 / 10

Sangat Baik

Amaris Hotel Malioboro - Jogja

Jalan Pajeksan No 10, Malioboro, Yogyakarta, Indonesia, 55271

8.6 / 10

Sangat Baik

Malioboro Garden Hotel

Jalan Sosrokusuman Dn 1/163 Danurejan, Yogyakarta, Indonesia, 55211

8.5 / 10

Sangat Baik

Abadi Hotel Jogja

Jl. Pasar Kembang No. 49 Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, 55271

8.5 / 10

Sangat Baik

POP! Hotel Malioboro - Yogyakarta

Jl. Gandekan Lor No. 92 , Yogyakarta, Indonesia, 55272

8.2 / 10

Sangat Baik

Sofyan Inn Hotel Unisi Yogyakarta ( Syariah Hospitality )

Jalan Pasar Kembang No. 42 , Yogyakarta, Indonesia, 55721

8.8 / 10

Sangat Baik

Hotel Neo Malioboro

Jalan Pasar Kembang No 21, Yogyakarta, Indonesia, 55271

8.8 / 10

Sangat Baik

Grage Jogja Hotel

Jl. Sosrowijayan No.242, Kawasan Maliboro, Yogyakarta, Indonesia, 55271

8.7 / 10

Sangat Baik

Summer Quest Hotel Jogja

Jl. Sosrowijayan Gg. Sosromenduran, Yogyakarta, Indonesia

8.1 / 10

Sangat Baik

Hotel Jentra Dagen

Jalan Dagen No.85, Malioboro, Yogyakarta, Indonesia, 55271

8.2 / 10

Sangat Baik

Prima In Hotel Malioboro

Jalan Gandekan Lor 47 Malioboro, Yogyakarta, Indonesia, 55272

8.6 / 10

Sangat Baik

Summer Season Boutique Hotel

Jl. Sosrowijayan 6 , Yogyakarta, Indonesia

7.9 / 10

Baik

Handayani Homestay

Jalan Sosrowijayan Wetan No. 103, Gedongtengen, Yogyakarta, Indonesia, 55271

8.3 / 10

Sangat Baik

Whiz Prime Hotel Malioboro Yogyakarta

Jl. Pasar Kembang No 9, Malioboro, Yogyakarta, Indonesia, 55164

8.2 / 10

Sangat Baik

Nueve Malioboro Jogja Hotel

Jl. Mataram No. 9, Yogyakarta, Indonesia, 55213

8.6 / 10

Sangat Baik

Pesonna Malioboro

Jalan Gadean No.3, Yogyakarta, Indonesia, 55122

8.7 / 10

Sangat Baik

hotel lainnya

Tentang

Malioboro adalah sebuah jalan yang terkenal di Yogyakarta. Pada awalnya, Malioboro merupakan kawasan berupa pusat perbelanjaan, seperti mal dan pertokoan besar. Kawasan ini juga dipenuhi pedagang kaki lima yang berjualan di lapak-lapak sepanjang Jalan Malioboro. Beberapa pedagang tersebut menjual barang-barang berupa kerajinan dengan motif khas tulisan Jawa atau gambar yang menggambarkan budaya Jawa, seperti blangkon, keris, serta makanan khas Jogja.

Kawasan ini telah menjadi ikon terkenal bagi semua kalangan, baik dalam lingkup lokal maupun mancanegara. Area strategis yang menawarkan beragam keunikan dan keistimewaan Kota Yogyakarta ini berada di antara Keraton Ngayogyakarta dan Tugu Pal Putih.

Sebagai area wisata yang telah dikenal luas, Jalan Malioboro tidak pernah sepi pengunjung. Aktivitas ekonomi, terutama perdagangan dan pariwisata menjadi hal utama dan pemandangan lazim sehari-hari di lokasi ini. Oleh karena itu, di sekitar kawasan ini dilengkapi berbagai sarana akomodasi, mulai dari penginapan murah hingga hotel mewah. 

 

Sejarah Jalan Malioboro

Pada awalnya, Malioboro adalah kawasan yang meliputi tiga jalan utama Kota Yogya, yaitu Jalan Malioboro, Jalan Margo Utomo, dan Jalan Margo Mulyo. Jalan ini juga dikenal sebagai jalan yang menggambarkan garis imajiner dari Keraton Yogyakarta.

Jalan Malioboro diresmikan bersamaan dengan berdirinya Keraton Yogyakarta. Kata Malioboro itu sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang bermakna karangan bunga. Hal tersebut didasarkan pada kondisi masa lalu yang sering kali terjadi kemeriahan dengan banyaknya bunga di sepanjang jalan sekitar Keraton. Sumber lain menyebutkan, kata Malioboro juga diambil dari nama seorang tentara kolonial Inggris bernama Marlborough yang pernah menempati wilayah tersebut pada tahun 1811-1816.

 

Budaya di Jalan Malioboro

Salah satu tradisi yang ada di Kota Jogja adalah grebeg. Grebeg dilakukan saat berlangsungnya pernikahan atau kirab pawiwahan ageng putri/putra Sultan Hamengkubuwono X. Grebeg dilakukan melewati Keraton Yogyakarta hingga mencapai Bangsal Kepatihan di sekitar Jalan Malioboro.

Selain itu, ada juga upacara adat garebeg dan sekaten. Upacara garebeg berkaitan dengan hari besar agama Islam yang dilakukan sebanyak 3 kali dalam setahun, yaitu garebeg Syawal, garebeg Maulud, dan garebeg Besar. Beragam acara karnaval budaya dan kesenian, kirab, serta perayaan lainnya juga sering digelar setiap Juni hingga Juli. Selain itu, ada juga Pekan Kebudayaan Tionghoa yang digelar mendekati perayaan Imlek.

 

Cara ke Jalan Malioboro, Jogja

Transportasi Udara

Anda bisa menaiki pesawat terbang dengan tujuan pendaratan di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta. Dari bandara, Anda dapat menggunakan Trans Jogja dengan rute 1A untuk menuju ke Jalan Malioboro. Selain naik bus tersebut, taksi dan mobil sewa dari bandara juga dapat mengantar Anda ke Jalan Malioboro.

Transportasi Darat

Kereta Api 

Jika Anda ingin menaiki kereta api, stasiun terdekat dari Jalan Malioboro adalah Stasiun Tugu. Di Stasiun Tugu, terdapat beragam kereta api Bisnis dan Eksekutif yang melintas dari berbagai kota di Pulau Jawa.

Malioboro Express merupakan salah satu kereta api yang menyediakan kelas Eksekutif dan Ekonomi AC. Kereta api ini melayani rute perjalanan dari Malang Kota Baru menuju Yogyakarta Tugu dan sebaliknya. Stasiun Tugu merupakan stasiun terbesar di DIY yang berlokasi di Kecamatan Gedongtengen.

Anda juga dapat menempuh perjalanan dan singgah di Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta. Stasiun ini melayani kereta api kelas Ekonomi, lokal dan jalur Commuter line. Akan tetapi, stasiun ini berjarak lebih jauh menuju ke Jalan Malioboro.

Kendaraan Pribadi

Jika menggunakan mobil, Anda dapat menempuh perjalanan dari 3 arah, yaitu:

Dari arah barat (Jakarta-Purwokerto)

Jalur ini melewati Pasar Gamping hingga mencapai perempatan dan lampu merah kedua, kemudian menuju ke arah kanan atau timur sampai di kantor Pos Indonesia. 

Dari arah timur (Surabaya-Solo)

Jalur ini akan melewati jembatan layang Lempuyangan menuju ke arah barat sampai di Tugu Yogyakarta. Jalan Malioboro berada di sisi kiri tugu dari arah kedatangan Anda.

Dari arah utara (Semarang-Magelang)

Jalur ini dimulai dari jembatan layang menuju ke arah timur hingga mencapai Monumen Jogja Kembali. Setelah menemui perempatan jalan lampu merah, lanjutkan perjalanan ke arah selatan hingga mencapai Tugu Yogyakarta dan Jalan Malioboro. 

Bus atau Angkutan Kota

Terminal Giwangan menjadi salah satu tujuan pertama saat Anda menggunakan bus umum. Terminal ini melayani perjalanan baik di dalam kota yang melewati Jalan Malioboro dan sekitarnya, maupun rute luar kota dan lintas provinsi. Terminal yang berada di Jalan Imogiri Timur, Kelurahan Giwangan, Bantul, Kota Yogyakarta ini menjadi terminal induk di kawasan DIY. Untuk mencapai Terminal Giwangan, Anda dapat menggunakan Trans Jogja.

Dari Stasiun Lempuyangan menuju Halte busway Transjogja, Anda akan menempuh perjalanan berjarak sekitar 50 meter. Gunakan Trans Jogja rute 2A yang akan melewati beberapa halte, termasuk halte Stasiun dan Jalan Malioboro. Adapun harga tiket Trans Jogja sekitar Rp3.500 per penumpang.

 

Hotel di Jogja dekat Malioboro

Sebagai pusatnya keramaian di Yogyakarta, Malioboro tidak hanya menawarkan wisata belanja dan kuliner saja. Di tempat ini, Anda juga bisa menemukan aneka akomodasi yang memiliki harga bervariasi. Ada penginapan yang per malamnya sangat murah hingga hotel bintang 4 yang mahal dengan layanan yang juara.

Untuk penjelajahan di Yogyakarta, berikut daftar rekomendasi hotel dekat Malioboro yang bisa Anda pesan dari jauh-jauh hari:

Hotel Bintang 1 dekat Malioboro

Bagi Anda yang ingin bermalam di penginapan murah yang tetap memperhatikan fasilitasnya, berikut pilihan hotel bintang 1 dekat Malioboro yang bisa dipertimbangkan:

Hasian Malioboro Motel

Terletak di Jalan Perwakilan No. 26-27, Malioboro, Hasian Malioboro Motel menawarkan hunian yang murah, tapi fasilitasnya cukup lengkap. Wisatawan yang menjadi tamu di sini bisa menginap di kamar yang cukup luas, bersih, dan sudah dilengkapi fasilitas, seperti AC, TV layar datar, dan pancuran air hangat.

Harga sewa satu malam di motel ini sekitar Rp200.000 saja. Dengan harga tersebut, Anda juga masih diberi fasilitas umum, seperti internet gratis, restoran, kafe untuk bersantai, dan dekat dengan Pasar Beringharjo yang menjadi surganya pakaian batik.

Blue Safir Hotel

Blue Safir tidak hanya menawarkan fasilitas lengkap kepada wisatawan yang datang untuk menginap. Pengelola juga memanjakan mata Anda dengan mendesain bangunan yang unik. Ada perpaduan nuansa Jawa kuno dengan aneka pernak-pernik dengan aksen gaya Eropa.

Untuk bisa menginap di penginapan yang sangat unik ini, wisatawan bisa datang ke Jalan Dagen No. 18-22, Yogyakarta. Tarif satu malam dengan fasilitas kamar berupa AC, Wi-Fi, meja, kursi, dan pancuran air hangat sekitar Rp400.000. Meski terbilang mahal dari hotel bintang 1 lainnya, Anda tidak akan menyesal dengan keunikan interior dan eksterior bangunan yang memikat.

Hotel Mataram 1

Meski hanya memegang status bintang 1, Hotel Mataram 1 yang tarif per malamnya sekitar Rp350.000 ini memiliki layanan sekelas bintang 3. Wisatawan yang datang akan disambut dengan aneka mebel kayu yang penuh ukiran. Nuansa Jawa di tempat ini sangat kental hingga di dalam kamar penginapan yang juga berperabot kayu ini.

Terletak di Jalan Pasar Kembang 61 Malioboro, Yogyakarta, hotel murah di Jogja dekat Malioboro ini menawarkan kamar yang nyaman dan fasilitasnya lengkap. Kamar dengan jenis Superior memiliki televisi layar datar lengkap dengan saluran TV kabel, AC, brankas, fasilitas Wi-Fi gratis, dan pancuran air panas. Beberapa kamar juga memiliki balkon dengan pemandangan Yogyakarta dari ketinggian.

Hotel Bintang 2 dekat Malioboro

Selain akomodasi bintang 1, terdapat juga penginapan murah bintang 2 untuk Anda yang sedang mengunjungi Malioboro dan sekitar Yogyakarta selama beberapa hari. Berikut di antaranya:

Amaris Hotel Malioboro

Seperti jaringan Amaris lain di Indonesia, meski hanya bintang 2, fasilitas dan layanannya sangat berkelas. Wisatawan yang datang untuk untuk menginap akan disuguhi bangunan dengan desain minimalis, tapi tidak meninggalkan kesan mewah nan penuh fasilitas modern.

Di kawasan Malioboro, Amaris terletak di Jalan Pajeksan No. 10, Yogyakarta. Dengan tarif per malam Rp400.000, Anda bisa mendapatkan fasilitas kamar dan umum yang berkelas. Untuk kamar, AC, televisi layar datar dengan TV kabel, meja, kursi, dan pancuran air panas sudah jadi ciri khas Amaris. Selanjutnya, untuk fasilitas umum, ada internet gratis yang cukup cepat, restoran, dan kolam renang untuk relaksasi.

Hotel 1001 Malam

Satu kata saja yang mewakili keunikan dari Hotel 1001 Malam yang terletak di Jalan Sosrowijayan Wetan, Gedong Tengen I No. 57, Yogyakarta: Nyentrik! Penginapan murah di Jogja dekat Malioboro yang cocok untuk backpacker ini memiliki desain bernuansa Jawa yang kental mulai dari ruangan lobi, kursi, hingga gorden, dan juga seprai yang digunakan pada kamar tamu.

Pengunjung yang datang ke hotel ini tidak hanya dimanjakan dengan fasilitas kamar, seperti AC, televisi layar datar, hingga pancuran air hangat saja. Wisatawan yang menjadi tamu di sini akan dimanjakan juga dengan hidangan tradisional khas Jawa saat sarapan atau makan malam di restoran. Untuk menikmati semua fasilitas unik ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp300.000 saja per malam.

Hotel Jentra Dagen

Jentra Dangen yang per malamnya memasang tarif sekitar Rp350.000 ini tidak hanya menawarkan kenyamanan. Dini, Anda juga akan mudah mengakses destinasi menarik, seperti Benteng Vredeburg, Nol Kilometer Jogja, hingga Pasar Beringharjo yang menjadi surga wisata belanja.

Untuk menginap di hotel yang memiliki fasilitas lengkap, seperti kamar ber-AC, televisi layar datar, pancuran air hangat, dan Wi-Fi gratis, Anda bisa datang ke Jalan Dagen No. 85, Malioboro.

Whiz Hotel Malioboro

Whiz Malioboro yang terletak di Jalan Dagen No.8 ini memiliki konsep bangunan dan juga desain ruangan minimalis. Tidak ada aksen atau ornamen berlebihan di sudut gedung yang membuatnya terlihat menarik. Bangunan hotel ini dominan putih dengan beberapa perabot memiliki warna cerah untuk membuatnya tidak terlalu monoton dan pucat.

Desain minimalis dengan dominan warna putih juga dipertahankan hingga ke kamar tamu. Anda bisa merasakan nyamannya ruangan yang serba putih lengkap dengan fasilitasnya yang modern. Masing-masing kamar yang per malamnya memiliki tarif sekitar Rp400.000 memiliki televisi layar datang dengan saluran TV kabel, pendingin AC, internet gratis, dan pancuran air panas di kamar mandinya.

The Packer Lodge Yogyakarta

Hostel atau akomodasi dengan jenis asrama biasanya jarang yang memiliki predikat bintang 2. Namun, The Packer Lodge yang terletak di Jalan Dagen No. 3, Sostromenduran ini meraihnya dengan mudah. Wisatawan yang datang bisa tinggal di ruangan hostel yang sekamar bisa 4 orang, tapi fasilitasnya cukup lengkap dan berkelas.

Di dalam kamar yang setiap malamnya hanya bertarif sekitar Rp150.000 ini, Anda bisa mendapatkan pendingin AC, kasur bersih yang nyaman, lemari untuk menyimpan tas, kamar mandi bersama lengkap dengan pengering rambut, dan internet gratis. Dengan harga yang terbilang miring, hotel ini menjadi buruan banyak wisatawan yang melancong dengan gaya backpacker.

Sofyan Inn Hotel Unisi

Meski dikelola oleh pihak Unisi, penginapan murah yang terletak di Jalan Pasar Kembang No. 42, Yogyakarta ini menawarkan layanan terbaik. Wisatawan yang menginap di sini akan mendapatkan hunian super nyaman, bersih, dan sistem keamanan yang dijaga secara ketat selama 24 jam.

Masing-masing kamar hotel yang setiap malamnya hanya bertarif Rp350.000 ini memiliki fasilitas yang terbilang lengkap. Tamu yang menginap di sini bisa mendapatkan ruangan dengan kamar mandi memiliki pancuran air hangat, pendingin AC, televisi layar datar, meja, kursi, dan fasilitas internet gratis yang cepat.

Hotel Bintang 3 dekat Malioboro

Jika Anda mencari penginapan kelas menengah di Malioboro, berikut pilihan akomodasi bintang 3 yang bisa dipertimbangkan:

Hotel Neo Malioboro

Neo Malioboro yang terletak di Jalan Pasar Kembang No. 21 bukanlah sembarang hotel. Meski hanya bintang 3, layanan yang diberikan serta fasilitas yang ditawarkan tidak main-main. Wisatawan yang menginap di sini akan dimanjakan dengan hunian yang nyaman, fasilitas lengkap, serta hidangan yang dimasak oleh koki andal.

Kamar hotel yang per malamnya bertarif Rp450.000 ini didesain minimalis dengan dominan warna putih dan hitam. Anda bisa menikmati fasilitasdalam kamar berupa AC, televisi dengan saluran TV kabel, akses Wi-Fi gratis, kulkas, brankas, pembuat teh atau kopi, dan kamar mandi dengan pancuran air hangat.

Pesonna Malioboro

Pesonna Malioboro yang semalamnya bertarif mulai Rp500.000 ini menawarkan kamar hotel yang sangat nyaman. Desain yang sederhana, tapi sarat fasilitas membuat tamu jadi betah untuk berlama-lama di dalam kamar untuk sekadar tidur atau mungkin bekerja.

Hotel yang terletak Jalan Gadean No. 3, Yogyakarta ini menawarkan ruangan dengan akses internet cepat, AC, televisi dengan saluran TV kabel, kamar mandi dengan pancuran air panas serta toilet, dan pembuat kopi dan brankas untuk keamanan.

Grage Jogja Hotel

Grage Jogja lebih pantas dianggap sebagai penginapan eksekutif meski hanya berbintang 3. Faktor yang menyebabkan tempat menginap ini layak menyandang gelar tersebut adalah lengkapnya fasilitas yang disajikan. Wisatawan yang datang tidak hanya ditawarkan pada kamar yang sudah pasti nyaman, tapi juga desain bangunan yang enak dipandang, fasilitas rapat, hingga layanan relaksasi berupa pijat.

Terletak di Jalan Sosrowijayan No. 242, Yogyakarta, Grage Jogja Hotel hanya memasang tarif sekitar Rp300.000 untuk kamar tipe Standar. Harga ini terbilang murah dan cocok untuk Anda sebagai backpacker yang ingin melakukan penjelajahan di Yogyakarta. Dengan fasilitas lengkap dan harga yang terjangkau, penginapan bintang 3 ini selalu laris terutama saat akhir pekan dan musim liburan.

Ibis Yogyakarta Malioboro

Jaringan Ibis Hotel selalu berusaha memberikan layanan terbaik bagi tamunya. Dengan titel bintang 3, penginapan yang terletak di Jalan Malioboro No. 52-58 ini menawarkan fasilitas terbaik. Setiap kamar yang didesain modern ini sudah memiliki AC, kamar tidur dengan kasur jenis twin bed, meja, kursi, akses Wi-Fi gratis, dan kamar mandi yang sudah memiliki pancuran air hangat.

Untuk fasilitas pendukung, hotel yang per malamnya memasang tarif Rp600.000 ini memiliki kolam renang, taman, pusat kebugaran, klub kesehatan, pijat, dan spa. Pengunjung yang menginap di sini akan dimanjakan dengan beragam fasilitas sehingga penjelajahan di Yogyakarta bisa berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Airy Stasiun Tugu Pasar Kembang

Hotel dalam jaringan Airy selalu menawarkan fasilitas terbaik di semua cabang-cabangnya. Fasilitas yang diberikan oleh penginapan murah di Jogja dekat Malioboro ini meliputi kamar dengan AC, fasilitas internet gratis, kamar mandi dengan pancuran air hangat, televisi, meja, kursi, dan pembuat kopi atau teh. Selain fasilitas kamar, Anda juga dapat menggunakan musala, kolam renang, dan restoran dengan sajian khas Jawa.

Akomodasi ini terletak di Jalan Pasar Kembang No. 49, Yogyakarta. Anda yang ingin menginap di Jogja dengan harga terjangkau, tapi fasilitas lengkap, sangat disarankan untuk memesan hotel ini jauh-jauh hari. 

Prima Inn Hotel Malioboro

Prima Inn yang terletak di jalan Gendekan Lor No. 47, Malioboro adalah hotel bintang 3 yang sarat dengan kemewahan. Wisatawan yang datang ke sini akan mendapatkan ruangan kamar dengan gaya Eropa yang kental lengkap dengan segala ornamennya. Siapa saja akan betah berlama-lama di sini selama liburan di Yogyakarta.

Hotel dengan tarif Rp400.000 per malamnya ini menawarkan fasilitas kamar berupa kamar mandi dengan pancuran air hangat, balkon dengan pemandangan kolam renang, televisi dengan saluran TV kabel, AC, akses internet gratis, dan pembuat kopi atau teh. Untuk fasilitas umum, penginapan ini menawarkan kolam renang, lift, layanan resepsionis 24 jam, restoran, Wi-Fi, dan area pakir luas.

Hotel Bintang 4 dekat Malioboro

Bagi Anda yang memprioritaskan kemewahan saat menginap di Jalan Malioboro, berikut adalah pilihan hotel bintang 4 yang bisa dipertimbangkan:

Ina Garuda Malioboro

Sebagai salah satu hotel bintang 4 terbaik di Yogyakarta, Ina Garuda Malioboro menghadirkan kemewahan di segala aspek. Wisatawan yang menjadi tamu di sini bisa menikmati ruangan yang didesain sangat glamor lengkap dengan fasilitasnya yang modern, seperti televisi layar datar lengkap dengan TV kabel, AC, dan akses internet gratis.

Untuk menambah kenyamanan Anda selama menginap, Ina Garuda yang terletak di Jalan Malioboro No. 60, Yogyakarta ini juga menghadirkan kolam renang yang cukup luas, layanan pijat, spa, dan juga sauna untuk relaksasi. Terakhir, hotel yang per malamnya memiliki tarif sekitar Rp800.000 ini juga memiliki fasilitas ruang rapat dan jasa antar-jemput ke bandara atau stasiun.

Ibis Style Yogyakarta

Hotel pada jaringan Ibis memiliki tiga jenis sesuai dengan bujet wisatawan. Setelah Ibis jenis biasa dibahas di atas, kini ada Ibis Style yang masuk golongan bintang 4 dengan fasilitas kelas atas. Untuk bisa menikmati ragam fasilitas yang ditawarkan oleh penginapan ini, wisatawan bisa datang ke Jalan Dagen No.109 atau 500 meter dari Stasiun Tugu Yogyakarta.

Tarif satu malam yang ditawarkan oleh Ibis Style Yogyakarta sekitar Rp600.000. Dengan harga ini, Anda bisa mendapatkan ruangan dengan desain minimalis modern yang sarat fasilitas. Setiap ruangan sudah memiliki AC, kamar mandi dengan pancuran air hangat, televisi layar datar dengan saluran TV kabel, Wi-Fi, meja, sofa, dan pembuat teh atau kopi.

 

Tempat Wisata di Jalan Malioboro

Malioboro dikenal sebagai pusatnya wisata di Yogyakarta. Di tempat ini, Anda bisa mendapatkan cukup banyak destinasi menarik, di antaranya:

Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo telah ada sejak 1758 atau saat Indonesia masih jadi koloni dari Belanda. Kini, pasar yang sangat terkenal ini menjadi pusat oleh-oleh bagi wisatawan yang melancong di sekitaran Jalan Malioboro yang padat. Di Pasar Beringharjo, wisatawan bisa membeli berbagai macam oleh-oleh menarik mulai dari pakaian dan kain batik, kerajinan tangan, hingga makanan yang bisa disantap di sana atau di bawa pulang.

  • Alamat: Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 16, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga: Gratis
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 04.00-17.00 WIB
  • Penginapan dekat Pasar Beringharjo antara lain: Mango Tree Dipudjo Homestay dan Bring in House Yogyakarta. Keduanya merupakan hotel murah di Jogja dekat Malioboro.

Benteng Vredeburg

Salah satu tempat wisata yang paling menarik perhatian di kawasan Malioboro adalah Benteng Vredeburg. Dengan desainnya yang unik khas kolonial, benteng ini mampu menarik banyak orang untuk datang dan melongok isinya. Di tempat ini, Anda bisa menyaksikan benteng yang pernah digunakan Belanda untuk mengintai Kesultanan Yogyakarta. Selain itu, Anda pun bisa melihat museum dan berburu foto.

  • Alamat: Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 6, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga: Sekitar Rp2.000 per orang
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 07.30-16.00 WIB
  • Hotel dekat Benteng Vredeburg: Ipienk House

Taman Pintar Yogyakarta

Tidak jauh dari Benteng Vredeburg berdiri Taman Pintar Yogyakarta yang selalu ramai dihadiri oleh pelajar mulai TK hingga SMA. Di tempat ini, Anda bisa menyaksikan aneka percobaan atau hal-hal seputar sains. Tempat ini sangat cocok untuk anak-anak meski yang dewasa juga tetap bisa menikmatinya. 

  • Alamat: Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Gondomanan, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga: Sekitar Rp10.000 hingga Rp18.000 per orang
  • Jam buka Setiap hari, pukul 08.30-16.00 WIB
  • Hotel dekat Taman Pintar: Ipienk House

Nol Kilometer Yogyakarta

Nol Kilometer Yogyakarta adalah sebuah perempatan yang memiliki taman dan dijadikan tempat bersantai anak muda. Setiap malam terutama akhir pekan, kawasan ini selalu ramai dengan aneka pertunjukan. Kawasan Nol Kilometer Yogyakarta juga merupakan tempat terbaik untuk berburu foto. Kalau Anda pencinta fotografi, jangan pernah lewatkan tempat ini.

  • Alamat: Persimpangan antara Jalan Jend. Ahmad Yani, Jalan Panembahan Senopati, Jalan K.H. Ahmad Dahlan, dan jalan menuju Alun-alun Utara Yogyakarta
  • Harga: Gratis
  • Jam buka Setiap hari, 24 jam

Keraton Yogyakarta

Tidak jauh dari kawasan Nol Kilometer Yogyakarta berdiri Keraton Yogyakarta yang menjadi kediaman dari sultan atau raja. Di tempat ini, wisatawan bisa melihat bangunan khas Jawa, aneka barang pusaka, dan kalau beruntung bisa melihat pertunjukan musik serta tari. Keraton Yogyakarta memiliki bangunan yang sangat luas, disarankan untuk datang sepagi mungkin untuk bisa melihat semua bagian bangunan hingga tuntas.

  • Alamat: Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga: Rp7.000 (wisatawan lokal), Rp12.500 (wisatawan mancanegara), Rp1.000 (kamera), Rp30.000 (jasa pemandu)
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00-14.00 WIB
  • Hotel dekat Keraton Pakualaman: Ipienk House dan Prime Cailendra

Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo yang didirikan oleh Sultan Hamengkubuwana VII pada 1935 adalah salah satu museum paling lengkap di Yogyakarta. Museum Sonobudoyo ini juga merupakan museum terlengkap kedua setelah Museum Nasional di Jakarta. Di dalam Museum Sonobudoyo, Anda bisa menyaksikan aneka koleksi barang dari masa lalu, kerajinan, dan koleksi terkait seni tari di Yogyakarta. 

  • Alamat: Jl. Pangurakan No.6 Yogyakarta, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga: Rp3.000 (wisatawan lokal), Rp5.000 (wisatawan mancanegara), dan Rp20.000 (pagelaran wayang)
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00-15.30 WIB dan 20.00-22.00 WIB (pagelaran wayang)

Taman Sari

Taman Sari terletak sekitar 1 kilometer dari Keraton Yogyakarta. Meski agak jauh, Anda sangat disarankan untuk berjalan kaki saja ke sana agar bisa melihat kehidupan asli warga Yogyakarta. Di Taman Sari, Anda bisa menyaksikan istana air yang masih dikelola dengan baik. Tempat ini memiliki kolam, lorong bawah tanah, dan arsitektur bangunan yang fotogenik, sangat cocok untuk lokasi perburuan foto.

  • Alamat: Jl. Komp. Taman Sari, Patehan, Kraton, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga: Sekitar Rp5.000 per orang dan Rp50.000 untuk jasa pemandu
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00-14.00 WIB
  • Hotel murah dekat Taman Sari: Bring in House Yogyakarta, Luwabica Art'n Coffee House, dan HOZ Bed and Breakfast 

 

Oleh-oleh Khas di Jalan Malioboro

Selain menikmati objek wisata dan menikmati kenyamanan hotel di Malioboro, ada satu kegiatan yang tidak boleh ditinggalkan. Ya, benar sekali, berburu oleh-oleh. Saat berada di kawasan Malioboro, oleh-oleh ini bisa diborong untuk keluarga atau kerabat Anda:

Kain Batik

Saat berkunjung ke Yogyakarta, Pasar Beringharjo adalah tempat pertama yang harus dikunjungi. Di tempat ini, aneka jenis batik mulai dari batik cetak hingga tulis dijual dengan harga yang beragam (banyak yang murah!). Pedagang yang ada di pasar ini biasanya menjual batik dalam bentuk kain, kemeja, sepatu, hingga ada batik yang dibuat menjadi tas. 

Bakpia

Selain batik, bakpia adalah salah satu oleh-oleh yang tidak boleh terlewat saat bertandang ke Yogyakarta khususnya area Malioboro. Anda bisa membeli bakpia dengan aneka isian yang berbeda. Ada bakpia dengan isian kacang hijau, keju, ubi ungu, susu, dan cokelat. Sebelum membeli bakpia, pastikan terlebih dahulu tanggal kedaluarsanya.

Gantungan Kunci

Salah satu oleh-oleh yang mudah didapatkan dan bisa dibagi ke banyak orang adalah gantungan kunci. Di sepanjang Jalan Malioboro, ada banyak perdagangan yang menawarkan gantungan kunci dengan aneka model dan bentuk. Anda bisa membeli satuan atau paket isi 10-12 buah dengan harga yang jauh lebih murah.

Kaus Khas Yogyakarta

Selain batik, oleh-oleh berupa kaus juga wajib Anda beli. Yogyakarta memiliki cukup banyak produsen kaus dengan tulisan Yogyakarta atau tulisan guyonan atau gurauan produksi Dagadu. Harga untuk kaus bervariasi mulai dari Rp45.000 untuk kualitas sedang dan Rp100.000 untuk kaos berkain premium dan sablon terbaik.

Gudeg

Gudeg juga bisa menjadi oleh-oleh yang sangat menarik. Saat ini, banyak produsen gudeg membuat produk terbaiknya dalam versi kaleng. Dengan produk ini, Anda bisa membeli dalam jumlah banyak untuk oleh-oleh karena lebih awet.

 

Tips Wisata di Jalan Malioboro

Sebelum menjelajahi kawasan Malioboro, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips bermanfaat di bawah ini:

  • Jelajahi Malioboro saat pagi hari atau malam hari. Saat pagi hari, Anda bisa dengan leluasa belanja di Pasar Beringharjo tanpa khawatir terkena copet atau kepanasan. Sementara itu, saat malam hari tiba, Anda bisa melakukan wisata kuliner di sepanjang Jalan Malioboro.
  • Tawar harga barang dengan menggunakan bahasa Jawa lebih disarankan daripada bahasa Indonesia. Anda sangat disarankan mempelajari bahasa setempat terutama untuk membeli barang. Kalau tidak bisa Bahasa Jawa, ajak teman yang tinggal di sana untuk menawar harga barang yang Anda inginkan.
  • Tanya harga sebelum makan. Banyak kedai makanan yang mendadak pasang harga tinggi kepada pelanggannya. Daripada uang terbuang dengan percuma, lebih baik tanya terlebih dahulu atau makan di angkringan yang sudah pasti murah.
  • Sewa sepeda motor untuk penjelajahan lebih banyak. Banyak hotel yang menawarkan sewa sepeda motor dengan harga bersahabat.
  • Pilih penginapan sesuai dengan bujet. Ada banyak akomodasi bintang 1 hingga 4 yang ada di sekitaran Malioboro. Beberapa rekomendasi hotel di Jogja dekat Malioboro bisa Anda lihat lagi di atas.
  • Makan seperti orang lokal. Cobalah warung di pinggiran jalan atau di sekitar perkampungan. Rasa asli Yogyakarta ada di sana.
evtbvsrwfq