peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Manggis

Candidasa, Karangasem · 2 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Manggis

Puri Bagus Manggis

Desa Manggis Karangasem, Karangasem, Indonesia

Amankila

Manggis ? Karangasem,, Karangasem, Indonesia, 80871

hotel lainnya

Tentang

Manggis merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Karangasem, Bali. Kecamatan ini terdiri dari 12 desa, antara lain Desa Manggis, Gegelang, Padangbai, Ulakan, Antiga, Antiga Kelod, Selumbung, Ngis, Tengganan, Pesedahan, Nyuhtebel, dan Sengkidu.

Manggis juga merupakan daerah pinggir pantai yang ada di ujung timur Pulau Bali. Sebagian besar penduduk Manggis bekerja sebagai petani. Tidak sedikit masyarakat Manggis yang merantau ke Denpasar, bahkan sampai keluar Pulau Bali, seperti Jawa dan Lombok. 

Sejarah Manggis

Manggis berada di bawah kekuasaan Kerajaan Karangasem sampai tahun 1908 dengan raja terakhir Ida Anak Agung Gde Djelantik.

Pada tanggal 1 Januari 1909, Manggis menjadi bagian wilayah Gouvernements Lanschap Karangasem ketika Belanda menguasai Karangasem dan menghapus Kerajaan Karangasem.

Pada tanggal 1 Januari 1922, Manggis berada di bawah daerah otonomi Karangasem Raad ketika Gouvernements Lanschap Karangasem dihapuskan.

Pada tanggal 1 Juli 1938, Manggis menjadi bagian swapraja Karangasem ketika Belanda membentuk Paruman Agung yang terdiri dari beberapa kota swapraja dan Karangasem termasuk di dalamnya.

Pada masa penjajahan Jepang, Paruman Agung diubah menjadi Sutyo Renmei. Pada tahun 1946, Jepang menyerah dan kota-kota swapraja di Bali berubah menjadi Dewan Raja-Raja.

Pada tanggal 1 Desember 1958, daerah swapraja dihapus dan Manggis secara resmi menjadi bagian dari Daerah Tingkat II Karangasem.

Cara ke Manggis

Transportasi Udara

Anda bisa menggunakan pesawat dengan tujuan penerbangan ke Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali. Jika sudah sampai di bandara, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Karangasem dengan menggunakan angkutan umum. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa menyewa dengan biaya sekitar Rp350.000 sudah termasuk supir. Jika ingin moda transportasi lanjutan yang murah, Anda bisa menyewa motor.

Transportasi Darat

Angkutan Umum

Anda bisa menggunakan bus Sarbagita dengan jurusan Nusa Dua–Batubulan, lalu turun di Batubulan, Gianyar. Dari sana, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Manggis dengan minibus.

Objek Wisata di Manggis

Air Terjun Yeh Labuh dan Air Terjun Tibu Kresek

Di Kecamatan Manggis, tepatnya di Desa Selumbung, terdapat 2 air terjun yang bisa Anda kunjungi. Air terjun pertama yang akan Anda temui adalah Air Terjun Yeh Labuh. Anda tak perlu khawatir kesulitan mencari air terjun ini karena Anda bisa bertanya pada penduduk setempat yang mengetahui letak Air Terjun Yeh Labuh.

Namun, tak banyak masyarakat yang mengetahui jika di atas Air Terjun Yeh Labuh terdapat air terjun yang lain, yaitu Air Terjun Tibu Kresek. Letaknya yang berdekatan membuat dua air terjun ini seperti air terjun bertingkat. Dua air terjun ini merupakan “Hidden Waterfalls” karena memang letaknya yang benar-benar tersembunyi.

Bagi Anda yang memang menyukai petualangan, ada baiknya setelah dari Air Terjun Yeh Labuh, Anda melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Tibu Kresek. Namun, Anda juga harus berhati-hati karena perjalanan menuju Air Terjun Tibu Kresek tidak bisa dilalui dengan mudah. Untuk sampai di air terjun ini, Anda harus memanjat dan berpegang ke bebatuan atau akar pohon yang ada pada tebing. Anda juga harus berhati-hati karena terkadang tebingnya akan menjadi sangat licin, terlebih saat hujan. Sesampainya di atas sana, rasa lelah Anda akan terbayar dengan pemandangai pantai, hutan kelapa, dan Pulau Nusa Penida yang sangat indah. Untuk masuk ke kawasan air terjun ini, Anda tidak akan dikenai biaya apapun.

Wisata Kapal Selam

Odyssey Submarine Bali atau Wisata Kapal Selam berada di Labuhan Amuk, Kecamatan Manggis, tepatnya ada di Desa Antiga. Jika Anda dari Denpasar, Anda membutuhkan waktu sekitar 90 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Namun, jika Anda ingin menyewa fasilitas antar-jemput dari pihak pengelola Wisata Kapal Kelam, Anda akan membutuhkan waktu penjemputan sekitar 2,5 jam sebelum jadwal penyelaman.

Aktivitas menyelam ini tidak dibatasi usia, sehingga bisa dinikmati oleh semua usia. Wisatawan akan sangat nyaman ketika berada di dalam kapal selam karena ruangannya sudah ber-AC. Kru kapal akan menjelaskan apa yang sedang kita lihat di bawah laut.

Waktu menikmati bawah laut sekitar 45 menit dan kapal selam ini hanya bisa memuat 36 orang. Kapal selam ini mempunyai daya angkut 3,5 ton, jadi penumpang yang akan naik wajib untuk menimbang berat badan terlebih dahulu. 

Pantai Candidasa

Pantai Candidasa terletak di Desa Candidasa, Kecamatan Manggis, sekitar 1,5 jam berkendara dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Pantai ini berpasir putih dengan ombak yang tenang. Anda dapat menyaksikan sunrise dan sunset dari pantai ini atau melakukan olahraga air seperti snorkeling dan diving. Sekitar 200 meter dari Pantai Candidasa, terdapat dua daratan kecil yang diberi nama Gili Biaha dan Gili Mempang. Di sekitar Gili Biaha dan Gili Mempang, Anda juga bisa ber-snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah laut. Jika Anda membawa mobil, Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp5.000.

(Harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu)

Tips Berwisata di Manggis

  • Jika Anda hendak mengunjungi wisata Air Terjun Yeh Labuh dan Tibu Kresek, ada baiknya Anda menggunakan sepatu yang beralas gerigi, sehingga bisa mempermudah Anda ketika melewati medan perjalanan.
  • Jangan menyentuh kepala masyarakat sekitar. Bagi masyarakat Bali, kepala merupakan bagian paling suci, jadi lebih baik Anda tidak memegang kepala masyarakat setempat, bahkan jika ingin memegang kepala anak-anak pun harus berhati-hati.
  • Jangan melakukan hal aneh di tempat suci yang ada di Bali dan jangan mengumpat kasar ketika sedang berlangsung upacara adat tertentu di wilayah Bali.
  • Bawalah oleh-oleh khas Karangasem, yaitu keripik salak dan dodol salak. Harga per bungkus keripik salak ukuran 250 gram: Rp22.000, sedangkan harga per kemasan dodol salak: Rp6.000. Anda bisa memperolehnya di Toko Oleh-oleh Werdhi Guna Food di Desa Sibetan.
  • Sempatkan mencicipi makanan khas Karangasem, yaitu Nasi Sela. Nasi Sela adalah campuran nasi putih dan potongan-potongan kecil ubi yang disajikan dengan udang kecil-kecil, sayur, dan ayam betutu yang disuwir. Anda bisa menjumpai Nasi Sela di kedai Ibu Nengah Sukerti di depan RSUD Karangasem.
  • Membawa topi untuk menghindari terik matahari.

Hotel di Manggis Lainnya

?
Perlu Bantuan?