peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Masuk / Daftar

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Hotel di Maratua

Berau, Indonesia · 5 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Maratua

Green Nirvana Maratua Resort

Jalan Bayur, Payung-Payung, Maratua, Maratua, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia, 77318

9.0 / 10

Istimewa

Pratasaba Resort

Payung-payung, Maratua, Maratua, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia, 77381

Borneo Cottage Maratua

Rt 03 Teluk harapan, Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Maratua, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia, 77381

Noah Maratua Resort

Noah Maratua Resort, Teluk Harapan, Bohe Bukut, Berau Regency, East Kalimantan, Indonesia, Maratua, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia, 88825

Virgin Cocoa

Virgin Cocoa Island, Maratua, Berau, Kalimantan Timur, Indonesia, 77311

hotel lainnya

Tentang

Maratua adalah sebuah kepulauan, sekaligus salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Maratua merupakan pulau terluar yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan langsung dengan Malaysia. Pulau ini berbentuk lengkung tajam dan kecil memanjang.

Di Maratua, terdapat empat perkampungan, yaitu Bohe Silian, Payung-payung, Teluk Harapan, dan Teluk Alulu. Pulau Maratua juga terdiri dari beberapa pulau lainnya, yakni pulau utama yang dinamakan Maratua dan Bulingisan, Pulau Nusa Kokok, Bankungan, Nunukan, Gosong Pasir dan Pabahanan.

Kepulauan Maratua berdekatan dengan Kepulauan Derawan, salah satu kepulauan lain yang ada di Kabupaten Berau. Masyarakat Maratua pada umumnya bermata pencaharian sebagai nelayan. Nelayan Maratua biasa menangkap ikan untuk dijual di komoditas unggul yang akan dibawa ke luar negeri, sebagiannya lagi menangkap ikan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Sebagian besar penduduk Maratua merupakan suku Bajau dan mayoritas memeluk agama Islam. Rasio penduduk berjenis kelamin laki-laki lebih banyak daripada perempuan karena faktor migrasi. Penduduk yang mendiami Maratua tersebar di 19 desa atau kelurahan.

Maratua memiliki pesona laut biru yang indah, sehingga membuat para wisatawan yang datang ke sini tak sabar untuk melakukan aktivitas air, seperti snorkeling dan diving. Maratua dapat dikatakan sebagai ‘surga’ untuk para penyelam yang sangat menyukai keindahan dunia bawah laut.

Maratau memiliki luas daratan sebesar 384,36 kilometer persegi dengan luas perairan 3.735 kilometer persegi. Pulau Maratua terkenal kaya akan ekosistem dan hayati laut. Terumbu karang merupakan salah satu sumber daya hayati, sekaligus potensi laut yang ada di Maratua. Sebagian terumbu karang yang ada di Maratua adalah jenis fringing reefs yang bisa ditemukan di tubiran pulau.

Selain terumbu karang, ada juga mangrove atau hutan bakau yang mampu tumbuh di lingkungan pasang-surut pantai yang berlumpur, berpasir, ataupun berlempung. Hutan mangrove sendiri bisa dijumpai hampir di seluruh perkampungan yang ada di Maratua.

Selain mangrove dan terumbu karang, ekosistem lain yang dapat ditemukan adalah padang lamun  yang hampir bisa ditemukan di daerah berpasir Pulau Maratua. Di samping itu, ada juga perikanan yang terdiri dari ikan konsumsi dan ikan hias.

Cara ke Maratua

Transportasi Udara

Anda bisa menggunakan pesawat dengan tujuan penerbangan Bandara Kalimarau, Tanjung Redeb, Berau dengan perjalanan selama 1 jam. Setelah sampai di bandara, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Tanjung Redeb.

Alternatif lainnya adalah Anda bisa menumpang pesawat untuk menuju ke Bandara Internasional Juwita di Tarakan. Dari bandara, Anda bisa menggunakan taksi untuk sampai di pelabuhan. 

Transportasi Laut

Jika Anda  berada tak jauh dari Maratua atau masih di sekitarnya, Anda bisa menuju sana dengan menggunakan speed boat. Waktu tempuh perjalanan ke Maratua sekitar 3-4 jam.

Objek Wisata di Maratua

Diving

Maratua merupakan salah satu pulau yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Beberapa wisatawan yang menyukai aktivitas diving dan snorkling akan sangat dimanjakan di pulau ini. Aktivitas diving dan snorkeling Anda akan sangat didukung oleh keindahan terumbu karang yang memiliki warna yang beragam.

Penyu Hijau

Maratua juga terkenal dengan tempat bertelur penyu terbesar. Setiap tahunnya, akan ada ratusan penyu yang bertelur. Jadi, bisa dikatakan bahwa Maratua adalah ibu kota bagi para penyu hijau karena memang banyak sekali penyu yang datang ke pulau ini. Bagi Anda yang ingin mengunjungi pulau ini, jangan lewatkan untuk melihat beberapa penyu hijau yang ada di Mertua.

Pulau Derawan

Tak jauh dari Maratua, Anda akan menemukan sebuah pulau yang tidak kalah indahnya dengan Maratua, yaitu Pulau Derawan. Untuk menuju pulau ini, Anda cukup menyeberang menggunakan perahu dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Di sini, Anda bisa melakukan aktivitas air, seperti diving dan snorkeling.

Tips Berwisata di Maratua

  • Jangan takut untuk menawar harga karena saat tiba di bandara, Anda akan ditawari jasa transportasi oleh banyak orang, bahkan beberapa di antaranya akan membuntuti Anda. Hal yang paling aman adalah sebaiknya Anda langsung datang ke konter resmi taksi yang ada di bandara. Biasanya, untuk penyewaan mobil, mereka sudah mempunyai patokan harga sendiri sekitarRp400.000 hingga Rp.600.000.
  • Sebelum menuju Maratua, ada baiknya Anda mengambil uang secukupnya ketika masih ada di kota besar atau bandara, sebab Anda akan sulit menemukan ATM di pulau ini.
  • Jangan lupa membawa underwater camera untuk mengabadikan pemandangan bawah laut yang akan Anda nikmati nantinya.
  • Pakai sepatu yang nyaman karena akan ada beberapa tempat yang jalanannya licin.
  • Jangan lupa untuk membawa sunblock yang berguna untuk melindungi kulit Anda dari terik  sinar matahari.
?
Perlu Bantuan?