peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Pusat Kota Medan

Medan, Indonesia · 49 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Pusat Kota Medan

Hotel Soechi International

Jl. Cirebon No. 76 - A, Medan, Indonesia, 20212

8.0 / 10

Sangat Baik

Swiss-Belinn Medan

Jl Surabaya 88, Medan, Indonesia, 20212

8.2 / 10

Sangat Baik

Garuda Plaza Hotel

Jl. Sisingamangaraja No. 18 Medan, Medan, Indonesia, 20213

7.8 / 10

Baik

Hotel Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention - Medan

Jalan Kapten Maulana Lubis No. 07 , Medan, Indonesia, 20112

8.7 / 10

Sangat Baik

Adimulia Hotel Medan

Jl. Pangeran Diponegoro No.8 Medan Kota, Medan, Indonesia, 20112

8.9 / 10

Sangat Baik

Hotel Emerald Garden

Jalan K.L. Yos Sudarso No. 1, Medan, Indonesia, 20235

8.6 / 10

Sangat Baik

D'primahotel Medan

Jl. Stasiun No. 1 , Medan, Indonesia, 20111

8.4 / 10

Sangat Baik

Hermes Palace Hotel Medan Managed by BENCOOLEN

Jalan Pemuda No. 22, Medan, Indonesia, 20151

8.2 / 10

Sangat Baik

JW Marriott Hotel Medan

Jalan Putri Hijau No. 10, Medan, Indonesia, 20111

8.8 / 10

Sangat Baik

Grand Swiss-Belhotel Medan

Jalan Letjend. S Parman No. 217 , Medan, Indonesia, 20152

8.6 / 10

Sangat Baik

Kesawan Hotel

Jl. A. Yani / Kesawan No. 97 / 99, Medan, Indonesia, 20111

7.9 / 10

Baik

Aryaduta Medan

Jalan Kapten Maulana Lubis No. 8, Medan, Indonesia, 20112

8.4 / 10

Sangat Baik

Karibia Boutique Hotel

Kompleks Centre Point, Jalan Timor Blok J No. I - IV , Medan, Indonesia, 20231

8.2 / 10

Sangat Baik

Grand Aston City Hall Medan

Jalan Balai Kota No. 1 , Medan, Indonesia, 20112

8.7 / 10

Sangat Baik

Hotel Citi International Sun Yat Sen

Jalan Sun Yat Sen No. 77, Medan, Indonesia, 20214

8.1 / 10

Sangat Baik

Grand Sakura Hotel

Jl. Prof.HM Yamin SH 41, Medan, Indonesia, 20234

8.2 / 10

Sangat Baik

Cordela Hotel Medan

Jalan Prof. H.M. Yamin No. 90, Medan, Indonesia, 20234

8.5 / 10

Sangat Baik

Grand Inna Medan

Jalan Balai Kota No.2, Medan, Indonesia, 20111

7.9 / 10

Baik

LJ Hotel

Jalan Perintis Kemerdekaan No 17A, Medan, Indonesia, 20235

8.1 / 10

Sangat Baik

Grand Mercure Maha Cipta Medan Angkasa

Jalan Sutomo No1 Medan, Medan, Indonesia, 20235

8.1 / 10

Sangat Baik

hotel lainnya

Tentang

Kota Medan merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Kecamatan ini berbatasan dengan Medan Denai di sebelah timur, Medan Maimun di sebelah barat, dan Medan Amplas di sebelah selatan, dan Medan Area di sebelah utara. Kota Medan juga merupakan ibu kota dari Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

Pada 2001, Kecamatan Medan memiliki jumlah penduduk sebanyak 84.530 jiwa. Luas daerahnya adalah 5,27 kilometer persegi dengan kepadatan penduduk 16.039,85 jiwa/km2. Kota Medan termasuk kota terbesar di luar Pulau Jawa dan merupakan kota metropolitan terbesar ketiga di Indonesia. Kota Medan juga merupakan pintu gerbang Indonesia bagian barat untuk para pendatang yang ingin menuju ke tempat wisata Brastagi di Karo, Bukit Lawang, dan daerah Danau Toba.

Sejarah Medan

Medan merupakan bahasa Melayu yang memiliki arti tanah lapang atau tempat luas. Hari jadi Kota Medan awalnya diperingati pada 1 April sejak 1909, tetapi tanggal ini dibantah oleh para pers dan ahli sejarah. Setelah penelitian dan penyelidikan lebih lanjut pada 1973, ditetapkanlah hari jadi Kota Medan yang jatuh pada 1 Juli 1590.

Kota Medan awalnya merupakan Kerajaan Aru, lalu menjadi pusat Kesultanan Melayu Deli. Kesultanan Deli merupakan sebuah kesultanan Melayu yang berdiri pada 1632 oleh Tuanku Panglima Gocah, pahlawan di daerah yang bernama Tanah Deli atau yang sekarang disebut dengan Kota Medan.

Budaya di Medan

Kota Medan merupakan asal suku Melayu yang ada di Indonesia. Di Kota Medan juga banyak suku etnis dari berbagai penjuru Indonesia yang datang untuk berbisnis. Di Kota ini juga banyak warga keturunan Cina dan India. Meskipun begitu, Kota Medan tetap didominasi oleh masyarakat Batak. Ada banyak budaya warga Medan masih ada sampai sekarang, seperti tarian adat Profan, dan acara adat.

Bahasa Daerah di Medan

Untuk bahasa yang digunakan secara luas tetap bahasa Indonesia, tapi pada beberapa daerah menggunakan bahasa Melayu dialek O, Melayu dialek E, Jawa, dan Batak.

Iklim di Medan

Wilayah Kota Medan memiliki banyak curah hujan, bahkan pada bulan terkeringnya. Suhu di Kota Medan sekitar 26.4 derajat celsius dengan curah hujan rata rata 3.415 mm.

Cara ke Medan

Tidak perlu takut untuk berkeliling Kota Medan jika tak mempunyai kendaraan pribadi karena banyak angkutan umum yang tersedia di kota ini. Beberapa transportasi yang dapat Anda gunakan di Kota Medan: Angkutan umum atau angkot, betor atau becak motor, becak, taksi, mini bus, dan bus.

Objek Wisata di Medan

Ada banyak tempat wisata di Kota Medan, terutama wisata bangunan-bangunan tua yang bersejarah. Bangunan-bangunan tersebut memiliki arsitektur khas Belanda yang masih seperti aslinya, seperti kantor pos Medan, Gedung Balai Kota Lama, Menara Air Tirtanda yang merupakan ikon Kota Medan, Titi Gantung yang merupakan sebuah jembatan di atas rel kereta, dan banyak lagi. Selain bangunan tersebut, masih ada bangunan bersejarah yang lainnya, seperti Masjid Raya Al Osmani, Istana Maimun, bangunan-bangunan tua di Kesawan, dan ruko-ruko tua yang kini telah dijadikan pusat wisata kuliner.

Berikut beberapa tempat wisata yang berada di Medan:

Masjid Raya Medan

Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di Indonesia. Masjid Raya ini dibangun pada 1906 oleh Sultan Makmun Al-Rasyid. Masjid ini dibangun dengan desain yang terinspirasi dari gaya Moorish yang berasal dari Arab.

Istana Maimun

Istana Maimun disebut juga dengan nama Istana Kesultanan Deli. Istana ini dibangun oleh Sultan Makmun Al-Rasyid pada 1888 dan hanya berjarak 200 meter dari Masjid Raya Medan. Meskipun telah melakukan renovasi, Istana Maimun ini masih tetap sama dan tetap dimiliki oleh Sultan dan penerusnya.

Museum Sumatera Utara

Museum Sumatera Utara atau yang biasa disebut Museum Negeri Provinsi Utara ini dibangun pada 1954 dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada April 1982. Museum ini berada di Jalan H.M. Jhoni No. 51, Medan. Museum ini adalah museum terbesar di Sumatera Utara. Museum ini berisi berbagai macam peninggalan sejarah budaya bangsa, kerajinan, dan hasil seni dari berbagai suku yang berada di Sumatera Utara.

Museum Militer Bukit Barisan

Museum Militer Bukit Barisan terletak di Jalan Zainul Arifin. Museum ini berisi berbagai macam koleksi senjata yang digunakan rakyat Sumatera Utara saat perang kemerdekaan dan benda-benda bersejarah perjuangan ABRI, seragam, sampai obat-obatan. Museum ini berdiri pada 1928 dan dibuat oleh pemerintah Belanda untuk digunakan sebagai kantor perusahaan asuransi Arhnehen. Gedung ini dikuasai pemerintah Indonesia pada 1947 dan digunakan sebagai kantor Kodam, kemudian berubah menjadi museum pada 1971 hingga saat ini.

Taman Buaya Asam Kumbang

Taman ini adalah taman penangkaran buaya terbesar di Indonesia, sekaligus di Asia Tenggara. Di sini, terdapat banyak buaya hidup yang dikembangbiakan. Taman ini memiliki total sekitar 2.500 buaya dengan berbagai umur dan ukuran.

Taman seluas 2 hektar ini berada di Jalan Raya Kecamatan Medan Selayang No. 59 Desa Asam Kumbang dan hanya berjarak 5 kilometer dari pusat Kota Medan.
Awal mulanya, taman ini merupakan sebuah hobi dari warga lokal yang bernama Lo Tham Muk pada 1959.

Danau Siombak

Danau Siombak merupakan danau buatan yang memiliki luas sekitar 40 hektar dengan diameter 1000 meter dan kedalaman sekitar 12 meter. Danau ini berada di Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan, Medan, Sumatera Utara. Danau ini berada di antara dua sungai, yaitu Sungai Terjun dan Sungai Deli. Danau Siombak memiliki air yang jernih kehijauan dikarenakan dasar danau yang dipenuhi tumbuhan lumut dan ganggang.

Danau Siombak cukup ramai pada saat liburan dan akhir pekan. Kebanyakan wisatawan yang datang merupakan masyarakat Medan, jarang wisatawan asing yang datang ke sini. Danau ini merupakan tempat favorit masyarakat Medan untuk bersantai dan memancing. Lokasi wisata ini cocok untuk wisata keluarga karena ada banyak fasilitas bermain untuk anak.

Di sekitar danau banyak penjual makanan, pakaian, dan juga aksesori. Selain itu,  di area danau juga tersedia perahu yang disewakan untuk pengunjung yang ingin berkeliling danau.

Wisata Kuliner di Medan

Saat berkunjung ke Medan, jangan lupa untuk menikmati kuliner khas Medan. Banyak kuliner khas Medan yang cukup terkenal di daerah lainnya. Di Kota Medan, ada banyak tempat wisata kuliner yang bisa Anda coba, misalnya Merdeka Walk yang merupakan pusat jajanan 24 jam di lapangan Merdeka Medan, Ramadhan Fair yang buka hanya bulan Ramadhan, Kuliner Pagaruyung yang merupakan masakan India dan Indonesia di daerah Kampung Keling, Asia Mega Mas Food Court Center di Kompleks Asia Mega Mas Medan, dan masih banyak lagi tempat kuliner lainnya yang patut untuk dicoba.

?
Perlu Bantuan?