peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Pamulang

Tangerang Selatan, Indonesia · 4 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Pamulang

Rumah Ratu near Pamulang Square (UCI)

Griya Jakarta, Jalan Menteng Raya Blok B1 No. 19, Tangerang Selatan, Indonesia, -

8.7 / 10

Sangat Baik

Large Room at Jalan Merica Pondok Cabe (MRC)

Jl. Merica No. 1 Pondok Cabe, Pamulang, Banten , Tangerang Selatan, Indonesia, 15418

Single Room at Jalan Merica Pondok Cabe (MCA)

Jalan Merica No 1 Pondok Cabe, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Tangerang Selatan, Indonesia, 15418

Double Bed at Jalan Merica Pondok Cabe (MIC)

Jalan Merica No. 1 Pondok Cabe, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Tangerang Selatan, Indonesia, 15418

hotel lainnya

Tentang

Pamulang merupakan sebuah kecamatan yang ada di Kota Tangerang Selatan. Namun, sebelum Tangerang Selatan menjadi sebuah kabupaten, Pamulang merupakan bagian dari Kabupaten Tangerang. Sesuai Peraturan Pemerintahan No. 3 tahun 1992, Pamulang mengalami pemekaran daerah dari Ciputat.

Daerah Pamulang terkenal sebagai kawasan Industri kecil hingga menengah. Selain dikenal sebagai kawasan industri, Pamulang juga dikenal sebagai kawasan perkebunan. Di sana juga ada beberapa objek wisata menarik dengan fasilitas dan akomodasi yang sudah memadai, seperti pusat perbelanjaan, hotel, hingga fasilitas umum.

Sejarah Pamulang

Menurut masyarakat asli Pamulang, asal-usul nama “Pamulang” berasal dari kebiasaan anak-anak di sana yang sering bilang “Pak, pulang!” untuk meminta ayah mereka agar segera pulang setelah bekerja di Jakarta. 

Budaya di Pamulang

Pamulang yang merupakan bagian dari Tangerang membuat daerah ini juga memiliki kebudayaan yang sama dengan wilayah Tangerang pada umumnya. 
Di daerah Tangerang terdapat berbagai macam kesenian dan kebudayaan yang masih di lestarikan hingga sekarang, di antaranya adalah tari Lenggang Cisadane, kesenian gambang kromong, kesenian lenong, dan barongsai.

Bahasa daerah di Pamulang

Bahasa pengantar yang digunakan oleh masyarakat Pamulang adalah bahasa Indonesia. Namun dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat kota ini banyak yang menggunakan bahasa Sunda dan Betawi untuk berkomunikasi.

Wilayah Utama Pamulang

Luas wilayah Kecamatan Pamulang sekitar 20,50 kilometer persegi. Kecamatan Pamulang memiliki 8 kelurahan, yaitu Kelurahan Pondok Benda, Kelurahan Bambu Apus, Kelurahan Pamulang Barat, Kelurahan Pondok Cabe Ilir, Kelurahan Pamulang Timur, Kelurahan Pondok Cabe Udik, Kelurahan Benda Baru, dan Kelurahan Kedaung.

Batas wilayah Kecamatan Pamulang sebelah utara adalah Kecamatan Ciputat, sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Sawangan (Kota Depok) dan Kecamatan Gunung Sindur (Kab. Bogor). Sementara itu, sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Serpong dan sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Limo (Kota Depok).

Cara ke Pamulang

Transportasi Udara

Bagi yang berasal dari luar daerah atau luar pulau, Anda dapat mengakses daerah ini dengan menggunakan jalur udara dengan pesawat tujuan Bandar Udara Internasional Pondok Cabe yang terletak di Pondok Cabe, Pamulang.

Transportasi Darat

Kereta Api

Stasiun kereta api yang paling dekat dengan Kecamatan Pamulang adalah Stasiun Sudimara. Jarak dari Stasiun Sudimara menuju Pamulang kurang lebih 10 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Bagi Anda yang tinggal di JABODETABEK dan sekitarnya, Anda dapat menggunakan kereta api untuk mengakses Pamulang. Jika menggunakan kereta api, pemberhentian terakhir adalah Stasiun Sudimara.

Bus

Untuk yang ingin menggunakan jalur darat, di Pamulang terdapat sebuah terminal bus antar kota yang terletak di daerah Pondok Cabe.

Objek Wisata di Pamulang

Di Pamulang tidak banyak objek wisata yang bisa kita temukan begitu juga dengan hotel. Walau demikian, penduduk Jakarta yang datang ke daerah ini selalu saja ramai, terutama jika musim libur atau pada akhir pekan. Sebagian besar mereka datang untuk berwisata atau sekadar berbelanja di beberapa pusat perbelanjaan. 

Beberapa objek wisata terkenal di Pamulang, Tangerang Selatan, yaitu:

Kolam Renang Tirta Sara Pamulang

Kolam renang ini berada di Jl. Setiakawan Dalam No. 81, Pamulang, Tangerang Selatan. Di Kolam Renang Tirta Sara juga terdapat waterboom. Tempat wisata ini meyediakan 4 kolam renang. Dua kolam renang digunakan untuk anak-anak dan dua kolam renang lagi untuk dewasa dan remaja. Menariknya, di sana, terdapat sebuah kolam anak dengan bentuk lingkaran dan menghubungkan dengan kolam renang dewasa. Di kolam renang ini terdapat seluncuran dengan ketinggian kurang lebih 3 meter.

Objek wisata ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung, seperti toilet, pendopo, tempat ganti pakaian, dan area parkir. Kolam renang Tirta Sara Pamulang berlokasi di tempat yang strategis, mudah diakses dan dekat dengan pasar.

Pondok Cabe Golf

Lapangan Golf ini terletak di Jl. Cabe Raya, Pamulang, Tangerang Selatan. Lokasi lapangan Golf ini sangat strategis karena berdekatan dengan Bandar Udara Internasional Pondok Cabe. Lapangan Golf Pondok Cabe ini sebenarnya dimiliki dan dikelola oleh Pertamina.

Lapangan yang ada di sini adalah course yang terdiri dari 18 holes. Bermain golf di sini sangat menyenangkan karena tanahnya datar. Pondok Cabe Golf juga menawarkan pemandangan yang indah dan asri.

Wisata Kuliner di Pamulang

Makanan khas Tangerang adalah pecak gabus, putu mayang, sayur besan, gecom, laksa, dan pindang bandeng. Makanan yang dapat Anda jadikan buah tangan dari Pamulang yang terkenal adalah dodol Ny. Lauw, bolu tape Benteng, kue gipang, ceplis, sate bandeng, kue Jorong, bontot, becuer, dan ketan Bintul. 

Sementara itu, bagi pecinta kuliner, berikut beberapa tempat makan terkenal di Pamulang yang banyak diminati para pengunjung:

Saung Merdesa

Ini adalah sebuah restoran dengan konsep perkebunan. Beralamat di Jl. Dr. Setiabudi No. 38, Pamulang Barat, Tangerang Selatan. Di restoran ini terdapat beberapa saung dan beberapa meja dan kursi yang tersusun di alam terbuka. Tempatnya terasa sangat asri dan menyenangkan. Menu makanan dan minuman yang ada di restoran ini pun sangat beragam. Beberapa menu andalannya adalah ikan bakar dan ayam bakar.

Saung Merdesa juga melayani para tamu yang ingin menyewa tempat ini untuk acara kantor seperti meeting atau acara pernikahan dengan tema garden party. Tempat ini mampu menampung sekitar 500 hingga 600 orang.

Anda pasti akan merasa puas jika berkunjung ke Saung Merdesa, selain bisa menikmati makanan yang lezat, Anda juga bisa bersantai sambil menikmati pemandangan berupa perkebunan yang sejuk.

Warung Jepang Rumahan “Take”

Ini adalah sebuah restoran yang menyajikan makanan khas Jepang dengan harga yang terjangkau. Warung Jepang Rumahan “Take” menjadi merupakan rumah makanan favorit bagi pecinta makanan khas Jepang. Restoran ini berada di Ruko Pamulang Permai Blok SH 12/06, berdekatan dengan Universitas Pamulang. 


Tips Berwisata di Pamulang

  • Tidak banyak penginapan yang bisa Anda jumpai di Pamulang. Jadi, jika berwisata ke sana, ada baiknya Anda memilih penginapan yang berlokasi paling dekat, seperti di Jakarta Selatan.
  • Lapangan Terbang Pondok Cabe adalah bandara lokal, sehingga bagi Anda yang datang dari luar pulau, harus memilih bandara seperti Bandara Soekarno-Hatta sebagai tujuan utama sebelum pergi ke Pamulang.
  • Bagi Anda yang tertarik untuk menginap di Pamulang, disarankan menyewa vila di sekitar Pondok Benda yang memiliki pemandangan alam indah.
?
Perlu Bantuan?