peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Parangtritis

Bantul, Indonesia · 11 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Parangtritis

Queen of The South Resort

Parangtritis Beach, Desa Parangrejo, RT 13/RW 13, Kec. Purwosari, Bantul, Indonesia, 55872

8.3 / 10

Sangat Baik

Pondok Wisata Parangtritis

Mancingan XI RT 06, Parangtritis, Kretek, Bantul, Indonesia, 55772

7.9 / 10

Baik

Family Syariah 1

Jl. Parangtritis  Km 28 Pantai Parangtritis, Bantul, Indonesia, -

8.3 / 10

Sangat Baik

Villa Alcheringa Yogyakarta

Jalan tembus puncak Dusun Mancingan Parangtritis, Bantul, Indonesia, 55772

8.6 / 10

Sangat Baik

Hotel Budi Inn 1

Mancingan, 11 Rt. 04. Rw 23, Parangtritis, Kretek, Bantul, Indonesia

8.0 / 10

Sangat Baik

Losmen Melati

Mancingan, Parangtritis Kec. Kretek, Bantul, Indonesia, 55772

Adinda Beach Hotel

Jalan Puncak Parangtaritis, Bantul, Indonesia

7.8 / 10

Baik

Hotel Gandung

Mancingan, Parangtritis Kretek, Bantul, Indonesia

6.3 / 10

Lumayan

Affordable Room in Pantai Kukup at Winahyu Resorts

Pantai Kukup, Wonosari, Gunung Kidul, Desa Tanjung Sari, Bantul, Indonesia

Hotel Widodo I

Mancingan, Parangtritis, Kretek, Bantul, Bantul, Indonesia, 55772

2 Bedroom Cottage A in Pantai Kukup at Winahyu Resort

Pantai Kukup, Wonosari, Gunung Kidul, Desa Tanjung Sari, Bantul, Indonesia

hotel lainnya

Tentang

Di Yogayakarta terdapat banyak pantai yang indah dan menjadi tujuan obyek wisata, namun pantai yang dikenal paling populer adalah Pantai Parangtritis yang terletak di Kecamatan Kretek, Bantul.

Di pantai ini Anda akan melihat mitos yang masih di percayai masyarakat setempat yaitu  mitos tentang Nyi Roro Kidul  dan beranggapan bahwa kerajaan yang merupakan tempat tinggal bagi Nyi Roro Kidul adalah merupakan kerajaan yang gaib yang berada di pantai Laut Selatan..

Desa Parangtritis termasuk dalam Kecamatan Bantul yang berjarak kurang lebih 25 km di sebelah selatan Kota Yogyakarta dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga ombak di pantai ini sangat besar dan tidak bisa untuk melakukan permainan air di sini.

Parangtritis merupakan salah satu objek wisata pantai yang terkenal di Yogyakarta selain Pantai Glagah, Baron, Kukup, Krakal dan Samas. Objek wisata ini telah dibawah pengelolaaan pemerintah daerah Bantul dengan sarana dan prasarana seperti hotel dan jalan yang sudah lengkap dengan kondisi baik.

 

Sejarah

Nama Parangtritis asal mulanya terjadi pada masa Kerajaan Majapahit  di mana Pangeran Dipokusumo  melarikan diri ke tempat ini dengan tujuan untuk bersemedi. . Selesai  bersemedi, pangeran melihat air menetes di celah-celah karang. Berdasarkan kejadian tersebut, kemudian pangeran  Dipokusumo memberi nama daeerah tersebut sebagai Parangtritis

 

Budaya

Masyarakat yang tinggal di sekitar pantai Parangtritis selalu melaksanakan upacara adat pada malam Jumat Kliwon dan hari Selasa Kliwon berupa ritual melarungkan sesaji yang disertai dengan bunga aneka warna ke laut.

Puncak dari upacara tersebut dilakukan saat malam  1 Suro, juga dilakukan kembali 2 hingga 3 hari sesudah Hari Raya Idul Fitri dan juga Hari Besar Idul Adha.

Upacara  bertujuan untuk meminta kemudahan rezeki serta meminta keselamatan kepada yang berkuasa atas langit dan bumi ini.

 

Iklim

Di kawasan parangtritis memiliki suhu udara yang stabil sekitar  26.9 °C dan dalam setahun mempunyai curah hujan yang diperkirakan kurang lebih adalah 1926 mm.

 

Cara Menuju Parangtritis

Via Udara

Tersedia berbagai maskapai penerbangan menuju Bandara Adisucipto Yogyakarta. Setelah itu bisa langsung mencari transportasi yang menuju ke Pantai Parangtritis.

1. Menggunakan Kereta Prameks dan berhenti di stasiun Kereta Api Tugu. Kemudian melanjutkan dengan Trans Joga lalu berhenti di Halte Pojok Beteng Wetan. Lalu dilanjutkan dengan menggunakan bus yang menuju ke Parangtritis yang berhenti  di kawasan Parangtritis.

2. Menggunakan taksi  dari bandara langsung menuju ke Pantai Parangtritis 3. Menggunakan ojek yang biayanya bisa di tawar

 

Via Darat

Ada banyak kendaraan umum untuk menuju Parangtritis.

  1. Menggunakan Bus, dari Terminal Giwangan dan Terminal Jombor,
  2. naik bus Engkle jurusan Jogja yang menuju ke Tempel, kemudian turun di perempatan Ringrod. Dan melanjutkan lagi dengan Bus jurusan Parangtritis. Menggunakan ojek
  3. Menggunakan taksi (Harga yang tercantum diatas sewaktu-waktu dapat berubah)*

Menggunakan Kereta Api, dari Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan biasa menggunakan Trans Jogja sampai di Halte Pojok Bateng Wetan, lalu melanjutkan dengan Bus jusrusan Parangtritis.

 

Objek Wisata Parangtritis

Sunset yang mempesona

Saat paling sempurna untuk berada di pantai Parangtritis adalah saat sore hari yaitu saat matahari terbenamTetapi bila sampai di pantai lebih awal sebelum matahari terbenam, sebaiknya mencoba untuk memanjat tebing yang berada di belakang pantai yang disebut Tebing Gembirawati. Dari atas tebing Anda bisa menyaksikan keseluruhan kawasan Pantai Parangtritis terutama pantai Laut Selatan. Di pantai yang cukup luas ini Anda dapat bermain layang-layang dengan keluarga atau berwisata kuda di sepanjang pantai untuk mengenalkan kuda kepada anak-anak. Pantai yang landai dengan minim bebatuan membuat wisata keluarga lebih aman di pantai ini.

 

Reruntuhan Candi Gembirawati

Ada sebuah reruntuhan candi yang tersembunyi di timur tebing. Bebeda dengan  kebanyakan candi yang letaknya di daerah pegunungan, Candi Gembirawati terletak beberapa ratus meter dari  pantai Parangtritis. Agar dapat mencapai Candi Gembirawati maka harus melalui jalan naik yang berdekatan dengan Hotel Queen of the South sekitar 100 m dan melewati jalan setapak menuju ke reruntuhan candi. Dari reruntuhan candi ini Anda bisa melihat Laut Selatan dengan ombaknya yang ganas.

Aktifitas pantai

Di pantai parangtritis kita bisa melakukan beberapa aktifitas seperti dibawah ini :

ATV

ATV sangat menyenangkan bagi yang ingin merasakan sensasi berkendara di pasir pantai.  Anda dapat menyusuri pantai dengan menerjang gundukan dari pasir pantai yang ada di pantai dengan kendaraan roda empat ini.

Delman (kereta kuda beroda dua)

Menyusuri pantai Parangtritis dengan kereta kuda beroda dua cukup menyenangkan. Kereta kuda ini akan membawa kita ke ujung timur pantai Parangtritis, di mana terdapat gugusan karang yang begitu indah.

Paralayang

Jika anda memiliki cukup nyali anda harus mencoba wahana ini karena Anda akan menyaksikan keindahan Pantai Parangtritis dari udara.

Air Terjun Parang Endog

Air Terjun ini terletak di bagian sisi timur Pantai Parangtritis di mana tempat ini sangat  istimewa karena  berada tepat di bibir pantai. Di sebelah Timur dari tebing juga terdapat reruntuhan candi yang tersembunyi yang bernama Candi Gembirawati.

Pemandian AiPanas Parangwedang

Pemandian air panas ini dikenal sebagai pemandian yang mengandung kadar belerang.  Masyarakat setempat mempercayai air panas ini bisa digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit kulit.

Kuliner

Terdapat bermacam jenis jajanan di kawasan Pantai Parangtritis misalnya jagung bakar, es kelapa muda, ikan bakar, dan lain lain..Namun yang istimewa adalah  gudeg yang tidak umum yang dinamakan Gudeg Manggar Manding, yaitu Gudeg yang dibuat dari bunga kelapa muda. Masyarakat sekitar pantai mengatakan bahwa gudeg ini merupakan menu makanan spesial kerajaan yang penyajiannya juga diberi sayur krecek dan tempe bacem. Gudeg ini konon terkenal juga karena menurut kepercayaan masyarakat dapat memancarkan kecantikan dari dalam. Maka tak heran jika Gudeg Manggar Manding ini adalah sajian menu yang paling disukai oleh puteri-puteri kerajaan.

 

Tips Berwisata di Parangtritis

Jangan lupa membawa sunblock, kacamata, dan topi karena begitu tajam teriknya matahari di pantai ini.

Berhati hatilah ketika berenang di pantai, karena pantai Parangtritis memiliki arus balik yang sangat kuat, sehingga sangat berbahaya bagi  wisatawan yang berenang. Pantai ini bukan pantai yang cocok untuk berenang sehingga Anda harus mengawasi anggota keluarga Anda. -Tidak di perbolehkan untuk menggunakan baju warna hijau, dikarenakan warna tersebut adalah warna kesayangan Nyi Roro Kidul. Terkesan mistis namun inilah yang dipercayai masyarakat setempat yang harus dihormati oleh wisatawan.

Malam Tahun Baru Jawa 1 Suro menjadi malam istimewa di pantai ini karena setiap malam 1 Suro selalu diadakan upacara ritual masyarakat yang sangat unik yang bisa disaksikan oleh wisatawan.

?
Perlu Bantuan?
evtbvsrwfq