peringatan
Promo
Cek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Hotel Murah di Parapat, Danau Toba

EXTERIOR_BUILDING Sapadia Parapat

7.4/10

Baik

BEDROOM Atsari Hotel Parapat

9.0/10

Istimewa

EXTERIOR_BUILDING Hotel Sedayu

8.1/10

Sangat Baik

8.2/10

Sangat Baik

EXTERIOR_BUILDING Patra Comfort Parapat

8.5/10

Sangat Baik

LOBBY Hotel Sedayu 2

7.9/10

Baik

BEDROOM Wisma Sedayu

8.4/10

Sangat Baik

BEDROOM Singgalang Guest House

7.3/10

Baik

Tentang

Parapat adalah sebuah kota yang ada di Provinsi Sumtera Utara. Kamu mungkin belum terlalu mengenal Parapat karena kota ini sendiri bukanlah sebuah kota besar seperti Medan atau Binjai. Namun kamu tentu sudah mengenal Danau Toba bukan? Nah, Kota Parapat ini berada di kawasan tepi Danau Toba. Dengan suasana yang tenang dan iklim yang sejuk, Parapat sangat cocok untuk kamu jadikan tempat melepas penat.

Mayoritas penduduk Kota Parapat berasal dari suku Batak, terutama Batak Toba dan juga Batak Karo. Selain suku Batak, Parapat juga menjadi rumah bagi pendatang dari Pulau Jawa dan provinsi lain di Sumatera. Ada penduduk bersuku Padang, Jawa, hingga Sunda di Parapat. Parapat juga menjadi rumah bagi etnis Tionghoa. Dengan etnis yang beragam ini tidak mengherankan jika seni budaya di Parapat sangat kaya dan unik.

Kamu bisa membuktikannya dari arsitektur bangunan tradisional di Parapat. Terdapat bangunan yang memadukan arsitektur khas Batak dengan Minangkabau. Begitu pula dengan kulinernya, ada perpaduan dari Batak dengan Melayu hingga menciptakan cita ras yang khas dan sayang untuk dilewatkan. Ditambah panorama alam yang luar biasa, Parapat cocok untuk menjadi destinasi liburanmu selanjutnya.

Hotel Murah di Parapat

Kawasan tepi Danau Toba seperti Parapat memang memiliki potensi wisata yang besar. Maka tidak mengherankan jika pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan pemerintah daerah setempat terus melakukan perbaikan untuk menyokong pariwisata daerahnya.

Hasilnya bisa dilihat, sekarang kamu bisa menemukan banyak akomodasi di tepian Danau Toba. Mulai dari akomodasi berbintang tiga, guest house, penginapan murah, semua bisa kamu temukan di Parapat. Nah buat kamu para traveler on budget, berikut ini beberapa rekomendasi hotel terjangkau di Parapat dari Traveloka.

Hotel bintang tiga di Parapat

Siantar Hotel Parapat

Berada tepat di tepi Danau Toba, Siantar Hotel Parapat siap memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan untukmu. Hotel yang berlokasi di Jalan Sisingamangaraja ini sangat mudah diakses bahkan untuk yang baru pertama kali datang ke Parapat. Selain dekat dengan Danau Toba, hotel berbintang tiga ini juga dekat dengan Pelabuhan Parapat (2 km), sehingga cocok untuk kamu yang ingin menyeberang ka Pulau Samosir.

Tidak hanya strategis, Siantar Hotel Parapat juga menawarkan fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari kamar tidur hingga layanan massage dan juga in-site restaurant semua tersedia di sini. Kamu juga bisa mendapatkan akses internet gratis melalui Wi-Fi.

Toba Village Inn

Dengan arsitektur khas Batak, Toba Village Inn cocok untuk kamu yang menyukai keindahan, Terlebih dengan atmosfernya yang natural, hotel berbintang tiga ini dijamin akan memberikan kepuasan tersendiri. Lokasinya berada di Jalan Lingkar Tuktuk, Tutktuk Siadong, sekitar 1 km dari Air Terjun Simangande. Toba Village Inn juga menawarkan view langsung ke Danau Toba yang indah.

Toba Village Inn menawarkan layanan airport transfer untuk par tamu yang datang melalui Bandar Udara Silangit. Ada juga fasilitas penunjang berupa restoran dan juga outdoor swimming pool. Hotel ini juga menyediakan penyewaan sepeda dan mobil.

Inna Parapat

Buat kamu yang ingin menjelajahi kawasan tepi Danau Toba dari sisi Parapat, Inna Parapat bisa dijadikan pertimbangan. Alamat persisnya ada di Jalan Marihat No. 1 dan sangat dekat dengan objek wisata Parapat Point (450 meter). Pelabuhan Parapat pun hanya terpaut jarak sekitar 1,5 km dari hotel berbintang tiga ini. Buat kamu yang ingin berlayar di Danau Toba, akomodasi ini adalah sebuah pilihan yang cerdas.

Untuk masalah fasilitas, Inna Parapat menyediakan beragam fasilitas terbaik untuk menunjang kenyamananmu. Tersedia fasilitas restoran, kedai kopi, dan juga lake tour bagi yang ingin menyusuri Danau Toba.

Hotel bintang dua di Parapat

Tuktuk Timbul Bungalows

Hotel dengan bungalows sangat cocok untuk liburan di kawasan tepi Danau Toba. Bungalow akan memberikan privasi yang tidak akan bisa diberikan sebuah kamar hotel. Di kawasan sekitar Parapat sendiri ada Tuktuk Timbul Bungalows. Lokasinya ada di Jalan Lingkar Tuktuk, Tuktuk Siadong. Hotel ini menawarkan beberapa kamar dengan format bungalow dengan pemandangan langsung ke Danau Toba.

Untuk fasilitas di dalam kamar sendiri telah tersedia TV layar datar, meja dan kursi, minibar, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Ada juga fasilitas penunjang berupa banana boat, jet ski, dan juga massage. Bagi yang ingin menyusuri tepi Danau Toba, Tuktuk Timbul Bungalows menyediakan penyewaan sepeda dan juga mobil.

Silintong Hotel

Silintong Hotel memiliki lokasi yang dekat dengan beberapa atraksi wisata. Sebut saja Restoran Maruba yang terkenal dengan olahan ikannya. Dari Silintong Hotel ke restoran ini jaraknya hanya sekitar 700 meter saja. Ada juga Museum Batak yang berselang 2 km dari hotel berbintang dua ini. Jadi bisa disimpulkan bahwa Silintong Hotel cocok untuk kamu yang ingin menjelajahi aneka wisata di seputaran Danau Toba.

Tidak hanya dekat dengan beberapa atraksi wisata, Silintong Hotel juga siap memanjakanmu dengan kamar yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas terbaik. Bagi yang ingin bersantap di hotel tersedia in-site restaurant dengan aneka menu lezat. Layanan kamarnya pun tersedia selama 24 jam non-stop.

Pandu Lakeside Hotel Parapat

Pandu Lakeside Hotel Parapat berlokasi di Jalan TPR No. 12, Simalungun. Kawasan ini terbilang strategis karena dekat dengan beberapa atraksi wisata. Dari Parapat Point, akomodasi bintang dua ini berjarak 2 km saja. Bagi yang datang dari arah Pelabuhan Parapat, hotel yang terjangkau ini bisa dijangkau dengan berkendara selama kurang lebih 5 menit saja.

Untuk masalah fasilitas dan kenyamanan, Pandu Lakeside Hotel Parapat telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas standar hotel bintang dua. Beberapa di antaranya ada layanan kamarselama 24 jam non stop, akses Wi-FI gratis, dan restoran. Dalam tiap-tiap kamarnya tersedia TV dan juga kamar mandi pribadi dengan toiletries set.

Hotel bintang satu di Parapat

Darma Agung Beach Hotel Parapat

Akomodasi bintang satu bisa dijadikan pertimbangan buat kamu para traveler on budget. Ini karena kebanyakan akomodasi bintang satu di Parapat dibanderol dengan harga yang ramah di kantong. Buktinya ada Darma Agung Beach Hotel di Parapat. Hotel bujet ini terletak di Jalan Sipora-pora No. 4, Girsang.

Darma Agung Beach Hotel Parapat menyediakan area parkir yang luas dan aman bagi para tamu yang membawa kendaraan pribadi. Untuk fasilitas dalam setiap kamar tersedia TV dengan beragam pilihan channel, kamar mandi pribadi dengan pancuran, dan tentunya tempat tidur yang nyaman. Tarif sewanya ada pada kisaran Rp200 ribuan.

Wisma Sedayu

Bagi kamu yang ingin menyeberang ke Pulau Samosir, akomodasi yang satu ini tentu layak untuk dijadikan pertimbangan. Pasalnya, Wisma Sedayu hanya berjarak sekitar 2 km dari Pelabuhan Parapat yang dijadikan titik penyebrangan. Tidak hanya dekat dengan pelabuhan, hotel bintang satu ini juga dekat dengan objek wisata Parapat Point.

Hotel dengan lahan parkir yang luas ini menyediakan kamar yang bersih dan nyaman untuk para tamu. Staf front desk Wisma Sedayu juga selalu siaga selama 24 jam untuk memastikan kenyamananmu. Jangan ragu juga untuk menghubungi layanan kamar saat kamu membutuhkan bantuan.

Star Beach Hotel

Bepergian ke Parapat tanpa bujet yang terbatas tidak akan menghalangimu untuk mendapatkan akomodasi yang nyaman. Tersedia beberapa akomodasi hemat yang bisa kamu pilih selama berada di Parapat. Salah satunya ada Star Beach Hotel. Akomodasi ini dibanderol dengan tarif sewa mulai dari Rp275 ribuan saja.

Star Beach Hotel Parapat berada di Jalan Justin Sirat, Long Beach Ajibata. Lokasi ini dekat dengan objek wisata Parapat Point yang kerap digunakan untuk menikmati panorama Danau Toba dan sekitarnya. Untuk mencapai objek wisata tersebut kamu cukup berjalan kaki selama kurang lebih 5 menit saja.

Wisata 2019 yang Hemat untuk Liburan ke Parapat

Parapat memiliki panorama alam yang indah berkat adanya Danau Toba. Pemandangan danau yang berpadu dengan deretan pegunungan membuat Parapat sayang untuk dilewatkan dalam liburanmu. Belum lagi seni budayanya yang kaya dan menarik, hasil dari perpaduan budaya antar etnis yang tinggal di Parapat. Supaya kamu tidak bingung menentukan destinasi wisata di Parapat, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata hemat di Parapat dari Traveloka.

Taman Bunga Sapo Juma Tongging

Taman Bunga Sapo Juma Tongging berada di Tongging, Merek, Karo. Objek wisata ini wajib dikunjungi bagi kamu yang menyukai keindahan dari panorama alam. Taman bunga ini menjadi rumah bagi ratusan jenis flora, baik yang berbunga maupun tidak. Kamu bisa menemukan bunga lavender, daisy, hingga krisan tumbuh subur di taman bunga ini. Di tambah dengan landscape Danau Toba di kejauhan, taman bunga ini akan membuatmu serasa berada di luar negeri.

Di sini kamu bisa mengambil foto yang indah dengan latar belakang berupa bunga-bunga yang cantik. Tersedia jalan setapak yang bisa dilalui pengunjung untuk mengambil foto dengan latar belakang taman bunga. Dengan demikian, bunga dan tanaman lain tidak akan terinjak.

Selain berfoto, kamu juga bisa berkemah di sekitar taman karena pihak pengelola memang menyediakan camping ground. Harga tiket masuk Taman Bunga Sapo Juma Tongging sebesar Rp20.000. Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 8:00-17:00 WIB.

Rumah Pengasingan Ir. Soekarno

Sekarang waktunya mengecek pengetahuan sejarahmu. Apakah kamu ingat di mana saja Presiden Soekarno pernah diasingkan? Kamu mungkin akan menyebutkan Flores, Bangka, atau Bengkulu. Namun faktanya, selain diasingkan ke tiga lokasi tadi, Soekarno juga pernah diasingkan ke Parapat. Ya, tepatnya di akhir tahun 1948 Ir, Soekarno diasingkan ke Parapat bersama dengan dua tokoh perjuangan lainnya, Haji Agus Salim serta Sutan Sjahrir. Total Soekarno diasingkan selama 2 bulan.

Sekarang, rumah pengasingan yang berada di Jalan Istana No. 5 tersebut menjadi sebuah atraksi wisata yang menarik. Wisatawan, baik domestic maupun mancanegara terus menerus berkunjung ke bangunan bersejarah ini. Di sini kamu bisa melihat jejak-jejak peninggalan Ir. Soekarno, Haji Agus Salim, dan Sutan Sjahrir.

Peninggalan tersebut berupa lukisan serta bebera perabotan rumah yang dulunya digunakan tiga pahlawan nasional tersebut. Benda-benda tempat tidur, koleksi buku, kursi ukir, serta lukisan masih dalam kondisi yang baik di Rumah Pengasingan Ir. Soekarno.

Pusuk Buhit

Berkunjung ke Parapat tanpa mengunjungi Danau Toba tentu tidak akan lengkap. Untuk itu, pastikan untuk mengunjungi danau terbesar di Indonesia ini saat berlibur di Parapat. Di Parapat kamu tidak hanya akan melihat Danau Toba dari tepiannya saja. Kamu bisa mengamati Danau Toba dari ketinggian lewat Pusuk Buhit.

Pusuk Buhit merupakan titik tertinggi di Parapat dengan ketinggian hingga 1.980 mdpl. Di puncak gunung api aktif inilah kamu bisa mengamati Danau Toba tanpa terhalang apapun.  Bagi masyarakat Batak Toba, Pusuk Buhit adalah sebuah tempat yang disakralkan. Menurut legenda, tempat ini dahulu merupakan lokasi lahirnya Suku Batak. Kamu bisa mencapai puncak Pusuk Buhit dengan mendaki selama kurang lebih 5 jam.

Medannya memang lumayan sulit, tetapi begitu sampai di puncak rasa lelahmu akan terbayar sepenuhnya. Untuk bisa masuk ke kawasan Pusuk Buhit ini kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepersen pun lho!

Hotel Di Bawah 300 Ribu di Parapat

Hermina Hotel

Akomodasi yang satu ini cocok untukmu yang menginginkan akses mudah menuju Pelabuhan Parapat. Berlokasi di Jalan Kolonel TPR Sinaga, Tiga Raja, Hermina Hotel hanya berjarak 900 meter dari pelabuhan penyeberangan tersebut. Tidak hanya dekat dengan Pelabuhan Parapat saja, hotel berbintang satu ini juga dekat dengan Bandar Udara Sibisa (sekitar 8 km).

Fasilitas Hermina Hotel pun terbilang lengkap. Mulai dari kedai kopi yang menyajikan kopi khas Toba hingga sarapan, semua bisa ditemukan pada hotel ini. Seluruh kamar di Hermina Hotel juga telah dilengkapi dengan kamar mandi pribadi, meja-kursi, dan juga TV.

Star Hotel Parapat

Star Hotel Parapat berada di Jalan Kebudayaan No. 7. Lokasi ini dekat dengan Pasar Tigaraja. Pasar tradisional yang menjajakan aneka produk lokal ini bisa dijangkau dengan berjalan kaki kurang lebih 3 menit saja. Meski lokasinya strategis, Star Hotel Parapat memiliki tarif sewa yang terjangkau. Harganya dibanderol mulai dari Rp175 ribuan saja.

Bicara masalah fasilitas, hotel ini juga telah memiliki fasilitas yang bisa menjamin kenyamananmu. Salah satu fasilitas unggulannya adalah restoran dengan pilihan buffet dan a la carte. Star Hotel Parapat juga menyediakan akses Wi-Fi gratis bagi para tamu. Kamar yang disediakan juga telah dilengkapi TV, lemari pakaian, dan kamar mandi dengan shower.

Sapadia Parapat

Untuk kamu yang menginginkan bermalam di akomodasi dengan arsitektur khas Toba, Sapadia Parapat bisa dijadikan pertimbangan. Hotel kolam renang outdoor ini memiliki fasilitas yang terbilang lengkap baik untuk kamar tamu maupun fasilitas umum untuk seluruh tamu. Seluruh kamar yang disewakan telah dilengkapi dengan TV, dan juga kamar mandi pribadi yang menggunakan shower.

Lokasinya yang berada di Jalan Josep Sinaga No. 2, membuat Sapadia Parapat mudah untuk ditemukan. Pasalnya lokasi ini dekat dengan Gereja HKBP yang menjadi pusat kegiatan masyarakat Parapat. Bangunan ini hanya terpaut 300 meter dari Sapadia Parapat. Tidak hanya itu, Pelabuhan Tigaraja juga hanya berselang 800 meter dari akomodasi ini.

Hotel Di Bawah 200 Ribu di Parapat

Hotel Sedayu

Hotel Sedayu berada di Jalan Sisimangaraja No. 117. Lokasi ini dekat dengan Terminal Sosor Saba Parapat. Atraksi wisata ini bisa dijangkau dengan berkendara selama kurang lebih 4 menit dari Hotel Sedayu. Akomodasi dengan nuansa yang tenang ini menawarkan fasilitas akses internet gratis dengan Wi-Fi.  

Kamar-kamar yang disediakan telah diisi dengan tempat tidur, kamar mandi pribadi, serta air mineral. Tarif sewanya pun sangat terjangkau, mulai dari Rp150 ribuan per malamnya, cocok untuk kamu para backpacker.                     

Mars Family Hotel

Buat kamu yang datang ke Parapat dengan bujet terbatas, Mars Family Hotel bisa dipertimbangkan. Hotel yang beraada di Jalan Kebudayaan No. 1 ini memiliki tarif sewa yang terjangkau, mulai dari Rp175 ribuan saja. Fasilitas yang disediakan meliputi sarapan, area parkir yang lapang, dan akses Wi-Fi gratis.  

Sedangkan untuk in-room facilities, Mars Family Hotel telah menyediakan TV kabel, meja dan kursi rias, serta kamar mandi pribadi. Lokasinya juga dekat dengan Toko Suvenir Ambarita (sekitar 100 meter).

Singgalang Guest House

Sebuah guest house dengan standar bintang dua di Parapat. Singgalang Guest House menawarkan kemudahan akses menuju beragam destinasi wisata. Mulai dari Muara Nauli hingga pusat oleh-oleh J Sidabutar, semua bisa dijangkau dengan waktu kurang dari lima menit berjalan kaki.

Fasilitas yang diberikan pun terbilang memadai. Setiap kamar yang disediakan telah dilengkapi dengan tidur yang nyaman serta meja dan kursi, Tarif sewa per malamnya pun terjangkau, mulai dari Rp170 ribuan saja.

Tips Bepergian ke Parapat

Supaya liburanmu di Parapat semakin berkesan dan tak terlupakan, yuk simak tips liburan seru dan hemat ala Traveloka di bawah ini!

Bawa uang tunai secukupnya

Sebagian besar toko dan akomodasi yang ada di Parapat belum menggunakan mesin EDC sehingga untuk bertransaksi Anda harus menggunakan cash. Agar aktivitas dan transaksi keuanganmu tidak terhambat, sebaiknya kamu menyediakan uang tunai dalam jumlah yang cukup. Jangan lupa juga untuk menyimpannya dalam tempat yang aman ya.

Berburu oleh-oleh di pasar tradisional

Jika kamu ingin membawa buah tangan dari Parapat, jangan terburu-buru pergi ke pusat oleh-oleh. Cobalah datang ke pasar tradisionalnya untuk mendapatkan harga terbaik. Selain harganya lebih terjangkau, barang yang dijual di pasar tradisional Parapat juga variatif. Kamu bisa menemukan aneka kuliner sedap hingga kain ulos khas Batak.

Gunakan Bus Paradep untuk mencapai Parapat

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mencapai Parapat. Namun yang paling hemat adalah melalui jalur darat. Setelah mendarat di Bandara Kualanamu, kamu bisa naik Bus Paradep tujuan Siantar. Tarifnya terjangkau, Rp50,000 per orang. Sesampainya di Siantar kamu bisa melanjutkan dengan Taksi Parapat dengan tarif Rp20,000 per orang.

Perlu Bantuan?