peringatan

Hotel di Sentul

Bogor, Indonesia · 21 hotel tersedia

Cari hotel murah & promo dengan cepat dan mudah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Hotel di area-area populer

Daftar hotel di Sentul

Aston Sentul Lake Resort & Conference Center

Jalan Pakuan No.03, Bogor, Indonesia, 16810

8.6 / 10

Sangat Baik

Olympic Renotel Sentul

Jalan Olympic Raya Kav. C-4A, Sentul (Kawasan Industri Sentul - Bogor), Bogor, Indonesia, 16810

8.7 / 10

Sangat Baik

HARRIS Hotel Sentul City Bogor

JL. Jendral Sudirman no 1 , Bogor, Indonesia, 16810

8.3 / 10

Sangat Baik

Rukun Senior Living

Darmawan Park Gate 1, Jalan Raya Babakan Madang, Sentul Selatan, Bogor, Bogor, Indonesia, 16810

8.5 / 10

Sangat Baik

Ole Suites Hotel

Jalan Babakan Madang No.99 Sentul Selatan, Bogor, Indonesia, 16810

8.4 / 10

Sangat Baik

Lorin Sentul Hotel

Sentul Circuit (Exit Toll KM. 32 ), Bogor, Indonesia

7.8 / 10

Baik

GDW Hotel & Cottage

Jalan Babakan Madang No.99, Sentul Selatan, Bogor, Indonesia, 16810

8.5 / 10

Sangat Baik

Campas Outbound

Kampung Pasir Karet, Desa Cijayanti, Sentul Selatan, Babakan Madang, Bogor, Bogor, Indonesia, 16810

Green Wattana Hotel

Jl. Juanda F3 (R 21) Sentul City Bogor, Bogor, Indonesia, 16121

7.2 / 10

Baik

The Pelangi Hotel & Resort

Jalan Raya Bukit Pelangi No.88, Gunung Geulis, Sentul, Bogor, Indonesia, 16710

De'pes Villa Resto & Offroad land

Jalan Bojongkoneng, Cijayanti, Babakan Madang, Bogor, Indonesia

8.8 / 10

Sangat Baik

Wisma Padepokan Voli

Jalan .MH. Thamrin, Sentul City, Bogor, Indonesia, 16810

Backpacker Room non AC near Toll Gate Sentul at Magda Homestay (MGD4)

Perum Griya Alam Sentul Blok B 12 No. 23, Bogor, Indonesia, -

Comfort Room near Sentul City Mall at Magda Homestay (MGD5)

Perum Griya Alam Sentul Blok B 12 No. 23, Bogor, Indonesia, -

Hotel NEO+ Green Savana

Jalan Siliwangi No. 1, Bogor, Indonesia, 16810

8.2 / 10

Sangat Baik

Homey Room near Sentul City Mall at Magda Residence (MGD1)

Perum Griya Alam Sentul Blok B 12 No. 23, Bogor, Indonesia, -

Afordable Room near Sentul City Mall at Magda Residence (MGD2)

Perum Griya Alam Sentul Blok B 12 No. 23, Bogor, Indonesia, -

Simply Room near Sentul City Mall by Magdalena Residence (MGD6)

Perum Griya Alam Sentul Blok B 12 No. 23, Bogor, Indonesia, -

Nice Room near Toll Gate Sentul at Magda Residence (MGD3)

Perum Griya Alam Sentul Blok B 12 No. 23, Bogor, Indonesia, -

Paradiso Hut

Jalan Air Terjun Bidadari, Kampung Curug, Bojong Koneng, Sentul, Bogor, Indonesia

hotel lainnya

Tentang

Sejak dibangunnya sirkuit internasional, Sentul berubah menjadi salah satu wilayah premium di Indonesia untuk tujuan wisata, tempat tinggal, serta bisnis. Sebelumnya, kawasan ini hanyalah sebuah desa pegunungan kecil yang terletak di sebelah timur Kota Bogor. Namun, setelah pengembang sekelas PT Sentul City Tbk mulai mendirikan banyak hunian inklusif di sana, Sentul lebih dikenal sebagai Sentul City, dan tak lagi menjadi desa terpencil sekarang.

Sentul berlokasi di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Iklim di Sentul didominasi oleh iklim pegunungan yang sejuk dengan intensitas curah hujan yang relatif lebih tinggi jika dibanding dengan Kota Jakarta. Dengan kondisi alam yang demikian, kawasan ini memiliki wisata alam yang banyak dan menarik wisatawan yang datang dari seluruh penjuru Indonesia. Alasan tersebut jugalah yang menjadikan hotel di Sentul semakin menjamur.

Karena wilayahnya masih masuk ke Kota Bogor, masyarakat Sentul masih didominasi oleh suku Sunda. Namun, Anda tak perlu khawatir karena seiring berkembangnya kawasan ini, semakin banyak pula orang-orang yang menggunakan bahasa Indonesia untuk komunikasi sehari-hari.

Area wisata di Sentul tak hanya terbatas pada wisata alam, tapi juga tujuan liburan modern, seperti Sirkuit Internasional Sentul dan Sentul International Convention Center yang sering menjadi tempat digelarnya perhelatan acara-acara kelas dunia. Bisa dibilang, Sentul adalah desa termaju di Bogor.

Cara ke Sentul

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Sentul, baik untuk tujuan wisata atau bisnis, ada banyak cara yang bisa ditempuh. Berikut di antaranya:

Transportasi Darat

Commuter Line

Kota Bogor bisa diakses menggunakan Commuter Line yang beroperasi dari Jakarta, sehingga memudahkan Anda yang ingin menaiki transportasi dengan harga murah. Anda dapat menaiki Commuter Line dengan tujuan Stasiun Bogor. Commuter Line tujuan Stasiun Bogor beroperasi pukul 04.00-22.45 WIB. Setibanya di stasiun, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Sentul dengan taksi atau angkutan kota (angkot).

Kendaraan Pribadi

Jika ingin menuju Sentul dengan kendaraan pribadi, Anda bisa naik mobil dan mengambil jalur Tol Jagorawi dan Jakarta Inner Ring Road/Jl. Tol Cawang Grogol yang memakan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Menggunakan kendaraan pribadi akan memudahkan Anda untuk mengakses berbagai tujuan wisata di Sentul.

Hotel di Sentul

Berdirinya ragam objek wisata di Sentul juga turut membuat pendirian hotel-hotel di Sentul berkembang pesat. Mulai dari akomodasi bujet bintang 1 sampai bintang 4, bisa Anda pilih dengan mudah di Sentul. Beikut daftar rekomendasi hotel di Sentul:

Hotel Bintang 1 di Sentul

Bagi Anda yang ingin mencari penginapan murah, berikut ini adalah daftar hotel bujet bintang 1 di Sentul yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan:

Paradiso Hut

Paradiso Hut berada di Jalan Air Terjun Bidadari, Kampung Curug, Bojong Koneng, Sentul, Bogor. Hotel di Sentul yang satu ini memberikan kenyamanan beristirahat yang murah di tengah sejuknya udara Sentul. Seperti namanya, Paradiso Hut memiliki konsep penginapan pondokan atau semacam vila dengan dapur, ruang makan, dan teras pribadi.

Selain itu, setiap kamarnya telah dilengkapi dengan kasur yang empuk, furnitur sederhana, serta kamar mandi dengan pancuran. Meskipun tergolong sebagai hotel murah bintang 1, tapi Paradiso Hut menawarkan kegiatan rekreasi yang cukup menyenangkan dengan adanya kolam renang untuk dewasa dan anak, taman, serta tempat parkir yang luas. Tarif menginap di Paradiso Hut sekitar Rp535.000 per malam.

Campas Outbound

Berlokasi di kawasan Sentul selatan, tepatnya di Kampung Pasir Karet, Desa Cijayanti, Sentul Selatan, Babakan Madang, Bogor, Campas Outbound adalah akomodasi terbaik bagi liburan keluarga Anda. Di sini, pengunjung akan disuguhi fasilitas kenyamanan istirahat yang tenang dan udara sejuk khas pegunungan.

Kamar-kamarnya dibentuk seperti pondokan bambu dengan kasur yang empuk, serta pemandangan taman tepat di depan pintu. Tak hanya itu, keluarga yang menginap di sana juga mendapat akses untuk melakukan beragam permainan seru, seperti flying fox, berkemah, dan kegiatan luar ruangan lainnya. Anda perlu mengeluarkan bujet menginap sekitar Rp800.000 per malam.

De'pes Villa Resto & Offroad Land

Memilih hotel di Sentul yang satu ini akan terasa sangat menyenangkan bagi para pengemudi kendaraan off-road. Terletak di Jalan Bojongkoneng, Cijayanti, Babakan Madang, Bogor, Anda bisa langsung merasakan sejuknya udara di daerah pegunungan yang bebas polusi. Akomodasi yang ditawarkan hotel ini berupa vila bergaya tradisional yang memiliki fasilitas seperti tempat tidur yang empuk, kamar mandi pribadi, furnitur sederhana, serta Wi-Fi gratis.

Selain layanan kamar, fasilitas menantang berupa safari off-road, mengendarai ATV, atau perang paintball juga diberikan oleh pihak hotel dengan tambahan biaya. Saat bosan di kamar, Anda bisa bersantai di kolam renang atau menyantap hidangan lezat di restoran hotel. Tarif menginap di hotel ini mulai dari Rp600.000 hingga Rp850.000 per malam.

Hotel Bintang 2 di Sentul

Selain hotel bintang 1, Anda pun dapat menemukan penginapan bujet bintang 2 di Sentul. Berikut di antaranya:

Green Wattana Hotel

Kenyamanan istirahat malam usai berwisata di Sentul akan semakin terjamin dengan menginap di Green Wattana. Hotel yang satu ini menawarkan akomodasi murah dan mudah diakses dari pusat Sentul, yakni sekitar 4.5 km dari Sirkuit Internasional Sentul.

Kamar-kamarnya telah dilengkapi dengan fasilitas tempat tidur empuk, kamar mandi pribadi dengan pancuran, TV, furnitur sederhana, serta teras pribadi. Tipe kamar yang disediakan juga cocok untuk mengakomodasi kebutuhan backpacker solo atau liburan keluarga. Anda bisa memilih kamar tipe standar atau kamar keluarga yang bisa menampung sampai 4 orang.

Saat merasa penat, Anda bisa bersantai di kolam renang atau menikmati layanan pijat dan spa yang tersedia dengan biaya ekstra. Tarif menginap di hotel ini mulai dari Rp560.000 hingga Rp1.200.000 per malam. Anda dapat menemukan Green Wattana Hotel di Jl. Juanda F3 (R21) Sentul City Bogor, Bogor.

2. Ole Suites Hotel

Selain Green Wattana, hotel di Sentul yang memiliki tarif terjangkau dengan fasilitas terjamin adalah Ole Suites Hotel. Hotel yang berada di Jalan Raya Babakan Madang No. 99, Sentul Selatan, Bogor ini memiliki desain khas Indonesia yang modern.Hotel Ole Suites menawarkan kamar-kamar yang nyaman dengan pendingin ruangan, kulkas, TV kabel, kamar mandi dengan pancuran, serta lemari.

Tak hanya menunjang kebutuhan istirahat Anda, hotel yang satu ini juga memiliki beragam fasilitas rekreasi berupa kolam renang, kolam pemancingan, olahraga biliar, karaoke, serta layanan pijat dengan tambahan biaya. Bermalam di hotel ini tak hanya memberikan kenyamanan, tapi juga keamanan 24 jam. Tarif menginap yang dipasang oleh pengelola sekitar Rp450.000 hingga Rp750.000 per malam.

GDW Hotel & Cottage

Satu lagi hotel bintang 2 di Sentul yang bisa Anda dapatkan adalah GDW Hotel & Cottage. Hotel bintang 2 ini berada di Jalan Babakan Madang No.99, Sentul Selatan, Bogor. Tarif menginap di hotel ini mulai dari Rp650.000 sampai Rp1.200.000 per malam.

Beragam tipe kamar seperti Superior, Deluxe, dan Cottage bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, baik dengan ataupun tanpa sarapan pagi. Pengunjung yang bermalam di sini akan dijamin oleh kenyamanan saat beristirahat dengan kasur yang empuk, TV, dapur kecil, kamar mandi dengan pancuran, serta lemari. Jendela-jendela yang berukuran besar bisa dibuka di pagi hari untuk memberikan angin segar ke kamar Anda.

Selain fasilitas kamar, Anda juga akan dimanjakan dengan fasilitas rekreasi, seperti kolam renang luar ruangan, area bermain anak, jacuzzi, sauna, dan layanan pemijatan yang bisa diakses dengan tambahan biaya. Area parkir, restoran yang menyajikan beragam kuliner lezat serta, fasilitas rapat turut menambah kelengkapan fasilitas hotel bintang 2 ini.

Hotel Bintang 3 di Sentul

Jika Anda sedang mencari hotel kelas menengah dengan harga murah dan fasilitas lengkap, berikut daftar hotel bintang 3 di Sentul:

Rukun Senior Living

Berjarak hanya sekitar 4 menit berkendara dari Sirkuit Internasional Sentul, Rukun Senior Living adalah pilihan cerdas bagi Anda yang mendambakan akomodasi hotel dengan kenyamanan yang mumpuni. Tak hanya soal lokasi yang strategis, berbagai fasilitas memadai juga bisa Anda temukan dalam hotel yang berada di Darmawan Park Gate 1, Jalan Raya Babakan Madang, Sentul Selatan, Bogor ini.

Pelayanan yang ramah, lingkungan yang aman, serta atmosfer yang sejuk adalah prioritas hotel yang diberikan kepada setiap tamu. Kamar-kamar yang luas memiliki desain modern yang sesuai dengan standar gaya hidup masa kini ini dilengkapi dengan kulkas, microwave, dapur mini, pendingin ruangan, serta kamar mandi pribadi. Layanan kamar 24 jam juga tersedia untuk menjamin kebersihan ruangan.

Selain harga menginap yang terjangkau, yaitu sekitar Rp500.000 hingga Rp850.000 per malam, hotel bintang 3 yang satu ini juga memiliki fasilitas rekreasi yang bisa digunakan saat Anda merasa bosan di kamar. Berenang di kolam renang luar ruangan, berendam di jacuzzi, memancing di kolam pemancingan, atau sauna adalah beberapa kegiatan favorit pengunjung saat menginap di Rukun Senior Living. Saat suasana sedang sejuk, Anda bisa bersantai di teras kamar atau jalan-jalan menyusuri jalan setapak yang dikelilingi oleh pepohonan hijau.

Hotel NEO+ Green Savana

Hotel NEO+ Green Savana adalah salah satu penginapan yang paling diminati wisatawan saat berkunjung ke Sentul. Hotel yang berada di Jalan Siliwangi No. 1, Bogor ini memiliki beragam fasilitas yang menunjang kualitas istirahat Anda setelah mengunjungi berbagai tempat wisata di Sentul. Kamar-kamar yang luas dan modern dilengkapi dengan pendingin ruangan, kamar mandi pribadi, TV kabel. furnitur sederhana, serta pengering rambut.

Meski statusnya tergolong dalam daftar hotel bintang 3, Anda akan mendapati kolam renang sangat luas yang bisa diakses langsung dari depan kamar. Anda akan mendapati pemandangan pepohonan hijau segar di sekitar kamar menuju kolam renang. Layanan antar-jemput bandara juga tersedia dengan biaya ekstra untuk memudahkan transportasi Anda. Untuk memiliki semua fasilitas tersebut, Anda cukup mengeluarkan biaya bermalam sekitar Rp700.000.

Hotel Bintang 4 di Sentul

Berburu penginapan mewah di Sentul pun bukan masalah yang sulit dipecahkan karena Anda akan menemukan banyak hotel bintang 4 yang fasilitasnya sudah terjamin. Berikut pilihannya:

Lorin Sentul Hotel

Hotel yang berada di kawasan Sirkuit Internasional Sentul ini selalu dipenuhi pengunjung, terutama saat akhir pekan. Lorin Sentul Hotel menjamin kenyamanan tidur Anda di kamar-kamar yang luas dengan ranjang empuk dan ruangan berpendingin. Akomodasi yang satu ini juga dilengkapi dengan TV kabel, kamar mandi dengan pancuran, koneksi Wi-Fi dan kulkas di dalam kamar.

Bermalam di sini tak akan membosankan karena Anda memiliki akses ke berbagai aktivitas rekreasi dan olahraga seperti golf dan voli atau menyegarkan pikiran yang suntuk dengan berenang dan berolahraga di pusat kebugaran. Lorin Sentul Hotel juga memiliki aula yang luas serta banquet yang kerap dimanfaatkan untuk acara seperti pernikahan atau perayaan ulang tahun. Tarif menginap di hotel ini mulai dari Rp470.000 hingga Rp1.650.000 per malam.

HARRIS Hotel Sentul City Bogor

Dengan jaringan hotel di seluruh Indonesia, HARRIS Hotel Sentul City Bogor memiliki standar kualitas kenyamanan terbaik. Hotel yang berada di Jl. Jenderal Sudirman No. 1, Bogor ini merupakan pilihan tepat, baik untuk liburan keluarga ataupun kepentingan bisnis. Ragam kegiatan menyenangkan tersedia di hotel, seperti pusat kebugaran, area bermain anak, kolam renang luar ruangan bagi dewasa dan anak-anak, area barbekyu, dan masih banyak lagi.

Layanan resepsionis 24 jam juga akan memudahkan Anda untuk check-in atau check-out sesuai jadwal perjalanan Anda sendiri. Selain fasilitas umum di atas, Anda juga bisa menikmati sejuknya udara Sentul sembari berkuda dan bersepeda atau melatih konsentrasi dan kekuatan lewat kegiatan panahan yang tersedia.

Usai menjajal seluruh fasilitas yang ada, saatnya untuk Anda merebahkan diri di kasur yang empuk. Kamar-kamarnya telah difasilitasi dengan pendingin ruangan, kamar mandi pribadi, TV kabel layar datar, serta Wi-Fi gratis. Tarif menginap di hotel ini mulai dari Rp Rp667.667 hingga Rp847.847 per malam.

Olympic Renotel Sentul

Berlokasi di kawasan industri Sentul, Hotel Olympic Renotel adalah pilihan utama pelancong bisnis, baik yang ingin mengadakan pertemuan atau berinvestasi. Tak hanya cocok bagi pelaku usaha, hotel bintang 4 yang satu ini juga menawarkan fasilitas istirahat yang nyaman untuk liburan keluarga Anda.

Istirahat malam Anda akan didukung oleh fasilitas kamar yang mumpuni, seperti TV kabel, kasur yang empuk, kamar mandi dengan pancuran, kulkas, pengering rambut, serta brankas pribadi untuk menyimpan dokumen-dokumen penting. Untuk kebutuhan rapat, tersedia juga ruang khusus untuk menggelar pertemuan yang dilengkapi dengan proyektor dan mesin fotokopi. Bagi keluarga yang ingin menghabiskan waktu menyenangkan, tersedia area barbekyu dan area bermain anak untuk liburan yang semakin seru.

Tarif menginap di hotel ini terbilang terjangkau dengan fasilitas yang akan Anda dapatkan. Dengan harga sekitar Rp555.000 hingga Rp755.000 per malam, Anda dapat menikmati seluruh fasilitas dari hotel yang beralamat di Jalan Olympic Raya Kav. C-4A, Sentul (Kawasan Industri Sentul - Bogor), Bogor.

Aston Sentul Lake Resort & Conference Center

Hotel bintang 4 terbaik dengan fasilitas nomor satu bisa Anda dapatkan di Aston Sentul Lake Resort & Conference Center. Hotel yang berada di  Jalan Pakuan No. 03, Bogor ini menawarkan tipe kamar mulai dari Standar hingga Suite yang memiliki kolam renang pribadi tepat di depan pintu kamar. Fasilitas yang ada di setiap kamar meliputi kasur yang empuk, pendingin ruangan, kamar mandi pribadi, serta TV kabel untuk hiburan di malam hari. Layanan resepsionis 24 jam memberi kemudahan bagi pengunjung yang ingin check-in pada jam berapa pun. 

Berbagai aktivitas rekreasi juga tersedia untuk umum, seperti kolam renang luar ruangan, pusat kebugaran, serta lapangan tenis yang bisa diakses gratis. Selain itu,n  Anda juga bisa melakukan relaksasi di layanan spa untuk menyegarkan pikiran dengan biaya ekstra. Tarif menginap yang dipasang oleh pengelola hotel di Sentul ini sekitar Rp1.110.780 hingga Rp2.260.280 per malam.

Tempat Wisata di Sentul

Destinasi wisata di Sentul sangat beragam mulai dari wisata petualangan, wisata alam, hingga wisata edukasi pun tersedia di sini. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat ke Sentul:

Jungleland

Bisa dibilang, Jungleland adalah Dufan-nya Sentul. Berbagai wahana permainan mulai yang mudah sampai yang memacu adrenalin bisa dinikmati pengunjung dari berbagai usia. Tepatnya, ada 33 wahana yang dirancang di taman bermain seluas 35 hektar ini. Dengan latar belakang pemandangan Gunung Pancar, Jungleland sangat ramai dipadati pengunjung saat akhir pekan dan musim liburan tiba.

  • Alamat: Kawasan Sentul Nirwana, Jalan Jungleland Boulevard No. 1, Bogor.
  • Harga: Weekday: Rp165.000 per orang (hari kerja), Rp220.000 per orang (hari libur), dan Rp250.000 per orang (high season)
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00-17.00 WIB

 

EcoArtPark Sentul

Seperti namanya, objek wisata yang satu ini merupakan perpaduan antara wisata alam, edukasi, dan seni. Jika mengajak si kecil liburan, sempatkan untuk mampir di EcoArtPark, Sentul. Di sini, liburan keluarga akan terasa menyenangkan, tempat anak-anak bisa bermain sambil belajar dengan cara yang menyenangkan.

Terdapat Taman Energi (Science Garden), tempat anak-anak akan belajar tentang berbagai fenomena sains sederhana yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, Taman Herbal, dan Taman Bonsai.

  • Alamat: Sentul City, Bogor, Jawa Barat
  • Harga: Rp10.000 per orang
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00-17.00 WIB

 

Air Terjun Bidadari Sentul

Objek wisata yang satu ini sering menjadi tujuan warga Jakarta yang ingin menikmati suasana alam yang asri dan sejuk. Dengan ketinggian sekitar 40 meter, air terjun ini memberi nuansa yang menyejukkan dan kerap menjadi lokasi favorit warga lokal untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Air terjun ini adalah bagian dari Sentul Paradise Park yang juga merupakan area hutan lindung dengan mata air alami pegunungan.

  • Alamat: Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor
  • Harga: Rp25.000 per orang (hari kerja) dan Rp40.000 (hari libur)
  • Jam buka: 08.00-17.00 WIB (hari kerja) dan 07.30-18.30 WIB (hari libur)

 

Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong (dibaca: Apung) adalah sebuah lokasi wisata kuliner unik yang ada di Sentul. Dengan konsep menyerupai floating market di Lembang, Anda bisa menikmati beragam makanan khas yang dijual di atas perahu yang mengapung di Sungai Cikeas. Selain berwisata kuliner, Anda juga bisa berkeliling sungai menggunakan perahu sewaan.

Uniknya, sistem jual-beli di pasar ini menggunakan sistem desposit, sehingga Anda wajib menyetorkan sejumlah uang untuk mengisi saldo, kemudian diberikan kartu untuk membeli makanan.

  • Alamat: Jalan MH Thamrin Kav. 8, Sentul City, Babakan Madang, Cadas Ngampar, Sukaraja, Bogor
  • Harga: -
  • Jam buka: 10.00-22.00 WIB (hari kerja) dan 07.00-22.00 (hari libur)

 

Hutan Pinus Gunung Pancar

Satu lagi lokasi wisata alam favorit pengunjung di Sentul adalah hutan pinus Gunung Pancar. Lokasinya yang dekat dengan Sentul City kerap dimanfaatkan wisatawan untuk mampir dan sejenak menikmati sejuknya udara yang bebas polusi. Pengunjung kerap memanfaatkan lokasi ini untuk berfoto atau sekadar jalan-jalan di jalan setapak yang disediakan. Tak hanya bersantai, ada juga beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di kawasan hutan, seperti berkemah dan outbound.

  • Alamat: Hutan Pinus Gunung Pancar, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor
  • Harga: Gratis
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

 

Oleh-oleh Khas Sentul

Karena Sentul masih menjadi bagian dari Kota Bogor, maka Anda akan menemukan beragam oleh-oleh kuliner asli Bogor untuk dibawa pulang, seperti asinan khas Bogor dengan pilihan buah atau sayur, tergantung selera Anda. Selain itu, ada pula talas Bogor, makaroni panggang Bogor, serta brownies talas.

Tips Wisata di Sentul

Ada banyak cara untuk membuat kunjungan Anda ke Sentul semakin bermakna. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips wisata di Sentul yang bisa Anda terapkan:

  • Sebisa mungkin, hindari mengunjungi Sentul pada akhir pekan atau saat musim liburan tiba. Selain jalur transportasi yang membuat macet, banyak lokasi wisata dan hotel juga ikut menaikkan tarifnya. Berwisata ke Sentul paling asyik dilakukan pada hari kerja. Selain lebih murah, Anda bebas menjajal berbagai tempat wisata tanpa banyak gangguan dari orang lain.
  • Memilih akomodasi hotel yang sesuai kebutuhan adalah pertimbangan penting untuk menghemat dana perjalanan, sekaligus memaksimalkan tujuan Anda. Utamanya bagi para backpacker, beragam pilihan hotel bujet bintang 1 dan 2 mungkin bisa menjadi alternatif utama, karena selain harganya yang murah, fasilitas yang ditawarkan juga cukup nyaman.
  • Bagi para pelancong bisnis, hotel yang memberikan fasilitas rapat dan aula pertemuan adalah pilihan yang tepat untuk menunjang kebutuhan Anda. Sedangkan untuk tujuan liburan keluarga, ada baiknya untuk memilih hotel yang menawarkan tipe untuk keluarga yang bisa menampung banyak orang. Selain lebih murah, kebersamaan juga akan terjamin.
  • Sentul memang bisa dijangkau dengan menggunakan transportasi umum, tapi alangkah baiknya jika Anda datang menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini ditujukan supaya akses menuju berbagai lokasi wisata yang akan dikunjungi semakin mudah. Tak hanya itu, membawa kendaraan pribadi juga lebih menghemat waktu.
  • Saat mengunjungi kawasan wisata, Anda patut waspada akan pungli atau pungutan liar. Di lokasi Air Terjun Bidadari, misalnya. Jika tak berhati-hati, pengunjung bisa saja membeli tiket dari calo dengan harga yang jauh lebih mahal. Meskipun saat sampai di tempat tujuan ternyata loketnya belum buka, ada baiknya untuk menunggu saja.
  • Demikianlah panduan wisata yang bisa Anda gunakan saat mengunjungi Sentul. Semoga liburan Anda menyenangkan.