peringatan

Hotel di Soreang

Bandung, Indonesia · 1 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Hotel di area-area populer

Hotel di Cingcin

Daftar hotel di Soreang

Sutan Raja Hotel and Convention Centre

Jl. Raya Soreang No.10 KM.17 Soreang, Bandung, Indonesia, 40911

8.2 / 10

Sangat Baik

hotel lainnya

Tentang

Soreang merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Soreang juga merupakan ibu kota dan pusat pemerintahan Kabupaten Bandung. Tentu kita sudah tidak asing dengan Bandung karena daerah ini adalah tujuan berlibur yang paling diminati oleh wisatawan.

Daerah bercuaca sejuk ini terkenal dengan masyarakat yang ramah dan objek wisata yang melimpah. Oleh karena itu, Bandung selalu menjadi pusat perhatian dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara sepanjang tahun. 

Daerah Soreang dan sekitarnya merupakan tempat yang sangat pas untuk berlibur bersama keluarga atau teman. Pemandangan alamnya yang indah dapat menghilangkan kepenatan dan stres Anda sementara. Suasana yang tenang dan damai akan membuat Anda merasa rileks dan segar. 
Karena daerah ini ramai dikunjungi wisatawan, maka tidak sulit untuk Anda menemukan penginapan berupa hotel dan vila.

Selain merupakan tempat yang pas untuk berlibur dengan pemandangan alam yang indah, daerah Soreang juga dikenal sebagai pusat sentra industri konveksi terbesar di Kabupaten Bandung.

Budaya di Soreang

Di Soreang, kebudayaan dan kesenian yang masih dilestarikan hingga sekarang, di antaranya adalah jaipongan, wayang golek, jenaka Sunda, beluk, ketuk tilu, longser, pencak silat, rengkong, tari Keurseus, tari Tayuban, tembang Sunda Cianjuran, dan seni terebang.

Iklim di Soreang

Soreang memiliki iklim tropis dengan suhu rata-rata sekitar 23 derajat celsius. Daerah Soreang dan sekitarnya memang terkenal memiliki udara yang sejuk karena dekat dengan pegunungan. Musim hujan jatuh pada bulan Desember-Juni, sedangkan musim kemarau jatuh pada bulan Juli-November.

Wilayah Utama Soreang

Luas wilayah di Soreang sekitar 25,21 kilometer persegi. Soreang berbatasan dengan Kecamatan Ketapang di sebelah utara, Kecamatan Pasirjambu di sebelah selatan, Kecamatan Kutawaringin di sebelah barat, dan Kecamatan Cangkuang di sebelah timur. 

Kecamatan Soreang terdiri 10 desa dan kelurahan, yaitu Sukajadi, Soreang, Pamekaran, Sukanagara, Sadu, Cingcin, Parungserab, Karamatmulya, Panyirapan, dan Sekarwangi.

Cara ke Soreang

Transportasi Udara

Bagi Anda yang ingin menuju ke daerah Soreang, Bandung, Anda dapat menggunakan transportasi udara melalui Bandara Internasional Husein Sastranegara yang ada di Jl. Pajajaran No. 156, Cicendo, Bandung. Dari bandara ini, Anda dapat menggunakan taksi yang sudah tersedia di depan pintu keluar bandara. Dari bandara menuju Soreang, waktu tempuhnya sekitar 45 menit hingga 60 menit.

Transportasi Darat

Jika Anda ingin menggunakan kereta api, Anda bisa menuju Stasiun Bandung, kemudian melanjutkan perjalanan ke Soreang dengan menggunakan kendaraan umum (angkot). Waktu tempuh dari stasiun ke Soreang sekitar 30 hingga 45 menit.

Objek Wisata di Soreang

Rumah Makan Kampung Sawah

Rumah Makan Kampung Sawah beralamat di Jl. Gandasari No. 152 Banjaran Soreang, Bandung. Rumah makan ini adalah tujuan rekreasi sekaligus wisata kuliner karena di tempat ini terdapat banyak rumah makan yang menawarkan berbagai menu masakan khas Sunda. Selain itu, terdapat juga kolam renang, waterpark, pemancingan, dan wisata air lainnya.

Beberapa fasilitas pelengkap yang ada di objek wisata Kampung Sawah, di antaranya adalah: Musala, toilet, gazebo, serta area parkir yang cukup luas. 
Di sini, sambil menunggu pesanan dihidangkan, Anda dan keluarga bisa bersenang-senang dengan bermain di kolam renang, waterpark, atau wahana air lainnya. Bagi yang menyukai kegiatan memancing, Kampung Sawah bisa menjadi salah satu tempat wisata yang patut Anda coba.

Menu makanan yang ada di Rumah Makan Kampung Sawah ini cukup beragam. Mulai dari makanan khas Sunda hingga berbagai menu Nusantara tersedia di sini. Rumah makan ini juga memiliki pemandangan alam yang indah serta tempat yang nyaman berupa lesehan.

Taman Love

Taman Love terletak di atas bukit di Desa Sadu, Soreang. Objek wisata ini sering dikunjungi oleh muda-mudi Bandung sebagai tujuan bersantai pada akhir pekan. Taman dengan beberapa tanaman yang dihias hingga berbentuk hati ini sangat menarik. Saat berkunjung untuk menikmati taman yang indah ini, Anda tidak akan dipungut biaya apapun.

Taman ini dipenuhi berbagai jenis bunga yang indah dan cantik, seperti bunga kotok berwarna orange, bunga zinnia yang beraneka warna, dan bunga knop yang berbentuk seperti bola berwarna ungu, dan lain-lain. 

Objek wisata ini mudah ditemui karena berdekatan dengan Taman Makam Pahlawan “Pasir Pahlawan Soreang”. Dari atas bukit, Anda akan melihat pemandangan dari Gunung Sadu, serta pemandangan rumah warga di kaki bukit.

Waterpark Pesona Nirwana

Soreang merupakan ibu kota Kabupaten Bandung. Di tempat ini, terdapat sebuah tempat rekreasi keluarga berupa taman bermain air atau waterpark yang dikenal dengan nama Waterpark Nirwana. Objek wisata yang satu ini terletak di Kp. Legok Jeungjing, Desa Panyiarapan, Soreang.

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh objek wisata ini adalah adanya dinding keras dari bebatuan yang sangat tinggi. Ketinggian dinding ini mencapai 20 meter. Dengan adanya dinding tersebut, membuat objek wisata ini memiliki nilai lebih karena pemandangan yang disajikan sangat berbeda dari tempat lain.

Waterpark Pesona Nirwana dilengkapi dengan kolam renang serta wahana bermain, seperti waterboom, waterfall, kiddy play, lazy river, dan jacuzzi. Selain itu, fasilitas lain yang tersedia di Waterpark Pesona Nirwana adalah cottage, food court, restoran, ruang ganti, petugas penyelamat atau pengawas, toilet, serta area parkir yang cukup luas.

Taman Makam Pahlawan (TMP) Pasir Pahlawan

Taman Makam Pahlawan berada di Desa Sadu. TMP ini luasnya mencapai 2,5 hektar dan masih dalam masa pembangunan. TMP sering dijadikan sebagai tujuan wisata religi atau ziarah yang merupakan tempat untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur dalam peperangan di Soreang. 

Pada awalnya, tempat ini adalah pemakaman umum. Namun kemudian, tempat ini dijadikan sebagai Taman Makam Pahlawan pada 1999. Bagi Anda yang gemar berwisata sejarah, Anda dapat mengunjungi dan berziarah di TMP Pasir Pahlawan. Begitu Anda sampai pada area parkir, Anda akan disambut oleh tembok yang berdiri kokoh pada bagian depan. Dinding ini dinamakan sebagai Tembok abadi.

Begitu memasuki pintu gerbang Anda akan menaiki 70 anak tangga yang sengaja disusun sesuai dengan tanggal kemerdekaan Indonesia, yaitu 17 Agustus 1945. Tangga tersebut dibagi dalam 3 teras. Teras pertama memiliki 17 buah anak tangga, teras kedua memiliki 8 buah anak tangga, dan teras ketiga memiliki 45 buah anak tangga.

Wisata Kuliner di Soreang

Untuk penggemar kuliner, di Soreang, terdapat beberapa makanan khas yang wajib Anda cicipi. Yang paling terkenal, yaitu bajigur durian dan ladu. Makanan ini sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Soreang.

Tips Berwisata di Soreang

  • Bagi Anda yang ingin berlibur dengan biaya terbatas, pilihlah objek wisata yang hemat biaya, bahkan gratis.
  • Berbelanja oleh-oleh di pasar tradisional dapat menghemat pengeluaran Anda.
  • Sebelum berangkat berwisata, jangan lupa persiapkan pakaian hangat karena cuaca di Soreang cukup dingin.

Other Popular Hotels in Soreang