peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Tawangmangu

Karanganyar, Indonesia · 15 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Tawangmangu

Hotel Bintang Tawangmangu

Jl. Raya Lawu, Tawangmangu, Karanganyar, Indonesia, 57792

7.6 / 10

Baik

Nava Hotel Tawangmangu

Jalan Grojogan Sewu Pintu II, Ngunut Lor Rt.04/Rw.06, Tawangmangu, Karanganyar, Indonesia, 57792

8.6 / 10

Sangat Baik

Hotel Grand Bintang Tawangmangu

Jl. Raya Lawu Tarangkulon Tawangmangu, Karanganyar, Indonesia, 57792

7.4 / 10

Baik

Simple Room in Tawangmangu at Pandawa Homestay

Jalan Raya Lawu Kalisoro Tawangmangu, Karanganyar, Solo, Karanganyar, Indonesia, -

8.3 / 10

Sangat Baik

Hotel Indah Palace Tawangmangu

Jalan Lawu No.22 Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, Indonesia, 57792

8.1 / 10

Sangat Baik

Bukit Sekipan

Desa Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, Indonesia, -

7.9 / 10

Baik

Cozy Villa in Tawangmangu at Pandawa Homestay

Jalan Raya Lawu Kalisoro Tawangmangu ,Karanganyar,Solo., Karanganyar, Indonesia, -

Villa Teras Syariah

Desa Pancor Kalisoro Tawangmangu, Karanganyar, Indonesia, 57792

Villa Masikama Tawangmangu

Bener, Rt. 03 Rw. 05 Tawangmangu, Karanganyar, Karanganyar, Indonesia, 57792

Villa Rumah Nenek

Jalan Mawar Jambe No 55 Kalisoro, Kalisoro, Karanganyar Regency, Central Java, Indonesia, Karanganyar, Indonesia, 57792

Smart Room in Tawangmangu at Pandawa Homestay

Jalan Raya Lawu Kalisoro Tawangmangu ,Karanganyar,Solo, Karanganyar, Indonesia, -

Pondok Asri Tawangmangu

Tawangmangu, Karanganyar, Indonesia, 57792

9.1 / 10

Istimewa

Pondok Sari 1

Jalan Utara Taman Balekambang, Tawangmangu, Karanganyar, Indonesia, 57792

8.0 / 10

Sangat Baik

Pondok Sari 2

Jalan Timur Taman Balekambang, Karanganyar, Indonesia, 57792

Hotel Muncul Sari

Jalan Raya Lawu No 87, Karanganyar, Indonesia, 57792

hotel lainnya

Tentang

Tawangmangu merupakan sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Karanganyar. Sejak dulu, Tawangmangu dikenal dengan objek wisata Air Terjun Grojogan Sewu yang memiliki ketinggian mencapai 81 meter. Selain itu, ada pula Air Terjun Pringgondani yang juga menjadi tempat wisata favorit para pengunjung. Udara segar yang sejuk dan pemandangan indah memberikan kepuasan tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung. Jika Anda pencinta wisata alam dan suka dengan suasana pegunungan.

Butuh lebih dari satu hari untuk mengujungi semua tempat menarik di Tawangmangu. Oleh karena itu, banyak berdiri hotel di Tawangmangu yang berlomba-lomba menawarkan akomodasi menginap dengan fasilitas lengkap dan harga bersaing. Tak hanya hotel, penginapan berupa wisma dan vila pun ada di Tawangmangu.

Kata Tawangmangu berasal dari dua kata, yaitu “Tawang” yang memiliki arti langit dan “Mangu” yang berarti tempat yang nyaman. Memang bukan hanya dari arti namanya, tetapi Tawangmangu memang memiliki kenyamanan lebih dibanding daerah lain di sekitarnya.

Hotel di Tawangmangu

Bagi Anda yang ingin menginap di Tawangmangu, terdapat beragam penginapan atau hotel berbintang yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan bujet. Berikut adalah daftar akomodasi bintang 1 hingga 3 di Tawangmangu:

Hotel Bintang 1 di Tawangmangu

Tingginya minat pariwisata di Tawangmangu membuat kebutuhan akomodasi juga semakin meningkat. Namun, jika ingin menginap dengan bujet minim, beberapa hotel ini bisa memenuhi kebutuhan Anda:

Pondok Asri Tawangmangu

Pondok Asri merupakan penginapan yang cocok dipilih untuk tempat untuk menenangkan diri. Hotel yang berada di Jl. Raya Lawu, Tawangmangu, Karanganyar ini menawarkan fasilitas yang memuaskan dan pelayanan berkualitas. Lokasinya yang dekat dengan jalan besar membuat Pondok Asri menjadi tempat yang mudah diakses.

Kelengkapan fasilitas yang ada semakin membuat tamu menjadi lebih dimanjakan layaknya sedang berada di rumah sendiri. Beberapa fasilitas yang dapat dinikmati di hotel dengan tarif mulai dari Rp375.000 per malam ini adalah sarana olahraga berupa tenis meja, arena bermain anak, dan taman dengan suasana yang asri.

Hotel di Tawangmangu ini memiliki 42 kamar yang dibagi menjadi empat blok. Setiap blok dilengkapi dengan arena bermain anak ,sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat menginap bersama keluarga. Tipe kamar yang disediakan oleh Pondok Asri terdiri dari kamar Deluxe, Standard, Superior, Moderate, VIP, dan Executive Suite.

Untuk keperluan bisnis, Pondok Asri juga menyediakan ruang rapat lengkap dengan fasilitas rapat standar yang biasa disediakan. Bagi yang ingin melakukan kegiatan di luar ruangan, taman yang ada dapat digunakan sebagai tempat kegiatan outbound.

Pondok Sari 1

Hotel Pondok Sari 1 menawarkan kemudahan akses dan kenyamanan menginap selama Anda berada di Tawangmangu. Hotel yang terletak di Jl. Utara Taman Balekambang ini dapat menjadi pilihan akomodasi tepat dan hemat bagi keluarga yang sedang berlibur atau mereka yang sedang melakukan kegiatan bisnis di Tawangmangu.

Berada di bawah manajemen Sabar Group Hotel, Pondok Asri 1 memiliki 26 kamar yang terdiri dari tiga tipe, yaitu Moderate, Standard, dan Suite. Tarifnya mulai dari Rp235.295 per malam. Pondok Asri 1 juga memiliki arena outbound luas dan ruangan meeting berstandar convention yang cukup representatif. Selain itu, tersedia juga restoran dengan banyak pilihan menu lezat dengan harga yang sangat terjangkau. Anda pun dapat menikmati pilihan menu kudapan untuk acara coffee break.

Hotel Muncul Sari

Mencari akomodasi di Tawangmangu yang dekat dengan lokasi wisata memang terbilang mudah. Hotel Muncul Sari yang berada di kawasan objek wisata Grojogan Sewu dapat menjadi pilihan akomodasi menginap yang tepat. Hotel ini tepatnya berada di Jl. Raya Lawu No. 87. Selain Grojogan Sewu, Anda pun dapat mengakses Candi Ceto dan Candi Sukuh dengan mudah dari hotel.

Hotel di Tawangmangu ini menyediakan kamar dengan fasilitas yang sudah cukup lengkap. Selain itu, layanan kamar dan resepsionis 24 jam, serta lingkungan yang asri di sekitar hotel juga dapat menambah kenyamanan para tamu yang sedang menginap.

Pandawa Homestay

Bukan hanya hotel, terdapat pula rumah singgah yang menawarkan pengalaman menginap yang menyenangkan. Bagi Anda yang berkunjung ke Tawangmangu bersama dengan keluarga, Pandawa Homestay bisa menjadi alternatif akomodasi yang dapat dipilih. Penginapan ini berada di Jl. Raya Lawu Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar.

Fasilitas yang ditawarkan di tempat ini di antaranya adalah kopi atau teh yang selalu tersedia di lobi, internet di seluruh area penginapan, pancuran, dan dapur di dalam hotel. Untuk memudahkan para tamu yang datang, diberlakukan juga sistem early check-in dan late check-out.

Hotel Bintang 2 di Tawangmangu

Selain akomodasi dengan kelas bintang 1 seperti di atas, terdapat juga akomodasi bintang 2 yang menawarkan fasilitas lengkap, pelayanan memuaskan, dan harga terjangkau. Berikut di antaranya:

Pondok Indah Resort & Garden

Resor nyaman dan asri ini berlokasi di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Jl. Raya Lawu No. 22, Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar. Hotel ini memiliki desain bangunan yang terinspirasi dari arsitektur art deco era 1980.

Dengan 20 kamar yang tersedia, biaya menginap per malam di tempat ini mulai dari Rp500.022. Sebagai hotel bintang 2, kelengkapan fasilitas yang disediakan juga sangat berkualitas. Tersedia taman dan area piknik yang cocok digunakan sebagai sarana rekreasi bersama keluarga. Bagi yang sedang melakukan kegiatan bisnis, Anda pun dapat memanfaatkan fasilitas pendukung bisnis di hotel ini.

Selain itu, terdapat restoran dengan menu tradisional dan internasional yang dapat dinikmati di penginapan ini. Servis yang disediakan di tempat ini meliputi jasa cuci, jasa tur, penitipan bagasi, sarapan, dan layanan tamu. Kenyamanan hotel di Tawangmangu ini juga bertambah dengan tersedianya fasilitas yang mudah digunakan oleh para penyandang disabilitas, seperti toilet dan pancuran di kamar mandi.

Hotel Bintang 3 di Tawangmangu

Kualitas pelayanan prima dan fasilitas yang lengkap juga tersedia di beberapa penginapan bintang 3 berikut ini:

Hotel Bintang Tawangmangu

hotel bintang

Hotel Bintang Tawangmangu merupakan salah satu hotel paling strategis di Tawangmangu karena jaraknya hanya sekitar 1 km dari Air Terjun Grojogan Sewu yang terkenal. Hotel ini memiliki alamat lengkap di Jl. Raya Lawu, Tawangmangu, Karanganyar. Hotel ini juga dekat dengan objek wisata air terjun lainnya, seperti Air Terjun Ngadiloyo dan Air Terjun Tirtasari. Selain wisata alam tersebut, hotel ini berada tidak jauh pula dari Candi Sukuh dan Candi Ceto.

Hotel Bintang memiliki 65 kamar yang memiliki fasilitas perlengkapan kamar mandi, layanan kamar, dan pemanas air. Selain itu, disediakan pula fasilitas ruang pertemuan yang dapat membantu kegiatan bisnis Anda ketika sedang berada di Tawangmangu.

Area merokok dan bebas asap rokok juga tersedia di hotel ini. Tidak perlu takut jika harus datang larut malam karena resepsionis di Hotel Bintang selalu standby selama 24 jam. Begitu pula dengan keamanan hotel, petugas yang ada juga berjaga selama 24 jam.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan masalah konektivitas selama berada di penginapan ini. Tersedia Wi-Fi gratis yang bisa di akses di area hotel. Untuk masalah konsumsi sendiri, di hotel ini, terdapat pula restoran dengan berbagai pilihan menu yang lezat.

Hotel Grand Bintang Tawangmangu

hotel grand bintang tawangmangu

Sebagai pilihan akomodasi berkualitas di kelas hotel bintang 3, Hotel Grand Bintang Tawangmangu menawarkan kenyamanan dan pelayanan prima kepada para tamu yang menginap. Hotel ini berada di Jl. Raya Lawu, Terangkulon, Tawangmangu, Karanganyar. Hotel dengan 67 kamar ini memiliki fasilitas utama, seperti ruang pertemuan yang dapat digunakan sebagai sarana kegiatan bisnis dan fasilitas pernikahan dengan berbagai pilihan paket menarik yang bisa Anda dapatkan.

Hotel di Tawangmangu ini juga menyediakan fasilitas area bermain untuk anak, kolam renang, dan area parkir yang cukup luas. Bagi Anda yang membutuhkan pemandu wisata, terdapat pula jasa tur yang dapat disewa setiap waktunya. Resepsionis dan keamanan yang berjaga selama 24 jam juga siap melayani dan membantu Anda.

Objek Wisata di Tawangmangu

Berikut adalah tempat wisata di Tawangmangu yang menarik untuk dikunjungi:

Grojogan Sewu

Jika air terjun disebut curug dalam bahasa Sunda, maka lain halnya dengan di Tawangmangu. Dalam bahasa Jawa, air terjun disebut grojogan.

Grojogan Sewu merupakan wisata alam sangat terkenal di lereng Gunung Lawu. Tempat ini sangat ramai didatangi oleh wisatawan dari segala daerah di Indonesia. Grojogan Sewu sangat sejuk karena berada di lereng gunung dan terdapat hutan di sekitarnya. Di sekitar Grojogan Sewu, terdapat banyak kera liar. Untuk menuju ke air terjun Anda harus melakukan perjalanan dengan menyusuri anak tangga sejumlah 1.250 buah.

Akan sangat melelahkan jika Anda tidak terbiasa, tetapi rasa itu akan hilang saat Anda melihat Grojogan Sewu yang memesona. Tarif untuk memasuki Grojogan Sewu sebesar Rp13.500 untuk wisatawan domestik,sedangkan wisatawan mancanegara dikenakan harga Rp160.000.

Jika lelah setelah dari Grojogan Sewu, Anda dapat menginap di hotel murah bernama Mancur Sari atau hotel lainnya, yaitu hotel Bintang yang berada tak jauh dari objek wisata ini. Harganya terjangkau, sehingga cocok untuk segala kalangan.

Air Terjun Jumog

Selain Grojogan Sewu, ada juga Air Terjun Jumog. Tempat wisata ini masih baru dan belum diketahui oleh banyak wisatawan. Objek wisata ini menyajikan suasana pegunungan dengan udara sangat sejuk ditambah air terjun yang memesona. Jika Anda sudah pernah berkunjung ke Grojogan Sewu, air terjun ini lebih kecil dibanding Grojogan Sewu. Akses untuk menuju ke air terjun ini tidak begitu susah. Anda dapat menuruni beberapa tangga dan akan segera sampai di tempat wisata.

Taman Ria Balekambang

Tidak jauh dari parkiran objek wisata Grojogan Sewu, ada sebuah taman yang sangat indah sebagai wisata dengan keluarga. Di taman bernama Taman Ria Balekambang ini, Anda bisa merasakan sejuknya udara pegunungan dan bisa menikmati bermacam fasilitas, seperti kolam renang, sanggar lukis, lapangan tenis, dan lainnya. Di kawasan ini, terdapat pula bermacam hotel dan vila. Wilayah ini hampir mirip seperti Puncak dan semakin ramai di hari libur.

Candi Cetho

Candi Cetho adalah sisa peninggalan pada masa Kerajaan Majapahit yang terletak di Dusun Ceto. Candi Cetho didirikan pada kontur yang berundak dan memiliki banyak teras. Setiap teras memiliki keunikan tersendiri.

Di candi ini, terdapat juga petilasan Ki Ageng Krincingwesi. Beliau adalah leluhur di Dusun Cetho. Candi Cetho mempunyai keunikan yang tidak di miliki candi lainnya, yaitu ada patung yang berupa kalacakra atau alat kelamin laki-laki.

Candi Sukuh

candi sukuh

Candi Sukuh berada di Desa Berjo. Keunikan struktur bangunan di candinya ternyata tak sama dengan candi-candi lain yang ada di Indonesia. Struktur candi Sukuh lebih mirip dengan bangunan suku Maya atau suku Inca. Di candi ini, terdapat banyak patung-patung yang memiliki aroma sangat erotis. Berdasarkan beberapa literatur, patung yang berada di sini memiliki arti atau simbol akan kesuburan.

Perkebunan Teh Kemuning

Di Jawa Tengah, Anda bisa mengunjungi perkebunan Teh Kemuning. Keindahan perkebunan teh ini tidak kalah dengan perkebunan teh yang berada di Bogor. Di sini, Anda juga bisa menikmati olah raga paralayang.

Wisata "Tubing" Goasari Ngargoyoso

Jika biasanya orang mengetahui rafting, di Tawangmangu, Anda bisa melakukan tubing. River Tubing adalah kegiatan untuk menyusuri sungai menggunakan ban. Peralatan yang dipakai sama seperti rafting, yaitu menggunakan pelampung dan helmet. Tubing terletak di Banyu Bening Arena. Sepanjang jalur sungai yang dilalui ini, Anda dapat merasakan dinginnya air sungai yang begitu jernih dengan bebatuan khusus pegunungan. Keindahan pemandangan sekitar sungai juga sangat mengagumkan. Sangat seru dan menyenangkan jika Anda berkunjung bersama keluarga.

Bumi Perkemahan (BUPER) Camping Lawu Resort dan Sekipan

Tidak jauh dari wisata Grojogan Sewu, ada sebuah tempat yang tidak kalah serunya, yaitu Bumi Perkemahan atau Buper. Buper ini sangat sering digunakan untuk aktivitas camping. Karena tempatnya sangat sejuk, maka banyak dikunjungi wisatawan. Bukan hanya sekadar untuk kemping, pada waktu liburan, banyak pengunjung yang datang untuk sekadar menikmati pemandangan alam berupa jajaran pohon pinus.

Puncak Gunung Lawu

Puncak Gunung Lawu berada di Cemoro Sewu atau di Cemoro Kandang. Wisata ini memiliki daya tarik tersendiri. Sebelum mencapai puncak Gunung Lawu, terdapat warung yang menjual makanan dan minuman untuk para pendaki. Jika ingin mendaki puncak Gunung Lawu, Anda sangat membutuhkan pemandu. Warung itu memiliki nama Mbok Yem yang berada di jalur pendakian atas gunung.

Wisata Kuliner di Tawangmangu

Jika Anda berkunjung ke Tawangmangu harus menikmati beberapa makanan khas berikut ini:

  • Sup buntut Bu Ugi di wisata Tawangmangu
  • Sate kelinci di dalam objek wisata Tawangmangu
  • Glubi yang merupakan kudapan yang terbuat dari ketela dengan dicampur gula merah.
  • Keripik pisang yang spesial dari pisang byok
  • Keripik jagung

Tips Wisata di Tawangmangu

Berikut ini adalah tips yang harus Anda simak jika beriwisata di Tawangmangu:

  • Persiapkan baju hangat dan bawalah banyak persedian baju dikarenakan suhu udara di Tawangmangu sangat dingin sekitar 15 derajat Celsius.
  • Jika Anda berada di lokasi objek wisata, sebaiknya tidak mencorat-coret sembarangan dan jagalah keindahan objek wisata.
  • Sediakan uang recehan agar mempermudah transaksi.
  • Jika Anda tak membawa dana yang banyak, hotel murah di Tawangmangu bisa menjadi pilihan terbaik untuk bermalam.
  • Jika Anda akan melakukan perjalanan untuk menikmati indahnya pegunungan, Anda harus menyiapkan perlengkapan mendaki.
?
Perlu Bantuan?
evtbvsrwfq