peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Masuk / Daftar

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Hotel di Wates

Kulon Progo, Indonesia · 1 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Wates

King Hotel

Jalan Wates Km 1, Kulon Progo, Wates, Kulon Progo, Provinsi Yogyakarta, Indonesia

7.3 / 10

Baik

hotel lainnya

Tentang

Di kawasan Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, terdapat kecamatan yang menjadi salah satu pusat perhatian para wisatawan yang berlibur ke Yogyakarta, yaitu Wates. Pada dasarnya, nama Wates diambil dari bahasa Jawa yang memiliki makna ‘batas’ atau ‘pembatas’. Kecamatan Wates juga merupakan salah satu pusat administrasi yang berada di Kulon Progo. Kawasan ini juga memiliki ibu kota yang berada di Bendungan.

Wates dijadikan pusat pemerintahan Kulon Progo sekitar 1952, di mana hal itu disepakati setelah adanya penggabungan kesultanan antara Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Adikarto di bawah perintah Hamengku Buwono IX dengan Sri Pukualam VIII. Hal ini tercatat pada undang-undang No. 18 pada 1951.

Di kawasan Wates, terdapat beberapa objek wisata menarik, di mana Anda akan merasa puas dengan pemandangan dan keunikan dari masing-masing objek wisata. Adapun beberapa hotel yang cukup terjangkau dan dapat Anda jadikan tempat istirahat setelah lelahnya berkeliling Wates. Hotel-hotel tersebut menyediakan pelayanan dengan fasilitas yang cukup nyaman untuk Anda berlibur bersama keluarga.

Cara ke Wates

Transportasi  Udara

Di kawasan Wates masih belum terdapat bandara. Jika Anda datang dari luar dan ingin menggunakan pesawat, Anda dapat menaiki pesawat dengan penerbangan menuju Bandara Adisutjipto, Yogyakarta. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan Damri, angkutan umum, taksi, maupun mobil sewa.

Transportasi Darat

Bus Damri

Jika Anda tiba di Bandara Adisutjipto, Anda dapat menggunakan bus Damri yang melayani rute perjalanan ke Magelang, Kebumen, dan Purworejo. Namun, bus Damri juga dapat disewa bagi Anda yang datang bersama rombongan untuk pergi ke kawasan Wates. Tarif sewa tergantung jarak yang ditempuh dan kesepakatan.

Kereta Api

Di kawasan Wates, terdapat satu stasiun yang menjadi tujuan para wisatawan yang ingin mengunjungi kawasan Wates, yaitu Stasiun Wates. Anda dapat menggunakan kereta api yang melalui Stasiun Wates untuk tiba di kawasan ini. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan taksi, angkutan umum, maupun ojek.

Di Bandara Adisutjipto juga terdapat stasiun bandara, yaitu Stasiun Maguwo yang melayani para pendatang menuju kawasan Yogyakarta dan Surakata.

Taksi

Taksi merupakan salah satu alternatif yang cukup praktis bagi Anda yang ingin mengunjungi Wates maupun tempat tujuan Anda. Meskipun tarifnya cukup mahal tergantung jarak perjalanan yang ditempuh, Anda akan lebih nyaman selama di perjalanan karena tak perlu menyetir kendaraan sendiri.

Mobil Sewa

Untuk berkeliling Yogyakarta, Anda dapat menggunakan jasa sewa mobil. Moda  transportasi ini dapat memudahkan Anda untuk mencapai tujuan Anda di kawasan Yogyakarta termasuk Wates. Tarif penyewaan mobil tergantung dengan jenis kendaraan yang disewa, waktu pengembalian mobil, dan penggunaan jasa sopir.

Objek Wisata di Wates

Waduk Sermo

Jika Anda berlibur di kawasan Wates, Anda dapat menjumpai Waduk Sermo yang cukup populer di kalangan masyarakat setempat maupun para wisatawan. Pemandangan waduk yang begitu indah dan taman yang mengelilinginya sangat menarik perhatian para pengunjung Yogyakarta untuk datang menikmati waktu liburannya di sini. Udaranya pun cukup bersih dan sejuk, membuat para pengunjung betah berlama-lama di sini bersama keluarga.

Waduk Sermo berjarak sekitar 32 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, tepatnya berada di Jalan Wates Km. 17, Kulon Progo. 

Pantai Glagah

Selain Waduk Sermo, terdapat juga Pantai Glagah sebagai wisata alam Wates yang menarik untuk Anda kunjungi. Pantai Glagah hanya berjarak sekitar 15 kilometer jika Anda berangkat dari Wates. Keindahan pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, tak heran jika pantai ini akan dipenuhi pengunjung lokal, terutama pada masa liburan.

Pemandian Clereng

Jika Anda mengunjungi Desa Sendangsari, Anda bisa menemukan Pemandian Clereng yang banyak didatangi pengunjung. Lokasinya tak jauh dari Wates dan akses menuju ke sana juga terbilang cukup mudah. Air jernih di Pemandian Clereng menjadi daya tarik para wisatawan karena sumber airnya berasal dari mata air asli.

Pantai Trisik

Selain Pantai Glagah, Anda juga dapat menjumpai Pantai Trisik yang berjarak kurang lebih 20 kilometer dari Wates. Di sana, Anda dapat menikmati keindahan panorama yang disajikan pantai ini. Tak sedikit para wisatawan yang menjadikan pantai ini sebagai destinasi wisata untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga sambil menanti keindahan sunrise dan sunset.

Selain pemandangannya yang indah, Anda juga akan menjumpai beberapa laguna yang dijadikan sebagai budidaya pelesatarian ikan bandeng dan ikan nila di bagian timur pantai ini. Adapun budaya masyarakat setempat untuk melaksanakan upacara labuhan sedekah yang dilakukan oleh para nelayan untuk meminta keselamatan dan keberkahan.

Gua Kiskendo

Selain wisata alam berupa waduk dan pantai, terdapat juga sebuah gua yang menarik perhatian para wisatawan, yaitu Gua Kiskendo. Objek wisata ini berjarak sekitar 21 kilometer dari Wates. Akses menuju ke gua ini terbilang cukup mudah. Anda dapat menggunakan mobil atau motor. Namun, untuk penggunaan mobil, hanya yang berukuran kecil saja yang dapat melalui jalan menuju gua.

Daya tarik yang dimiliki Gua Kiskendo ialah stalaktit yang begitu indah dan stalagmit yang memiliki bentuk unik seperti halnya gua batu kapur lainnya. Masyarakat setempat mengatakan bahwa gua ini dulunya adalah dua istana megah yang dinamakan Maesosuro dan Lembusuro.

Wisata Kuliner di Wates

Setiap daerah tentu memiliki makanan khasnya masing-masing, begitu juga dengan kawasan Wates, Kulon Progo. Berikut beberapa rekomendasi makanan yang wajib Anda cicipi saat berlibur di Wates:

Growol

Makanan berbahan dasar ketela yang memiliki cita rasa unik dan sedikit masam. Makanan ini juga dapat mengatasi kegemukan dan penyakit lambung.

Geblek

Makanan ini termasuk unik karena dibentuk menyerupai angka delapan. Bahan dasar yang digunakan ialah tepung kanji, pati singkong, dan tepung tapioka basah yang biasanya disajikan dengan minuman hangat. Geblek adalah makanan paling khas dari Wates.

Peyek Undur-undur

Makanan yang satu ini menggunakan undur-undur laut sebagai bahan utamanya. Selain itu, bahan pendukung lainnya adalah tepung beras, tepung kanji, daun jeruk, dan bahan rempah-rempah.

Tempe Benguk

Makanan ini berbahan dasar tanaman koro yang memiliki cita rasa  khas dengan gurihnya santan sebagai bahan pembuatannya.

Tips Berwisata di Wates

  • Jika Anda sudah mencicipi semua kuliner dan makanan khas Wates, alangkah baiknya jika Anda membawa makanan tersebut sebagai buah tangan.

Hotel di Wates Lainnya

?
Perlu Bantuan?