peringatan

Hotel di Balikpapan

Kalimantan Timur, Indonesia · 168 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar hotel di Balikpapan

Whiz Prime Hotel Balikpapan

Jl. Jend. Sudirman No. 321, Balikpapan, Indonesia, 76114

8.2 / 10

Sangat Baik

Swiss-Belinn Balikpapan

Sudirman Square Jalan Jend Sudirman No.345 Balikpapan, Balikpapan, Indonesia, 76114

8.3 / 10

Sangat Baik

Hakaya Plaza Hotel

Jalan Marsma R Iswahyudi, Balikpapan, Indonesia, 76115

8.5 / 10

Sangat Baik

Hotel Zurich Balikpapan

Jalan Jenderal Sudirman No. 81, Balikpapan, Indonesia, 76114

8.3 / 10

Sangat Baik

Hotel Neo+ Balikpapan

Jl. Mayjend Sutoyo No. 67 , Balikpapan, Indonesia, 76122

8.7 / 10

Sangat Baik

Le Grandeur Balikpapan

Jalan Jendral Sudirman, Balikpapan, Indonesia, 76114

8.3 / 10

Sangat Baik

favehotel M.T Haryono Balikpapan

Jalan MT. Haryono No.78, Balikpapan, Indonesia, 76114

8.4 / 10

Sangat Baik

Horison Sagita Balikpapan

Jl. Mayjend Sutoyo No. 69 Gunung Malang - Balikpapan , Balikpapan, Indonesia, 76113

8.1 / 10

Sangat Baik

Grand Tjokro Balikpapan

Jalan Marsma R.Iswahyudi Rt.03 No.21 Sepinggan, Balikpapan, Indonesia, 76115

8.6 / 10

Sangat Baik

Hotel Pacific Balikpapan

Jl. Jend. A. Yani No: 33, Gn. Sari Ilir, Balikpapan , Balikpapan, Indonesia, 76121

8.4 / 10

Sangat Baik

Grand Jatra Hotel Balikpapan

JL Jenderal Sudirman No.47, Balikpapan Super Block, Balikpapan, Indonesia, 76114

8.5 / 10

Sangat Baik

Her Hotel & Trade Center Balikpapan

Jalan M.T Haryono No 55, Balikpapan, Indonesia, 76125

8.3 / 10

Sangat Baik

Aston Balikpapan Hotel and Residence

Jalan Jendral Sudirman No. 7, Balikpapan, Indonesia, 76114

8.3 / 10

Sangat Baik

Mirama Hotel

Jalan APT. Pranoto No 16, Balikpapan, Indonesia, 76121

7.8 / 10

Baik

Swiss-Belhotel Balikpapan

Jalan Jendral Sudirman, Komplek Borneo Ocean Square , Balikpapan, Indonesia, 76113

8.3 / 10

Sangat Baik

Quest Hotel Balikpapan

Jalan Jendral Sudirman, Balikpapan Super Blok No.H 11, Balikpapan, Indonesia, 76114

8.5 / 10

Sangat Baik

Astara Hotel Balikpapan

Jalan Jendral Sudriman. No.47, Balikpapan Superblock, Balikpapan, Indonesia, 70411

8.5 / 10

Sangat Baik

Best Inn Hotel Balikpapan

Jalan M.T. Haryono no. 77, Balikpapan, Indonesia, 76114

8.2 / 10

Sangat Baik

Hotel Nuansa Indah

Jln. Jendral Sudirman No.1, Balikpapan, Indonesia, 76114

8.0 / 10

Sangat Baik

Mega Lestari

Jl. Ars Muhammad No. 32 Klandasan - Balikpapan, Balikpapan, Indonesia, 76113

7.9 / 10

Baik

hotel lainnya

Tentang

Salah satu kota di Provinsi Kalimantan Timur ini dikenal sebagai Kota Minyak. Sebagai satu-satunya kota metropolitan di Kalimantan yang kaya dengan dengan sumber daya minyaknya, Balikpapan mampu menata infrastrukturnya dengan baik. Sebagai kota yang sibuk, Balikpapan banyak dikunjungi orang-orang, mulai dari para wisatawan atau pelancong, hingga para investor. Oleh karena itu, hotel di Balikpapan semakin bertambah guna memenuhi kebutuhan akomodasi menginap para pengunjung.

Meskipun tergolong kota kecil, jika dibanding kota-kota metropolitan lain di Indonesia, Balikpapan sudah dibangun berbagai fasilitas pendukung untuk wisatawan yang berkunjung. Beberapa hotel murah dan berbintang, serta pusat perbelanjaan telah dibangun di Balikpapan.

Kota Balikpapan merupakan kota yang ramah wisatawan. Kota ini masih memiliki udara yang bersih sehingga nyaman untuk didatangi bersama keluarga juga anak-anak. Banyak objek wisata menarik yang bisa dikunjungi, di antaranya: Taman Bekapai, Penangkaran Buaya Teritip dan Pantai Kemala. Jika Anda membawa anak-anak, akan menarik untuk berkunjung pula ke Penangkaran Buaya Teritip.

Sejarah Balikpapan

Membahas sejarah kota Balikpapan artinya membahas mengenai pertambangan minyak. Sumur Mathilda menjadi bagian penting dalam sejarah minyak di Balikpapan. Sumur pengeboran minyak pertama yang dibangun di Balikpapan pada tanggal 10 Februari 1897 ini terletak di kaki gunung Kemendur, Balikpapan. Nama Mathilda diambil dari nama anak JH Menten, pemilik perusahaan yang memenangkan hak konsesi pengeboran minyak di masa kolonial. Tanggal 10 Februari kemudian ditetapkan sebagai hari jadi kota Balikpapan.

Selain mengenai sumur Mathilda, ada pula cerita tentang asal nama Balikpapan. Balikpapan dikaitkan dengan nama sebuah desa yang terletak tiga mil dari pantai, Bilipapan. Desa Bilipapan itulah yang saat ini dikenal dengan nama Balikpapan. Perubahan dari Bilipapan ke Balikpapan dimungkinkan karena masalah pengucapan dan pendengaran pada awalnya, yang kemudian berlangsung sampai saat ini menjadi Balikpapan.

Cara ke Balikpapan

Beberapa transportasi yang dapat Anda gunakan untuk menuju Balikpapan:

Transportasi Udara

Perjalanan ke Balikpapan dengan menggunakan pesawat terbang akan mendarat di Bandara Internasional Sepinggan (BPN).

Bandara Internasional Sepinggan (BPN) hanya berjarak 4.5 km dari pusat kota Balikpapan. Ada beberapa pilihan transportasi yang bisa digunakan:

  • Taksi

Di Bandara Internasional Sepinggan (BPN) ada satu perusahaan taksi resmi, yaitu Kokapura. Untuk ke pusat kota Balikpapan, Anda dikenakan tarif Rp 45.000. Anda juga bisa menggunakan taksi lain yang ada di sekitar bandara, taksi-taksi ini umumnya menggunakan argo meter.

  • Angkutan Kota

Jika ingin lebih berhemat, Anda bisa menggunakan angkutan kota atau yang biasa disebut mikrolet di Balikpapan. Namun Anda harus berjalan keluar bandara sekitar 200 meter. Anda bisa menemukan mikrolet di jalan raya, di luar bandara. Untuk mencapai pusat kota Balikpapan, Anda menggunakan mikrolet no 7, berwarna hijau tua. Tarif yang dikenakan adalah Rp 3.000 saja, dalam waktu 15 – 20 menit, Anda bisa sampai ke pusat kota.

Transportasi Laut

Balikpapan tergolong mudah untuk diakses melalui laut. Di Balikpapan terdapat beberapa pelabuhan, diantaranya: Pelabuhan Semayang dan Pelabuhan Karingau. Kapal Pelni (dan beberapa kapal swasta lain) menuju Balikpapan berangkat dari Surabaya dan Makassar. Waktu yang ditempuh berkisar 25 jam atau lebih sesuai keadaan cuaca.Tarif Pelni berkisar dari mulai Rp 200.000 (dari Makassar) dan Rp 350.000 (dari Surabaya)

Transportasi Darat

Melalui darat, Balikpapan dapat diakses dari Samarinda, Bontang dan Banjarmasin. Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan bus antar kota yang akan berhenti di terminal Batu Ampar, Balikpapan.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Transportasi di Balikpapan

Jika ingin berkeliling di Balikpapan, Anda dapat memanfaatkan beberapa kendaraan umum berikut ini:

Angkutan Kota

Cara murah berkeliling Balikpapan adalah dengan menggunakan angkot atau mikrolet, karena selain murah, mikrolet di sini juga melewati hampir semua jalanan di Balikpapan. Terdapat tujuh nomor mikrolet di Balikpapan dengan masing-masing warna dan rutenya. Tarif yang dikenakan adalah Rp 3.000 per orang sekali jalan dan akan naik menjadi Rp 10.000 jika tujuan Anda lebih dari 15 km. Mikrolet beroperasi dari jam 05.00 sampai dengan 22.00. Penduduk setempat juga menyebut mikrolet dengan nama ‘taksi’. Sedangkan taksi yang sebenarnya, mereka sebut dengan ‘taksi argo’.

Taksi

Taksi di Balikpapan ini disebut ‘taksi argo’, hal ini dilakukan untuk membedakannya dengan mikrolet yang juga seringkali mereka sebut sebagai taksi. Terdapat empat perusahaan taksi di Balikpapan.

Ojek Sepeda Motor

Anda bisa menggunakan ojek sepeda motor untuk lokasi-lokasi yang tak dilewati mikrolet. Tarif ojek mulai dari Rp 10.000 dan dapat meningkat sesuai tujuan Anda.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Hotel di Balikpapan

Jika berkunjung ke Balikpapan, berikut ini beberapa akomodasi berbintang yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan tempat menginap terbaik:

Hotel Bintang 1 di Balikpapan

Dua penginapan di Balikpapan berikut ini menawarkan akomodasi menginap dengan fasilitas memadai dan tarif murah:

Best Inn Hotel Balikpapan

Hotel enam lantai yang berada di Jalan MT Haryono No. 77 Balikpapan ini memiliki 53 kamar dengan tiga tipe pilihan. Anda bisa memilih kamar tipe Superior, Deluxe, dan Executive dengan berbagai fasilitas kenyamanan yang berkualitas.

Di kamar hotel ini, Anda bisa merasakan tempat tidur yang nyaman, ruangan ber-AC, Wi-Fi, kamar mandi pancuran, air minum kemasan, perlengkapan mandi, TV kabel, ruang penyimpan pakaian, sandal, pengering rambut, brankas, dan meja tulis.

Untuk aktivitas bersantai, hotel di Balikpapan ini memiliki taman, kafe, restoran, serta paket tur. Sementara untuk memudahkan akomodasi perjalanan Anda, pihak hotel juga sudah menyiapkan layanan antar-jemput bandara, penyewaan mobil, dan penitipan barang.

Apabila ingin menggelar kegiatan yang berhubungan dengan bisnis Anda, hotel ini juga sudah menyiapkan fasilitas rapat berupa ruang pertemuan, auditorium, layanan fotokopi, komputer, dan proyektor. Hotel ini juga dilengkapi elevator, sehingga Anda tidak perlu capai naik-turun tangga. Biaya menginap di Best Inn Hotel Balikpapan ini dimulai dari Rp360.000 per malam.

Hotel Bintang Balikpapan

Terletak di Jalan Jenderal Sudirman Kav. 31-34 Balikpapan, hotel Bintang hanya berjarak beberapa langkah dari Pantai Kemala. Di sini, Anda bisa memilih tiga tipe kamar pilihan, yaitu Executive untuk dua orang tamu, serta Triple Bed dan Bintang Suite yang masing-masing bisa ditempati oleh tiga orang tamu.

Masing-masing kamar memiliki beragam jenis fasilitas yang memadai. Ada Wi-Fi, TV kabel, AC, kamar mandi pribadi dengan pancuran, meja tulis, pengering rambut, serta gratis sarapan.

Untuk acara pertemuan besar, seperti workshop atau seminar, hotel di Balikpapan ini sudah menyiapkan fasilitas ruangan besar yang mampu menampung hingga lebih dari 100 orang. Selain itu, ada juga beberapa fasilitas umum lain, seperti area merokok, ruang keluarga, penatu (laundry), restoran, serta layanan penitipan bagasi.

Jika ingin menginap di hotel murah ini, Anda bisa memesan kamar jauh-jauh hari. Sementara itu, biaya yang Anda butuhkan mulai dari Rp284.000 per malam.

Hotel Bintang 2 di Balikpapan

Kedua akomodasi bintang 2 berikut ini menawarkan kenyamanan menginap berupa ruang-ruang berinterior elegan, serta fasilitas yang cukup lengkap di Balikpapan:

City Hotel Balikpapan

City Hotel Balikpapan berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No. 45. Hotel ini hanya berjarak sekitar 1 km dari Pantai Kemala dan 500 m dari The Plaza Balikpapan.

Di setiap kamar hotel, Anda akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas menarik, antara lain Wi-Fi gratis, kulkas, AC, perlengkapan mandi, pancuran, sarapan gratis, serta TV layar datar. Sementara itu, fasilitas umum yang bisa Anda manfaatkan meliputi restoran, penatu, elevator, brankas, dan ruang keluarga.

Selain itu, ada juga fasilitas fotokopi dan faksimile untuk Anda yang perlu berurusan dengan dokumen. Apabila ingin menginap di hotel murah ini, Anda bisa membayar dengan harga sewa kamar mulai dari Rp290.000 per malam.

Hotel Sepinggan Syariah

Hotel dengan desain yang memadukan konsep budaya Kalimantan dan gaya modern ini berada di Jalan Marsma R Iswahyudi No. 60, Sepinggan Raya, Balikpapan. Di hotel ini, sudah tersedia dua tipe kamar, yakni Superior dan Deluxe yang menawarkan berbagai fasilitas agar Anda merasa nyaman dan betah selama menginap.

Anda bisa mendapatkan sarapan gratis setiap pagi, membuat kopi atau teh dengan mesin yang tersedia, serta menggunakan akses internet gratis. Selain itu, ada juga TV, AC, perlengkapan mandi, kulkas, dan kamar mandi bathtub untuk memanjakan Anda selama beristirahat di Hotel Sepinggan Syariah.

Hotel di Balikpapan ini juga cukup ramah untuk para penyandang disabilitas. Ada akses jalan khusus kursi roda di lokasi parkir, ruang-ruang hotel, dan kamar mandi. Dengan demikian, mereka bisa dengan mudah menggunakan fasilitas hotel sebagaimana para tamu hotel lainnya.

Selain itu, masih ada beberapa fasilitas lain, seperti kafe, transportasi di sekitar hotel, penyewaan mobil, dan layanan antar-jemput di bandara. Ada juga fasilitas pendukung kegiatan bisnis, seperti mesin fotokopi, layanan sekretaris, ruang rapat, dan proyektor. Jika ingin menginap di akomodasi yang nyaman ini, biaya terendah yang perlu Anda keluarkan adalah sekitar Rp330.000 per malam.

Hotel Bintang 3 di Balikpapan

Apabila Anda menghendaki menginap di akomdasi kelas menengah dengan fasilitas kemewahan dan desain interior yang menawan, beberapa penginapan di Balikpapan berikut ini layak untuk Anda pilih:

Hotel Zurich Balikpapan

Tempat menginap mewah ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman No. 81 Balikpapan. Dengan desain ruangan modern yang tampak hangat dan elegan, hotel ini akan membuat Anda merasa betah dan senang berlama-lama menginap.

Di setiap kamar penginapan ini, Anda akan mendapati berbagai fasilitas yang memadai. Ada mesin pembuat kopi dan teh, AC, kulkas, pengering rambut, brankas, Wi-Fi,  perlengkapan mandi, dan bathtub.

Untuk kebutuhan bersantai dan memanjakan diri, hotel di Balikpapan ini memiliki fasilitas layanan pijat, pusat kebugaran, kafe, dan restoran. Sementara untuk layanan akomodasi perjalanan, Anda bisa memanfaatkan fasilitas antar-jemput bandara dan persewaan mobil. Selain itu, ada juga fasilitas bisnis berupa ruang rapat dan perjamuan, serta fasilitas fotokopi. Harga terendah untuk menginap di Hotel Zurich bisa Anda peroleh mulai dari Rp388.000 per malam.

Hakaya Plaza Hotel

Hotel yang berada di kawasan bandara dan dekat dengan pusat perbelanjaan ini terletak di Jalan Marsma R Iswahyudi, Balikpapan. Hotel murah ini memiliki penawaran khusus untuk Anda yang ingin menginap hanya dalam waktu 6 jam, 3 jam, atau hanya 1 jam, dengan harga mulai dari Rp175.000 saja.

Penginapan di Balikpapan ini memiliki lima pilihan kamar dengan desain mewah dan elegan. Anda bisa memilih kamar Superior, Deluxe, Executive, Deluxe Suite, atau Attic Suite. Masing-masing sudah dilengkapi dengan tempat tidur ukuran besar yang nyaman, brankas, pancuran di kamar mandi, mesin pembuat kopi dan teh, Wi-Fi, dan sarapan gratis.

Hotel kelas menengah ini juga menawarkan berbagai fasilitas kenyamanan yang lengkap untuk bersantai, berolahraga, rapat, kuliner, relaksasi, hingga menggelar acara pernikahan. Beberapa fasilitas yang tersedia meliputi D’Sepinggan restoran, d’Sepinggan Lounge, ruang pertemuan, Melur Spa and Massage, dan aula besar untuk pesta.

Apabila menginginkan kemudahan transportasi ke hotel, Anda tidak perlu khawatir. Pihak hotel sudah menyediakan fasilitas antar-jemput di bandara secara gratis. Jika ingin menginap selama 1 malam, Anda akan dikenai biaya mulai dari Rp450.000.

Hotel Bintang 4 di Balikpapan

Berikut adalah akomodasi mewah di Balikpapan yang menawarkan fasilitas lengkap dengan harga yang masih ramah di kantong:

Platinum Balikpapan Hotel and Convention Hall

Platinum Balikpapan Hotel and Convention Hall  merupakan hotel di Balikpapan berbintang 4 yang menawarkan kenyamanan maksimal dengan kemewahan serta fasilitas berstandar internasional. Hotel ini tidak hanya cocok untuk mengakomodasi kebutuhan menginap saat melakukan perjalanan bisnis ke Balikpapan, tetapi juga cocok untuk akomodasi liburan bersama keluarga.

Platinum Balikpapan Hotel and Convention Hall memiliki 200 kamar mewah dan suite. Di setiap ruang kamar, terdapat fasilitas dengan kualitas terbaik yang bisa membuat waktu singgah Anda terasa lebih berkesan.

Hotel di Balikpapan ini sudah menyediakan kamar mandi mewah dengan pancuran, perlengkapan mandi, ruangan ber-AC, Wi-Fi, pengering rambut,  TV, kulkas, dan mesin pembuat kopi. Setiap tempat tidur juga ditempatkan sedemikian rupa agar Anda bisa menikmati pemandangan yang indah melalui jendela.

Untuk bersantai dan menikmati sajian kuliner, sudah ada lima kafe dan restoran yang menyediakan menu beragam, mulai dari kue, kuliner khas nusantara, hingga menu masakan luar negeri. Sementara untuk kebutuhan acara bisnis, Anda bisa memanfaatkan ruang pertemuan dan aula besar yang sudah dirancang dengan desain elegan.

Fasilitas umum lain yang bisa memanjakan diri Anda, antara lain kolam renang, spa, dan pusat kebugaran. Sementara jika Anda membawa serta anak-anak, pihak hotel juga sudah menyediakan arena bermain anak di dalam ruangan, serta kolam renang khusus anak. Jika ingin menginap di sini, Anda bisa membayar biaya mulai dari Rp470.000 per malam. Tarif yang murah untuk akomodasi sekelas bintang 4.

Hotel Bintang 5 di Balikpapan

Berikut ini adalah satu akomodasi mewah dengan segala kelengkapan sempurna dan pelayanan terbaik yang ada di Balikpapan:

Grand Jatra Hotel Balikpapan

Pilihan hotel termewah di Balikpapan terbaik untuk Anda adalah Grand Jatra Hotel Balikpapan. Dengan kategori bintang 5, penginapan ini akan memberikan sensasi kemewahan ala istana, serta pelayanan terbaik kelas dunia.

Hotel yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No. 47 Balikpapan ini memiliki enam pilihan kamar, mulai dari tipe Standar, Superior, Deluxe, Business Suite, hingga Executive Suite. Setiap kamar juga dilengkapi beragam sarana yang lengkap dengan standar kualitas internasional.

Di dalam kamar, Anda bisa menemukan ruangan yang nyaman, AC, alat pendeteksi asap, brankas, TV kabel, mesin pembuat kopi, sandal, Wi-Fi berkecepatan tinggi, perlengkapan mandi, kamar mandi mewah, ruang duduk, meja tulis, serta pemandangan yang indah dari jendela kamar.

Jika ingin menghabiskan waktu bersantai dengan kolega, Anda bisa ke J’Cuvèe Lounge and Bar. Untuk menikmati sajian kuliner, Anda bisa berkunjung ke The Bellagio Restaurant. Namun, apabila ingin bersantap di dalam kamar, Anda bisa memanfaatkan fasilitas In Room Dining. Ada juga fasilitas TGIF BBQ di tepi kolam renang, yang menyajikan menu bakar-bakar (barbecue), dengan diiringi musik dari penampilan band akustik.

Selama berada di hotel ini, Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti perawatan tubuh di spa dan berolahraga di pusat kebugaran. Sementara untuk Anda yang hobi memasak, ada kelas memasak yang dipandu oleh para koki profesional kelas dunia.

Hotel di Balikpapan ini juga memiliki ruang pertemuan dan aula besar untuk berbagai acara. Bahkan, Anda juga bisa memercayakan semua kebutuhan dan perlengkapan acara, seperti seminar, rapat, jamuan, perayaan ulang tahun, atau pesta pernikahan kepada Grand Jatra Hotel. Jika ingin menginap di hotel termewah di Balikpapan ini, Anda bisa membayar biaya sewa kamar mulai dari Rp920.000 per malam.

Kini semakin mudah untuk menjelajah Balikpapan, Anda bisa melakukan pemesanan paket tiket pesawat dan hotel pilihan Anda untuk liburan. Harga lebih murah, hemat waktu dan perjalanan Anda ke Balikpapan lebih terencana dengan paket wisata Balikpapan di Traveloka.

 

Objek Wisata di Balikpapan

Berikut ini adalah tempat-tempat menarik di Balikpapan yang wajib Anda sambangi:

Taman Bekapai

Taman Bekapai terletak di pusat kota Balikpapan, tepatnya di Jalan Sudirman. Taman ini juga menjadi kebanggaan warga Balikpapan. Terdapat air mancur yang keluar dari patung perunggu yang berada tepat di tengah taman. Pada malam hari, lampu berwarna keemasan akan membuat air mancurnya mirip semburan minyak bumi. Di sekitar Taman Bekapai terdapat bangku-bangku dan pepohonan, taman ini bisa dijadikan tempat untuk beristirahat di tengah berkeliling Balikpapan.

Pantai Kemala

Pantai Kemala terletak tak jauh dari Taman Bekapai dan di belakang gedung perkantoran. Jika Anda sedang berada di Balikpapan dan merindukan suasana Bali, Anda bisa datang ke pantai ini. Pantai Kemala juga disebut Pantai Jimbaran ala Balikpapan. Berbeda dengan Pantai Jimbaran yang luas, Pantai Kemala ini lebih kecil, namun suasana Bali terasa di sini. Jika di Pantai Jimbaran terdapat berderet resto seafood, di Pantai Kemala ini hanya ada satu resto seafood, yang dinamai D’Jimbaran Resto.

Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran buaya seluas 6 ha ini menampung ribuan ekor buaya. Terletak di Jl. Mulawarman no. 66, Desa Teritip, terdapat tiga jenis buaya di penangkaran ini, antara lain: Buaya Muara, Buaya Supit dan Buaya Air Tawar. Tak hanya buaya, di Penangkaran Buaya Teritip ini Anda juga bisa melihat atraksi binatang lainnya, seperti: gajah, monyet dan kura-kura. Anda juga bisa ikut memberi makan buaya dengan membeli ayam sebagai makanan buaya, seharga Rp 10.000 per ekornya. Lokasi ini cocok jika Anda datangi bersama anak-anak.

Jika tak menggunakan kendaraan pribadi, dari terminal Damai, Anda bisa naik mikrolet no. 7 yang berwarna hijau tua. Tempat ini buka setiap hari, pukul 08-00 – 17.00 WIB. Harga masuknya sekitar Rp10.000.

Kilang Minyak Balikpapan

Terkenal sebagai kota dengan pertambangan minyaknya, kilang minyak di Balikpapan menjadi objek wisata menarik bagi warga setempat maupun pengunjung. Kilang minyak yang dikelola Pertamina ini menjadi kebanggaan warga Balikpapan. Warga setempat seringkali menyarankan pengunjung ke kilang minyak ini, mereka mengatakan, ‘belum ke Balikpapan jika belum melihat kilang minyak.’  Meskipun kilang minyak ini merupakan tempat tertutup untuk umum, namun banyak orang yang datang untuk melihat secara langsung kilang minyak seluas 2.5 meter persegi ini. Anda tidak diperbolehkan mengambil gambar di wilayah ini.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Tips Wisata di Balikpapan

Saat berkunjung di Balikpapan, ada baiknya jika Anda memerhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Pelajari sedikit bahasa setempat, Anda bisa membeli barang dengan harga yang lebih murah jika Anda menggunakan bahasa setempat saat menawar. Di Balikpapan sendiri bahasa yang sering dugunakan adalah Bahasa Paser, Bahasa Kutai dan Bahasa Banjar. Beberapa pendatang yang menetap di Balikpapan masih banyak yang menggunakan bahasa daerahnya, seperti: Bahasa Bugis, Jawa dan Madura. Jika Anda berasal dari daerah yang bahasanya digunakan oleh penjual, Anda bisa mencoba menawar menggunakan bahasa tersebut.

  • Jika Anda penyuka kuliner ekstrem, Anda bisa mencoba beberapa makanan yang berbahan buaya di Penangkaran Buaya Teritip, seperti sate buaya.

  • Jangan lupa mencicipi masakan serba kepiting ketika berada di Balikpapan. Anda bisa mampir ke Rumah Makan Torani yang terletak di kawasan Jalan Sudirman, segala menu seafood ada di sana. Rumah makan ini bahkan memiliki jejaring sosial yang telah memiliki ribuan pengikut.

  • Menginap di hotel murah adalah pilihan terbaik bagi Anda yang datang berkunjung ke Balikpapan dengan bujet terbatas.

 

Hotel di Balikpapan Lainnya

 

 

evtbvsrwfq