peringatan

Hotel di Balikpapan

Kalimantan Timur, Indonesia · 151 hotel tersedia

Cari hotel murah & promo dengan cepat dan mudah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar hotel di Balikpapan

Aston Balikpapan Hotel and Residence

Jalan Jendral Sudirman No. 7, Balikpapan, Indonesia, 76114

8.3 / 10

Sangat Baik

Whiz Prime Hotel Balikpapan

Jl. Jend. Sudirman No. 321, Balikpapan, Indonesia, 76114

8.2 / 10

Sangat Baik

Grand Tjokro Balikpapan

Jalan Marsma R.Iswahyudi Rt.03 No.21 Sepinggan, Balikpapan, Indonesia, 76115

8.6 / 10

Sangat Baik

Hotel Zurich Balikpapan

Jalan Jenderal Sudirman No. 81, Balikpapan, Indonesia, 76114

8.3 / 10

Sangat Baik

Hotel Pacific Balikpapan

Jl. Jend. A. Yani No: 33, Gn. Sari Ilir, Balikpapan Tengah, Balikpapan, Indonesia, 76121

8.4 / 10

Sangat Baik

Swiss-Belhotel Balikpapan

Jalan Jendral Sudirman, Komplek Borneo Ocean Square , Balikpapan, Indonesia, 76113

8.3 / 10

Sangat Baik

Hakaya Plaza Hotel

Jalan Marsma R Iswahyudi, Balikpapan, Indonesia, 76115

8.5 / 10

Sangat Baik

Le Grandeur Balikpapan

Jalan Jendral Sudirman, Balikpapan, Indonesia, 76114

8.3 / 10

Sangat Baik

Swiss-Belinn Balikpapan

Sudirman Square Jalan Jend Sudirman No.345 Balikpapan, Balikpapan, Indonesia, 76114

8.2 / 10

Sangat Baik

PLATINUM BALIKPAPAN HOTEL & CONVENTION HALL

Jl. Soekarno Hatta no.28, Balikpapan, Indonesia, 76136

8.7 / 10

Sangat Baik

favehotel M.T Haryono Balikpapan

Jalan MT. Haryono No.78, Balikpapan, Indonesia, 76114

8.3 / 10

Sangat Baik

Hotel Nuansa Indah

Jln. Jendral Sudirman No.1, Balikpapan, Indonesia, 76114

8.0 / 10

Sangat Baik

Grand Jatra Hotel Balikpapan

JL Jenderal Sudirman No.47, Balikpapan Super Block, Balikpapan, Indonesia, 76114

8.4 / 10

Sangat Baik

Best Inn Hotel Balikpapan

Jalan M.T. Haryono no. 77, Balikpapan, Indonesia, 76114

8.1 / 10

Sangat Baik

Hotel Menara Bahtera

Jln. Jendral Sudirman No 2 , Balikpapan, Indonesia, 76113

8.2 / 10

Sangat Baik

Novotel Balikpapan

Jl Brigjen Ery Suparjan No 2, , , Balikpapan, Indonesia, 76112

7.9 / 10

Baik

Quest Hotel Balikpapan

Jalan Jendral Sudirman, Balikpapan Super Blok No.H 11, Balikpapan, Indonesia, 76114

8.4 / 10

Sangat Baik

Mirama Hotel

Jalan APT. Pranoto No 16, Balikpapan, Indonesia, 76121

7.9 / 10

Baik

Mega Lestari

Jl. Ars Muhammad No. 32 Klandasan - Balikpapan, Balikpapan, Indonesia, 76113

7.8 / 10

Baik

The New Benakutai Hotel and Apartment

Jalan Jendral A Yani No.33, Balikpapan, Indonesia, 76113

7.5 / 10

Baik

hotel lainnya

Tentang

Salah satu kota di provinsi Kalimantan Timur ini dikenal sebagai Kota Minyak. Sebagai satu-satunya kota metropolitan di Kalimantan yang kaya dengan dengan sumber daya minyaknya, Balikpapan mampu menata infrastrukturnya dengan baik.

 

Meskipun tergolong kota kecil jika dibandingkan kota-kota metropolitan lain di Indonesia, Balikpapan sudah dibangun berbagai fasilitas pendukung untuk wisatawan yang berkunjung. Beberapa hotel berbintang dan pusat perbelanjaan telah dibangun di Balikpapan.

 

Kota Balikpapan merupakan kota yang ramah wisatawan. Kota ini masih memiliki udara yang bersih sehingga nyaman untuk didatangi bersama keluarga juga anak-anak. Banyak objek wisata menarik yang bisa dikunjungi, di antaranya: Taman Bekapai, Penangkaran Buaya Teritip dan Pantai Kemala. Jika Anda membawa anak-anak, akan menarik untuk berkunjung pula ke Penangkaran Buaya Teritip.

 

Sejarah

Membahas sejarah kota Balikpapan artinya membahas mengenai pertambangan minyak. Sumur Mathilda menjadi bagian penting dalam sejarah minyak di Balikpapan. Sumur pengeboran minyak pertama yang dibangun di Balikpapan pada tanggal 10 Februari 1897 ini terletak di kaki gunung Kemendur, Balikpapan. Nama Mathilda diambil dari nama anak JH Menten, pemilik perusahaan yang memenangkan hak konsesi pengeboran minyak di masa kolonial. Tanggal 10 Februari kemudian ditetapkan sebagai hari jadi kota Balikpapan.

 

Selain mengenai sumur Mathilda, ada pula cerita tentang asal nama Balikpapan. Balikpapan dikaitkan dengan nama sebuah desa yang terletak tiga mil dari pantai, Bilipapan. Desa Bilipapan itulah yang saat ini dikenal dengan nama Balikpapan. Perubahan dari Bilipapan ke Balikpapan dimungkinkan karena masalah pengucapan dan pendengaran pada awalnya, yang kemudian berlangsung sampai saat ini menjadi Balikpapan.

 

Cara ke Balikpapan

Melalui udara

Perjalanan ke Balikpapan dengan menggunakan pesawat terbang akan mendarat di Bandara Internasional Sepinggan (BPN).

 

Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax

  • Penerbangan domestik: Rp 75.000
  • Penerbangan internasional: Rp 200.000

(efektif per 1 April 2014)

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Transportasi dari dan ke bandara

Bandara Internasional Sepinggan (BPN) hanya berjarak 4.5 km dari pusat kota Balikpapan. Ada beberapa pilihan transportasi yang bisa digunakan:

Taksi

Di Bandara Internasional Sepinggan (BPN) ada satu perusahaan taksi resmi, yaitu Kokapura. Untuk ke pusat kota Balikpapan, Anda dikenakan tarif Rp 45.000. Anda juga bisa menggunakan taksi lain yang ada di sekitar bandara, taksi-taksi ini umumnya menggunakan argo meter.

 

Angkutan Kota

Jika ingin lebih berhemat, Anda bisa menggunakan angkutan kota atau yang biasa disebut mikrolet di Balikpapan. Namun Anda harus berjalan keluar bandara sekitar 200 meter. Anda bisa menemukan mikrolet di jalan raya, di luar bandara. Untuk mencapai pusat kota Balikpapan, Anda menggunakan mikrolet no 7, berwarna hijau tua. Tarif yang dikenakan adalah Rp 3.000 saja, dalam waktu 15 – 20 menit, Anda bisa sampai ke pusat kota.

 

(harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Melalui laut

Balikpapan tergolong mudah untuk diakses melalui laut. Di Balikpapan terdapat beberapa pelabuhan, diantaranya: Pelabuhan Semayang dan Pelabuhan Karingau. Kapal Pelni (dan beberapa kapal swasta lain) menuju Balikpapan berangkat dari Surabaya dan Makassar. Waktu yang ditempuh berkisar 25 jam atau lebih sesuai keadaan cuaca.

Tarif Pelni berkisar dari mulai Rp 200.000 (dari Makassar) dan Rp 350.000 (dari Surabaya)

 

(harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Melalui darat

Melalui darat, Balikpapan dapat diakses dari Samarinda, Bontang dan Banjarmasin. Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan bus antar kota yang akan berhenti di terminal Batu Ampar, Balikpapan.

 

Transportasi di Balikpapan

Angkutan kota

Cara murah berkeliling Balikpapan adalah dengan menggunakan angkot atau mikrolet, karena selain murah, mikrolet di sini juga melewati hampir semua jalanan di Balikpapan. Terdapat tujuh nomor mikrolet di Balikpapan dengan masing-masing warna dan rutenya. Tarif yang dikenakan adalah Rp 3.000 per orang sekali jalan dan akan naik menjadi Rp 10.000 jika tujuan Anda lebih dari 15 km. Mikrolet beroperasi dari jam 05.00 sampai dengan 22.00. Penduduk setempat juga menyebut mikrolet dengan nama ‘taksi’. Sedangkan taksi yang sebenarnya, mereka sebut dengan ‘taksi argo’.

 

Taksi

Taksi di Balikpapan ini disebut ‘taksi argo’, hal ini dilakukan untuk membedakannya dengan mikrolet yang juga seringkali mereka sebut sebagai taksi. Terdapat empat perusahaan taksi di Balikpapan.

 

Ojek sepeda motor

Anda bisa menggunakan ojek sepeda motor untuk lokasi-lokasi yang tak dilewati mikrolet. Tarif ojek mulai dari Rp 10.000 dan dapat meningkat sesuai tujuan Anda.

 

(harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Objek wisata

Taman Bekapai

Taman Bekapai terletak di pusat kota Balikpapan, tepatnya di Jalan Sudirman. Taman ini juga menjadi kebanggaan warga Balikpapan. Terdapat air mancur yang keluar dari patung perunggu yang berada tepat di tengah taman. Pada malam hari, lampu berwarna keemasan akan membuat air mancurnya mirip semburan minyak bumi. Di sekitar Taman Bekapai terdapat bangku-bangku dan pepohonan, taman ini bisa dijadikan tempat untuk beristirahat di tengah berkeliling Balikpapan.

 

Pantai Kemala

Pantai Kemala terletak tak jauh dari Taman Bekapai dan di belakang gedung perkantoran. Jika Anda sedang berada di Balikpapan dan merindukan suasana Bali, Anda bisa datang ke pantai ini. Pantai Kemala juga disebut Pantai Jimbaran ala Balikpapan. Berbeda dengan Pantai Jimbaran yang luas, Pantai Kemala ini lebih kecil, namun suasana Bali terasa di sini. Jika di Pantai Jimbaran terdapat berderet resto seafood, di Pantai Kemala ini hanya ada satu resto seafood, yang dinamai D’Jimbaran Resto.

 

Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran buaya seluas 6 ha ini menampung ribuan ekor buaya. Terletak di Jl. Mulawarman no. 66, Desa Teritip, terdapat tiga jenis buaya di penangkaran ini, antara lain: Buaya Muara, Buaya Supit dan Buaya Air Tawar. Tak hanya buaya, di Penangkaran Buaya Teritip ini Anda juga bisa melihat atraksi binatang lainnya, seperti: gajah, monyet dan kura-kura. Anda juga bisa ikut memberi makan buaya dengan membeli ayam sebagai makanan buaya, seharga Rp 10.000 per ekornya. Lokasi ini cocok jika Anda datangi bersama anak-anak. Jika tak menggunakan kendaraan pribadi, dari terminal Damai, Anda bisa naik mikrolet no. 7 yang berwarna hijau tua.

Buka: setiap hari, 08-00 – 17.00

HTM: Rp 10.000

 

(harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Kilang Minyak Balikpapan

Terkenal sebagai kota dengan pertambangan minyaknya, kilang minyak di Balikpapan menjadi objek wisata menarik bagi warga setempat maupun pengunjung. Kilang minyak yang dikelola Pertamina ini menjadi kebanggaan warga Balikpapan. Warga setempat seringkali menyarankan pengunjung ke kilang minyak ini, mereka mengatakan, ‘belum ke Balikpapan jika belum melihat kilang minyak.’  Meskipun kilang minyak ini merupakan tempat tertutup untuk umum, namun banyak orang yang datang untuk melihat secara langsung kilang minyak seluas 2.5 meter persegi ini. Anda tidak diperbolehkan mengambil gambar di wilayah ini.

 

Tips Wisata di Balikpapan

  • Pelajari sedikit bahasa setempat, Anda bisa membeli barang dengan harga yang lebih murah jika Anda menggunakan bahasa setempat saat menawar. Di Balikpapan sendiri bahasa yang sering dugunakan adalah Bahasa Paser, Bahasa Kutai dan Bahasa Banjar. Beberapa pendatang yang menetap di Balikpapan masih banyak yang menggunakan bahasa daerahnya, seperti: Bahasa Bugis, Jawa dan Madura. Jika Anda berasal dari daerah yang bahasanya digunakan oleh penjual, Anda bisa mencoba menawar menggunakan bahasa tersebut.

  • Jika Anda penyuka kuliner ekstrim, Anda bisa mencoba beberapa makanan yang berbahan buaya di Penangkaran Buaya Teritip, seperti sate buaya.

  • Jangan lupa mencicipi masakan serba kepiting ketika berada di Balikpapan. Anda bisa mampir ke Rumah Makan Torani yang terletak di kawasan Jalan Sudirman, segala menu seafood ada di sana. Rumah makan ini bahkan memiliki jejaring sosial yang telah memiliki ribuan pengikut.


Hotel di Balikpapan Lainnya