peringatan

Hotel Murah di Balikpapan, Indonesia

8.3/10

Sangat Baik

Best Inn Hotel Balikpapan

Balikpapan Selatan

8.1/10

Sangat Baik

City Hotel Balikpapan

Pusat Kota Balikpapan

7.3/10

Baik

Star Hill Hotel Balikpapan

Pusat Kota Balikpapan

8.3/10

Sangat Baik

Hotel Buana Lestari

Pusat Kota Balikpapan

8.3/10

Sangat Baik

Bintang Hotel Balikpapan

Pusat Kota Balikpapan

7.1/10

Baik

Aiqo Hotel

Pusat Kota Balikpapan

8.1/10

Sangat Baik

8.5/10

Sangat Baik

Golden Snail Guest House

Pusat Kota Balikpapan

8.7/10

Sangat Baik

My Home Guesthouse Balikpapan

Pusat Kota Balikpapan

7.8/10

Baik

Fortuna Guest House

Pusat Kota Balikpapan

7.7/10

Baik

Hotel Sepinggan Syariah

Balikpapan Selatan

8.2/10

Sangat Baik

Sentosa 76 Guest House

Pusat Kota Balikpapan

7.6/10

Baik

6.3/10

Lumayan

8.5/10

Sangat Baik

ESAI - rumah semua

Balikpapan Selatan

9.1/10

Istimewa

8.7/10

Sangat Baik

Wisma Cahaya Abadi

Balikpapan Selatan

7.5/10

Baik

8.2/10

Sangat Baik

Athar 88 Hotel

Balikpapan Selatan

7.7/10

Baik

Seroja Hotel Syariah

Pusat Kota Balikpapan

8.3/10

Sangat Baik

Rina Guest House Syariah

Balikpapan Utara

8.9/10

Sangat Baik

Hotel Sejati

Pusat Kota Balikpapan

7.9/10

Baik

Hotel Herly Balikpapan

Pusat Kota Balikpapan

7.6/10

Baik

Sentosa Guest House

Pusat Kota Balikpapan

Rajawali Guesthouse

Balikpapan Selatan

Cozy Room at Kamilah Guesthouse

Pusat Kota Balikpapan

Hotel Mitra Amanah Syariah

Pusat Kota Balikpapan

7.5/10

Baik

Palm Hijau Syariah Guest House

Pusat Kota Balikpapan

  • 2 

Tentang

Balikpapan merupakan salah satu kota di Kalimantan Timur yang namanya sudah dikenal masyarakat luas. Balikpapan disebut-sebut sebagai kota paling maju di seluruh Pulau Kalimantan. Banyak wisatawan yang datang ke Balikpapan untuk menikmati wisata alamnya yang belum banyak diekspos. Para backpacker sering bermalam dengan menyewa hotel murah di Balikpapan agar bisa menjelajahi kota ini secara menyeluruh.

Hotel Murah di Balikpapan

Balikpapan memang terkenal sebagai kota dengan biaya hidup paling tinggi di Indonesia. Kenyataannya, Anda tetap bisa menjelajahi kota ini dengan bujet hemat ala backpacker. Beberapa hotel murah di Balikpapan berikut ini pun menawarkan pengalaman bermalam terbaik lengkap bersama tarif ekonomis:

Hotel murah bintang 1 di Balikpapan

Berikut adalah pilihan penginapan bintang 1 di Balikpapan dengan tarif ramah di kantong para wisatawan, terlebih backpacker:

Aiqo Hotel

Hotel bujet yang satu ini adalah pilihan terbaik bagi Anda yang ingin menjelajahi  Balikpapan dari pusat kota. Aiqo Hotel terletak di sentral kota, berjarak hanya sekitar 300 meter dari pusat perbelanjaan terbesar Balikpapan, Plaza Balikpapan. Dari Monumen Perjuangan Rakyat yang bersejarah juga hanya terpisah sejauh 1,7 km. 

Dari luar, hotel murah di Balikpapan yang menjadi favorit bacpacker ini memang tidak terlihat terlalu besar. Akan tetapi, fasilitas Aiqo Hotel sama sekali tidak mengecewakan. Hanya dengan tarif di bawah Rp300.000 per malam, Anda bisa menikmati kamar dengan tempat tidur yang sangat nyaman dan bersih serta bebas asap rokok, AC, televisi layar datar, serta koneksi Wi-Fi  gratis. 

Bintang Hotel Balikpapan

Hanya 15 menit perjalanan dari bandar udara, Bintang Hotel Balikpapan bisa menjadi pilihan akomodasi Anda yang sangat pas selama berada di Balikpapan. Bagian luar hotel murah di Balikpapan ini didominasi warna abu-abu dengan dekorasi batu alam yang berpadu apik dengan pencahayaan lampu saat malam hari. Saat memasuki lobi, Anda akan merasakan nuansa klasik hotel dari hotel murah di Balikpapan ini. 

Bila Anda datang bersama dua rekan lainnya, Anda tidak perlu memesan dua kamar. Bintang Hotel Balikpapan menyediakan tipe kamar yang memuat tiga orang tamu. Kamarnya pun lengang, membuat Anda bebas dan leluasa. Mulai dari tarif di bawah Rp300.000 Anda sudah bisa menikmati kamar yang nyaman lengkap dengan kamar mandi dalam, AC, televisi, akses Wi-Fi, dan sarapan.

My Home Guesthouse Balikpapan

Meski ketersediaan lahan di pusat kota semakin sedikit, bukan berarti tidak ada kesempatan untuk mengembangkan usaha di sektor properti. Kenyataannya, semakin banyak hotel-hotel minimalis modern yang muncul di kawasan perkotaan, terutama di kota-kota besar seperti Balikpapan. Kawasan pusat kota yang padat kini banyak diramaikan pula dengan berbagai hotel bujet, salah satunya adalah My Home Guesthouse.

My Home Guesthouse Balikpapan terletak di jantung kota, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman. Kendati dibangun di atas lahan terbatas dengan jumlah kamar 19, ruangan hotel murah di Balikpapan ini tak lantas menjadi sempit. Ruang untuk mobilitas dalam kamar juga sangat cukup, demikian pula dengan kamar mandinya. 

Penginapan low cost ini pun sebenarnya tidak hanya cocok bagi para backpacker, tapi juga untuk Anda yang melakukan perjalanan bisnis dan membutuhkan penginapan dengan lokasi strategis. Tarif bermalam di penginapan murah ini dimulai dari Rp248.000.

The Luxe

The Luxe berlokasi di Jalan Jendral Ahmad Yani RT 55 No. 37, Balikpapan. Hotel murah di Balikpapan ini menyediakan 22 kamar dengan tiga tipe. Tipe pertama adalah Standard yang memiliki kapasitas hanya untuk satu orang saja. Tipe kedua dan ketiga adalah Superior dan Deluxe, masing-masing berkapasitas dua orang.

Seluruh kamar di The Luxe didesain dengan konsep minimalis modern. Kesan hangat dan ringkas akan segera Anda dapatkan ketika memasuki ruangan. Masing-masing kamar juga sudah dilengkapi dengan kamar mandi dalam lengkap dengan peralatan mandinya, AC dan Wi-Fi. Tarif menginap di hotel bujet ini dimulai dari Rp238.000 per malam.

Hotel murah bintang 2 di Balikpapan

Pilihan selain hotel bujet bintang 1 di Balikpapan, terdapat juga hotel murah bintang 2 yang bisa Anda sewa untuk bermalam. Berikut di antaranya:

Athar 88 Hotel

Hotel yang belum terlalu lama beroperasi ini berada di kawasan Balikpapan Selatan. Meski Athar 88 Hotel merupakan hotel bintang 2, fasilitasnya tidak kalah dengan penginapan lainnya di kelasnya. Hotel yang sebenarnya masuk dalam kategori hotel melati ini rupanya menyediakan sebuah kamar President Suite yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas mahal dan elegan. Tarif menginap yang dipasang hotel murah di Balipapan ini mulai dari Rp300.000.

Athar 88 Hotel berada di Jalan Manunggal III, hanya sekitar 800 meter dari Universitas Balikpapan. Setiap kamar didominasi warna putih dan furnitur berpelitur dengan warna biji salak. Selain itu, penataan perabotan kamar yang ringkas dan tepat menjadikan kamar semakin terkesan luas. Ditambah dengan pelayanan yang ramah dan sigap, hotel murah di Balikpapan ini akan memberikan pengalaman menginap yang menyenangkan dan memuaskan.

City Hotel Balikpapan

Hotel bintang 2 ini berlokasi di Jl. Jend. Sudirman No. 45, Balikpapan. City Hotel Balikpapan memiliki 73 kamar dengan tipe Business, Deluxe, dan City Suite. Fasilitas standar tiap kamar yang menggunakan parket kayu ini tersedia lengkap, seperti kulkas, AC, akses Wi-Fi, kamar mandi dengan pancuran, dan televisi layar datar yang digantung pada papan dinding. Pusat kebugaran pun tersedia di penginapan ekonomis ini.

Dari luar, bangunan hotel murah di Balikpapan yang satu ini cukup menarik perhatian. Bagian luar bangunan tiga lantai ini dilapisi batu-batu alam berwarna abu kehitaman di bagian pinggir, sementara bagian tengahnya menggunakan kaca. Lampu-lampu berwarna kuning yang menyala sejak sore saat hari mulai gelap membuat City Hotel bersinar gemerlap.

Hotel Herly Balikpapan

Berbeda dengan hotel-hotel sebelumnya, hotel murah di Balikpapan satu ini bernuansa syariah. Tentu saja, tamu yang menginap dalam satu kamar yang sama haruslah mahram bagi satu dan lainnya. Apabila Anda menginap di hotel ini dan menerima tamu lawan jenis yang bukan menjadi mahram Anda, pintu kamar harus selalu dalam keadaan terbuka. Tarif menginap di hotel murah ini mulai dari Rp309.600.

Terlepas dari konsep syariah yang diterapkan, Hotel Herly Balikpapan merupakan hotel berbujet rendah yang banyak direkomendasikan. Lokasinya sangat strategis karena berada di kawasan pusat bisnis, tepatnya di Jalan MT Haryono RT 11 No. 48, Jembatan PDAM, Balikpapan. Akses ke berbagai tempat penting di Balikpapan pun sangat mudah dicapai dari Hotel Herly Balikpapan. Selain penginapan, Hotel Herly Balikpapan juga dilengkapi ruang pertemuan yang luas, restoran, dan kedai kopi.

Hotel murah bintang 3 di Balikpapan

Bagi Anda yang ingin menginap di hotel bujet bintang 3 di Balikpapan, berikut pilihannya:

Mega Lestari

Mega Lestari merupakan hotel bintang 3 yang terletak di Jl. Ars Muhammad No. 32, Klandasan, Balikpapan. Penginapan low budget ini menggabungkan unsur modern minimalis dan tradisional: Mediterania, Eropa klasik, dan Timur Tengah. Perpaduan ini menghadirkan kesan hangat, bersahabat, dan nyaman.

Tiap kamar hotel murah di Balikpapan ini dilengkapi dengan AC, meja, televisi, kulkas, dan fasilitas standar hotel bintang 3 lainnya. Tarif bermalam di penginapan murah ini mulai dari Rp310.000.

Di samping itu, selain merebahkan punggung dan badan di atas tempat tidur yang nyaman, Anda bisa merileksasikan tubuh di kolam renang hotel. Jika ingin menjelajah sekitar, ada banyak tempat populer yang bisa Anda kunjungi, seperti Plaza Balikpapan, Monumen Perjuangan Rakyat, Pantai Kemala, dan Ocean’s Resto.

Mirama Hotel

Mulai dengan harga di bawah Rp250.000, Anda bisa menikmati kenyamanan menginap hemat di pusat Kota Balikpapan dengan fasilitas terbaik hotel bintang 3. Hotel bujet ini memiliki 107 kamar yang siap dihuni para tamu yang ingin menikmati Balikpapan dari sentral kota.

Harga sewa Mirama Hotel yang murah dengan layanan bintang 3 menjadikan hotel ini cukup terkenal dan menjadi pilihan favorit wisatawan yang berkunjung ke Balikpapan. Untuk paket termurah, Anda bisa mengambil kamar dengan tipe Medium Room Twin yang berkapasitas dua orang. Kamar tipe ini lokasinya terpisah dari gedung utama, akan tetapi segala proses administrasi tetap di gedung utama. Walaupun begitu, fasilitas dasar milik hotel murah di Balikpapan ini tidak jauh berbeda dari tipe Standard, Superior, dan Executive.

Tempat Wisata Murah di Balikpapan

Untuk memaksimalkan waktu dan pengalaman bacpacking Anda selama berada di Balikpapan, beberapa tempat berikut ini wajib berada dalam daftar tempat yang harus dikunjungi:

Danau Cermin

Sekitar 45 menit perjalanan dari pusat kota, danau yang berwarna biru kehijauan ini harus Anda datangi. Kejernihan airnya yang seperti cermin menjadi asal nama Danau Cermin dan daya tariknya. Suasana di sekitar danau sangat tenang dan dikelilingi oleh pepohonan teduh dan rimbun. Jika ingin menikmati pemandangan dari tempat yang lebih tinggi, Anda bisa menyaksikannya dari menara yang tidak terlalu jauh dari tepian. 

  • Alamat: Jalan Rawamangun RT 20, Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur
  • Harga: Gratis
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

 

Pantai Lamaru

Tidak jauh dari Danau Cermin, Anda dapat mengunjungi Pantai Lamaru. Pantai ini masih agak sepi, sehingga cocok bagi Anda backpacker yang gemar mengunjungi tempat-tempat anti-mainstream. Ombak pantainya cenderung kecil dan tenang. Pasirnya berwarna putih dengan kontur yang cukup landai dan tidak memiliki banyak terumbu karang. Selain itu, alih-alih pohon kelapa, justru pohon cemara yang mengelilingi kawasan pantai ini.

  • Alamat: Jalan Rawamangun RT 20, Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur
  • Harga: Rp20.000 per orang
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

 

Penangkaran Buaya Teritip

Biasanya, para backpacker identik dengan mereka yang menyukai tantangan. Di Balikpapan, ada satu tempat yang cukup menantang dan sebaiknya Anda kunjungi. Tantangannya bukan merupakan olahraga ekstrem, melainkan penangkaran buaya.

Penangkaran Buaya Teritip ini sudah terkenal hingga mancangera. Di sini, Anda bisa menyaksikan lebih dari 1.400 buaya yang hidup secara bebas. Selain itu, Anda juga bisa mengelilingi kawasan penangkaran seluas lima hektare dengan gajah Lampung.

  • Alamat: Jalan Mulawarman No. 66, Desa Teritip, Balikpapan Timur
  • Harga: Rp15.000 per orang
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00-17.00 WITA

 

Tips Wisata Murah di Balikpapan

Untuk menjelajahi Balikpapan tanpa harus menguras kantong, beberapa tips di bawah ini dapat Anda jadikan referensi:

Pergi saat low season

Terutama bagi Anda yang berasal dari luar Kalimantan, pergilah saat low season. Harga tiket pesawat tidak akan terlalu mencekik dan menyelamatkan saldo tabungan Anda. 

Perbanyak kenalan di daerah tujuan

Alangkah lebih baik jika Anda juga memiliki kawan yang merupakan penduduk lokal. Selain bisa menjadi pemandu wisata, Anda juga bisa lebih menghemat ongkos untuk transportasi selama berada di Balikpapan.

Ada banyak cara untuk mendapatkan kawan lokal. Berbagai forum wisata dan backpacker banyak tersedia di media sosial. Di forum tersebut, Anda juga mungkin saja menemukan orang yang juga ingin berkunjung ke daerah tujuan yang sama. Dengan begitu, Anda dapat berbagi cerita dan pengalaman.

Kumpulkan informasi soal destinas

Sebelum berangkat, perbanyak informasi soal tempat-tempat yang akan Anda kunjungi. Apa saja yang ada di sana, berapa harga tiketnya, pukul berapa jam operasionalnya, dan lain sebagainya. Dengan demikian, Anda bisa menyiapkan anggaran dengan lebih rapi dan terperinci.

Siapa bilang Anda tidak bisa menjelajahi kota dengan biaya hidup termahal dengan bujet terbatas? Sekarang adalah saatnya Anda rencanakan liburan ke Balikpapan.