peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Banjarmasin

Kalimantan Selatan, Indonesia · 123 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Banjarmasin

Hotel Banjarmasin International

Jln. Jendral Ahmad Yani KM 4.5, Banjarmasin, Indonesia, 70234

8.1 / 10

Sangat Baik

NOVOTEL BANJARMASIN AIRPORT

Jalan Ahmad Yani KM 27 NO 1 A, Banjarmasin, Indonesia

8.5 / 10

Sangat Baik

TreePark Hotel Banjarmasin

Jalan Ahmad Yani KM. 6 , Banjarmasin, Indonesia, 70654

8.4 / 10

Sangat Baik

Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru || DHM Syariah

Jl A Yani KM 36,8, Banjarmasin, Indonesia, 70714

9.0 / 10

Istimewa

favehotel Banjarbaru Banjarmasin

Jalan Ahmad Yani km 32,5 Loktabat Utara, Banjarmasin, Indonesia, 70714

8.5 / 10

Sangat Baik

favehotel Ahmad Yani Banjarmasin

Jalan Ahmad Yani Km.2 No.35, Banjarmasin, Indonesia, 70233

8.4 / 10

Sangat Baik

G'Sign Hotel Banjarmasin

Jalan A Yani KM.4,5 No.448, Banjarmasin, Indonesia, 70249

8.7 / 10

Sangat Baik

POP! Hotel Banjarmasin

Jalan H Djok Mentaya No 50, Kertak Baru Ilir , Banjarmasin, Indonesia, 70111

8.6 / 10

Sangat Baik

Aston Banua Hotel & Convention Center

Jalan Ahmad Yani KM 11.8, Banjar, Banjarmasin, Indonesia, 70652

8.5 / 10

Sangat Baik

Hotel Aria Barito Banjarmasin

Jl. MT. Haryono No. 16, Banjarmasin, Indonesia, 70777

8.4 / 10

Sangat Baik

Hotel Roditha Banjarbaru

Jalan Ahmad Yani Km. 36, Banjarmasin, Indonesia, 70714

8.7 / 10

Sangat Baik

Mercure Banjarmasin

Jl Achmad Yani Km 2 N 98, Banjarmasin, Indonesia, 70232

8.5 / 10

Sangat Baik

Rattan Inn

Jln. Ahmad Yani KM 5.7, Banjarmasin, Indonesia

8.4 / 10

Sangat Baik

Jelita Bandara Hotel

Jl Angkasa No.17, Banjarmasin, Indonesia, 70724

8.2 / 10

Sangat Baik

Royal Jelita Hotel

Jl. Ahmad Yani KM. 4,5 No. 02 , Banjarmasin, Indonesia, 70249

8.1 / 10

Sangat Baik

Summer Bed And Breakfast

Jl. Veteran 3, Banjarmasin, Indonesia, 70231

8.3 / 10

Sangat Baik

Armani Suites

Jl. Skip Lama no 8, Banjarmasin, Indonesia, 70114

8.6 / 10

Sangat Baik

Hotel Victoria River View

Jln. Lambung Mangkurat No.48, Banjarmasin, Indonesia, 70111

8.3 / 10

Sangat Baik

Jelita Hotel

Jalan A Yani KM.2,5 No.44 - 46, Banjarmasin, Indonesia, 70233

8.0 / 10

Sangat Baik

Hotel Nasa

Jalan H. Djok Mentaya No. 8, Banjarmasin, Indonesia, 70111

8.6 / 10

Sangat Baik

hotel lainnya

Tentang

tentang banjarmasin

Kota Banjarmasin adalah ibu kota dari Provinsi Kalimantan Selatan. Kota Banjarmasin mendapat julukan Kota Air atau Kota Seribu Sungai karena terdapat banyak sungai yang mengalir, di antaranya adalah Sungai Martapura, Sungai Kuin, Sungai Alalak, dan Sungai Andai.

Kehidupan masyarakat Banjarmasin bertumpu pada pemanfaatan sungai sebagai sarana transportasi. Perahu atau disebut jukung dalam bahasa Banjar dan klotok, semacam perahu kecil yang dijalankan dengan mesin adalah yang paling populer. Sungai juga digunakan sebagai sarana pariwisata dan perdagangan. Pasar Terapung Kuin adalah contoh pemanfaatan sungai sebagai sarana perdagangan dan pariwisata.

Di samping itu, Anda bisa menemukan banyak tempat penginapan atau hotel di Banjarmasin yang tersedia untuk ditempati sementara. Hotel yang ada di kota ini sangat banyak dan harganya pun beragam. Anda harus mencari informasi mengenai hotel yang dekat dengan posisi Anda. Pilihlah hotel dengan fasilitas yang lengkap dan harga yang terjangkau sesuai dengan isi kantong Anda.

Sejarah Banjarmasin

Banjarmasin memiliki banyak julukan sejak zaman dahulu, mulai dari Kota Tatas, Banjarmasih,hingga yang terakhir disebut Banjarmasin. Banjarmasih merupakan nama seorang Patih yang ada di Kerajaan Banjar saat itu. Patih itu sangat berjasa dan akhirnya kota ini dinamakan Banjarmasin dari namanya.

Cara ke Banjarmasin

Untuk menuju Kota Banjarmasin, Anda bisa memilih beberapa moda transportasi berikut:

Transportasi Udara

Jika Anda memilih untuk naik pesawat terbang, penerbangan ke Banjarmasin akan mendarat di Bandara Syamsudin Noor (BDJ) yang terletak di Kecamatan Landasan Ulin, 25 km dari pusat Kota Banjarmasin. Dari bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke pusat Kota Banjarmasin menggunakan taksi dengan tarif sekitar Rp120.000.

Selain taksi, Anda dapat menggunakan transportasi lanjutan lainnya dengan tarif lebih murah untuk ke pusat Kota Banjarmasin, yaitu angkot bertarif Rp6.000 dan ojek sekitar Rp25.000, tergantung tujuan.

Transportasi Laut

Pelabuhan utama di Banjarmasin adalah Pelabuhan Trisakti. Terdapat dua rute perjalanan laut dari Pulau Jawa, yaitu:

  • Surabaya–Banjarmasin (Lama perjalanan sekitar 18 jam)
  • Semarang–Banjarmasin (Lama perjalanan sekitar 12 jam)

 

Kapal Laut yang melayani rute Surabaya–Banjarmasin adalah KM Farina Nusantara dan KM Titian Nusantara, sedangkan kapal laut yang melayani rute Semarang–Banjarmasin adalah KM Egon. Harga tiket kapal bervariasi tergantung jenis kelasnya.

(Harga di atas sewaktu-waktu dapat berubah)

Transportasi di Banjarmasin

Berikut adalah beberapa moda transportasi yang dapat mengantar Anda berkeliling di Banjarmasin:

Angkutan Kota

Untuk berkeliling Kota Banjarmasin menggunakan angkot, Anda hanya mengeluarkan ongkos sebesar Rp6.000 untuk sekali jalan.

Motor Sewa 

Sepeda motor bisa membuat Anda lebih mudah untuk berkeliling di Kota Banjarmasin. Mengambil jasa sewa sepeda motor adalah pilihan yang tepat.

  • Tarif sewa harian: Rp40.000
  • Tarif sewa mingguan: Rp250.000
  • Tarif sewa bulanan: Rp800.000

 

Mobil Sewa

Jika Anda lebih suka berjalan-jalan menggunakan mobil, jangan khawatir, terdapat sewa mobil yang bisa membuat rekreasi Anda tetap berjalan.

Tarif sewa mobil beragam sesuai dengan jenis mobil yang akan Anda pilih, mulai dari harga terendah Rp400.000 hingga harga tertinggi Rp2.750.000 per setengah hari (12 jam).

Jika ingin berkeliling ke luar Kota Banjarmasin akan dikenakan harga Rp100.000 sebagai biaya tambahan per hari.

(Harga di atas sewaktu-waktu dapat berubah)

Hotel di Banjarmasin

Saat berkunjung ke Banjarmasin untuk berlibur atau acara bisnis, Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan menemukan tempat menginap. Di kota ini, sudah tersedia cukup banyak hotel berbintang yang bisa mengakomodasi kenyamanan istirahat Anda. Berikut daftarnya:

Hotel Bintang 1 di Banjarmasin

Berikut ini adalah dua hotel di Banjarmasin yang nyaman, serta memiliki interior yang cukup menarik:

Transcity Hotel

Hotel dengan interior ala perkotaan Jepang modern ini berada di Jalan A Yani Km. 7, Banjarmasin. Anda akan disuguhkan berbagai ornamen bergambar gedung pencakar langit, serta lampu warna-warni yang membuat hotel ini bergaya futuristik.

Di Transcity Hotel, Anda bisa memilih tiga tipe kamar, yaitu Standar, Superior, atau Deluxe dengan harga mulai Rp294.000 per malam. Fasilitas yang bisa Anda dapatkan di setiap kamar adalah Wi-Fi, sarapan gratis, kamar mandi dengan pancuran dan perlengkapannya serta TV layar datar.

Hotel di Banjarmasin ini juga memiliki restoran, elevator, ruang rapat, fotokopi, dan penatu. Selain itu, fasilitas yang menjadi kelebihan hotel ini adalah adanya jalur khusus untuk para penderita disabilitas.

Save Hotel Banjarmasin

Hotel dengan tiga lantai yang terletak di Jalan Pramuka Km. 6, Banjarmasin ini menawarkan tempat menginap yang bersih dan nyaman. Selain itu, desain bangunan minimalis dengan sentuhan warna hijau kekuning-kuningan pada bangunan hotel menghadirkan suasana hangat dan bersemangat.

Saat menginap di hotel ini, Anda akan memperoleh sebuah kamar yang nyaman dengan berbagai fasilitas, seperti Wi-Fi, TV, sarapan gratis, meja, dan kamar mandi dengan pancuran. Selain itu, terdapat juga layanan pijat yang bisa Anda minta untuk datang ke kamar.

Meski hanya berbintang 1, hotel ini menyediakan ruang pertemuan, toko swalayan, penatu, dan restoran. Jika ingin menginap di hotel ini, Anda akan dikenakan tarif bermalam mulai dari Rp295.000.

Hotel Bintang 2 di Banjarmasin

Berikut adalah beberapa penginapan bintang 2 di Banjarmasin yang menawarkan akomodasi dengan fasilitas mumpuni dan harga terjangkau:

Hotel Pesona Banjarmasin

Hotel Pesona merupakan hotel bintang 2 yang terletak di Jalan Brigjen H. Hasan Basri No. 32A, Banjarmasin. Hotel ini memiliki ruang-ruang dengan sentuhan warna cerah, sehingga memberi kesan suasana yang menyenangkan.

Di hotel ini, terdapat dua tipe kamar yang dapat Anda pilih, yakni Standar dan Deluxe. Biaya menginap di hotel ini mulai sekitar Rp300.000 hingga 350.000 per malam. Harga tersebut sudah termasuk berbagai fasilitas di dalam kamar, seperti kamar mandi dengan air panas, TV kabel, meja, kulkas, AC, serta sarapan gratis. Selain itu, ada juga fasilitas umum yang berupa ruang pertemuan, kafe, restoran, dan Wi-Fi.

Amaris Hotel Banjar

Hotel yang terletak di Jalan A. Yani Km. 7, Banjarmasin ini merupakan pilihan hotel bintang 2 yang nyaman dengan tipe modern minimalis. Penginapan ini menampilkan interior berlatar putih dengan sentuhan warna-warna terang, seperti merah, kuning, hijau, dan biru. Oleh karena itu, ruangan pun terasa segar dan penuh energi.

Amaris Hotel Banjar menawarkan 92 kamar hotel nyaman dengan dua tipe pilihan, yakni Queen dan Twin. Masing-masing memiliki harga sewa sekitar Rp330.000 per malam.

Seluruh kamar hotel di Banjarmasin ini sudah dilengkapi dengan kamar mandi air panas, pancuran, TV LCD, Wi-Fi, meja tulis, brankas, AC, dan sarapan. Sementara di ruang umum hotel ini, Anda bisa memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia, seperti ruang pertemuan, penitipan bagasi, elevator, penatu, penyewaan mobil, serta layanan antar-jemput bandara.

Hotel Bintang 3 di Banjarmasin

Bagi Anda yang ingin mencari akomodasi menginap di Banjarmasin dengan kualitas menengah, berikut adalah pilihan penginapan bintang 3 yang dapat dipertimbangkan:

TreePark Hotel Banjarmasin

Hotel yang berada di Jalan Ahmad Yani Km. 6, Banjarmasin ini tidak hanya cocok untuk mengakomodasi acara bisnis Anda, tetapi bisa juga untuk sarana rekreasi. Di hotel ini, Anda akan menemukan sebuah tempat singgah bergaya elegan.

Di TreePark Hotel Banjarmasin, Anda bisa memilih kamar dengan tipe Superior Twin atau Superior King dengan biaya menginap mulai dari Rp373.000 per malam. Harga tersebut sudah termasuk fasilitas di dalam kamar yang meliputi alat pembuat kopi atau teh, TV, brankas, meja tulis, pancuran, AC, perlengkapan mandi, dan Wi-Fi gratis.

Penginapan di Banjarmasin ini juga memiliki sebuah restoran bernama Intro Bistro yang kerap ramai dikunjungi masyarakat umum. Berbeda dari bangunan hotel yang cenderung berwarna putih elegan, restoran ini memiliki interior bergambar batu bata.

Restoran ini juga menjadi salah satu lokasi kuliner yang cukup populer di Banjarmasin. Selain menawarkan menu yang beragam, konsep interior di dalamnya pun terus berubah menyesuaikan perayaan hari tertentu. Misalnya, saat perayaan HUT RI, restoran ini akan didesain merah putih, sedangkan saat perayaan Idul Fitri, Anda akan menemukan berbagai ornamen dan aksesori Lebaran.

Ada juga fasilitas umum lain yang tersedia di hotel ini. Sebut saja kafe, elevator, penitipan bagasi, penatu, penyewaan mobil, aula besar, taman, dan layanan antar-jemput bandara. Selain itu, ada juga layanan kebutuhan acara bisnis, seperti penyediaan ruang pertemuan, proyektor, dan fasilitas rapat.

Favehotel Ahmad Yani Banjarmasin

Hotel dengan desain menawan ini berada di lokasi yang cukup strategis, tepatnya di Jalan Ahmad Yani Km. 2 No. 35, Banjarmasin. Dari hotel ini, Anda bisa dengan mudah menjangkau pusat-pusat perbelanjaan, seperti Plaza Sentra Antasari, Duta Mall Banjarmasin, dan Plaza Mitra.

Favehotel Ahmad Yani Banjarmasin menyediakan empat tipe kamar dengan luas dan fasilitas yang beragam, yaitu Standar, Superior, Deluxe, dan Deluxe Family. Harga terendah yang bisa Anda dapatkan adalah sekitar Rp396.000 per malam untuk kamar tipe Standar.

Kamar-kamar di hotel ini sudah dilengkapi pendingin ruangan, TV LCD dengan saluran internasional, brankas, dan meja tulis. Ada juga kamar mandi modern dengan pancuran, perlengkapan mandi, serta akses internet gratis. Selain itu, seprai dan selimut yang digunakan di hotel ini pun 100% katun, sehingga bisa menjadikan tidur Anda lebih nyenyak.

Hotel di Banjarmasin ini juga terkenal dengan restoran cantiknya yang bernama Rustic Bistro. Dengan dekorasi ruangan unik berupa ornamen-ornamen kayu dan lampu-lampu gantung cantik, restoran pun tampak begitu menawan. Di sini, Anda bisa menikmati aneka hidangan lokal dan internasional, serta aneka minuman yang menyehatkan.

Favehotel Ahmad Yani Banjarmasin juga memfasilitasi kebutuhan acara bisnis Anda dengan menyediakan ruang pertemuan berserta perlengkapan. Lalu, ketika sudah lelah beraktivitas, Anda bisa memanfaatkan fasilitas spa untuk mengembalikan energi dan kebugaran tubuh.

Hotel Bintang 4 di Banjarmasin

Berikut ini adalah daftar hotel-hotel termewah di Banjarmasin:

Mercure Banjarmasin Hotel

Hotel megah di lantai teratas salah satu mal ternama di Banjarmasin ini berlokasi di Jalan Ahmad Yani Km. 2 No. 98. Hotel ini menawarkan 180 kamar mewah dengan pemandangan cantik Kota Banjarmasin.

Setiap kamar memiliki ruangan yang cukup luas dengan pendingin ruangan, serta kamar mandi mewah yang dilengkapi bathtub dan pancuran. Selain itu, tersedia juga beberapa fasilitas pendukung lain, seperti perlengkapan mandi dan pengering rambut. Brankas, minibar, perlengkapan untuk membuat kopi dan teh, air minum kemasan, TV kabel, dan Wi-Fi menambah kelengkapan fasilitas di dalam kamar.

Untuk aktivitas berolahraga, Anda bisa memanfaatkan pusat kebugaran dengan peralatan yang cukup lengkap. Ada juga kolam renang, ruang spa, layanan pijat, serta sauna, yang akan menjadikan tubuh Anda kembali segar dan lebih berenergi.

Hotel di Banjarmasin ini juga menyediakan fasilitas khusus untuk penyandang disabilitas berupa jalur kursi roda, kamar, dan toilet. Selain itu, ada juga tempat penitipan anak bagi Anda yang terpaksa harus meninggalkan sang buah hati saat sedang beraktivitas.

Untuk menunjang keperluan bisnis, Mercure Banjarmasin menawarkan beberapa ruang pertemuan berkapasitas kecil dan besar beserta perlengkapan. Bahkan, ruangan-ruang tersebut tidak hanya bisa Anda gunakan untuk rapat, tetapi juga untuk acara informal berupa pesta ulang tahun atau pernikahan.

Sementara itu, fasilitas umum lain yang tersedia di hotel ini, antara lain adalah restoran, kafe, elevator, penatu, dan jasa tur. Untuk menginap di salah satu kamar, Anda bisa mengeluarkan biaya mulai dari Rp828.000 per malam.

Golden Tulip Galaxy Hotel

Terletak di Jalan Ahmad Yani Km. 2, Banjarmasin, hotel cantik dan elegan ini akan memberikan Anda pengalaman menginap dengan pelayanan terbaik. Di sini, Anda bisa memperoleh berbagai fasilitas terbaik untuk mengakomodasi kebutuhan acara bisnis, sekaligus rekreasi.

Golden Tulip Galaxy Hotel memiliki empat tipe kamar dengan berbagai ukuran. Anda bisa memilih untuk beristirahat di kamar tipe Superior, Deluxe, Junior Suite, atau Presidential Suite. Harga terendah untuk menginap kamar hotel ini adalah sekitar Rp830.000 per malam.

Masing-masing ruang kamar memiliki desain menawan dengan kenyamanan maksimal. Selama menginap, Anda bisa menikmati kamar dengan pendingin udara, serta fasilitas-fasilitas lain, seperti pengering rambut, perlengkapan mandi, brankas, alat pembuat kopi dan teh, pancuran, TV kabel, meja, dan Wi-Fi.

Apabila ingin mengadakan acara pertemuan atau rapat, hotel di Banjarmasin ini juga sudah menyediakan tiga ruangan. Masing-masing memiliki kapasitas maksimal 42 orang (Ruang Mars), 85 orang (Ruang Venus), dan 1.250 orang (Ruang Neptunus).

Untuk kebutuhan kuliner dan bersantai, ada restoran dan kafe yang bisa Anda kunjungi. Restoran The Brunch menawarkan sajian menu masakan nusantara dan internasional.

Sementara itu, di restoran The Duck King, Anda bisa menikmati menu-menu khas Cina. Sementara itu, apabila ingin bersantai bersama kolega, Anda bisa datang ke Opio Bar and Lounge.

Berbagai fasilitas umum lain juga tersedia untuk memanjakan waktu Anda selama menginap di hotel megah ini. Anda bisa memanfaatkan sarana dan prasarana, seperti pusat kebugaran, spa, kolam renang, layanan pijat, penatu, penitipan bagasi, serta layanan antar-jemput bandara. 

Objek Wisata di Banjarmasin

Kota Banjarmasin memiliki beberapa objek wisata terkenal, antara lain:

Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Masjid Raya Sabilal Muhtadin adalah masjid terbesar di Banjarmasin yang terletak di Jl. Jenderal Sudirman, Kelurahan Antasan Besar. Nama Masjid ini diambil untuk menghormati ulama besar asal Banjarmasin, Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari yang menulis Kitab Sabilal Muhtadin.

Masjid Raya Sabilal Muhtadin berdiri di atas tanah seluas 100.000 meter persegi di tengah Kota Banjarmasin. Bangunan masjid terdiri dari dua bangunan, yaitu Bangunan Utama dan Menara. Bangunan utama luasnya 5.250 meter persegi dan menara masjid terdiri dari satu menara besar dan empat menara kecil.

Jika Anda berkunjung ke masjid ini, Anda dapat menikmati keindahan arsitektur bangunannya. Kubah bangunan utama terbuat dari alumunium sheet kalcolour berwarna keemasan dengan diameter 38 m. Kaligrafi yang terbuat dari bahan tembaga bertuliskan ayat-ayat Al Qur’an, Asmaul Husna dan nama 4 khalifah. Kaligrafi tersebut menghiasi sekeliling masjid dan terdapat ukiran khas Banjar yang menghiasi pintu dan jendela masjid.

Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa naik angkot warna kuning jurusan Kayu Tangi dari Terminal Km. 6 dengan tarif Rp3.000 per orang dan turun tepat di depan Masjid Sabilal Muhtadin.

Pasar Terapung Muara Kuin

wisata di banjarmasin

Pasar Terapung Muara Kuin adalah pasar tradisional yang berada di persimpangan Sungai Kuin dan Sungai Barito. Para pedagang dan pembeli melakukan transaksi jual-beli di atas jukung atau perahu dalam bahasa Banjar. Pasar ini buka setelah salat Subuh dan selesai setelah pukul 19.00 WIB.

Di sini, Anda bisa menyaksikan suasana pasar terapung yang unik. Terdapat perahu-perahu berisi sayur-mayur, buah-buahan, dan berbagai kebutuhan rumah tangga yang padat di atas Sungai Barito. Di tempat ini, pembeli disebut dukuh dan penjual disebut panyambangan. Anda juga bisa menyaksikan transaksi barter antara penjual dan pembeli yang disebut bapanduk.

Untuk menuju lokasi pasar ini, Anda bisa menggunakan angkot warna kuning jurusan Kayu Tangi dan turun di Jembatan Antasan Kecil. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan naik ojek ke Pasar Terapung Muara Kuin.

  • Tarif angkot: Rp6.000 per orang
  • Tarif ojek: Rp10.000 per orang

 

Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah adalah masjid tertua di Kota Banjarmasin yang terletak di Kelurahan Kuin Utara. Masjid ini didirikan pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah (1526-1550) yang merupakan Raja Banjar pertama pemeluk agama Islam.

Bangunan Masjid Sultan Suriansyah menampilkan desain arsitektur khas Banjar dengan konstruksi panggung dan atap tumpang. Arsitektur unik khas Banjar yang lain masih dipertahankan, seperti sejumlah daun pintu berukir dan mimbar kuno dari kayu ulin.

Untuk mencapai tempat ini, Anda dapat naik angkot jurusan Kuin dari Pasar Antasari yang akan melewati Masjid Sultan Suriansyah. Tarif angkot sekitar Rp4.000 per orang.

Kampung Sasirangan

Kampung Sasirangan ini berada di Jl. Seberang Masjid Kelurahan Kampung Melayu. Anda akan menemukan kain sasirangan khas Banjarmasin di sini. Kain sasirangan merupakan kain batik yang pembuatannya masih dengan cara tradisional. Harga kain bervariasi mulai dari Rp90.000 hingga Rp250.000 per potong.

Selain kain sasirangan, terdapat banyak suvenir yang bisa Anda beli dan dijadikan sebagai buah tangan, seperti dompet, sandal, dan lain-lain. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp10.000 hingga lebih dari Rp100.000. Untuk bisa sampai di Kampung Sasirangan, Anda bisa naik angkot dengan tarif Rp3.000 per orang.

Taman Siring Sungai Martapura

Taman ini berada di sepanjang Sungai Martapura. Taman Siring Sungai Martapura terdapat di dua jalan, yaitu Jalan Kapten Tendean dan Jenderal Sudirman. Taman ini cocok untuk bercengkerama bersama teman atau keluarga pada waktu sore hari.

Festival Jukung Hias

Ada yang menarik di Banjarmasin terkait satu acara melestarikan budaya yang hanya dilaksanakan setahun sekali, yaitu Festival Jukung Hias. Jukung merupakan julukan untuk perahu tradisional di Banjarmasin. Festival ini diselenggarakan di Sungai Martapura dengan berlomba menghias jukung dengan tanglong atau lampu hias. Jika beruntung, Anda bisa melihat festival ini pada malam harinya saat penilaian.

Pasar Wadai Ramadhan

Pasar ini berbeda dari pasar biasanya karena hanya ada pada saat bulan Ramadhan. Pasar Wadai menyuguhkan banyak kue-kue dan makanan khas Banjarmasin maupun khas Arab. Masyarakat bahkan pengunjung selalu ramai di pasar ini saat sore hari ketika hendak mencari makananan untuk berbuka puasa.

Pasir Putih Pantai Pagatan

pantai di banjarmasin

Lokasi pantai ini tidak jauh dari Bandara Syamsudin Noor. Pantainya berpasir putih, sehingga diberi nama Pasir Putih Pantai Pagatan. Setiap April, masyarakat di Pantai Pagatan melaksanakan Pesta Laut yang merupakan upacara adat di sana dengan menyajikan sesajen yang sudah dibumbui dengan doa. Tak hanya itu, alunan musik dan tari tradisional juga meramaikan upacara ini. Bahkan, di malam hari, Anda akan menemukan perahu hias di tengah laut dan pasar malam.

Pasar Terapung

Di Sungai Barito, terdapat pasar terapung. Sungai Barito terletak di Kelurahan Kuin Utara. Masyarakat di sana memanfaatkan sungai ini untuk berdagang. Pasar ini buka dari jam 5 pagi hingga jam 7 pagi. Setiap pembeli memiliki tongkat kawat yang berfungsi untuk mengambil sayuran yang akan dibeli.

Taman Maskot

Taman Maskot ini berada di Jalan H. Djok Mentaya. Taman ini dibuat untuk menunjukkan adanya maskot dari Kota Banjarmasin, yaitu pohon kasturi dan bekantan. Di sana, terdapat patung pohon kasturi dengan banyak bekantan yang bergelayutan di pohon dan patung bekantan sebesar manusia dewasa. Taman ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai bersama keluarga.

(Harga di atas sewaktu-waktu dapat berubah)

Tips Wisata ke Banjarmasin

Berikut ini adalah beberapa tips wisata yang bermanfaat ketika Anda berkunjung ke Banjarmasin:

  • Luangkan waktu untuk mencicipi makanan khas Banjarmasin, seperti laksa dan ketupat kandangan. Anda bisa menjumpai masakan tersebut di pusat kuliner masakan khas Banjarmasin yang terletak di Jl. Pos, persis di tepi Sungai Martapura.
  • Sempatkan membeli kain batik khas Banjarmasin, yaitu kain Sasirangan. Anda bisa mendapatkannya di Pasar Martapura. Harganya beragam tergantung dari jenis kainnya. Harga Sasirangan yang terbuat dari sutera lebih mahal dari Sasirangan yang terbuat dari katun.
?
Perlu Bantuan?